Kelebihan Colocation Server dan Waktu yang Tepat Menggunakannya

 

colocation server


Dewasa ini, layanan Colocation Server cukup banyak digunakan oleh pengembang IT. Murahnya biaya penyimpanan sekaligus keamanan data pengguna menjadi salah satu alasan yang mendasari orang-orang memercayakan data-data pentingnya pada layanan tersebut.

Bicara soal layanan ‘penitipan’ penyimpanan, sebenarnya kapan kita harus menggunakan jasa tersebut? Apa saja manfaat yang akan kita peroleh darinya?

 

Sekilas Tentang Colocation-Server

Secara garis besar, colocation-server merupakan layanan yang memungkinkan seseorang untuk menyimpan server pada data center milik orang lain, atau dalam kasus ini disediakan oleh penyedia layanan colocation-server.

Dengan begitu, orang tersebut tak lagi perlu mengeluarkan biaya berlebih hanya buat membangun infrastruktur ruangan untuk data center maupun mempekerjakan ahli IT profesional sebagai pengelolanya.

Biasanya, pengguna hanya perlu menyediakan server dan penyimpanan. Sisanya diserahkan pada penyedia layanan itu.

 

Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Colocation-Server

1. Saat menghendaki traffic tinggi.

Traffic website yang dikelola sudah cukup tinggi namun layanan yang digunakan tidak menunjang hal tersebut? Nah, inilah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan penggunaan layanan baru.

Bila sebelumnya pengguna menggunakan VPS Linux, maka memilih colocation-server untuk upgrade layanan bisa jadi pilihan yang tepat untuk ditempuh.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan TLD

 

2. Ingin menghemat biaya.

Ingin punya server pribadi agar bisnis dapat semakin berkembang tapi terkendala oleh biaya? Yes, pembuatan ruangan data center beserta isinya memang membutuhkan dana yang cukup besar.

Dalam kondisi demikian, penggunaan colocation-server bisa menjadi alternatif.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda tak perlu merekrut teknisi IT dengan bayaran jutaan rupiah dan tak perlu membangun ruang data center.

Anda juga tidak perlu membayar arus listrik, sistem keamanan berstandar internasional, akses internet, pendingin ruangan, dan biaya-biaya tambahan lainnya.

 

Kelebihan Colocation-Server

1. Lebih hemat biaya.

Seperti yang sudah disebuutkan di atas, anggaran yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan atau perorangan menjadi lebih hemat.

Sedangkan membangun data center pribadi mensyaratkan perekrutan teknisi IT, pengadaan ruangan, listrik, dan sebagainya yang membutuhkan biaya besar.

 

2. Teknologi dan sistem terstruktur.

Memanfaatkan layanan colocation-server profesional akan membawa Anda pada fasilitas berteknologi mumpuni dan sistem yang terstruktur. Termasuk dengan persoalan pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Pihak penyedia layanan colocation-server akan membayar pembangkit listrik supaya server-server yang dititipkan padanya tetap aman terjaga.

 

colocation server
Ada banyak keuntungan yang didapat dari menggunakan colocation server.

3. Keamanan terjamin.

Keamanan server dari perusahaan penitip terjamin sepenuhnya lantaran pihak pengelola colocation-server di Indonesia hadir dengan jaminan keamanan yang sangat tinggi.

Terlebih lagi jika penyedia layanan tersebut sudah terstandardisasi pada ketentuan internasional yang tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang tanpa kunci akses.

Sistem keamanan gedung pun menggunakan yang terbaik guna menghindari risiko kerusakan gedung akibat kebakaran atau musibah lainnya.

Baca Juga: Strategi Branding di Era Digital

 

4. Tak perlu repot upgrade sistem server.

Perusahaan yang menitipkan servernya tak lagi perlu kerepotan meng-upgrade sistem servernya.

Prosedur tersebut akan diselesaikan dan menjadi tanggung jawab penyedia jasa colocation-server bila perusahaan terkait memilih opsi teknis managed.

Namun, jika perusahaan itu menggunakan opsi teknis unmanaged, maka server sepenuhnya harus dikelola dan menjadi tanggung jawab perusahaan itu sendiri. Baik untuk hal instalasi, manajemen server, atau yang lainnya.

 
5. Tidak perlu bergantung pada penyedia web hosting.

Dengan menitipkan server, pengguna tidak perlu bergantung pada penyedia hosting. Pengguna bisa menginstal software-software yang diperlukannya secara mandiri.

 

Mengingat banyaknya keuntungan yang akan diperoleh, pemanfaatan layanan penitipan satu ini tentu bisa dipertimbangkan.

Tertarik untuk mengetahui informasi terkait colocation server secara mendalam? Akses nexdatacenter.com sekarang juga!


No comments

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)