Kuliner Ramadan Hemat Bersama Shopee


kuliner ramadan hemat bersama shopee

Ramadan tahun 2020 tiba ketika kita sedang menghadapi pandemi corona. Gara-gara pandemi ini, kita harus di rumah aja untuk memutus penyebaran virus corona.
Nggak ada lagi ngabuburit sambil nyari jajanan buat buka puasa. Nggak ada lagi buka puasa bareng di luar rumah. Lah shalat berjamaah di masjid aja ditiadakan kok.

Omong-omong, saya pernah nih punya pengalaman dilayani ketus saat bukber. Kalian pernah nggak?


Ramadan yang Berbeda

Gara-gara pandemi ini juga perekonomian melemah. Sedih banget. Saya tau, banyak teman yang sudah mulai kesulitan secara ekonomi.
Saya? Heuheu… Nggak jauh beda. Sejak sebelum Ramadan saya sudah melakukan penghematan di berbagai pos.

Saya juga mulai bertanam sayur-sayuran di halaman yang sempit. Yaaah … anggaplah itu tabungan buat nanti-nanti. 

Berhemat juga saya lakukan untuk urusan makan. Makan di luar dan jajan-jajan sudah otomatis terhapus ketika masa social distancing diberlakukan.
ramadan di masa pandemi corona
Ramadan kali ini terasa sangat berbeda.
Untuk urusan makan dan masak-memasak ini, poin penghematan yang saya lakukan adalah:
  • Mengeluarkan ultimatum: Nggak boleh ada makanan yang tersisa.
  • Menu hemat tapi enak.
  • Tidak memasak dengan deep frying karena boros minyak goreng. Ganti dengan menumis, merebus, mengukus, dan memanggang (pakai double pan).

Gimana Belanjanya, Nih?

Urusan berbelanja juga menjadi tantangan tersendiri. Selain harus menghemat, juga harus menjaga keselamatan diri dan keluarga dari ketempelan virus corona.

Sering saya tidak jadi berbelanja karena melihat orang-orang masih santai berkumpul. Tidak jaga jarak dan tidak pakai masker. Kalaupun pakai masker, pakainya tuh di … dagu! Yakali dagunya bisa mengeluarkan droplet.

Akhirnya, saya semakin meminimalkan pergi ke luar rumah. Kalaupun harus ke luar, biasanya tengah hari bolong. Biasanya kan jam segitu orang lagi mager-magernya. Apalagi saat berpuasa. Untuk urusan belanja, saya belanja di Shopee aja. 


Big Ramadhan Sale

Ramadan tahun ini Shopee kembali mengadakan program THR Big Ramadhan Sale. Mau tau apa aja istimewanya?
thr big ramadhan sale 2020 shopee
Big Ramadhan Sale Shopee.
Asik banget! Dari seru-seruan berkebun virtual di Shopee kita bisa THR alias Tunjangan Hari Raya. Oya, di kebun virtual ini kita mesti rajin saling membantu dengan teman-teman supaya tanaman kita subur dan bisa dipanen.

Kalau panennya berupa uang 1 juta, wah ... bisa beli macam-macam tuh untuk orang-orang tersayang. Senangnya!

Di dalam Big Ramadhan Sale kita bisa mencari berbagai barang. Dari gadget, fashion, sampai makanan. Sudahlah dapat diskon, dapat gratis ongkir pula. 

Belanja Makanan Segar di Shopee

Istimewanya lagi, selain memberi diskon 50% dalam #THRBigRamadhanSale2020, Shopee juga memberi informasi tentang toko makanan segar terdekat dari rumah kita. Ini merupakan usaha Shopee memenuhi kebutuhan pokok para pelanggannya yang harus di rumah aja.

Di bagian atas Beranda Shopee kan ada bagian yang bisa di-swipe. Geser-geser, deh. Ntar nemu tulisan seperti di kotak biru ini.
thr big ramadan sale 2020 shopee
Belanja di kota sendiri.
Di pojok kiri atasnya ada lingkaran kuning bertuliskan nama kota kita. Saya kan tinggal di Bandung. Jadi di lingkaran kuning itu bertuliskan “Khusus Bandung”.
Klik deh. Nanti muncul voucher-voucher yang bisa diklaim. Langsung klaim aja biar pas belanja nanti bisa lebih hemat.
Setelah itu, scroll ke bawah. Ntar nemu yang begini.
thr big ramadan sale 2020 shopee
Toko terdekat dari rumah.
Saya penasaran dong. Beneran nih ada yang jaraknya lima menit aja dari rumah?
Setelah diklik, muncul deh toko-toko di kawasan tempat tinggal saya.Yang paling atas adalah yang terdekat.

Meski saya tinggal di Kota Bandung, tapi lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Ngesot bentar sampai ke luar kota, deh.
Dan inilah yang muncul paling atas di aplikasi saya.
thr ramadan big sale 2020 shopee
Toko makanan segar terdekat dari rumah.
Karena lagi kangen banget sama cuankie jadi saya cari toko yang jual bahan-bahan cuankie. Dapet deh di satu toko.
Ada bakso ikan, batagor kering, dan tahu siomay kering. Selain itu saya juga beli fish roll dan bumbu tomyam kemasan. Itu aja. Di rumah masih ada setengah bungkus bakso sapi.
belanja hemat di shopee
Lebih hemat, lebih cepat.
Daaaan … karena deket, nggak lama kemudian babang Grab udah teriak di depan pagar rumah, “Pakeeeet…!”
Yeay! Jadi deeeeh masak cuankie. Oya, soal cuankie nih. Sejak social distancing diberlakukan Maret lalu, mamang cuankie memang nggak pernah lewat lagi.

Kebayang kan gimana kangennya menikmati semangkuk cuankie gurih hangat-hangat? Atau barangkali mau nyicipin  yang ini juga:


Cuankie Ala Dapur Suka-Suka

Maklum nih, rakyat jelita. Kangennya juga sama jajanan rakyat yang harganya sangat merakyat. Berikut ini resep cuankie ala Dapur Suka-Suka saya.
cuankie enak
Cuankie ala Dapur Suka-Suka.
Bahan-bahan:
  • Batagor dan tahu kering. Kalau ada siomay kering, boleh dipakai juga. Jemuran kering nggak usah. Itu mah langsung dilipat aja.
  • Tahu. Seadanya aja. Boleh tahu kulit, tahu kuning, atau tahu putih. Yang nggak boleh itu tahu-tahu nikah sama orang lain padahal baruuu banget bilang sayang dan kangen.
  • Bakso. Kalau di mamang cuankie sih biasanya bakso sapi. Tapi karena ini bikin sendiri, bebas aja mau pakai bakso sapi, bakso ikan, bakso udang, atau bakso ayam.
  • Seledri dan daun bawang, diiris. Terserah mau diiris model apa.
  • Penyedap rasa secukupnya. Terserah merek apa. Cuma pertimbangkan lagi kalau mau pakai penyedap rasa yang pernah ada. Bisa repot ntar ngurusin kenangan sama mantan.
  • Lada. Saya pakai lada bubuk.
  • Biar lebih enak pakai bawang putih goreng. Tapi kemarin saya lupa. Manusia memang tempatnya lupa dan khilaf. Betul?

Cara masaknya simpel banget. Cemplungin aja semua dan tunggu sampai mendidih. Hehe ... Batagor dan tahu keringnya dicemplungin belakangan biar nggak terlalu lembek.
Tahunya seberapa banyak? Baksonya berapa butir? Batagor keringnya segimana?

Bebas! Suka-suka aja mau seberapa. Namanya juga Dapur Suka-Suka.

Tomyam Ala Dapur Suka-Suka

Saya kan beli bumbu tomyam juga. Jadi, buat makan malam saya masak tomyam deh.
Karena bumbunya udah siap pakai, saya tinggal menyiapkan bahan-bahannya. 
Tomyam yang pernah saya makan di resto sih isinya macem-macem. Biasanya ada udang, cumi-cumi, dan ikan laut. Untuk sayur, biasanya ada jamur. Tapi saya pakai bahan seadanya di rumah aja.
tomyam suka-suka
Tomyam ala Dapur Suka-Suka.
  • Fish roll yang kemarin saya beli di Shopee. Potong serong jadi tiga. Jadi dua juga boleh deh. Terserah.
  • Bakso ikan. Kalau nggak ada bakso ikan, ganti aja pakai bakso yang lain.
  • Daging ayam fillet, dipotong kecil. Kebetulan saya baru beli dada ayam di tukang potong ayam, beberapa kali engklekan dari rumah.
  • Daun jeruk. Saya metik dua helai dari pohon jeruk di halaman rumah.
  • Serai. Bagian putihnya aja, diiris.
  • Wortel diiris tipis. Mau iris tebel juga terserah sih. Cuma kalau diiris tipis-tipis jadinya lebih cepat empuk. Lumayan kan, menghemat pemakaian gas.

Cara masaknya juga gampang banget. Rebus ayam, lalu sisihkan. Tumis bumbu tomyam, daun serai, dan daun jeruk. Masukkan air, lalu masukkan wortel.
Setelah itu masukkan daging ayam, bakso, dan fish roll. Kalau kurang asin, tambah garam aja dikit. Jangan ditetesin air mata meskipun rasanya juga asin.
Saya nggak nambahin cabe karena orang-orang di rumah (kami berempat) punya selera pedas yang berbeda-beda. Saya yang paling nggak kuat pedas. Sebagai gantinya, ada sambal. Masing-masing nambahin sendiri aja pas makan. 
Tapi selama pakai bumbu tomyam, yakinlah hasilnya tetap akan tomyam yang yummy. Nggak akan berubah jadi tompel, tomcat, atau Tom and Jerry.


Makan Hangat dan Hemat

belanja hemat di shopee
Belanjaan kemarin di Shopee. Tahu cuankie keringnya asli enak banget!
Bagi saya, belanja dan masak segitu untuk empat orang udah hemat. Belanjaan saya di Shopee kemarin itu bisa untuk beberapa kali masak (kecuali bumbu tomyam yang langsung habis).
Saya selalu berusaha menghadirkan makanan berkuah hangat di rumah. Menurut berita yang saya baca, kuah hangat begini bagus untuk menangkal virus corona.
Apalagi di bulan Ramadan ini. Makanan berkuah juga kan membantu agar tubuh kita yang udah berpuasa selama lebih dari 13 jam mendapat cukup asupan cairan.
Ramadan kali ini terasa berbeda. Dari segi kuliner, berhasil membuat saya lebih hemat, lebih cermat, dan merasa cukup dengan apa yang ada.
Gimana dengan pengalaman kulinermu di bulan Ramadan kali ini? 

68 comments

  1. Huh asyiknya bisa belanja kebutuhan sehari-hari melalui Shopee .. apakah ada untuk area Makassar ya? Harus cari tahu, nih!

    ReplyDelete
  2. SAya juga bisa lebih hemat. Anak-anak begitu bedug langsung makan nasi, jadi selama ramadhan nggak ada anggaran buat camilan.

    Wah di Malang ada nggak ya, jadi pengen ngecek juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemat dan tetap sehat ya Mbak.

      Ayo dicek juga, Mbak 😊

      Delete
    2. udah di cek mbak, nggak nemu huhuhu....

      Delete
  3. Paling asyik memang belanja online itu, namun aku suka kebablasan duh tahu2 dompet jebol hehe

    ReplyDelete
  4. lagi pandemi gini aku juga malah sering belanja online di shopee karena gratis ongkir terus pilihannya banyak.

    ReplyDelete
  5. Wah kok enak-enak semua sih kayaknya menunya. Khas Bandung gitu ya, Teh.. hehe. Tambah enak karena belanjanya gampang, lewat Shopee aja. Sip!
    Btw pake masker di dagu... banyak juga kujumpai di sekitarku. Gemes yaaa :(

    ReplyDelete
  6. kabitaaa .....
    berarti kesini juga bisa teh Eno?
    Pingin ah, pingin yang seger seger buat buka
    Kangen cuankiiiiii .....
    otw buka shopee ^_^

    ReplyDelete
  7. Praktis banget ya, belanja lewat shopee. Saya suka peribahasanya: toko semut yang jauh aja kelihatan, masa toko gajah ngga kelihatan yang lebih deket. (Kek gitu bukan? 🤠)

    ReplyDelete
  8. Akh aku lagi belanja juga nih di sini hahaha tetap ya pun dirumah aja yang namanya pere tetap deh bisa shopping pun online hehe

    ReplyDelete
  9. Wah aku baru tahu loh hehe untung mampir ke sini. Langsung pengen cek shopee ah

    ReplyDelete
  10. Saya blm pernah nih nyoba belanja makanan segar di Shopee, biasanya sih belanja baju atas tas doang..

    ReplyDelete
  11. Waah gitu ya caranya teh..? Selama ini saya agak2 sinis sama penawaran2 bahan2 segar lewat online.. soalnya ga kebayang gimana cara belinya. Selama ini belanja online cuma yang 'kering' aja hehe

    ReplyDelete
  12. Shopee emang solusi buat berhemaaaattt ditengah pandemi corona ini, semoga kita sabar menjalaninya ya mbaakk...

    ReplyDelete
  13. benar banget kak, di dunia digital sekarang sudah seperti dunia nyata saja ya, kita bisa berinteraksi, kita juga banyak pilihan penjual. Bisa mengatur belanjaan lebih smart

    ReplyDelete
  14. Baru tau di shopee kita bisa belanja yg dekat2. Asik nih. Layak dicoba.

    Menunya masakannya juga layak saya coba. Makasih ya mba...

    ReplyDelete
  15. Emak kudu makin pintar menyiasati soal dapur. Terlebih soal belanja klo yy fresh ga bs disimpan lama mesti diatur bener menunya. Enak skr bs belanja online gak pake ribet deh.

    ReplyDelete
  16. Jadi, ada toko-toko penjual makanan segar yang kerjasama dengan Shopee gitu, ya? Wah gimana sih Mbak kok baru cerita? Lha dalah, malah Mbaknya dimarahin, wkwkwk #Salim

    Pedagang cuankie masih suka lewat di komplek saat tengah malam. Bingung juga kenapa tengah malam, hihihi ... Aku mau nyontek bikin tomyam ajalah. Biarpun di rumah, lidah dan perut jalan-jalan ke Thailand, hahaha ...

    ReplyDelete
  17. Yes aku juga lebih sering masak sendiri untuk keluarga.. lebih hemat dan jelas higienis. Bagus juga nih kalo bisa belanja bahannya di ahopee. Aku cek dl ah.. ada gak terdekat sini yang sediain bahan2nya...

    ReplyDelete
  18. Wah shopee segala ada ya. Kalau aku lagi nerapin 2 menu aja biar irit teh Retno. Perut kebanyakan makan juga jadi ngebadeg.

    ReplyDelete
  19. Masakan khas teh Eno pisan, enak, simple tapi bergizi

    Saya belum sempat coba teh, nanti nungguin anakku pulang, supaya bisa makan cuanki banreng :D

    ReplyDelete
  20. Aku jg sering jual beli di shopee, tp beli sayuran n makanan malah jarang beli di shopee, pdhal nih lumayan jg yaa.. bs pilih dekat rmh kita, aku biasanya beli bahan2 u masak sama tkg sayur langganan yg skrg dia jualan online gtu hahaha.. bisa sistem COD, keren ya tkg sayurnya... hahaha...

    ReplyDelete
  21. Wah kalau bisa belanja dari rumah makanan segar sih saya milih tetap di rumah. Tinggal buka aplikasi Shopee dan pilih bahan yang dibutuhkan buat dimasak pas buka puasa. Jujur aja, meski pengen ini itu saya tahan daripada harus keluar. kalau ada Shopee semua jadi serba mudah dan tentunya lebih aman buat kita...

    ReplyDelete
  22. Aku juga sering pakai fitur toko terdekat, mbak. Alasannya memang supaya dapat gratis ongkir ajah,. Tapi juga lihat, harganya murah apa ngga

    ReplyDelete
  23. Sayangnya untuk wilayah pekanbaru belum ada untuk makanan segar ini mbak. Padahal kalau ada kan membantu banget ya. Biar gak sering-sering ke pasar. tinggal klik-klik saja di shopee.

    ReplyDelete
  24. Terdampak juga, Mbak Eno. Ya freelancer dan bloger banyak event yang diundur entah sampai kapan. Mau ga mau harus mulai berhemat banget, untunglah pas puasa jadi pengeluaran makan ga banyak. Jangan sampai ada makanan sisa, golden rule juga nih di rumah kami sebelum puasa atau pandemi! Kalau soal rasa makanan cuma ada dua Mbak: enak dan enak banget! Hehe, tanam sayur ide bagus Mbak Eno buat investasi produktif. Kemarin istri ga sempat belanja, repot juga karena belum ada layanan beli sayur delivery begini. Keren ya Shopee inovasinya, bebas ongkir GoSend lagi! Tetap hemat, gausah keluar uag transpor dan mendukung physical distancing saat ini.

    ReplyDelete
  25. Kita ngerasain hal yang sama Mbak Eno. Sekarang harus lebih kreatif jadi ibu, ya. Makanan seadanya aja. Hehe ... Beneran stok siomay, kerupuk, bisa jadi seblak dan sekalian bikin cilok goang atau baso aci juga enak. Untung ada shoppee ya, yang memudahkan belanja online

    ReplyDelete
  26. shopee memang praktis ya, aku langganan nih :D

    ReplyDelete
  27. Mungkin harus saya akui kali ini saya merasa beruntung tunggal di pelosok Cianjur. Saat virus sudah menyebar dimana-mana kecamatan kami masih zona hijau. Semoga bisa dipertahankan.
    Karena itu Alhamdulillah kami masih bisa menjalankan Ramadan seperti tahun lalu. Tetap ngabuburit, tetap tarawih di masjid dan tetap ke pasar setiap Selasa dan Jumat.
    Hanya memang kami make masker dan jaga jarak, sebagai bentuk ikhtiar tetap menghindari corona ini

    ReplyDelete
  28. Di rumahku juga melakukan penghematan untuk urusan makanan.
    Walau tetap makan biasa, anak-anak harus habis makanannya, enggak boleh sisa. Makanya di puasa ini, menu sahur dan berbuka hasil pilihan mereka.
    Info shopeenya menarik itu, ku baru tahu bisa belanja online makanan.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Shopee ini emang asyik sih dan akupun sering belanja di shopee. Oiya dua hari yang lalu aku juga habis bikin tomyum juga enak ya mbak seger dan anget di badan

    ReplyDelete
  31. Masa-masa ini kami memang hrs bisa berhemat, jadi sebisa mungkin masak sendiri.

    Dan belanja online jd pulihan demi keamanan. Shopee masih jadi pilihan

    ReplyDelete
  32. Jadi rajin masaak ya mbaak selama #dirumahaja. . Untung ada shopee yang sekarang makin kece aja, jd belanja kebutuhan dapur gak perlu keluar. gampang banget, banyak pilihan dan tentunya dalam kondisi yg super fresh 😁😁

    ReplyDelete
  33. Aku juga suka belanja di shopee, kadang beli buah pun di sana, di tempatku buahnya mahal-mahal hiks

    ReplyDelete
  34. Semenjak di rumah aja banyak menu yang bisa dieksekusi ya mbak, btw aku juga belum pernah belanja di shopee khusus untuk kebutuhan sayuran dan lain2 mbak. Menarik juga ya jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  35. Yah akupun terdampak nih mbak, untunglah bulan Ramadhan, jadi biaya makan bisa ditekan hehe. Btw Shopee makin memudahkan ya, jadi gak perlu repot ke pasar lagi, tinggal pilih lewat Hp, selesai deh, udah ada yang anter sendiri. Semoga sehat selalu mba Eno :)

    ReplyDelete
  36. saya juga suka tertarik buat beli bahan makanan di shopee, terutama yang susah didapat di daerah saya kayak rumput laut dan kimchi. Tapi jarang di checkout, karena malas masaknya hehehehe

    ReplyDelete
  37. wah shopee semakin lengkap yg dijual

    ReplyDelete
  38. shopee ini memudahkan banget sih ya dalam hal menyediakan urusan permakanan hehehe soalnya aku termasuk jarang masak karena ngga mau ribet,
    Tapi kalau sudah tersedia semua begini sih tinggal cemplung cemplung bahagia dan makanan teracik dengan sempurna. sedep mantep sih ya!

    ReplyDelete
  39. Sebagai penulis freelance, kita memang terimbas corona ini ya, Mbak Eno. Dan harapnnya semoga corona segera berlalu. Aamin.
    Hanya amsih bersyukur, dalam sesusahan, selalu ada jalan ya, Mbak. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bisa belanja onlie.

    ReplyDelete
  40. Ini mah bikin dirumahaja makin betah dengan adanya shopee ini. Coba beli apa ya

    ReplyDelete
  41. Shopee membuat ide memasak saat di rumah aja makin kreatif ya, karena bahan-bahanya tinggal pilih.
    Saya selama pandemi ini boleh dibilang ga beli makanan jadi, milihnya masak yang mudah, cemplung2, rasa enak dan hemat :)

    ReplyDelete
  42. Sama banget nih kak. Aku sejak pandemi ini jadi takut keluar rumah, jadinya sering buka Shopee. Trus checkout makanan. Di shopee lengkap banget soalnya, mulai dari makanan lokal sampe makanan korea favoritku ada yang jual.

    ReplyDelete
  43. Bnyak bnget promonya akupun sering Inj belanja d Shopee harganya murah pilihannya pun bnyak

    ReplyDelete
  44. Harus pinter2 mengatur keuangan sih saat seperti ini. Kalo ada promo dan diskon, ya langsung ambil aja ya

    ReplyDelete
  45. Ditengah segalanya yang serba terbatas. Belanja online secara hemat itu bisa jadi opsi
    Dari kemaren banyak banget yang ikut virtual berkebun seru ya..jadi banyak dapat promo yang menarik

    ReplyDelete
  46. Belanja online jadi solusi saat pandemi seperti ini ya mbak..
    Jadi pengen masak tom yum juga

    ReplyDelete
  47. Belanja di shopee itu enak banget, walaupun domisili di desa namun pilihan toko online terdekat selalu ada. Bukti kalau shopee ada dimana-mana

    ReplyDelete
  48. Jadi lebih berhemat dan bisa mengira-ngira nih apa yang benar-benar dibutuhkan di Ramadhan kali ini, dan bisa belanja via shopee yang banyak hematnya

    ReplyDelete
  49. Asik banget mbaaaa cuanki sama tom yumnya. Masya Allah, bisa beli di Shopee semua itu, sampai makanan-makanan basah juga? Layak dijajal juga nih.

    ReplyDelete
  50. Mau makan enak saat pandemi? Tenang ada Shopee, hihihi! Shopee ini memang online shop paling debest.

    ReplyDelete
  51. Wah, praktis banget ini. Tinggal pilih, pesan, datang deh. Resep yg bs dicoba di rumah juga praktis bgt tuh. Cocok untuk aku yg mageran.

    ReplyDelete
  52. Shopee gratis ongkir.. aku seneng banget belanja di shopee.. apalagi pas kemarin event 5.5 aku checkout di 50an toko hehehehee.. nyari yg harga 99 perak.. terniaaat

    ReplyDelete
  53. Wah asyik nih ada market place yang bisa gratisin ongkir via ojol. Jadi cepet nyampe ya.

    ReplyDelete
  54. Wah asyik nih ada market place yang bisa gratisan ongkir yah jadi lebih cepat nyampe

    ReplyDelete
  55. Iya Mbak. Sedih, Ramadan tak banyak pemasukan. Jadi pengeluaran juga harus sangat dihemat.
    Btw, berkebun itu solusi. Saya sudah melakukannya.
    Menyenangkan dan tiap hari makan sayur dari kebun sendiri. Sawi, pokcoy dan selada jika tiap minggu membuat pembibitan, 1,5 bulan ke depan bisa makan sayur gratis harian.

    ReplyDelete
  56. Belum pernah coba belanja kuliner via online, karena dekat pasar sih, tapi bisa untuk pertimbangan juga kalau nantinya ada yang dibutuhkan dan tidak ada di pasar.

    ReplyDelete
  57. Iya nih kak aku sekarang cari bumbu bumbu dapur juga ke shopee ternyata lengkap ya

    ReplyDelete
  58. Ya ampun wkwk aku juga tiap hari siram shopee mayan juga dapetin koinnyah :D aku baru tau jg bsa belanja sayuran segar lewat shopee d terdekat, makin kece aja

    ReplyDelete
  59. Aku paling suka belanja di shopee. Krn murah dan banyak macamnya. Tapi kl belanja makanan selama ini blm pernah sih. Next aku coba ah.

    ReplyDelete
  60. Para mom, pasti tau nih belanja sayuran lewat shopee. Makin mudah aja yaa. Apalagi kuliner Ramadhan saat ini banyak sekali lewat online dan bisa pesan langsung.

    ReplyDelete
  61. Wah shopee banyak memberi keuntungan bagi bnyk orang ya. Ada diskon dan info blnja murce. Jd mupeng nih mba

    ReplyDelete
  62. Aku juga mengultimatum anggota keluarga agar jangan sampai ada makanan tersisa. Pokoknya harus habis. Penggunaan minyak goreng pun sama aku batasi juga.

    Untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, belanja di Shopee memang bisa jadi pilihan banget.

    ReplyDelete
  63. Shopee ini emang andalan ya mbak, apalagi ada big ramadhan sale yang membantu banget buat kta yang butuh barang dengan uang limited karena pandemi

    ReplyDelete
  64. favorito banget deh yg namanya Cuanki, dulu pas masih di Bandung, aku dalam seminggu itu selama awal-awal ramadhan, selalu jajan cuanki, segerrrr banget

    ReplyDelete
  65. Sama mbak, aku juga selama pandemi ini mengurangi masak dnegan banyak minyak. Semakin banyak minyak dipakai, jd sering keluar rumah dan lebih byk keluar uang. Jaga kesehatan sekali saya. Kesehatan fisik dan keuangan

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)