Resolusi Tahun Baru, Realistis Aja


 

resolusi tahun baru

Seberapa banyak rencana tahun 2020-mu yang berantakan? Saya lumayan banyak.

Kesel, sedih, kecewa, gundah, marah ... dan ujungnya pasrah. Hehe.... Ya abis mau gimana lagi?

 

Rencana yang Gagal

Salah satu yang gagal itu adalah rencana untuk jalan-jalan ke Semarang . Terutama ke objek wisata sejarah (kota tua) dan wisata kuliner.

Gara-gara pandemi, bukan cuma rencana traveling yang gagal. Dana untuk travelingnya pun ikut amblas. Terpakai untuk biaya hidup sehari-hari.

Pandemi membuat penghasilan saya merosot tajam. Akibatnya, dana liburan dan dana cadangan terus terpakai untuk biaya hidup.

Rencana lain yang juga gagal adalah buka jastip buku. Gimana mau buka jastip. Gudang buku tempat saya biasa belanja dengan harga miring pun tutup.

 

Tahun Baru, Resolusi Baru

Dengan semua kesuraman di 2020, mau bikin resolusi apa di tahun 2021? Apa nggak usah bikin resolusi? Let it flow aja gitu?

Nggak gitu juga 😀

Resolusi saya simpel aja. Sehat jiwa, raga, dan finansial. Simpel tapi kalo dijabarin ya panjang juga. Nggak tau kalau dijatengin atau dijatimin. Hehe....

Pandemi berkepanjangan begini, jujur aja sangat berpotensi bikin stres. Gimana nggak stres kalau tiap hari mengkhawatirkan kesehatan dan kondisi keuangan.

Padahal, yang saya baca-baca nih, stres itu sumber penyakit. Kalau udah telanjur sakit, stres bisa jadi pemberat. Bikin penyakit jadi makin parah dan susah sembuh.

Sering kan dengar nasihat. “Istirahat yang cukup, ya. Jangan dibawa stres biar cepet sembuh.”

Gimana caranya biar nggak stres?

Teorinya banyak. Tapi saya ambil simpelnya aja: banyakin sabar, banyakin bersyukur. Udah, itu aja.

Berhasil?

Hm … saya sih masih belajar. Masih berproses.

Pasar Antik Bandung
Setiap keluar rumah, harus jadi konten :D

 

Santai dan Sehat

Yang enak sih kalau bisa bersantai sambil menjaga kesehatan. Seperti yang ditawarkan oleh https://medicaltourismmalaysia.id/.

Kita bisa menikmati keindahan Malaysia tanpa perlu khawatir dengan masalah kesehatan. Fasilitas kesehatan yang menggunakan teknologi terkini dan didukung praktisi berpengalaman mudah didapatkan.

Ada beberapa hal yang membuat Malaysia Healthcare  menjadi pilihan.  Fasilitas berkualitas (teknologi dan SDM), biaya terjangkau, serta jarak yang dekat dari Indonesia.

Selain itu, Malaysia Healthcare juga memungkinkan kita menjelajah sekitar serta memberikan kesenangan tak terbatas.

Balik lagi nih ke resolusi.

Kondisi finansial yang berantakan juga mulai ditambal dikit-dikit. Alhamdulillah, masih ada pekerjaan yang masuk. Meski tak sebanyak dulu, masih ada klien datang dengan outline-outline yang mesti dijadikan buku.

Deadline? Jangan dibawa stres. Deadline itu mesti dinikmati. Selesaikan. Syukuri. Di luar sana masih banyak yang kebingungan karena jobless.

 

Hobi Baru

Salah satu manfaat hobi tuh katanya kan untuk menghilangkan stres. Untuk refreshing. Biar fresh, saya mencoba hobi baru.

Bikin konten buat kanal Youtube saya. Udah lama punya kanal di Youtube tapi nggak pernah saya urus.

Masya Allah, akhir 2020 kemarin ada satu video pendek saya yang di-up oleh Youtube.

resolusi tahun baru
5K dan semangat untuk rajin bikin konten Youtube.


Hasilnya, belum sempat saya sadar, jumlah subscriber melonjak. Dari hanya 100 subscriber (September 2020), tau-tau sudah lewat 5.000 subsciber.

Tamu sebanyak itu masa nggak dijamu dengan video-video baru, sih? Masa dicuekin aja?

Jadi, mulailah saya rajin membuat video meski dengan peralatan seadanya. Hanya dengan ponsel yang sudah saya pakai sejak 2017.

Video saya yang rame ditonton warganet itu sangat pendek. Nggak banyak menyumbang untuk pertambahan watch time. 

Youtube Blogger Bandung
Gara-gara cilung :)

Masih jauh dari angka minimal 4.000 jam waktu tonton untuk monetisasi. Kalau untuk minimal subscriber mah alhamdulillah udah aman.

Oya, untuk hobi baru ini saya cuma beli ring light + tripod dan clip on sebagai penunjang. Peralatan lainnya … tahan dulu sampai kondisi keuangan lebih aman.

 
New Year, New Me

Resolusi simpel itu saya tulis di Instagram dengan menggunakan filter IG MHTC. Kalian juga bisa ikutan loh.

new year new me
Ini resolusiku. Kalau kamu gimana?

Buka aja IG @medtourismmy.id lalu pakai filter “New Year New Me” yang ada di sana. Tulis apa resolusi kalian, lalu posting di IG Story.

Ada hadiah berupa voucher OVO loh buat 5 pemenang.

Tahun baru dengan harapan baru. Berdoa dan berusaha mewujudkan resolusi.

Tetap sehat dan bersemangat ya.

 

Salam,

Triani Retno A

44 comments

  1. Duh gak beda jauh mbak. Selama pandemi, aku kalau dapet transfefan niatnya ditabung malah cancel jadi biaya hidup. Wkwk. Alhamdulillah rejeki sehat mengalir terus ya mbak. Sukses selalu bikin videonya

    ReplyDelete
  2. Bener sih Mbak, rani udah susun banyak banget resolusi 2020 dan tentunya ga kelar. Jadi ya 2021 ini lebih baik realistis ajalah dan menyelesaikan resolusi sebelumnya yang belum selesai, yang sederhana-sederhana saja, tapi yakin akan tercapai.

    ReplyDelete
  3. Wah mulai merambah juga ke youtube y mbak, ak masih angin2an klo bikin video ngerasain jaman dulu lamanya ngecapture vidio pake mini dv blm editing n rendernya jd males mo bikin skrg hhh

    ReplyDelete
  4. Waduuu asik euy ngeyucub.. semoga istiqomah ya mbak
    Aku sudah lama meninggalkan main resolusi-resolusian, hihi.

    ReplyDelete
  5. Harus tetap semangat ya menyongsong tahun baru, Meskipun pandemi masih ada dan berbagai cobaan lainnya pun hadir. New year new me pokoknya :)

    ReplyDelete
  6. Teh Enooo, ya ampuun cilung itu hebat pisan euy, bisa nembus 8 juta traffic-nya
    Mantuuull :D

    Semoga 2021 dan seterusnya, kita senantiasa sehaaatt dan bahagia ya Teh.
    Hidup penuh berkah dan rezeki berlimpah. Aaamiiinn

    ReplyDelete
  7. Wow aku kanget yang ngeliat sampe 8jtan gitu. Amazing kalau aku bisa gitu hehe. Kurang lebih resolusi yang sama. Sehat jasmani rohani dan finansial hehe

    ReplyDelete
  8. kayaknya udah gak bikin resolusi itu sejak tahun 2017 apa ya, hahahha jalani aja hidup mengalir tapi tau kemana arah tujuannya. meski memang dengan adanya resolusi bisa memotivasi ya mba

    ReplyDelete
  9. Wah canggih tuh lonjakan subscriber youtubenya...Kereeennn. Semangat terus mbak...

    ReplyDelete
  10. Amiinn ya semoga resolusi baiknya tercapai di tahun ini, setuju nih buat resolusi emang gak usah muluk2 yg penting masuk akal yaa 😊

    ReplyDelete
  11. Iya banget Teh, di 2021 mah resolusi teh gak macem2. Bisa sehat jiwa raga dan finansial aja deh. Yang lain-lainnya mah nanti aja kalo udah pandemi. Jadinya, rutinitas dan hobi, untuk sekarang mah mengacu ke resolusi itu aja. Sehat-sehat selalu Teh Eno sekeluarga.

    ReplyDelete
  12. Waah Teh Eno kereeen, bisa melonjak segitu subscriber-nya. Harus sering2 belajar dari channel YouTube Teh Eno nih sayah.

    ReplyDelete
  13. duhh saya juga kepengen banget sih kak, sehat jiwa dan raga. apalagi keadaan sekarang membuat kita harus berjuang beneran buat ngadepin idup. berusaha untuk waras

    ReplyDelete
  14. Iya ya mba 2020 tahun yang berat buat kebanyakan dari kita, semoga pandemi segera berlalu Aminn.. Ayo semangat selalu mba buat Youtube channelnya, semoga semakin berjaya.. Keren banget 8.8 juta view hihii ^^

    ReplyDelete
  15. Semangat terus mbak, semoga tahun ini membaik, btw filternya unik deh!

    ReplyDelete
  16. Ada hadiah ovonya juga hehe. Pengin cobain filternya sih pas baca itu, ga dapat hadiah gpp deh hihii.
    Btw semangaaat untuk tahun ini kak

    ReplyDelete
  17. Wah mantaps nih Teh Eno, hobi barunya keren mudah2an cepet bisa dimonetasi ya Teh... ngerjainnya pasti jadi menyenangkan karena hobi mah selalu menyenangkan... :D

    ReplyDelete
  18. setuju mba, resolusi kita harus realistis jadi bisa dicapai yaa tahun ini, plus harapan kita semua yang penting itu sehat deh

    ReplyDelete
  19. Hayuks mbak, tahun ini juga aku mau balik urusin youtube biar views nya makin tinggi. Btw resolusi saya juga sederhana banget tahun ini kk.

    ReplyDelete
  20. Iya bener banget mba, rencana travelingku di tahun 2020 kemarin gagal semuaaaa gara-gara pandemi. semoga tahun 2021 bisa kembali normal deh, pengen traveling tanpa harus ada embel2 protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  21. ah iya, kadang bikin resolusi semangat banget
    eh giliran raealisasinya sih banyakan magernya, hehe
    makasih sharingnya mbak,jadi mau bikin resolusi yg realistis aja

    ReplyDelete
  22. AKu juga nggak muluk-muluk kak. Seampunya aja yang penting ada progrssnya. Filternya lucu banget ih.. Semangat menjalani hari-hari di tahun 2021 dengan ceria ya kak..

    ReplyDelete
  23. Wah video cilung nya bisa nyampe 8jt penonton. Kereenn... Sukses Mba... Semoga youtube nya makin maju dan makin banyak juga subscribernya.

    Saya ikut semangat nih menyusun resolusi tahun 2021 ini. Semoga lebih maju dan lebih sehat segalanya. Fisik, psikis,dan finansial juga.

    ReplyDelete
  24. Bener banget sih, di tengah pandemi yg belum juga berakhir, resolusi 2021 yg realistid saja. Jaga kesehatan sudah pasti menjadi prioritas ya

    ReplyDelete
  25. resolusi tahun baru kaka sunguh hebat, semangat terus kak yang sudah memiliki hobi baru. SEmoga tercapai cita"nya amiin

    ReplyDelete
  26. Awal 2020 pandemi memang melanda seara mendadak ya, Mbak Eno. Saya pun banyak rencana yang gagal, terutama jalan-jalan hahaha.
    Tapi intinya itu, bersabar, berdoa, dan terus berusaha. Apalagi sebagai freelance, saya harus lebih gercap ambil job sana sini selagi saya bisa biar dapur terus ngebul hahaha.

    Semoga pandemi segera berakhir, dan keadaan normal lagi. dan resolusi saya sama, Mbak. Yang penting terus sehat, agar terus bisa semangat berusaha mencari rezeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...samaaa. Aku pun freelancer, Mas. Keuangan lumayan babak belur. Dana cadangan pun sampai ambles. Sekarang mah selama mampu dan kerjaannya halal, ambil aja.

      Delete
  27. Melihat kondisi sekarang, belajar menghadapi deadline sebagai pengingat yang asik agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Jadi nggak perlu dibawa stres dengan merasa tertekan ya, tapi dibawa bahagia

    ReplyDelete
  28. Aku resolusinya engga jauh-jauh dari jaga kesehatan aja sih. Belum jalan-jalan lagi. Seru banget, mb Eno udah makin canggih nih ngeYoutube-nya. Semoga makin sukses yah...

    ReplyDelete
  29. Aku pun gitu Teh, ga ada resolusi khusus. Tahun ini pengin banyak bersyukur dan meningkatkan ibadah. Semoga ya sehat dan dikasih keberkahan apa pun jalannya. Btw, memang kreatif dunia kesehatan Malaysia, bisa menyediakan layanan yang bagus dan memuaskan konsumen. Semoga sehat semua dan pandemi segera berakhir.

    ReplyDelete
  30. Tahun baru, semangat baru. Eh btw aku udah lama banget nggak baca buku di cafe. PAdahal ya pingin gitu. Wkwk. Semoga tahun ini bisa.

    ReplyDelete
  31. Resolusi 2020 ku lumayan aman sih kak. Ada beberapa yang tercapai walaupun mungkin agak lama tapi aman sih. 2021 sudah susun lagi cuman ngga banyak sih ya

    ReplyDelete
  32. Wah beneran mba itu ada video yang 8,8 JT tonton? Kok belum monetize ya? Apalagi itu video rata rata 1000 tonton kan mba Retno? Wah semangat ya mba rezeki memang sudah diatur sama Allah tapi ikhtiar kita tentu akan membuahkan hasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang kutulis di atas, Mbak. Yang penontonnya jutaan itu video pendek (short movie) kurang dari 1 menit. Algoritma Youtube nggak menghitung itu sebagai watch time. Tapi terbukti efektif buat menambah subscriber. Begitu penjelasan yang kudapat dari seorang master Youtube. Beliau sendiri menganjurkan posting short movie sebagai usaha menambah subscriber.

      Delete
  33. Menarik tagline Medical Tourism Malaysia nya ya Mbak, New Year New Me, bener Mbak resolusi tahun baru yg realistis aja dehh soalnya masih masa pandemi juga, semua orang mengutamakan kesehatan dulu pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesehatan jadi fokus utama. Kalo sehat, kerja juga bisa lebih optimal ya, Mbak

      Delete
  34. Wuih subscriber YouTubenya buanyaaak
    .. semangat bikin konten kak. Aku mah di 2020 emang gak bikin banyak resolusi, karena di Desember 2019 abis lahiran. Fokusnya ke anak aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan bijak karena masa golden age mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya :)

      Delete
  35. subscribernya mantul banget bun, aq belum pede nih kalo ngomong langsung depan kamera, abis suaraq cempreng sih.. hihi

    ReplyDelete
  36. Syok aku mbak 35 video udah 5K subs nya. Mantap itu bener harus diurus mba apalagi potensi dan karya2 mbak begitu banyak.

    ReplyDelete
  37. kenaikan subscribernya luar biasa mbak dalam kurun waktu segitu
    yampun aku pengen aktifin yutub tapi kadang kok mager mo edit edit

    ReplyDelete
  38. Sama, kak.
    Aku maunya juga merambah ke youtube dan tiktok. Tapi y itu. Banyak ide minim eksekusi. Alhasil? Duh, embohlah

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)