Mengejar Mimpi Bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371)

 

resolusi 2021

Awal tahun 2011 hakim Pengadilan Agama Bandung mengetuk palu. Sidang berakhir.

Di mata banyak orang mungkin saya orang yang gagal. Bahkan, seorang teman tega mengatakan, "Tidak akan masuk surga istri yang menggugat cerai suaminya."

Terserah apa kata orang. Yang jelas, saya tak perlu lagi stres mempertahankan pernikahan yang sakit.

Saya "merayakan" keputusan pengadilan itu dengan membeli laptop. Sebelumnya saya menggunakan komputer, hadiah ultah di tahun 2003 dari laki-laki yang baru saja disahkan oleh pengadilan sebagai mantan suami.

Hidup baru saya dimulai. Dengan laptop itu saya mencari rezeki halal untuk saya dan kedua anak saya yang masih kecil-kecil.

Laptop pertama itu tak sampai tahun bersama saya. Di suatu Jumat siang, dua orang maling menggasak laptop itu dari dalam kamar saya.

Saya di mana ketika itu?

Tidur di kamar! Kelelahan setelah semalaman bergadang menulis buku.

Bersyukur, kedua maling itu hanya mengincar laptop. Tak mengusik saya dan anak-anak. Tak urung saya gemetar.

Baru malamnya saya menangis ketika menceritakan detail kejadian itu pada seorang teman dekat (Al-Fatihah, Naaaan. Kamu orang paling baik dalam hidupku. Semoga lelap tidur panjangmu dalam pelukan kasih sayang Allah).

 

Life Goes On

Sepuluh tahun berlalu. Saya setia menjemput rezeki halal dari mengedit naskah dan menulis.

Yang tidak setia adalah laptop saya. Mereka tak tahan lama. Termasuk laptop yang saya pakai sekarang.

Baru dua tahun usianya tapi sudah terseok-seok. Bodinya mulai cuil. Layarnya berderit jika laptop dibuka. Duh, ngiluuu.

Semakin memprihatinkan karena memorinya terkuras, menyisakan 1 GB saja. Itu pun bisa dengan cepat meluncur ke 0 KB. Harus dimatikan dan didiamkan dulu sekitar setengah jam baru bisa dipakai lagi.

Tak jarang dia mati tanpa permisi. Membuat saya berteriak frustrasi. Meski ada autosaved, naskah yang belum disimpan tak 100% otomatis tersimpan.

Jangan ditanya bagaimana kelimpungannya saya setiap ada virtual meeting. Kalau sebatas sebagai peserta biasa, bisa pakai hape. Sebagai narasumber? Baru juga online, memori laptop langsung bablas ke titik nol.

virtual meeting
Menjadi narasumber virtual meeting. Kurang leluasa sih kalau pakai hape. 

Hape juga menjadi andalan saat mengedit video untuk channel Youtube saya. Kamu Youtuber modal hape doang? Sini, kita tosss dulu.

"Lembiru aja, Teh," usul beberapa teman. Lempar yang lama, beli yang baru.

Saya maunya begitu. Tapi setahun pandemi korona ini membuat saya babak belur.

Pekan lalu saya mengisi laporan SPT tahunan. Penghasilan saya di tahun 2020 tak sampai setengah dari penghasilan di tahun 2019. Nilai aset pun berkurang cukup banyak.

Jadi, membeli laptop baru yang tangguh masih dalam impian saya. Impian yang terus saya perjuangkan layaknya sebuah resolusi.

Ah, bicara resolusi, tahun ini resolusi saya bisa diungkapkan dalam 4 kata saja: sehat jiwa, raga, finansial.

resolusi 2021
Resolusi saya di tahun 2021 :)

Dengan jiwa raga yang sehat, insya Allah saya bisa lebih produktif menulis, lebih cepat menyelesaikan naskah editan, dan lebih rajin membuat video-video berkonten positif.

Semua itu akan lebih maksimal jika didukung oleh laptop yang tangguh.

 

Memupuk Impian

Jejeran laptop di etalase toko seakan berteriak memanggil ketika saya masuk ke BEC.

Kenyataannya, yang berteriak-teriak adalah para pramuniaga. Menawarkan laptop, hape, dan kamera layaknya menawarkan cangcimen. Kacang, kuaci, permen.

Tapi menyusuri BEC ini menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Cuci mata, melihat-lihat laptop yang dipajang di sana. Kencangkan doa dan shalawat.

Doa makin kenceng jika melewati gerai ASUS. Huuuft.... ZenBook! Laptop yang sejak awal keluar diposisikan sebagai laptop premium ini sungguh menggoda untuk dimiliki.

BEC
Salah satu gerai ASUS di BEC.

 

ASUS ZenBook Flip S

Doa makin kenceng ketika tahu ASUS baru saja mengeluarkan ASUS ZenBook Flip S (UX371).

Mau tau harganya berapa? Rp 24.999.000. Kalau bayar cash 25 juta, dapat kembalian Rp 1.000. Bisa buat beli tahu bulat dua biji. Kalau bayarnya pakai kartu debit, kartu kredit, atau e-money, nggak jadi jajan tahu bulat.

Dengan harga hampir Rp 25 juta, seperti apa spesifikasinya?

ASUS ZenBook Flip S (UX371)
ASUS ZenBook Flip S (UX371).


Spesifikasi Mantul!

ASUS ZenBook Flip S (UX371) diciptakan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang kreatif. Dari layarnya dulu, nih.  ASUS ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi panel layar OLED beresolusi 4K.

Dengan layar OLED ini, kualitas gambar lebih baik. Detail gambar terlihat lebih jelas. Begitu juga dengan akurasi dan kontras warnanya.

Menariknya lagi, layar ZenBook Flip S (UX371) memiliki sertifikasi flicker free dan low blue light dari TÜV Rheinland. Itu berarti kalau menggunakan laptop ini mata saya akan lebih berbahagia. Tidak cepat lelah dan tidak banyak terpapar cahaya biru.

Fyi, dalam jangka panjang cahaya biru ini nggak baik untuk kesehatan mata. Jadi, memang paling bijak memilih laptop yang minim emisi gelombang cahaya biru.

Laptop ASUS ZenBook
ASUS ZenBook Flip S (UX371) ramah di mata. Foto: ASUS


Nah! Ini penting. Terus terang saya sering dapat kesulitan dengan akurasi warna ini.

Pernah loh, sampai debat dengan editor saya tentang ilustrasi yang ia kirimkan. Saya protes karena warna gambar-gambar itu terlalu suram. Nggak cocok dengan ceritanya yang ceria.

Padahal oh padahaaaallll… kesalahan ada pada laptop saya. Ketika buku itu terbit, warnanya cerah ceria. Nggak suram seperti yang layar laptop. 

Masalah warna ini juga muncul ketika saya mengedit foto atau video. Kan warnanya suram nih. Jadi saya naikkan level brightness. Iya, jadi terang tapi nggak bagus buat kesehatan mata.

ZenBook Flip S (UX371) ini merupakan laptop convertible yang sangat fleksibel. Layarnya bisa diputar hingga 360 derajat dan difungsikan sebagai tablet.

Layar ZenBook Flip S (UX371) ini juga bisa menjadi kanvas digital. Bisa menggambar di layarnya dengan menggunakan stylus pen.

ASUS ZenBook Flip S (UX371)
Menggambar langsung di layar dengan stylus pen. Foto: ASUS.


Stylus pen dengan 4096 pressure level dan didukung Window Ink ini cocok untuk berbagai tingkatan pengguna. Pemula bisa, yang udah master juga bisa. Tekanan 4096 ini membuat input menjadi semakin intuitif.

Hasil gambarnya juga bisa langsung dilihat di layar, di tempat ujung stylus pen mendarat. Nggak capek bolak-balik melihat ke alat gambar dan ke layar. Lah wong menggambarnya langsung di layar.

Kalaupun nggak suka menggambar, stylus pen ini bermanfaat banget untuk menandai bagian-bagian penting dalam dokumen.

Hm ... tapi kalau saya sih memang ingin belajar menggambar digital. Minimal bisa lebih mudah dalam membuat storyboard.

 

Slim and Sophisticated

Tipis dan mewah. Slim and sophisticated. Itulah makna huruf S pada Flip S. Dan begitulah penampilan ZenBook Flip S (UX371).

Bodinya tipis, hanya setebal 11,9 mm. Beratnya pun hanya 1,2 kg. Jadi gampang dibawa kalau harus bekerja ke luar rumah atau mesti ketemu klien.

Laptop Asus Zenbook
Penampilan slim dan elegan.

ZenBook Flip S (UX371) memiliki dua port USB tipe C yang didukung koneksi Thunderbolt 4, USB tipe A 3.2, dan HDMI.

Desain ZenBook Flip S (UX371) terlihat mewah dengan diamond-cut design dan red copper berwarna tembaga di sekeliling bodi laptop.

Meet up dengan klien di coffee shop bersama ZenBook Flip S (UX371) pasti akan mengundang lirikan kagum. Eh, astaghfirullah … tak boleh shombhong!

 

Mengetik Lebih Nyaman

Keyboard pada ZenBook Flip S (UX371) menggunakan desain yang disebut edge to edge. Ukuran tombol lebih luas sehingga jari-jemari lebih leluasa menari di atasnya.

Selain itu, keyboard juga dilengkapi touch pad dengan fitur NumberPad 2.0. Yang sering bekerja dengan angka-angka jadi lebih mudah nih. Touchpad bisa diubah menjadi numpad dengan sekali sentuh.

Laptop ASUS ZenBook Flip S
Laptop premium convertible.


ZenBook Flip S (UX371) ini memberikan kenyamanan dan kepuasan yang nggak kaleng-kaleng.

 

Kamera dan Peredam Suara

ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan kamera inframerah berteknologi IR camera-tuning yang membuat gambar terlihat lebih jelas.

Kamera infamerah ini mampu memindai wajah meskipun pencahayaan kurang. Dengan begitu, nggak perlu lagi pakai password. Lebih aman jadinya.

Kamera sudah oke. Tapi kan kesel kalau sedang on tiba-tiba ada suara tak dikehendaki ikut masuk. Misalnya suara deru motor berknalpot bocor, kucing berantem, atau kurir ekspedisi dengan teriakan khasnya, “Pakeeeet!”

ZenBook Flip S (UX371) meminimalkan kekesalan itu. Ada array microphone berteknologi AI Noise Cancelling.

AI Noise Cancelling ini memperjelas suara di depan laptop, sekaligus meredam suara berisik di sekeliling.

Huwiw! Mantap banget buat virtual meeting dan bikin konten video.

 

Tenaga dan Daya Tahan

Semua fitur keren itu bisa diakses dengan nyaman karena ZenBook Flip S (UX371) terverifikasi sebagai laptop Intel EVO. Verifikasi Intel EVO ini hanya diberikan pada laptop premium berprosesor 11th Gen Intel Core.

Performa grafisnya juga lebih baik karena dilengkapi dengan Intel Iris Xe Graphics yang terbaru.

Laptop ASUS ZenBook Flip S
Laptop yang mobile dan menunjang produktivitas.

Laptop ini juga nggak gampang panas karena dilengkapi dengan sistem pendingin khusus.

Hm ... mungkin hatiku juga mesti dilengkapi pendingin khusus biar nggak panas kalau ketemu mantan >.<

Dan yang nggak kalah penting, baterai ZenBook Flip S (UX371) tahan diajak kerja selama 9 jam 52 menit.

Untuk penyimpanan, ZenBook Flip S (UX371) menggunakan SSD sebesar 1 TB. Wuih!

Solid State Drive (SSD) ini berfungsi seperti harddisk (HDD). Bedanya, SSD bekerja jauh lebih cepat daripada HDD.

Selain itu, konsumsi daya SSD lebih rendah, waktu booting lebih cepat, serta tidak menghasilkan panas.

Kebayang ya mantulnya ZenBook Flip S (UX371) yang menggunakan SSD berkapasitas 1 TB. Kurang dari 1 TB aja udah cepet, Sis. Apalagi 1 TB. Wush...wush...wush....

Secara lebih ringkas, spesifikasi ZenBook Flip S (UX371) bisa dilihat pada tabel berikut ini.

Spek laptop Asus ZenBook
Spesifikasi ZenBook Flip S UX371.
 

Meningkatkan Kreativitas

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital.

Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains.

Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Demikian penjelasan dari pihak ASUS.

Saya bukan orang sains yang butuh menulis rumus-rumus yang susah diketikkan menggunakan keyboard.

Saya seorang penulis dan editor naskah yang di masa pandemi ini menemukan keasyikan berkreasi di Youtube. Saya orang yang lebih akrab dengan teks. Membuat konten audio visual menjadi tantangan seru!

Youtuber Bandung
Semua video diedit dengan hape. Lumayan pegal dan melelahkan mata.


Alhamdulillah, saya bukan orang yang mudah menyerah oleh keterbatasan fasilitas dan luka-luka hati. Luka hati, di tangan penulis kreatif (seharusnya) bisa menjadi novel, buku motivasi, puisi, skenario, atau apa pun.

Bukankah orang kreatif selalu menemukan jalan untuk menyelesaikan masalah?

Namun, dengan ZenBook Flip S (UX371) yang mumpuni, kreativitas itu bisa ditingkatkan seoptimal mungkin.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUSZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com.


Salam,

Triani Retno A

21 comments

  1. Resolusi 2021.
    Asus ZenBook Flip S UX371.
    Laptop 25 juta.

    ReplyDelete
  2. Duuuuh serem banget disatroni maling pas tidur lelap 😕

    Semoga Asus idaman menjadi milik dan tak lagi hanya impian

    ReplyDelete
  3. Anjiiirrr keren banget laptopnya. Asus emang keren dalam inovasi produk. Termasuk di seri flip ini. Nabung dulu ah biar bisa mejeng di kafe dengan nenteng laptop lipat keren ini.

    ReplyDelete
  4. Wow, laptop idaman semua orang ini Asus Zenbook Flip. Spesifikasinya super canggih, sesuai juga ada harga ada rupa ya mbak Eno hehehe. Semoga suatu hari bisa terbeli aamiin. Buat kita ngeblog, edit video dan segala pekerjaan kepenulisan dll, menyenangkan banget pakai Asus ini.

    ReplyDelete
  5. Wah asli sih Asus ini selalu aja nebar racun-racun kece. Laptopnya kece-kece amat, jadi pengen punya satu, biar makin semangat nulis xD

    ReplyDelete
  6. Huuuuuuu mau, Asus ZenBook Flip S UX371 emang kece banget

    auto lihat notebook dengan ngenes karena layarnya mati nyala setiap dipakai zoom

    semoga tabunganku cepat terisi supaya bisa beli Asus ZenBook Flip S UX371

    amin ^^

    ReplyDelete
  7. Laptop impian banget nih, laptop yang cuma dilihat dari review-review semoga bisa memilikinya suatu hari

    ReplyDelete
  8. Wow.. wow.. ini sih laptop impian saya juga, Mbak Eno. Tampilan luar dan jeroannya keren bingit. Itu malah bisa dilipat. Semoga bisa jadi milik nih, Mbak. Kalau sudah rezeki, harga 25 juta kurang 1000 pun tak masalah hehehe.

    ReplyDelete
  9. Wow body Asus ZenBook Flip SUX371 ini slim ya ternyata. Spesifikasinya juga sudah mumpuni buat kerjaan kita sehari-hari kak.

    Btw semangat berkarya kak Tri

    ReplyDelete
  10. Menilik harganya saya langsung berdecak. Wow. Amazing. Lalu menelusuri bagaimana spesifikasinya respon saya langsung mewajarkannya. Ah, dengan spek yang seperti itu wajarlah. Kita jadi terjaga dari sinar biru yang berbahaya.

    ReplyDelete
  11. Orang lain hanya tau dari luar karena tidak menjalani ya mbak, apapun keputusannya Insya Allah yang terbaik.
    Insya Allah segera dapat laptop baru yang mumpuni supaya bisa lebih produktif menulis lebih dari yang sekarang. Mudah-mudahn sapat ASUS ZenBook Flip, keren banget ini

    ReplyDelete
  12. semogaaaaa bisa berjodoh dengan zenbook Flip ini. pasti banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Sekarang emang gear kudu canggih karena pekerjaan semakin ribet dan butuh laptop yang kece dengan spesifikasi gahar

    ReplyDelete
  13. Jaman masih kuliah di bandung dulu saya juga suka cuci mata di BEC, seneng aja lihat barang-barang elektronik keluaran terbaru, buat beli mana sanggup, secara kantong mahasiswa yang mengandalkan beasiswa.

    Saya tambahi doanya mbak, semoga bisa memiliki asus zenbook flip s ux371

    ReplyDelete
  14. Dengan laptop asus yang kece ini memang bikin produktif menulis ya, karena speknya mah udah gak bakalan habis buat dibicarakan, tapi mood booster buat memilikinya

    ReplyDelete
  15. Laptop impian ini mah mbak... fiturnya itu kayak mimpi indah. Selalu diimpikan setiap pengguna laptop.

    ReplyDelete
  16. wah ini produk terbaru dari Asus ya mbak
    klo didukung oleh laptop secanggih ini, pasti lebih produktif

    ReplyDelete
  17. Waah keren bisa ngeyoutube pakai hp . Semoga resolusi memiliki laptop baru di tahun 2021 tercapai ya Mbak Eno . Apalagi kalau laptopnya ZenBook Flip S UX371 yang kece badai

    ReplyDelete
  18. Masya Allah..cakep bener sih ini laptop. Punya laptop gini, dijamin deh bakal lebih semangat berkaryanya.hehehe..buat ngetik, iya..menggambar juga iyaa..

    ReplyDelete
  19. Mantapu jiwaaaaaa 😍
    ASUS emang gak pernah mengecewakan ya

    ReplyDelete
  20. Masya Allah, lika liku perjalanan hidup Teh Eno lumayan berat. Alhamdulillah swkarang anak-anak sudah pada gede ya Teh. Semoga dimudahkan semua urusannya. Sehat selalu, berlimpah ruah rejwki nan berkah.

    ReplyDelete
  21. Mari sama-sama berdoa dengan kenceng mbak, aku pun mupeng dengan laptop ini biar berkarya semakin produktif.

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)