Resensi Buku Resep Sehat JSR

 

Resensi Buku Resep Sehat JSR

Zaidul Akbar. Dokter yang mendalami pengobatan thibun nabawi ini meluncurkan buku baru. Judulnya Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar.

Tak tanggung-tanggung, Buku Resep Sehat JSR ini dikemas lux. Tebal 524 halaman, kertas art paper mengilap, foto-foto indah berwarna, dan hardcover bercetak timbul. Harga bandrolnya pun mantap. Rp 249.000.

Grand launching buku ini dilaksanakan melalui webinar tanggal 6 Maret 2021. Teuku Wisnu, Brand Ambassador Syaamil Quran, juga hadir.

Seperti apa sih buku karya dokter lulusan FK Undip ini? Yuk, baca terus. Saya ulas secara bijaksini dan bijaksitu.

Resensi buku-buku tentang kopi:

 

Kesehatan dalam Islam

Islam sangat memperhatikan masalah kesehatan. Al-Quran dan hadis Rasulullah banyak menyebut tentang kesehatan ini. Baik yang berupa peringatan maupun pengobatan penyakit.

Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh oleh Bukhari dari Ibnu Abbas. “Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu karenanya, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang.”

Masya Allah. Bener banget. Kita (eh saya, nggak tau yang lain mah) sering baru nyadar kalau sehat tuh nikmat yang luarrrr biasa ketika sedang sakit.

Yaelah. Padahal kenapa juga mesti nunggu sakit baru bisa bersyukur atas nikmat sehat, ya.

Menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban kita kepada Allah.

Menjaga kesehatan adalah bentuk syukur kita kepada Allah. Dengan jiwa raga yang sehat, kita bisa mudah melaksanakan ibadah. Dengan jiwa raga yang sehat kita bisa melakukan kebaikan sebanyak mungkin.

 

Tiga Aspek Kesehatan

Apa yang harus diperhatikan agar kita selalu sehat?

Di Buku Resep Sehat JSR ini Zaidul Akbar menyebutkan tiga aspek yang mesti kita perhatikan supaya penyakit nggak mendekati kita.

Pertama, hati (kalbu) yang sehat. Kedua, raga yang sehat. Ketiga, makanan yang sehat. Ketiga aspek tersebut saling memengaruhi dalam melahirkan kondisi kesehatan tubuh. Jika terjadi ketidakseimbangan dari ketiga aspek tersebut, bisa dipastikan tubuh akan sakit. (halaman 11)

Sering kan ya, kita dengar berita tentang orang yang jatuh sakit karena kesedihan mendalam, karena kepikiran sesuatu, dan sebagainya.

Bahkan ada juga yang jatuh sakit karena iri teramat-sangat pada kebahagiaan orang lain.

Ketiga aspek tersebut dibahas dalam buku Resep Sehat JSR ini. Jadi, selain memberikan resep-resep menyehatkan, dr. Zaidul Akbar juga memberikan pendekatan ruhaniah untuk memperbaiki kalbu.

Buku Resep Sehat JSR
Pengobatan fisik dan batin.

Dalam berbagai kesempatan dr. Zaidul Akbar mengingatkan bahwa kesembuhan datang dari Allah. Ramuan herbal ini hanyalah perantara untuk menyembuhkan dengan izin Allah.

Tak sembarang makanan boleh masuk ke tubuh kita. Dalam ajaran Islam, jelas bahwa makanan haruslah halal dan thayyib. Harus baik dan sehat. Makanan dan minuman yang tidak halal dan tidak thayyib ini menjadi sumber berbagai penyakit.

makanan sehat adalah
Makanan sehat.

 

Pengobatan Alami

Sebelum dr. Zaidul Akbar populer dengan pengobatan herbal, ada beberapa praktisi kesehatan lain yang juga concern pada pengobatan. Salah satunya adalah Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar pengobatan tradisional dan akupunktur.

Mungkin tidak lazim ya dokter yang mendapat pendidikan ilmiah modern, kok malah mengandalkan pengobatan herbal tradisional.

Yang saya baca di buku Prof. Hembing, Pemenang The Star of Asia Award, Pertama di Asia Ketiga di Dunia yang ditulis oleh Siti Nafsiah (Prestasi Insan Indonesia, 2000), hal tersebut karena kekhawatiran para dokter jika dianggap terkun.

Terkun adalah akronim dari “dokter dukun”. Dokter tapi cara pengobatannya kok kayak dukun, pakai ramuan daun-daunan dan akar-akaran.

Sekarang, dr. Zaidul Akbar mempopulerkan Jurus Sehat Rasulullah (JSR) yang pada intinya merupakan thibun nabawi, pengobatan ala Rasulullah.

Dalam JSR ini dr. Zaidul Akbar menggunakan daun-daunan, rimpang-rimpangan, rempah-rempah, dan sebagainya dalam pengobatan. Memanfaatkan kekayaan alam dan memadukannya dengan ilmu kesehatan dalam Islam.

Al-Quran dan hadis Rasulullah memang menyebut berbagai bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat. Di antaranya adalah madu, jahe, kurma, jinten hitam, minyak zaitun, dan buah delima.

 

Struktur Buku

Buku Resep Sehat JSR ini berbobot 750 gram, terdiri atas tiga bab. Kita dan Penyakit, Penyakit dari Allah Obatnya Pun dari Allah, serta 200 Resep JSR dan Cara Meraciknya.

Menarik sekali melihat pembagian di Bab 2 (Penyakit dari Allah, Obatnya Pun dari Allah). Ada 9 subbab sesuai jenisnya. Bumbu Dapur, Buah-buahan, Sayuran Segar, Umbi, Daun-daunan, Bunga-bungaan, Kacang-kacangan, Tumbuhan Biasa yang Luar Biasa, dan Air Zamzam.

Masya Allah. Ternyata nih, bumbu-bumbu yang lazim ada di dapur kita punya khasiat obat. Duo bawang merah bawang putih, jahe, kapulaga, bunga lawang, kencur, ketumbar, cengkeh, garam, dan sebagainya.

Setiap jenis bumbu dapur, sayur dan sebagainya dijelaskan secara ringkas dalam buku ini. Kandungannya apa, manfaatnya bagi kesehatan apa.

Lengkap dengan foto-foto yang jelas, tajam, dan tepercaya. Eh, penting disebutkan loh ini.

Buku Resep Sehat JSR
Foto berwarna di setiap penjelasan.

Hayo, siapa yang masih bingung mana jahe dan mana kencur, mana kunyit dan mana temulawak? Siapa yang belum tau gimana penampakan kapulaga, daun wungu, atau daun keji beling?

Dengan foto-foto yang jelas di Buku Resep Sehat JSR ini, kita jadi lebih mudah mencari bahan untuk meracik ramuan herbal.

Lalu bagaimana meracik bahan-bahan herbal itu menjadi ramuan yang menyehatkan?

Bab 3 Buku Resep Sehat JSR membahas tuntas tentang racik-meracik ini. Bahannya apa aja, takarannya berapa, cara membuatnya bagaimana.

Secara ringkas, isi buku ini bisa dilihat dalam infografis berikut.

Buku Resep Sehat JSR
Buku Resep Sehat JSR.


Untuk setiap masalah kesehatan, ada beberapa resep. Jadi, kita bisa memilih mau meracik yang mana.

Misalnya nih, untuk mengobati asma ada dua resep. Yang pertama menggunakan serai, cengkeh, jahe, madu, dan air panas.

Yang kedua menggunakan kayu secang, pandan, kapulaga, jahe, madu, dan air panas.

Kalau butuh banget, tinggal pilih mana yang bahannya tersedia di rumah. Kalau saya, yang pertama tuh.

Btw, ketika ikut acara Launching Buku Resep Sehat JSR, pertanyaan saya kan nggak dijawab karena keterbatasan waktu.

Alhamdulillah, jawabannya ada di dalam buku ini. Jadi, langsung saya coba deh.

Ramuan herbal JSR Jurus Sehat Rasulullah
Ramuan alami untuk mengobati asma.

 

Sedikit Ganjelan

Seberapa penting buku ini untuk dimiliki? Bagi saya sih, penting banget. Makanya kemarin saya ikut preorder (PO) Buku Resep Sehat JSR ini.

Saya sudah dua tahun menjadi follower IG @zaidulakbar. Dari follower-nya masih ratusan ribu, sampai sekarang sudah 2,9 juta.

Meski rajin menyimak resep-resep yang dibagikan di sana, saya kurang puas. Di Instagram kadang penjelasannya nggak tuntas.

Karena ingin mendapat penjelasan yang tuntas, saya membeli bukunya. Puas banget bacanya.

Tapi, seperti judul subbab ini, saya merasakan sedikit ganjelan. Nggak mengganggu isi buku, sih. Cuma itu aja, agak ngeganjel.

Di halaman 13 tertulis, “Seorang ilmuwan dari Jepang dalam bukunya mengatakan bahwa DNA manusia memiliki karakteristik on (nyala) dan off (padam). Nyala dan padamnya gen bergantung dari cara berpikir kita.”

Pertanyaannya, siapa nama si ilmuwan Jepang itu? Apa judul bukunya? Sampai paragraf itu berakhir, saya tak menemukan jawabannya. Catatan kaki juga tidak ada.

Saya lihat ke Daftar Pustaka yang terbagi atas Buku, Jurnal, dan Situs. Dari 14 nama penulis buku di sana, tak satu pun yang namanya berbau Jepang.

Ganjelan kedua ada pada resep Sup Perontok Lemak di halaman 476-477.

menghilangkan lemak dan menurunkan berar badan
Sup Perontok Lemak.

Ahaha … dari daftar isi saya memang langsung ke sini. Soalnya lagi ada target ngerontokin kelebihan lemak di perut.

Di resep (halaman 476) tertulis bahan-bahan yang dibutuhkan adalah jamur kuping, brokoli, dan jamur tiram. Plus rempah-rempah, tentunya.

Tapi pada foto Sup Perontok Lemak (halaman 477), tampak jelas jamur kuping, brokoli, dan jamur enoki.

Iya, jamur enoki. Padahal, di resepnya nggak ada jamur enoki. Adanya jamur tiram.

 

Rekomendasi

Lepas dari dua hal itu, Buku Resep Sehat JSR ini keren banget! Sangat perlu dimiliki oleh siapa pun yang ingin sehat, tetap sehat, dan semakin sehat.

Oya, resensi atas buku Resep Sehat JSR ini juga bisa ditonton di channel YouTube Triani Retno

 

Data Buku

Judul: Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar

Penulis: dr. Zaidul Akbar

Fotografer: Ismailia Shara dan Heru Erlangga

Editor: Wafa Nailatunnajah Fauzi dan Safitri Lusiana D.

Penerbit: Sygma Media Inovasi

Terbit: Januari 2021

Cetakan: 1

Tebal: xii + 524 hlm.

ISBN : 978-623-95687-1-9

Harga: Rp 249.000,-

Buku ini bisa dibeli di Syaamil Store (silakan hubungi nomor 0812-2448-2002), reseller resmi Syaamil di marketplace, atau bisa juga pada saya mumpung saya masih punya stok :D 


Buku Resep Sehat JSR
Resep Sehat JSR dari dr. Zaidul Akbar.


Salam,

Triani Retno A

24 comments

  1. Resensi Buku Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar.

    ReplyDelete
  2. Buku Resep Sehat Rosululloh ini bukan sekadar buku resep biasa ya Mba, resep-resep menyehatkan ala Rosululloh.

    Nggak rugi deh ya beli buku resep sehat ini Mba, kita jadi tau khasiat masing-masing bumbu dapur tersebut.

    ReplyDelete
  3. Bukunya dilengkapi dengan tata tulisan dan gambar yang menarik ya mbak, jadi enak dibaca dan dipahami isi dalam bukunya. Jadi wajar sih harganya juga sedikit lebih mahal, karena isinya semua bermanfaat

    ReplyDelete
  4. jadi ikhtiarnya kembali ke rempah2 kayak jaman dulu yaa
    mengobati dengan rempah2 sekaligus mengetahui khasiatnya

    ReplyDelete
  5. Aku juga lebih memilih obat herbal karena Indonesia sendiri punya banyak bahan-bahan herbal seperti rempah, yg khasiatnya baik bagi kesehatan

    ReplyDelete
  6. Menarik ya bukunya, di cetak ekslusif gitu. Nggak bakal bosa bacanya karena tata letaknya dan ilustrasinya bagus.

    Aih, saya jadi pengen punya juga.

    prof Hembing tuh dulu idola ibu saya. Kalau ada apa-apa yang berkaitan dengan kesehatan, sering cari artikelnya beliau.

    ReplyDelete
  7. Dari penampakan bukunya yang hardcover, kertasnya pun tebal belum lagi berwarna apalagi manfaat isi bukunya, maka wajar sih ya harganya segitu ya

    ReplyDelete
  8. Ketika sakit, hal pertama yang saya ingat adalah cari obat *plak!
    Makanya kalau sakit ampuuunn lebaynya, hahaha.

    Padahal itu adalah teguran Allah ya.
    Btw, buku ini benar-benar bagus buat dimiliki ya, rekomended banget bisa sehat a la Rasulullah :)

    ReplyDelete
  9. pengobatan thibun nabawi ini mungkin cukup asing ku baca, tapi setelah melihat cara pengobatannya ternyata lebih banyak menggunakan tanaman, ini menarik banget sih

    ReplyDelete
  10. Wah jadi penasaran sama buku resep sehat JSR ini, mo coba cari di tokbuk online ah

    ReplyDelete
  11. Lihat penampilan fisiknya saja sudah menggiurkan, Mbak Eno, bukunya memang mewah ya. Lux banget dengan cover istimewa dan kertas isi yang biasa dipakai majalah mahal. Layaklah dengan harga segitu, apalagi isinya relevan buat bantu kita jaga kesehatan atau mengobati rasa sakit. Jadi ingat sama dr. Husein yang dulu merawat istri saya yang juga mengandalkan hal-hal alami. Cuma memang dr. Zaidul sangat kuat personanya, aku kebetulan ikut grup JSR di Facebook. Saling mendukung banget dengan sharing. Dengan 200 resep dan kepakaran beliau (yang ternyata satu alamamater sama aku, hehe), buku ini wajib jadi koleksi keluarga Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Buku ini recomended banget mbak. Aku tinggal cek daftar isi terus buka halamannya lalu praktik deh. Kalau lagi ga sakit pun tetap bisa rutin diminum ramuannya

    ReplyDelete
  13. Setelah baca beberapa review nya temen-teemn soal buku JSR ini, keknya butuh baca berulang deh. Soalnya materi dan cara pemaparannya lengkap dan jelaa

    ReplyDelete
  14. Aaakk, HARUS BELI nih!
    Nabung dulu, biar bisa meminang satu buku tanpa kudu ngerasa ngos2an di cashflow wkwkwk
    Memang banyak banget manfaat yg kita dapatkan kalo praktikkan Jurus Sehat ala Rasulullah ya Mba.
    Makasii sharingnya.

    ReplyDelete
  15. bagus pisan bukunya,

    selain ditulis berbekal ilmu kedokteran juga "ilmu Allah"

    karena seperti ditulis teh Eno, sehat itu rezeki dan Allah memberi tahu cara untuk merawat rezeki tersebut

    ReplyDelete
  16. Saya juga sudah punya buku terbaru dr. Zaidul Akbar. Maa syaa Allah senang sekali karena sekarang mau meracik ramuan sehat ala Rasulullah jadi praktis. Tinggal intip resepnya saja di Buku Resep Sehat JSR ini

    ReplyDelete
  17. ah sebenarnya dalam Islam kita sudah diberi banyak petunjuk untuk menjaga kesehatan ya mbak
    hanya saja banyak yg blm tahu, dgn adanya buku ini, akan lebih mudajt kita menjaga kesehatan berdasarkan tuntunan ajaran islam

    ReplyDelete
  18. Mbak rasanya saya harus punya buku ini deh satu lagi mau saya hadiahin ke ibuku biar bisa memulai perlahan-lahan hidup sehat Dan nggak bergantung dengan obat ya

    ReplyDelete
  19. Wow.. bayaknya ya mbak.. ada 200 resep di dalamnya. Dan syaamil qur'an ini bagus sekali dalam supprtnya terhadap rsesp-rsespnya DR. ZA. sampai melakukan kampanye massive. Barakallah syaamil qur'an dan DR. zaidul akbar

    ReplyDelete
  20. Suka banget dengan buku ini. Aku berasa punya harta karun deh punya buku ini. Resep-resep menyehatkannya lengkap. Tinggal nyari aja pas perlu ya. Dan banyak yang bisa aku racik nih buat aku. Nambah umur, jadi banyak protes nih badan. :D

    ReplyDelete
  21. Mba Eno... saya pingin juga ah beli buku JSR ini, soalnya saya subscribernya kanal Yutub dokter Zaidul Akbar. Wahwah lengkap sekali ya dan puas baca bukunya jadi gak sepotong2 kayak di videonya yah

    ReplyDelete
  22. Saya kemarin juga hadir di acara launchingnya. Seru ya, apalagi pas sesi demo resep dan tanya jawabnya. Bukunya memang recommended sih menurut saya...

    ReplyDelete
  23. asikk udah ada bukunya tentang resep sehat jsr,, mau beli juga nih nanti di gramedia

    ReplyDelete
  24. Kalo bahan-bahannya mudah didapat, aku mau juga beli buku ini. Secara kondisi fisik sudah ngga sefit sepuluh tahun lalu :D

    BTW, selamaat artikel ini masuk kategori resensi terbaik ya,Twins. Kapan2 kalo ketemuan, traktir kopi yak. huehehe.

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)