OPPO A54, Rekomendasi Smartphone 2 Jutaan

 

OPPO A54

Lebih panik kalau hape ketinggalan atau dompet yang ketinggalan? Saya sih jujur aja, yang pertama.

Smartphone sudah seperti kantor dalam genggaman tangan. Diskusi dengan klien,  bahan-bahan tulisan dan video, jualan online, sampai e-wallet ada di sana. Bagi orang seperti saya yang mencari rezeki dari dunia online, hape ketinggalan jelas bikin panik.

 

Kebutuhan Akan Smartphone

Makin ke sini, kebutuhan akan smartphone terlihat semakin tinggi. Baik untuk keperluan pekerjaan maupun pendidikan. 

Terlebih di masa pandemi ketika kegiatan belajar dan bekerja beralih menjadi online dari rumah. Durasi penggunaan hape pun semakin panjang.

Lima bulan lalu ketika saya ganti kacamata, pegawai optik bercerita. Omzetnya bergerak naik. Banyak orang, termasuk anak-anak dan remaja, harus mengenakan kacamata atau mengganti lensa kacamata ke ukuran yang lebih tinggi.

Penyebabnya? Terlalu lama dan terlalu sering menatap layar ponsel.

 

Yang Baru dari OPPO

Fenemona seperti itu dtangkap oleh dengan baik oleh OPPO. Lalu meluncurlah smartphone baru OPPO dari seri A, yaitu OPPO A54. Warnanya ada dua macam, crystal black dan starry blue.

 Di Indonesia, OPPO seri A ini laris manis di kalangan anak-anak muda. Dari segi harga, smartphone OPPO seri A ini juga terjangkau.

 Nggak heran kalau kemudian OPPO meluncurkan produk barunya dari seri ini pada tahun 2021. Segmen utama yang dituju adalah anak-anak muda. Tentunya dengan menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan keluaran sebelumnya.  

Dan bukan OPPO kalau tidak memberikan sentuhan istimewa pada smartphone yang dikeluarkannya. Termasuk untuk smartphone 2 jutaan ini.

Yuk kita lihat rekomendasi smartphone 2 jutaan dari OPPO ini.

Hp OPPO A54
Dua pilihan warna OPPO A54.
 

Layar Istimewa

Smartphone lain yang sekelas OPPO A54 umumnya menggunakan layar water drop (tear drop). Tapi OPPO A54 menggunakan layar single punch-hole yang biasa digunakan pada smartphone kelas menengah atas. Single punch-hole ini membuat ukuran layar tampil dengan luas maksimal. 

Cuma itu?

Ohooo ... tentu tydack!

Keresahan akan efek buruk gadget pada mata diminimalkan dengan fitur Eye Comfort. Seperti namanya, fitur ini membuat mata lebih nyaman dan rileks saat menggunakan ponsel. Eye Comfort ini mengurangi cahaya biru di layar sehingga lebih nyaman dan aman di mata.

Selain itu, pada layar OPPO A54 ini ada fitur Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan AI Smart Backlight.

Memangnya fitur-fitur itu untuk apa aja sih? Nah, ini dia.

  • Sunlight Screen membuat layar smartphone otomatis tetap cerah saat berada di bawah terik matahari. Jadi nggak perlu kesal karena layar terlihat hitam saat kita sedang panas-panasan ketemu mantan di luar ruangan. Juga nggak perlu repot mengatur kecerahannya karena akan meningkat otomatis sebesar 14,5%.
  • Moonlight Screen akan otomatis mengurangi kecerahan layar pada malam hari atau di tempat yang pencahayaannya kurang. Jadi, mata tidak akan kesilauan oleh cahaya dari layar smartphone.
  • AI Smart Backlight. Fitur yang satu ini mempelajari kebiasaan kita dalam memilih kecerahan layar. Setelah itu, akan otomatis menyesuaikan dengan kebiasaan kita.

Hape OPPO terbaru
OPPO A54 dengan layar single punch-hole.

Tiga Kamera

Kamera pastilah menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli smartphone. Gimana dengan kamera pada OPPO A54?

OPPO A54 memiliki tiga kamera. Kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera bokeh 2 MP.

Kamera pada OPPO A54 ini dilengkapi dengan fitur Dazzle Color, AI Scene Recognition, Ultra Night Mode, dan AI Beautification 2.0.

Kegunaan fitur-fitur itu buat apa aja? Ringkasnya begini, nih.

  • Dazzle Color meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar.
  • AI Scene Recognition mampu mengenali 23 suasana secara otomatis.
  • Ultra Night Mode untuk pemotretan pada tempat berpencahayaan kurang. Kamera akan otomatis menyesuaikan diri dan memberikan pencahayaan pada bagian yang gelap.
  • AI Beautification 2.0 memberikan efek percantik. Bagusnya, warna kulit yang dipercantik masih sesuai dengan warna kulit orang Indonesia. Fitur ini ada pada kamera depan dan belakang.

Kemampuan kameranya memang nggak terlalu besar ya. Tapi sudah memadai untuk memotret tugas sekolah/kuliah, selfie, atau memotret untuk kesenangan.

Saya pernah pakai smartphone OPPO versi F yang kamera belakangnya 13 MP. Hasilnya cukup oke, kok.  

 

Sistem Operasi dan Performa

Fitur keren tentu akan meleyot kalau nggak didukung dengan sistem operasi yang bagus.  Nah, OPPO A54 ini menggunakan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis android 10.  Salah satu keunggulannya adalah didukung hyperboost yang khusus OPPO. Hyperboost ini membuat smartphone lebih cepat merespons aplikasi dan games.

Untuk prosesornya, OPPO A54 menggunakan Mediatek Helio P35, serta RAM 4GB tipe LPDDR4X yang 1% lebih tinggi daripada teknologi pendahulunya.

Teknologi Oswap yang digunakan dalam OPPO A54 ini memungkinkan RAM 4GB bekerja seperti RAM 6GB. Untuk ruang penyimpannya tersedia 128GB. 

hp oppo terbaru
Hp 2 jutaan dengan layar kelas menengah atas.

Wiiih... lega banget tuh. Apalagi tanpa menyimpan kenangan pada mantan yang cuma menuh-menuhin memori hati *ehgimana

Baterainya juga besar, kok. 5000 mAh dengan konektor tipe C untuk mengisi daya. Baterai sebesar itu kira-kira cukup untuk:

  • Stand by selama 2,2 hari.
  • Menelepon selama 25,4 jam (ehem, nelpon siapa tuh lama amat?).
  • Nonstop nonton Youtube selama 19,9 jam (jangan lupa, tonton juga channel Youtube Triani Retno. Ocey?).
  • Mendengarkan musik dari pustaka ponsel selama 41 jam.

 

Perlindungan

Sama sepertinya hati yang perlu dilindungi dari luka dan harapan palsu, smartphone juga butuh perlindungan.

Agar tetap bekerja maksimal, OPPO A54 dibekali dengan ini nih:

  • Multilayer heat dissipation supaya suhu ponsel terjaga, nggak sampai kepanasan. Cukup hati aja yang panas melihat mantan pamer-pamer pasangan barunya.
  • Sertifikasi IPX4 sehingga smartphone ini tahan air. Kalau sedang menelepon di luar ruangan lalu tiba-tiba kehujanan, OPPO A54 ini tetap aman. Yang nggak aman paling hatimu, karena hujan biasanya membawa serta kenangan indah bersama mantan.
  • 5 lapis perlindungan. OPPO A54 ini lulus uji jatuh, radiasi, ketahanan pada air, kekuatan sinyal, slight drop test, dan iklim. Kalau hatimu, udah lulus ujian apa aja? Ujian ketenangan saat ketemu mantan aja nggak lulus-lulus!
  • Perlindungan baterai dari over-discharge dan overcharge, sirkuit pendek, arus berlebih, dan kebakaran level V-0.

OPPO A54 2 jutaan
Smartphone 2 jutaan dengan desain cantik dan baterai kuat.


Dua Jutaan

Rekomendasi smartphone 2 jutaan dari OPPO ini cukup memadai deh untuk kegiatan sehari-hari yang butuh gadget.

Tampilannya juga cantik dan fashionable. Bentuknya slim dengan berat sekitar 192 gram. Harganya RP 2.699.000.

Tertarik untuk memilikinya atau menghadiahkannya kepada seseorang? Semoga ulasan di atas bisa memberikan gambaran yang jelas ya.

 

Salam,

Triani Retno A

21 comments

  1. Desain keren, fitur menarik, auto beli nih. Dgn harga segitu sih udah dapat fitur kelas menengah nih. Oppo selalu bikin inovasi menarik tuh. Yg gw salut, Oppo ngasih fitur anti cipratan air. Ini terobosan baru utk hape di bawah harga 3 jutaan nih. Jarang nih vendor ngasih fitur kyk gini sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, harganya dua jutaan tapi hape rasa Sultan. Buat blogger kayak saya pas banget punya Oppo A54

      Delete
  2. Auto intipin spesifikasi ya, yaapun ini mah worth it banget. Harga terjangkau dapat spesifikasi yang cukup lengkap. Cocoklah dipakai untuk bikin konten biar semakin produktif.

    ReplyDelete
  3. Zaman sekarang hape juga sama pentingnya dengan dompet ya. Bahkan jauh lebih penting.

    OPPO A54 ini bisa jadi pilihan tepat nih, kebetulan hape Sony Xperia Z Ultra milik anak saya mati total, jadi pengen nyari lagi yang mirip-mirip gitu. Eh ternyata setelah liat hape OPPO A54 layarnya lega banget, tapi fiturnya kerenan OPPO sih, soalnya keluaran baru.

    ReplyDelete
  4. buatku yang screen timenya nambah, cocok nih sama OPPO A54 soalnya bisa diatur tingkat kecerahan yang baik untuk mata. Nggak sampai 3juta ini mah ya udah kece teknologinya, mana desainnya stylish dan slim gitu. Yang Starry Blue, cantik banget ey

    ReplyDelete
  5. Wohooow bisa aman dari cepratan air manjaaah, cocok buat aku yang ceroboh ini. Kapasitas batere nya juga sudah mumpuni. bisa jadi andalan smartphone sehari hari ini. Terjangkau pula

    ReplyDelete
  6. Kalau udah melihat warnanya ada gradasi biru seneng banget, hehe. Cocok nih ponsel menemani kita membuat konten yang ciamik, apalagi juga harganya bersahabat

    ReplyDelete
  7. hape yang spesifikasinya nggak kaleng-kaleng itu cuma dibandrol 2 jutaan?
    wuah bisa banget nih dipake buat lebaran
    jadi lebaran nanti bukan baju doang yang baru, tapi hape jugaaa hoho

    ReplyDelete
  8. Spesifikasinya keren banget. Ada ya itu fitur Sunlight screen, Moonlight screen. Selama ini tahunya hanya AI Smart Backlight.

    Pantas nih hp ku kalau siang hari di luar ruangan, layarnya jadi item kurang jelas. Ternyata hp ku yang belum ada fitur Sunlight screen. Jadi pengen beli Oppo A54 jadinya.

    ReplyDelete
  9. Kalau ini sih, Hape incaran kita ya, Mbak Eno. Kamera keren, batterai besar kapasitasnya, pas buat diajak kerja mengejar bakso hahaha.
    Itu saya suka tahan dari percikan air. Jadi kalau ngebolang ke curug atau air terjun, tidak was-was hape kena LCD lagi hahaha.

    ReplyDelete
  10. Saya suka banget sama desain bodi belakang OPPO A54 ini mba Apalagi bentuk dan tatanan kameranya, elegan dan terkesan mewah ya.

    ReplyDelete
  11. Duh mupeng ama Oppo A54, walaupun HP ku udah OPPO sih, beda tipe.
    Naksir ama kameranya yg smp 3 kamera tuh. Dan bisa bokeh pula. Wah, ngonten semakin asik deh...

    ReplyDelete
  12. Paket komplit banget sih dia nih, udahlah cakep, spesifikasi mumpuni, harga juga terjangkau. Bawa pulang ga nih? Aaaakk naksir berat! ^^

    ReplyDelete
  13. Akhirnya jatuh hati sama Oppo A54. Soalnya emang fiturnya keren harganya terjangkau. Apalagi aku lagi nyari hp nih. Buat bikin konten, hp ini udah lumayan banget.

    ReplyDelete
  14. Smartphone jadi kebutuhan utama juga sekarang ya mbak selain untuk kerja juga buat sekolah. Makanya butuh banget punya smartphon eyang mumpuni speknya tapi harganya masih terjangkau, Semuanya ad di O.ppo A54 nih. Layarnya gak ada gangguang punch hole di tengah lagi ya soalnya skr ada di pinggir

    ReplyDelete
  15. Idem Mbak, saya tipe yang mati gaya kalau lupa bawa handphone, secara semua-muanya ada di benda itu.

    Eheemm, Oppo 54 ini harga 2 jutaan tapi udah bisa dapat spek secanggih itu yaa Mbak, ketceehh deh ini.
    pasti jadi banyak yang naksir ini, termasuk saya juga doong.
    mana ringan pula ya, berasa enteng digenggam dan dibawa kemana saja.

    ReplyDelete
  16. Mantap ya speknya si OPPO A54 ini, nggak kaleng-kaleng. Mana harganya cukup terjangkau. Jadi kepikiran mau ganti OPPO nih...

    ReplyDelete
  17. Waah, kalau liat desain dan spesifikasinya nggak heran kalau Oppo A54 ini laris di kalangan anak muda. Emang cocok buat yang suka bikin konten, foto-foto dan aktif pakai gadget.

    ReplyDelete
  18. Baca ulasan teh eno senyum-senyum sendiri sambil bayangin bisa nyakuin OPPO A54, moga dimudahkan memilikinya

    ReplyDelete
  19. Artha Nugraha JonarMay 5, 2021 at 4:15 PM

    Ya bener banget. Lupa dompet gak bingung, begitu lupa HP langsung bingung. Sekarang banyak HP keren dengan harga yang tidak mahal ya. Semakin banyak pilihan dan yang belij jadi bingung deh karena HPnya bagus semua, hehehe.

    ReplyDelete
  20. dengan harga dua jutaan udah dapat fitur yang kaya, wah itu mah sangat dilewatkan, Teh. Sekarang aku butuh kamera buat foto-foto, nah daripada beli kamera sendiri mending beli OPPO A54 ini ya, bisa dipakai kerja online sekaligus hunting foto. Bisa bokeh yg 2 Mp itu keren, mupenglah :)

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)