Bimbel Terbaik Untuk Anak

 


Buat apa ikut bimbingan belajar lagi? Kan di sekolah juga udah belajar. Memangnya nggak cukup belajar di sekolah?

Saya cukup sering menemukan komentar seperti itu. Termasuk ketika saya sendiri mencari tempat bimbel untuk anak-anak saya.

Bahkan ada yang bilang saya saya sok-sokan dan kebanyakan duit gara-gara nyari bimbel buat anak. Haduh duh....


Kenapa Bimbel?

Duluuu ... ketika masih kelas satu di SMA Negeri 3 Bandung, saya juga ikut bimbel di luar sekolah. 

Saya yang sejak SMP memang kurang suka pelajaran eksakta, keteteran di SMA. Jungkir balik belajar, nilai ulangan masih saja di bawah garis kemiskinan. Jadilah saya ikut bimbel bersama empat sahabat saya. 

Kedua orangtua saya anggota TNI yang lurus seperti penggaris 30 cm. Penghasilan mereka hanya dari gaji bulanan. Untuk menghemat ongkos, kadang-kadang saya berangkat ke sekolah dengan nebeng truk tentara. Kebetulan rutenya melewati sekolah saya.

Dengan penghasilan pas-pasan begitu, toh saya diizinkan untuk ikut bimbel. Semiprivat pula. Untuk urusan pendidikan, selalu diusahakan ada.

Begitu pula saya sekarang, dengan kedua anak saya. Terserah deh orang bicara apa. Saya yang tahu bagaimana kondisi di sekolah anak-anak. Saya yang tahu bagaimana anak-anak saya.

Lazimnya sekolah negeri, satu kelas berisi 32-40 murid. Dengan murid sebanyak itu, wajar jika perhatian guru terpecah, meskipun tak sampai berkeping-keping.

Anak belum paham dengan materi A, tapi guru harus sudah lanjut ke materi berikutnya.  Nggak mungkin juga menunggu anak-anak yang belum paham. Ada target kurikulum yang mesti dikejar, kan?

Belum lagi kalau gurunya jarang masuk. Anak-anak cuma diberi tugas yang sesungguhnya belum mereka pahami benar-benar.

Kalau sudah begini, ikut bimbingan belajar di luar sekolah menjadi pilihan.


Memilih Bimbel yang Tepat

Lalu, mulailah kami mencari tempat bimbingan belajar. Kami? Ya. Saya dan anak-anak. Atas nama demokrasi, saya tak memaksakan anak harus bimbel di sini atau di situ. Mereka berhak memilih. Tapi saya juga berhak menolak. Hehe....

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah lokasi, kenyamanan tempat, kesan pertama pada pengajar dan staf, serta biaya.

Ada tempat yang nyaman, tapi stafnya judes. Ada yang gurunya bagus, tapi ruang kelasnya panas. Ada yang bagus semua tapi biayanya terlalu mahal bagi saya.

Sebagian hasil survei bimbel itu akhirnya saya jadikan tulisan Tempat Bimbel di Bandung

belajar online
Belajar online dari rumah.

Bimbel Online

“Tapi Teh, sekarang mana bisa ikut bimbel tatap muka begitu. Masih pandemi begini, loh.”

Iya, betul. Kalau pandemi ini terjadi pada zaman saya SMA, ya memang nggak mungkin. Itu kan belum zamannya internet. 

Tapi sekarang, zamannya berbeda. Bimbingan belajar online bisa dengan mudah diakses. Saya juga mulai melirik bimbel online ini untuk si bungsu.

Jujur aja, saya cuma bisa ngasih semangat kalau melihat dia kesulitan dengan pelajaran matematika atau fisika.  

Lah, dari dulu juga saya lemah di pelajaran itu. Apalagi pelajaran sekarang tingkatannya lebih tinggi dibandingkan masa saya sekolah. Kakaknya, seperti saya dulu, mengambil jurusan IPS. 

Dengan kondisi seperti itu, bimbingan belajar online jadi solusi. Sekarang, tinggal mencari yang paling cocok.

belajar secara online
Sekarang workshop pun online.


Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan sebuah bimbingan belajar online yang menggunakan metode pintar, personal, dan terintegrasi. Metode itu didesain untuk meningkatkan minat belajar siswa dan pemahamannya pada materi pelajaran.

Ah, ini menarik. Saya suka dengan pendidikan yang menggunakan pendekatan personal. Pendekatan personal ini yang susah didapat kalau di sekolah.

Dengan pendekatan personal ini, penyampaian materi pelajaran disesuaikan dengan karakter siswa. Cara belajar anak berkarakter audio, misalnya, berbeda dengan anak visual atau kinestetik. Anak berkepribadian sanguinis juga berbeda cara belajarnya dengan anak plegmatis.

Materi pelajaran di Kelas Pintar ini sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Jenjangnya pun lengkap. SD, SMP, SMA ada semua. 

kelas pintar
Fitur-fitur di Kelas Pintar. (Foto: kelaspintar.id)

Pembelajaran disampaikan melalui video belajar (animasi), audio visual, dan e-book. Menariknya, di Kelas Pintar kita bisa memilih mau bimbel mata pelajaran tertentu saja atau semua mata pelajaran. Ada materi yang tidak dipahami? Ada fitur TANYA yang bisa digunakan.

Merasa perlu lebih banyak berlatih soal-soal? Kelas Pintar menyediakan Paket SOAL. Tinggal pilih mau latihan soal ulangan harian, ulangan semester, atau ujian sekolah. 

Kalau masih ragu-ragu ... cocok atau enggak ... kita bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti free trial class selama satu minggu.


 Yang Terbaik Untuk Anak

Semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Kasih sayang terbaik, perhatian terbaik, makanan terbaik, pendidikan terbaik, bekal terbaik untuk masa depan.

Begitu juga dengan saya. Saya yakin, Teman-teman yang sudah menjadi orangtua pun pasti demikian. 

Mengutip perkataan Ali bin Abi Thalib,

“Ilmu lebih berharga daripada harta. Orang kaya harta banyak musuhnya, sedangkan orang yang kaya ilmu banyak sahabatnya.

Ilmu lebih berharga daripada harta. Harta kalau dibelanjakan akan berkurang, sedangkan ilmu kalau diberikan malah bertambah.

Ilmu lebih berharga daripada harta. Ilmu tidak perlu penjagaan dari pencuri, sedangkan harta harus dijaga dari pencuri.”


Semoga kita bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak kita. 


Salam, 

Triani Retno A

22 comments

  1. Bimbingan belajar online dengan pendekatan personal.

    ReplyDelete
  2. kelasPintar emang terbaik banget Teh Eno.
    Aku juga udah kulik2 feature-nya
    ni ponakanku jg belajar dipandu dgn KelasPintar
    cihuy banget dah

    ReplyDelete
  3. Menarik ini, metode pembelajaran online dengan berbagai konten, ada fitur tanya pun dilengkapi kumpulan soal pula...pas buat membimbing belajar online anak

    ReplyDelete
  4. Aku juga tim ikutan bimbel karena menurut aku belajar di sekolah kurang fokus malah lebih ngerti Kalo yang menerangkan di bimbel hehehe.

    Btw, Mba Triani pinter banget lulusan SMAN 3 Bandung :”)

    ReplyDelete
  5. aku tergolong ortu yg gak mau anak2 ikut bimbel. tapi ya nggak ngomenin org, hehe. bukan soal duit atau apa, kasihan aja liat mereka belajar terus, sbb anakku sekolahnya udah paket komplet, sak hafalan2 pun di sana. tp di masa pandemi gini, bimbel semacam kelas pintar memang dibutuhkan utk mendampingi anak di bwh kontrol ortu. sekolah daring itu lebih bikin capek loh ketimbang tatap muka

    ReplyDelete
  6. Bimbel bisa membantu anak meningkatkan wawasan tentang pelajaran yang mungkin tidak didapatkan di sekolah. Namun dalam memilih tempat bimbel, memang tidak boleh asal pilih apalagi ini demi kecerdasan si buah hati.

    ReplyDelete
  7. Salfok deh sama foto emaknya yang malah pegang laptop, eh anaknya malah tiduran cantik sambil pegang hape hehe :D yang belajar itu siapa ea? hehe...

    Btw, saya setuju dengan pembelajaran yang pendekatan secara personal. Sebetulnya di sekolah itu pendekatan personal sudah terjadi, kadang lemahnya banyak anak-anak yang kadang belum paham materi kadang malu untuk bertanya. Ini pengalaman saya sebagai seorang guru...

    Bimbel/kursus bagus kak gak ada ruginya kok, bisa nambah wawasan pas belajar daring saat ini. Karena memang ada kekurangan belajar daring seperti yang sudah disinggung kak Tri bahwa kadang materi gak seluruhnya disampaikan guru. Ya bukan berarti gurunya gak mau jelasin sih. Memang lebih enak belaajr pake tatap muka bisa face to face dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha...yang pegang laptop itu anak sulungku, Mas :D Sekarang udah mahasiswa, tapi kuliahnya ya online juga.

      Delete
  8. Anak saya juga ikut bimbel karna pelajaran sekarang kurikulum nya banyak dan juga sulit jadi butuh bimbingan dari ahlinya

    ReplyDelete
  9. Quote Ali bin Abi Tholib itu benerrr banget ya Teh.
    Sepakaatt bahwa ortu memang kudu pilih bimbel terbaik utk buah hati

    ReplyDelete
  10. Jaman school from home begini emang rasanya kok kurang sreg di hati ya. Adik saya juga kayaknya nggak begitu memahami materi sekolahnya. Jarang ada sekolah virtual gitu.

    Pilihan terbaiknya memang ikut bimbel sih. Saya juga mau nyari bimbel yang cocok untuk adiklah. Saya mau tawarkan ikut kelas online kayak di Kelas Pintar deh.

    ReplyDelete
  11. Adakalanya pelajaran di sekolah kurang dipahami, sehingga memang perlu belajar tambahan di luar biar lebih detail. Apalagi asiknya bisa ikut bimbel secara online, sehingga bukan lagi penghalang

    ReplyDelete
  12. yup, bimbel itu kadang emang perlu ya mbak
    biar bisa membantu anak belajar dengan optimal

    bimbel bikin anak lebih fokus belajar

    ReplyDelete
  13. Aku mesti cek ke Kelas Pintar...dah ga bisa ngajarin anak yang makin gede, tambah susah pelajarannya. Mendingan bimbel aja biar lebih fokus dan maksimal hasilnya

    ReplyDelete
  14. sekarang belajar tambah menyenangkan ya?

    bisa ikut Kelas Pintar agar bisa dapat bimbingan personal

    karena ortu jelas udah nggak bisa ngimbangin pelajaran mereka :D

    ReplyDelete
  15. Faktor biaya, guru dan alumni lulusan menjadi faktor pertimbangan orangtua menentukan tempat bimbel yang tepat anaknya

    ReplyDelete
  16. aku ngerasain kalo sekarang anak2 sekolah pun sudah jenuh dengan sistem belajar online di rumah, kurangnya interaksi dengan sesama. cuma mau tidak mau ya cara ini masih tetap dirasa aman ya dengan bimbel online.

    ReplyDelete
  17. Zaman pandemi begini emang enaknya bimbel online aja ya mbak. Plus lumayan banget buat ngehemat ongkos.

    ReplyDelete
  18. BIMBEL tuh menurut saya penting loh Mbak. Bimbingan tambahan tentunya membantu anak-anak untuk mengulang pelajaran dan menerima cara penyampaian materi yang beragam. Bisa jadi lewat bimbel anak-anak justru lebih mudah menyerap materi yang ingin dikuasai. Apalagi di mata pelajaran eksakta yang butuh pengulangan dan latihan berkali-kali.

    ReplyDelete
  19. Anak-anak bisa lebih menambah kegiatan belajarnya dengan mengikuti bimbel begini ya,Mba. Kayaknya makin sekarang harganya juga ga semurah dulu ya. Berbagai pertimbangan pasti dilakukan orang tua nih untuk memberikan pendidikan terbaik ke anak.

    ReplyDelete
  20. Aku nggak pernah ikutan bimbel karena dulu bimbel jauh dari rumah n sekolah tapi nanti anaku kayaknya bakal di kursusin gitu biar energi dan bakatnya bisa tersalurkan kak

    ReplyDelete
  21. bimbel memang kadang dibutuhkan untuk mempermantap pemahaman anak terhadap pelajaran yaa, Mba

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)