Hijab for Sisters

3 Hal Menarik di Wisata Mandalika Lombok

 

Wisata Mandalika Lombok.

Wisata Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki citra positif yang kuat sebagai destinasi prioritas.

Setelah ramai karena menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2022, banyak wisatawan yang berkunjung ke Mandalika. Wilayah yang berada  di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, ini memiliki potensi wisata alam dan budaya yang beragam.

Para wisatawan asing itu antara lain berasal dari Malaysia, Timur Tengah, Singapura, Australia, dan Jepang.

Mandalika adalah destinasi yang aman dan nyaman bagi wisatawan. Tidak heran jika banyak yang mengunjunginya.

Sebenarnya, seperti apa ya wisata Mandalika itu?

 

Lokasi Mandalika

Secara geografis, posisi Mandalika di Pulau Lombok, dekat dengan Pulau Bali. Untuk mencapai Mandalika, wisatawan dapat melintasi Selat Lombok melalui jalur darat. Pulau Lombok sendiri merupakan bagian dari dua pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kedua pulau besar ini dikelilingi oleh 280 pulau kecil. Luas wilayah provinsi ini mencapai 49.312,19 kilometer persegi. Luas daratannya adalah 20.153,15 kilometer persegi. Sedangkan perairannya seluas 29.159,04 kilometer persegi.

Nama Mandalika berasal dari nama seorang tokoh legendaris masyarakat etnis Sasak, yaitu Putri Mandalika.

Konon, putri ini memiliki paras yang cantik. Kecantikan Putri Mandalika membuat banyak pemuda datang melamar. Putri Mandalika kemudian memutuskan untuk bertapa agar mendapatkan keputusan terbaik.

 

Kegiatan di Wisata Mandalika

Mandalika memiliki banyak pantai yang indah. Lokasinya yang berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok menjadikan Mandalika sebagai destinasi strategis, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ini tiga tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

 

1. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung dikenal sebagai pantai unik di Lombok. Di pantai ini terdapat karang besar yang berbentuk seperti payung.

Uniknya, Pantai Batu Payung tidak memiliki pasir putih. Pantai ini hanya terdiri dari bebatuan besar dan karang seperti payung.

Batu besar yang dihantam ombak laut menciptakan efek yang menarik. Tak heran jika banyak kamera mengabadikan keindahan pantai yang disebut-sebut sebagai pantai terpanjang di Mandalika.

Pantai yang indah ini dikelilingi oleh pepohonan rindang dan berugak (gazebo, dalam bahasa Sasak). Berugak ini bisa digunakan oleh pengunjung pantai untuk beristirahat atau berteduh saat panas matahari terasa begitu terik.


2. Bukit Merese

Wisata Mandalika Bukit Merese
Bukit Merese di Mandalika, Lombok.

Bukit Merese pun bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi saat ke Mandalika.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk mendaki Bukit Merese. Di puncak buku panoramanya sangat indah.

Keindahannya terasa semakin memesona karena ditemani semilir angin laut.


3. Wisata Adat

Selanjutnya, wisatawan dapat berinteraksi dengan masyarakat asli Lombok yaitu suku Sasak. Melihat aktivitas sehari-hari warga yang diisi dengan menenun kain tradisional, memancing, dan mencari ikan di laut.


Keindahan destinasi wisata Mandalika­ tak kalah dengan keindahan pantai di Likupang. Indonesia memang kaya dengan pantai-pantai indah, destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu arena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.