Hijab for Sisters

Menu Sarapan Pagi Simple Serba Telur

 

Menu sarapan pagi simple serba telur

Bahan makanan untuk lauk yang selalu ada di rumah saya adalah telur ayam. Walaupun  hanya satu dua butir, harus selalu ada setiap hari.

Alasannya sederhana sekali. Telur ayam paling mudah diolah menjadi menu sarapan pagi simple.

Memang ada bahan makanan praktis seperti nugget ayam dan sosis. Namun, telur ayam tetap menjadi si paling favorit di jajaran menu praktis.

 

Menu Sarapan Serba Telur

Pagi hari bukan waktu yang leluasa untuk memasak dan menyantap makanan. Lebih-lebih pada weekdays.

Sarapan harus cepat tersedia karena anak-anak akan segera berangkat sekolah.

Menu sarapan pun harus yang bisa cepat disantap tetapi bergizi dan mengenyangkan.

Kalau ada telur ayam di dapur, urusan memasak menu sarapan sehat ini jadi lebih mudah.

Berikut ini beberapa lauk berbahan utama telur ayam yang biasa saya masak dadakan untuk sarapan.

 

1. Telur ceplok.

Si bungsu senangnya telor ceplok yang kuningnya masih setengah matang. Si sulung senangnya yang matang sempurna.

Sebagai variasi, telur ceplok bisa disajikan dengan kuah kecap, kuah merah, atau acar kuning.

 

2. Telur dadar.

Supaya telur dadar menjadi menu sarapan pagi yang tidak membosankan, campurannya dibuat berbeda-beda. Misalnya:

  • Telur dadar dengan irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai.
  • Telur dadar dengan banyak daun bawang dan kornet.
  • Telur dadar tahu.
  • Telur dadar dengan irisan bayam dan sosis.

 

3. Telur dadar crispy.

Berbeda dengan telur dadar di poin 2, telur dadar yang ini tidak pakai campuran macam-macam. Meskipun begitu, rasanya istimewa.

Telur dadar crispy
Telur dadar crispy untuk sarapan.

 

4. Orak-arik telur.

Menu sarapan sehat berbahan telur lainnya adalah orak-arik telur dengan sayuran. Bahan utamanya tentu saja telur.

Untuk sayurannya, saya pakai apa saja yang ada di kulkas. Biasanya bayam, kol, buncis, sawi, atau kangkung. Salah satu saja, ya. Kalau salah semua ntar mesti remedial πŸ˜ƒ

 

Resep Telur Dadar Crispy

Telur dadar crispy ini menjadi kesukaan anak-anak saya. Sebagai lauk nasi, wiiih sedap banget. Kriuk-kriuk renyah. Apalagi kalau ditemani dengan nasi hangat.

Ini resep telur dadar crispy yang biasa kami buat di rumah. Telur dadar crispy ini recook dari resep yang saya baca di website Dapur Kobe.

Cara membuat telur dadar crispy
Sesederhana ini bahan pembuat telur dadar crispy.


Bahan

  • Telur ayam (saya pakai dua butir)
  • Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy (saya pakai 1 bungkus yang 75 gram).
  • Air secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

 

Cara membuat

  • Telur ayam dikocok lepas. Setelah itu digoreng seperti biasa. Karena saya ingin membuat telur dadar crispy yang tipis, telur kocok itu saya dadar dalam dua kali menggoreng.

  • Setelah matang, sisihkan. Biarkan sampai dingin, kemudian potong-potong sesuai selera.

  • Siapkan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy dalam dua mangkuk. Yang satu dicampur air dan diaduk rata untuk digunakan sebagai tepung basah.

  • Celupkan telur dadar yang sudah diiris ke dalam tepung basah. Setelah itu, gulingkan dalam tepung kering sambil dicubit-cubit manja.

  • Goreng dalam minyak panas hingga telur berwarna golden brown.

 

Jadi, deh, telur dadar crispy. Gurih dan renyah kriuk. Bener-bener crispy.

Telur dadar crispy tipis dan renyah
Gurih dan renyah banget!


Karena tadi saya sengaja membuat dadar tipis-tipis, telur dadar crispy ini hasilnya jadi seperti kulit ayam crispy.

Kalau teman-teman ingin buat telur dadar yang lebih tebal, silakan aja. Bebas. 

Renyahnya ini bisa bertahan sampai 8 jam. Cocok untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah. Menu masakan rumahan yang hemat, ekonomis, lezat bergizi.

 

Tepung Bumbu Andalan

Kemasan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy ini memang bergambar ayam goreng. Namun, dipakai membuat telur dadar crispy pun bisa. Malah jadinya enak banget karena tepung Kobe ini sudah berbumbu.

Terus terang, tepung bumbu Kobe ini memang andalan saya untuk memasak menu simple dan enak.

Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy diproses dengan menggunakan teknologi modern. Diracik dari bahan dan bumbu-bumbu berkualitas. Tanpa pengawet, juga tidak menggunakan pewarna buatan.

menu sarapan pagi yang tidak membosankan
Tepung bumbu andalan.


Temen-temen punya cerita apa nih tentang menu sarapan pagi simple  buat keluarga?

Ah, saya yakin. Apa pun sajian praktis istimewa yang dihidangkan, pasti menjadi kesukaan keluarga tercinta.

 

Salam,

Triani Retno A

www.trianiretno.com

17 komentar

  1. Kalau ngomongin telur (apalagi telur dadar), duuhh paling excited! Soalnya suka banget sama makanan simpel yang satu ini! Rasanya kalau makan telur, pakai nasi hangat, tambah kecap atau bubuk cabe, bahagia mbakkk. Hahaha. πŸ˜‚πŸ‘

    BalasHapus
  2. resepy yang praktis sekali, cocok ini buat mahasiswa seperti saya hahaha, makan serba simple terutama sarapan, dengan menu telur mantap kak, terimakasih resepnya

    BalasHapus
  3. Saya biasa beli telur itu satu tray sekalian...soalnya penyelamat di saat lauk darurat. Gampil dibikinnya, mau bentuk apapun anak-anak suka.
    Wah ada ide nih bikin telur dadar crispy dari Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Pasti yummy!

    BalasHapus
  4. Semua olahan telur di artikel ini saya suka, dan sekarang penasan sama teluk dadar krispi. Aduhaaaii, jadi pengen langsung coba buat, mumpung di rumah banyak telur nih.

    BalasHapus
  5. tau nggak, aku pernah ikut pertemuan pengobatan alternatif. jadi si narsum itu, hanya dengan salaman bisa mendeteksi makanan yang perlu dihindari, karena tak dibutuhkan tubuh. tiap orang beda-beda. aku dapat 5 macam. yang empat mah santailah, emang jarang makan. masalahnya, satunya adalah telor. huh! mana bisaaa. telor adalah stok yang paling gampang. murah dan mudah. jadi ya bagian telor ngga diikuti hehe.. aku nanti mau coba ah yang krispi-krispi pake kobe.

    BalasHapus
  6. wah mau ah
    di rumah sayapun selalu stock telur karena telur penyelamat gizi yang murah meriah :D
    Telur diolah apapun enak
    Yang belum saya coba ini nih telur dadar crispy
    stock telur dan tepung Kobe selalu siap sedia
    Jadi besok waktunya bikin dan makan ...enak dan kemriyik pastinya ya?

    BalasHapus
  7. telur emang pilihan praktis untuk diolah. udah kaya gizi, pasti lezat lagi. apa lagi kalau ditambah kobe.

    BalasHapus
  8. Sarapan pake telur tuh sudah melegenda ya... Kalau aku paling suka omlette. Cuman dadar telur krispi kelihatan menggoda. Kalau bahannya tepung kobe sih, jaminan lezat dan bikin nagih deh... Wajib dicoba nih

    BalasHapus
  9. Dennise Sihombing3 Juni 2022 09.21

    Telor itu makanan kesukaan anggota keluargaku. Diapakan saja enak. Apalagi diolah dengan bumbu KOBE lebih enak lagi ya

    BalasHapus
  10. Sekilas tampilannya telur dadar crispynya ini kayak tempe goreng ya.

    Di rumah saya juga telur itu harus selalu ada. Kalau lagi malas masak, yang penting ada nasi dan telur, anak-anak udah bisa nggoreng telur sendiri.

    BalasHapus
  11. Semua udah ku coba kecuali yg crispy. Cocok buat masak di kosan, cuss langsung cobaaa

    BalasHapus
  12. Makin kriuk masakan telurnya menggunakan Kobe tepung, rasanya delicious alhamdulillah. Pernah menggunakan Kobe di rumah.

    BalasHapus
  13. olahan telur emang selalu bisa jadi andalan buat emak2, anakq juga suka banget kalo dibikinin balado telur, kalo makan bisa sampe nambah

    BalasHapus
  14. aku juga udah coba masak telur dadar crispy dengan menggunakan tepung bumbu kobe rasa kriuknya nampol banget, bahannya mudah didapat, buatnyanya juga gampang banget

    BalasHapus
  15. Kok enak banget kelihatannya teknik bikin telur dadar jadi crispy begini😍. Tinggal cocol sambal atau saus makin nikmat ya.
    Mau dong kak yang udah matangnya dikirimin eh 🀣

    BalasHapus
  16. Tepung kobe? wah ini tepung yang selalu tersedia di kulkas saya. Krispynya work 100% dan cocok tuk bikin bakwan, tempe goreng, ayam suwir krispy juga pernah coba. Nah, ini ada resep baru dari tulisan kk, jadi pengen eksekusi deh... makasih infonya :)

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.