Hijab for Sisters

Menu Ramadhan Simple dan Enak

 

Menu Ramadhan Simple

Menjelang Ramadhan kemarin, lini masa Facebook saya ramai dengan status persiapan menu sahur.

Ada yang mengolah ayam dan ikan dengan bumbu kuning, bumbu merah, atau bumbu hijau, lalu dibekukan.

Ada yang menyiapkan bermacam-macam bumbu halus agar selama Ramadan bisa lebih cepat memasak. Ada yang memenuhi kulkas dengan berbagai bahan makanan.

Ada juga yang cuma menyimak segala persiapan itu. Siapa? Saya. Hehe….

 

Persiapan Sederhana

Tahun-tahun  lalu, menjelang Ramadhan saya biasa membuat ayam ungkep 1-2 kg untuk kemudian dibekukan. Nantinya bisa digoreng, dimasak soto, dibuat ala ayam panggang, dan sebagainya.

Tapi tahun ini nggak ada persiapan seperti itu. Menjelang Ramadhan saya malah lebih fokus bebersih rumah, terutama dapur.

Menu Ramadhan tahun ini akan lebih sederhana. Tahu, tempe, telur, nugget, dan sayur-sayuran akan lebih sering hadir. Untuk sayuran ini tergantung yang ada di warung saja.

Kadang-kadang malah cukup petik-petik tanaman sayuran di halaman rumah sendiri. Misalnya daun pepaya jepang, kemangi, dan bunga turi.

Tantangan kuliner Ramadhan hemat ini adalah menu apa yang sederhana, enak, dan nggak ngebosenin?

Kalau masaknya itu-itu melulu, kebosanan bukan cuma dirasakan oleh yang makan tapi juga oleh yang masak.

 

Inspirasi Menu KOBE

Bulan Ramadhan begini biasanya di official website bumbu dan bahan-bahan makanan ada menu-menu istimewa. Nggak cuma istimewa enaknya tapi juga istimewa karena mudah dipraktikkan di rumah.

Googling-googling, saya sampai deh ke website dapurkobe.co.id. Selama ini tepung bumbu Kobe memang menjadi andalan saya biar bisa makan enak gak pake mahal.

Yang paling sering saya pakai sih Tepung Bumbu Serbaguna Special, Tepung Kentucky SuperCrispy, Tepung Tempe Kriuk, dan Tepung Bakwan Kress.

Tepung bumbu KOBE
Tepung Bumbu KOBE andalan.

Masak ayam krispi, tahu krispi, jamur krispi … kriuknya renyah gurih. Bala-bala (orang luar Bandung biasa menyebutnya bakwan) pun kalau pakai tepung KOBE rasanya lebih istimewa.

Nah kan, bener. Di website Dapur Kobe ada Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Ada ratusan menu yang menggugah selera di sana, baik untuk sahur maupun berbuka puasa.

Langsung deh menyimak menu-menu yang ditampilkan di sana. Widih, langsung terbayang rasa lezatnya. Bahan-bahannya gampang didapat dan cara bikinnya juga mudah.

Resep sahur sederhana dan enak
Resep sahur.


Yang berbahan dasar tempe, tahu, dan telur juga ada beberapa macam.

Kebetulan saya masih punya tempe di kulkas. Tadinya mau saya buat sambal tempe, tapi belum dapat hidayah aja. Hehe….

 

Keripik Tempe KOBE

Terinspirasi dari Dapur KOBE, jadilah saya masak keripik tempe. Keripik-keripik begini enak buat berbuka puasa atau dicemal-cemil setelah shalat tarawih.

Eits, jangan meremehkan tempe. Bahan makanan kecintaan rakyat Indonesia ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh.

  • Kaya zat besi, magnesium, vitamin B6, dan kalsium.
  • Protein yang berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh.
  • Antioksidan isoflavon untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Jadi, mari kita masak tempe.

 

Bahan Tempe Kriuk

  • Tempe ½ papan.
  • KOBE Tepung Tempe Kriuk 1 bungkus yang 70 gram.
  • Air 125 ml
  • Daun jeruk 3 lembar, diiris halus.
  • Minyak goreng.

Mesti pakai minyak goreng ya, Shay. Kita nggak mungkin bikin tempe kriuk dengan cara mengukus atau merebus.

Resep tempe kriuk
Tempe, makanan sederhana yang bergizi.

Cara Membuat

Asli, cara memasaknya pun gampang banget.

  • Tempe diiris tipis lalu digoreng sampai matang. Tepung Tempe Kriuk dilarutkan dengan air, lalu campur daun jeruk, aduk rata. Daun jeruk ini akan memberikan aroma segar yang khas dalam keripik tempe.

  • Tempe yang tadi sudah digoreng dimasukkan ke adonan tepung. Jangan dimasukkan ke hati biar nggak gampang baperan.

  • Setelah itu digoreng lagi deh sampai golden brown. Ingat, yang digoreng tempenya ya, bukan berita.

Semudah itu dan hasilnya langsung enak. Ini dia tempe kriuk buatan saya, recook dari Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan di Dapur KOBE.

Keripik Tempe KOBE
Kripik goreng kriuk ala Dapur KOBE.

Nggak heran, sih, kalau hasilnya seenak itu. Kobe Tepung Tempe Kriuk memang diracik khusus menggunakan menggunakan teknologi modern.

Rempah-rempah pilihan (ketumbar asli, kunyit bubuk, bawang putih) dan tepung yang crunchy berpadu menjadi satu. Tanpa pengawet, juga tanpa pewarna buatan.

Hasilnya, tempe goreng yang kriuk, gurih, dan renyahnya tahan lama.

Eh, tapi kalau di rumah saya keripik tempe gini nggak tahan lama sih. Sajian praktis istimewa begini langsung habis buat cemal-cemil. Hehe….

 

Menu Sahur dan Buka Puasa

Seneng banget karena menu-menu yang ditampilkan di Dapur KOBE mudah di-recook.

Anak-anak udah request masak sup krim jagung, sambal goreng kerang tahu, pecel lele krispi, bakwan jagung kornet, dan perkedel kentang spesial.

Jadi nggak bingung lagi mau masak apa. Menu 30 hari itu plus resep-resepnya juga bisa di-print. Mau juga? Yuk langsung aja ke Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan

Inspirasi menu Ramadhan
Inspirasi Menu Ramadhan dari Dapur KOBE.


Salam

www.trianiretno.com

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu arena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.