Hijab for Sisters

Challenge Kreasi Merah Putih, Mie Carbonara

 Challenge Kreasi Merah Putih dengan susu Tiga Sapi


Bentar, bentar. Carbonara bukannya makanan asal Italia ya? Spaghetti carbonara, fettucine carbonara, dan pasta-pasta carbonara lainnya?

Iyes, betul. Carbonara adalah saus asal Italia. Saus ini sangat populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Kedua anak saya pun sangat menggemari makanan satu ini. Pada dasarnya kami memang penggemar pasta, sih.

Jadi, di Challenge Kreasi Merah Putih ini kami memasak mie carbonara favorit kami dengan kearifan lokal.

 

Sumber Karbohidrat

Sejujurnya, bukan gaya-gayaan sih kalau saya masak mie carbonara untuk meramaikan Challenge Kreasi Merah Putih ini.

Sudah sejak lama saya membiasakan diri untuk tidak mengandalkan nasi sebagai sumber karbohidrat.

Awalnya duluuu sekali, ketika saya masih SD kelas tiga. Saya terkesima ketika membaca buku. Oh, ternyata banyak sekali ya bahan makanan pokok di Indonesia. Tidak hanya nasi yang harus saya makan setiap hari.

Sebagai sumber karbohidrat tidak hanya beras yang diolah menjadi nasi, bubur, lontong, atau ketupat. Ada jagung, singkong (ubi kayu), ubi jalar (ubi rambat), sagu, dan kentang. Ubi jalar saja macam-macam variannya.

Ada pula gandum yang diolah menjadi roti, mie, makaroni, dan beraneka makanan lainnya.

Beranjak dewasa dan sudah berpenghasilan sendiri, mulailah saya mengurangi konsumsi nasi.

Waktu masih kanak-kanak kan nggak bisa. Orangtua mengharuskan makan nasi. Bahkan makan mie goreng atau bihun goreng pun pakai nasi. Hehe….

Anak-anak saya sudah terbiasa “makan tidak harus nasi”. Kalau sudah makan mie goreng ya sudah, berarti sudah makan. Sudah makan skotel makaroni ya sudah, jangan dipaksa makan nasi.

Dipandang aneh oleh lingkungan … yo wis ben. Biar saja. Bukan salah mereka, bukan salah kami, juga bukan salah rumput yang bergoyang. Halah.

Dari sekian banyak sumber karbohidrat selain nasi, keluarga pasta-pastaan menjadi favorit anak-anak. Mulai dari mie, makaroni, hingga spageti.

Mie carbonara dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi.
Mie, makanan favorit yang gampang diolah.

 

Gizi pada Makanan

Memangnya makanan seperti mie atau makaroni itu bergizi? Mendingan makan nasi dan lauk-pauknya.

Nah, ini. Kalau cuma makan makaroni atau mie tanpa tambahan bahan pangan lainnya, tentu saja kurang bergizi. Itu mah sama saja dengan makan nasi pakai garam atau penyedap rasa doang. Kenyangnya dapat tetapi gizinya kurang.

Agar mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi, tambahkan bahan-bahan seperti sayuran, telur, sosis, atau susu ketika memasak pasta.

Di internet mudah kita dapatkan menu sarapan pagi simple yang murah dan bergizi.

 

Kreasi Merah Putih

Spaghetti carbonara yang jauh-jauh datang dari Italia, di Indonesia beradaptasi dengan Kreasi Merah Putih alias selera lokal.

Saus carbonara Italia itu bertemu pula dengan mie. Makanan asal Tiongkok itu sudah berabad-abad dikenal di Indonesia dan digemari banyak kalangan. Termasuk saya dan keluarga.

Dan bersenang-senanglah kami memasak mie dengan saus carbonara.

Bahan-bahan yang kami gunakan dalam Challenge Kreasi Merah Putih ini semuanya diproduksi di Indonesia. Sebagai orang Indonesia, kita dong yang harus pertama kali mencintai produk-produk negeri sendiri.

 

Resep Mie Carbonara

Berikut ini resep mie carbonara ala keluarga saya.

Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis untuk aneka masakan.
Bahan-bahan mie carbonara


Bahan

  • 1 bungkus mie instan. Yang dipakai mienya ya, Bun. Bukan bungkusnya. Bebas pakai rasa kaldu ayam, rasa soto, atau yang lainnya. Pastikan saja tidak memakai rasa julid pada tetangga.
  • 1/2 bawang bombay ukuran sedang. Iris tipis. Kira-kira setipis senyum Chef Juna.
  • 1 sdm tepung terigu. Larutkan dengan air. Jangan dilarutkan di dalam kenangan.
  • 1 sdm margarin.
  • 1 sdt bawang putih bubuk.
  • 200 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi.
  • 2 sdm kornet. Kami pakai kornet sapi. Tapi kalau mau kornet ayam juga boleh. Yang nggak boleh itu kalau pakai kernet. Beda server, Buuuun.
  • 30 gr Keju parut. Jangan salah, ya. Pakai keju parut, bukan pakai parutan keju.
  • Oregano secukupnya.
  • Cabai bubuk secukupnya.
  • Bumbu-bumbu bawaan mi instan. Kalau bumbu-bumbu ghibah nggak usah dibawa ya, Bun.

Cara Membuat

Cara membuat saus carbonara dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi supaya makin enak.

  • Mie instan direbus. Setelah matang (tapi jangan sampai melehoy), tiriskan.
  • Tumis bawang bombay dengan margarin. Kemudian masukkan kornet. Aduk-aduk.
  • Masukkan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air, keju parut, dan bumbu-bumbu mie instan.
  • Masukkan susu evaporasi. Aduk-aduk.
  • Terakhir masukkan mi instan yang sudah direbus tadi. Aduk sampai rata.

Mie carbonara siap dihidangkan. Tata di piring, taburi sedikit bubuk oregano dan bubuk cabai. Kami pakai bubuk cabai level 15. Taburan bubuk cabai ini membuat mie carbonara menjadi lebih kaya rasa. 

Cuma butuh waktu sebentar untuk memasak menu simple dan enak ini. Paling enak sih dimakan ketika masih hangat.

Kreasi Merah Putih ala kami bukan sekadar membuat makanan berwarna merah dan putih. Namun, semangat merah putih dalam akulturasi kuliner antarbudaya.
Kreasi Merah Putih dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Makanan jadi lebih creamy dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi.


Susu Evaporasi

Karena makanan yang akan kami masak ini bercita rasa gurih, kami memakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

Harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp 15.000/pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. Kemasan kotaknya pun praktis dan pas di genggaman tangan. 

Dibandingkan dengan Tiga Sapi Kental Manis, yang evaporasi ini lebih cair. Rasa manisnya ada tetapi tidak kuat. Gurihnya susu masih terasa.

Penggunaan susu evaporasi akan membuat saus carbonara terasa lebih gurih dan creamy.

Penggunaan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini memang untuk pelengkap minuman (kopi, thai tea), serta makanan (nugget ayam, soto, gulai, rendang, saus carbonara, chicken spinach quiche, dan lain-lain). Pada makanan, susu evaporasi ini berfungsi untuk menggantikan santan.

Jika ingin membuat minuman dan makanan bercita rasa manis, Tiga Sapi Kental Manis menjadi pilihan. Misalnya untuk membuat klappertaart khas ManadoLebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp 12.000/kaleng 490g.

Resep mie carbonara dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Salah satu makanan favorit anak-anak saya, mie carbonara.


Kreasi Kuliner

Sekarang semakin mudah mengakses internet dan media  sosial. Mencari info kuliner dan resep-resep masakan pun jadi semakin gampang.

Tentu saja, resep-resep itu bebas kita kreasikan sendiri sehingga menjadi sajian praktis istimewa. Orang Italia pasti tak pernah membayangkan ada pizza rendang.

Orang Amerika pun mungkin akan tercengang kalau tahu di Indonesia ada steak tempe dan burger oncom.

Btw, sudah tahu atau belum nih kalau Tiga Sapi sedang mengadakan Challenge Kreasi Merah Putih berhadiah total Rp 5 juta?

Belum? Buruan ikutan. Masih ada waktu, kok. Lomba ini berlangsung di Instagram dari tanggal 2 Agustus sampai 31 Agustus 2022.

Cara ikutannya mudah.

  • Follow akun Instagram dan Facebook @lezatnyatigasapi.
  • Unggah foto makanan atau minuman kreasimu yang menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis.
  • Tag tiga teman. Pastikan akun IG kalian tidak diprivat.
  • Jangan lupa pakai tagar #KreasiMERAHPUTIH di caption.

Sudah. Sesimpel itu persyaratannya.

Nah, kalau kalian ikut Challenge Kreasi Merah Putih, makanan atau minuman apa yang akan kalian buat? Sharing, dong.

 

Salam,

Triani Retno A

www.trianiretno.com

26 komentar

  1. Resep mie carbonara mudah dan enak.

    BalasHapus
  2. Ya, Tuhan. Resepnya kocak betul. Itu cabai level 15 udah pasti lebih pedes dari komentar netizen ya, Bun.

    BalasHapus
  3. Kalau orang Indonesia kan, kalau belum makan nasi, ya belum makan, Mbak Eno hahaha.
    Makanya saya itu kok masih kadang makan mie instan, pakai nasi. Bikin nasi kuning ada mie goreng juga. Malah saya suka makan mie intsan sama singkong hahaha.
    Tapi ke sininya, sesuai usia yang tak ABG lagi, sudha harus ada pilihan hehehe. Dan seru nih, resepnya. simpel dan enak.

    BalasHapus
  4. Hampir semua anak-anak penggemar mie instan ya
    Dimasak seperti ini pasti makin memperkaya cita rasanya
    Makin lahap deh makannya

    BalasHapus
  5. Mie carbonara juga favorit saya sama keluarga.. karena rasanya tetap cocok di lidah dan tentunya enak

    BalasHapus
  6. Susu evaporasi kalau ga salah susu yang kadar air susunya dikurangi sehingga lebih gurih n cocok buat masakan ya mbak

    BalasHapus
  7. Susu evaporasi cap tiga sapi bikin penasaran, jadi pengen ujicoba resep menggunakan bahan susu ini.
    Kebetulan minggu besok mulai lomba lomba 17 an ada.lomba memasak.bagi ibuk ibu nisa di.ujicobakan resepnya

    BalasHapus
  8. Jadi creamy ya ini mienya pake susu evaporasi. Aku pun baru nyobain masak pake susu evaporasi ini. Ternyata memang rasanya jadi lebih enak dan lembut.

    BalasHapus
  9. Sebagai pecinta mie, saya perlu banbet nih cobain kreasi mie carnonara dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Jadi ada variasi ketika makan mie, bukan hanya enak, tapi juga mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

    BalasHapus
  10. Kreasi dari mie instan memang tak pernah mengecewakan ya kak

    BalasHapus
  11. duh kebayang sih gurihnya, makin enak ya pakai susu evaporasi ini :) gampang jg ternyata bikinnya, jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  12. carbonara emang cocok buat mie instan ya mbak, carbonara dengan kearifan lokal hahaha btw toga sapi evaporasi ini memang enak banget sih ya, aku pernah buat thai tea juga

    BalasHapus
  13. Wah, bisa di coba ini Teh. Di rumah masih ada Tiga Sapi Susu Evaporasi, bisa dong dimanfaatkan. Bikinnya juga enggak ribet yak...

    BalasHapus
  14. wah lihat ini pagi-pagi jadi pengen bikin juga, mbak. bicara soal nasi, anak keduaku termasuk yang susah banget makan nasi dan lebih suka makan mie dan yang lainnya, mbak. tapi ini mungkin faktor umur juga ya soalnya dia masih 3 tahun jadi masih mencari-cari sukanya makan apa

    BalasHapus
  15. Wkwkwk ngakak pas baca satu bungkus mi instan. Ya iyalah mbaaakkk yang dipakai minya bukan bungkusnya haha.

    BalasHapus
  16. Pasti enak. Ini tiga sapi ada di minimarket kan ya?

    BalasHapus
  17. waduh ini,, mie favoritku banget inii,, gimana yak kalo dicampur susu?? pasti lebih creamy bet rasanya >,<'

    BalasHapus
  18. MAuuuuuuu dong mie carbonara istimewanyaaaa :D Pas banget ya challenge merah putih ini di HUT Kemerdekaan RI ke-77. Ternyata Tiga Sapi ini tuh susu evaporasi ya, bermanfaat banget buat kita masak2 digunakan sebagai pengganti santan yang biasa sering dipakai. Kental manisnya juga bisa untuk variasi camilan kesukaan keluarga di rumah. TFS.

    BalasHapus
  19. Sepertinya enak itu mbak, bahannya juga mudah didapat sih utk bikin fettucini dg susu evaporasi tiga sapi

    Kalau ditanya mau bikin apa dg susu tiga sapi tersebut, belum kepikiran mbak, 😅🙈 pengennya sih ya bikin cemilan aja gitu

    BalasHapus
  20. Carbonara favorit kuhhh, wah ternyata bisa dibuat sendiri di rumah ya. Seruuuu jadi pengen coba ikutan juga nih.

    BalasHapus
  21. lumayan juga ini mba hadiahnya, jarang2 ada giveaway yang hadiahnya lumayan gede haha nanti coba aku intip dan ikuti ketentuannya yaa.. thanks for sharing

    BalasHapus
  22. Bahannya mudah didapat, bikinnya juga mudah ya, Mbak Eno. Praktis, bisa buat bekal nih, kalau ada job blog offair hehehe. Resepnya saya save, Mbak. Mau segera saya coba.

    BalasHapus
  23. Yummy banget nih spaghetti carbonaranya. Jadi inget anakku minta spaghetty tapi stoknya lagi habis di rumah.

    BalasHapus
  24. Simple.juga yaaa resep carbonara, anakku sukaak banget tp seringnya beli bunn...mau cobain aah resepnya pake susu evaporasi cap tiga sapi (gusti yeni)

    BalasHapus
  25. Awal awal baca judulnya carbonara aku pikir bikin spaghetti, ternyata bikin pakai mie instan juga tak kalah sedap ya

    BalasHapus
  26. Ini resep mie nya cocok banget buat anak kos seperti saya yang keseringan makan mie. Boleh banget saya cobain nih resep buat makan besok hihihi.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.