Ketika Si Kucing Patah Kaki

 Kucing mengalami patah kaki

Kejadian kucing patah kaki ini sudah beberapa lalu, sih. Tepatnya bulan Oktober 2022. Kenapa baru cerita sekarang?

Kebetulan bulan-bulan itu memang repot ngurusin pasukan meong. Ada aja yang sakit. Plus ngurus kitten tanpa induk yang penuh scabies dan cacingan. Memelihara kucing memang mesti siap dengan kerepotan begini, sih.

Baru beberapa hari si kitten ini di rumah, salah satu kucing lama hilang!
 

Si Pontang Hilang

Kucing-kucing di rumah nggak sepenuhnya indoor. Sesekali mereka main keluar. Pontang ini termasuk yang suka main keluar, tapi selalu pulang.

Pontang ini kucing jantan yang penyayang. Dia sayang banget ke adiknya yang nakal. Dia juga sayang sama kitten-kitten yang datang dan pergi.

Sampai di akhir September 2022 itu, Pontang nggak pulang berhari-hari. Ini bukan kebiasaannya. Usianya juga baru 1 tahun (lahir 1 September 2021).

Khawatir, tentu saja. Saya titip pesan pada mamang gorengan dan mamang penjual ayam deket rumah (karena Pontang sering main ke sana).

Saya titip pesan pada semua kucing yang suka mampir makan di rumah, sama kucing-kucing stray, bilangin ke Pontang supaya pulang. Saya kasih tahu ke mereka ciri-ciri si Pontang.

Hari keempat, tanggal 1 Oktober 2022, ketika saya sedang di dapur, anak saya berteriak, “Miiii, Pontang pulaaang!”

Alhamdulillah.

“Tapi kakinya, Miiii….”

Kaki Pontang Patah

Kucing sakit karena patah kaki
1 Oktober 2022. Pontang pulang dengan kaki kanan belakang patah.

Empat hari hilang, tubuh Pontang kotor dan kurus seperti berhari-hari nggak makan. Wajahnya pun tampak pucat.

Masalah utama ada di kaki kanan belakangnya. Nggak ada luka terbuka, tapi kakinya itu nggak bisa untuk berdiri. Mungkin itu juga yang bikin dia berhari-hari nggak pulang karena nggak bisa jalan.Besok paginya dia saya bawa ke klinik dokter hewan di dekat rumah, cuma sekitar 300 meter.

“Kemungkinan kakinya patah, Bu,” kata dokter Putri setelah memeriksa Pontang. “Untuk memastikan harus dironsen, tapi kami tidak punya alatnya. Mesti ke klinik yang besar.”

Bu dokter menyebut dua klinik besar yang terdekat dari tempat kami. Satu di MIM, satu lagi di Surapati Core.

Saya manggut-manggut saja. Udah speechless. Antara kasihan dengan nasib Pontang, sama bingung dengan uang buat biaya rontgen kucing dan berobatnya. Biaya rontgen kucing … pasti nggak bisa dibayar pakai ikhlas doang, kan?

Sejak pandemi 2020 kemarin, keuangan saya memang babak belur. Istilah kate nih, cukup-cukup buat makan aja. Nggak ada anggaran buat biaya pengobatan kucing begini.

Apalagi seminggu sebelum Pontang, saya juga bawa si kitten yang penuh scabies ke dokter.

Sedih, tentu saja. Tapi lebih sedih lagi kalau Pontang sampai kenapa-kenapa. Jadi, keesokan paginya saya pergi ke klinik di Surapati Core.

Harus Operasi!

Rontgen kucing Bandung di Maha Pet Care
2 Oktober 2022, Pontang dibawa ke Maha Pet Care untuk menjalani rontgen.

Hari Minggu, 2 Oktober 2022, jam sepuluh pagi saya dan si bungsu tiba di Maha Pet Care. Si Pontang ini memang nempel sama si bungsu. Jadi, saya pikir bagus kalau si bungsu ikut mengantar.

Sebelum masuk ke ruang ronsen, si Pontang kan diperiksa dulu nih. Saya ditanya, mau ronsen yang 2 posisi atau 3 posisi. Harganya berbeda dalam hitungan ratus ribu.

Saya jelas milih yang 2 posisi saja. Saya cuma sedia anggaran 500rebu untuk biaya rontgen kucing ini (di luar biaya GoCar pp karena kami nggak punya kendaraan).

Sekitar dua jam nunggu hasil ronsennya ke luar. Lumayan lama, karena dokter yang berkompeten membaca hasil ronsennya lagi nggak di tempat.

Daripada pegel nunggu dan lapar, saya dan di bungsu sarapan dulu di warung, lalu jalan-jalan di Sucor sambil ngobrol macam-macam. Jarang-jarang bisa quality time berdua sama anak bujang.

Tengah hari saya di-WA oleh Maha Pet Care, mengabarkan hasil ronsen sudah ada. Bergegas kami kembali ke klinik.

“Ada tiga patahan di betis kanan Pontang,” kata dokter jaga sambil menunjukkan hasil ronsen di layar komputer.
Rontgen kucing Bandung
2 Oktober 2022. Hasil rontgen. Ada tiga patahan di kaki kanan belakang.

Dokter menganjurkan operasi supaya kaki Pontang bisa pulih. Operasinya harus di klinik di Setrasari karena di sana fasilitasnya lengkap. Perkiraan biayanya?

“Saya tidak tahu pastinya. Tapi kemarin ada pasien yang cerita, operasi patah kaki kucingnya habis 5 jutaan. Itu kasusnya cuma satu patahan. Kalau seperti Ontang mungkin bisa sampai 11 juta.”

Saya speechless. Mau nangis rasanya. Buat biaya sekolah anak aja saya udah mesti ngirit sana-sini. Gimana ceritanye 11 juta buat operasi kucing?

Setelah membayar biaya rontgen kucing dan obat, saya mendapat surat rujukan untuk ke klinik di Setrasari itu.

Merawat Kucing di Rumah

Pontang saya rawat di rumah saja. Saya minta maaf ke Pontang karena nggak bisa bawa dia ke klinik besar itu untuk operasi. 

Karena di rumah nggak ada kandang, bebas ajalah Pontang mau tidur di mana. Yang nyaman dan mudah aja buat dia. Seringnya di kamar si bungsu, sih. Kalau mau pup dan peep, dia berjalan terpincang-pincang ke bak pasir.

Selama seminggu, makanannya ganti ke wet food. Wet food juga memudahkan untuk memberi obat. Menguras kantong? Tentu saja!

Alhamdulillah, ada beberapa teman yang tau-tau transfer buat membantu biaya pengobatan dan perawatan Pontang. Terima kasih banyak untuk kebaikan hati kalian, ya!

Untuk obatnya, dokter memberi vitamin dan obat pereda nyeri. Kemudian saya beli dua macam suplemen di toko langganan. Yang satu suplemen untuk daya tahan, satu lagi suplemen khusus tulang
.

Suplemen khusus kucing.
2 Oktober 2022. Surat rujukan (yang tidak saya pakai) dan suplemen untuk kucing.

Masuk minggu kedua, Pontang mulai makan dry food lagi. Bahkan lebih lahap makan df daripada wf.

Spill biaya:
  • Biaya rontgen kucing 2 posisi, jasa dokter, dan obat Rp490.000. (Dokter Putri di klinik pertama nggak mau dibayar. Dan mata saya kena bawang karenanya.)
  • Ongkos GoCar ke Maha Pet Care pp Rp 70.000.
  • Suplemen tulang Rp 45.000.
  • Immune Booster Rp 25.000.
  • Wet Food buat satu minggu pertama. Lupa dicatat, tapi sekitar Rp 200.000. Itu merek yang biasa aja (seperti Whiskas, Markotops, dsb). Disarankannya mah Royal Canin, tapi harganya terlalu mahal bagi saya.

Kondisi tubuh Pontang pun semakin baik, walaupun masih terpincang-pincang. Pilu rasanya melihat dia yang biasanya lincah terpontang-panting (makanya diberi nama Pontang), kini berjalan terpincang-pincang.

Minggu ketiga, Pontang memutuskan untuk … belajar lari naik turun tangga! Kemudian belajar loncat naik ke meja tempat dia bisa tidur (sebelum sakit).

Belajar meloncat naik ini lebih berat daripada meloncat turun. Untuk meloncat naik kan tumpuannya pada kaki belakang.

Ngilu sih melihatnya. Tapi Pontang terlihat sangat bertekad.


Pontang Sekarang

Merawat kucing sakit
13 Oktober 2022. Pontang sudah lahap makan tapi belum bisa duduk dan berjalan dengan normal.

Enam bulan berlalu. Alhamdulillah, sekarang Pontang sudah sehat. Orang yang nggak pernah melihat kondisinya dulu, pasti nggak akan menyangka dia pernah patah kaki. Sekitar 3 bulan waktu yang dia butuhkan untuk pulih (tanpa operasi).

Sampai sekarang nggak ketahuan siapa orang yang mencelakai Pontang sedemikian rupa.

Pontang sendiri masih suka jalan-jalan. Pekan lalu, ketika saya sedang masak untuk berbuka puasa, dia pulang dengan keempat kaki, dada, dan perut penuh lem yang sangat lengket!

Astaghfirullah. Manusia mana lagi yang melakukan ini? Kapan-kapan saya cerita tentang ini dan drama pembersihannya.

“Kucing yang memilih manusia, bukan manusia yang memilih kucing. Semua pencinta kucing tahu tentang itu.” (Novel Ailurofil, hlm 152)


Salam,

Triani Retno A

1 komentar

  1. Semangat Pontang.. kamu pasti bisa berlari lincah dan terpontang panting lagi hehehe. Dan ternyata, memang harus dana ektra saat memelihara kucing ya, Mbak. Jadi ada kejadian tak terduga, bisa siap. Alhamdulillah Pontang sembuh, tanpa harus operasi yang biaya sangat besar itu.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.