Gaya Hidup Sehat bagi Pekerja Kreatif

Gaya hidup sehat

Semua pekerjaan pasti memiliki dinamika tersendiri. Ada tantangan yang harus dilalui, ada target yang harus dicapai. Semua tantangan dan target itu akan lebih mungkin dicapai jika didukung dengan gaya hidup sehat.

Gaya hidup yang sehat ini akan berimbas pada tubuh yang sehat, pikiran yang jernih, dan emosi yang lebih stabil.

Produktivitas kerja pun akan meningkat. Tak terganggu oleh tubuh yang mudah lelah dan sering sakit.

Pekerja Kreatif dan Pekerjaannya

Pekerja kreatif. Sepertinya asyik ya bekerja di bidang kreatif ini. Hm … bukan sepertinya, sih.

Kalau passion memang di bidang ini, pasti terasa asyik, menyenangkan, nggak ada kata bosan, dan selalu ingin melakukan yang terbaik.

Bidang pekerjaan kreatif juga cukup luas. Misalnya saja penulis, koreografer, desainer, ilustrator, pemusik, fotografer, dan content creator.

Orang-orang yang bekerja di bidang kreatif ini terkadang tak terikat sebagai karyawan di kantor tertentu. Freelancer, istilah kerennya.

Bekerja produktif dari rumah bukan berarti bisa bekerja semaunya tanpa tanggung jawab. Dalam bekerja, para pekerja kreatif kadang tak kenal waktu. Demi mengejar tenggat waktu, tak sedikit yang bekerja sepanjang malam hingga Subuh.

Ayam jago yang biasa berkokok ketika fajar menyingsing pun bisa minder karena kalah rajin bangun paginya.

Tak sedikit juga yang lupa bagaimana hangatnya sinar matahari karena setiap hari bekerja secara online dari dalam rumah.

Pekerjaan memang selesai. Namun, gaya hidup seperti ini lama-kelamaan akan merusak tubuh. Apalagi jika pola makan tak teratur dan asupan makanan pun tak jelas kecukupan gizinya.

Gaya Hidup Sehat

Pekerja kreatif
Supaya bisa tetap kreatif dan produktif, gaya hidup sehat perlu dijaga.

Bekerja di bidang kreatif membutuhkan kondisi fisik yang sehat agar produktivitas dan kreativitas terjaga.

Lebih murah menjaga tubuh agar tetap sehat daripada mengobati tubuh yang telanjur sakit karena gaya hidup yang buruk selama bertahun-tahun.

Apalagi bagi pekerja kreatif tanpa kantor yang kalau tidak kerja berarti tidak dapat penghasilan, dan biaya berobatnya harus ditanggung sendiri.

Mengutip dari WHO, gaya hidup sehat adalah cara hidup yang dijalani oleh seseorang untuk menurunkan risiko penyakit serius dan kematian dini.

Berikut ini beberapa tips gaya hidup sehat bagi pekerja kreatif.

1. Istirahat di sela waktu kerja

Mengejar target dan deadline sering membuat pekerja kreatif mengabaikan istirahat. Padahal, tubuh yang kurang istirahat akan berdampak pada macetnya kreativitas.

Jadi, lebih baik luangkan waktu untuk beristirahat sejenak di tengah aktivitas kerja. Misalnya berjalan kaki santai selama beberapa menit atau melakukan peregangan agar otot tubuh tidak kaku.

Jika terasa sangat lelah sehingga mikir pun rasanya sudah mentok, tak ada salahnya tidur sejenak.

Bagi yang beragama Islam, waktu-waktu shalat juga bisa menjadi saat beristirahat dan menenangkan diri.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga akan membantu menjaga kesehatan fisik dan mental. Cukup lakukan olahraga ringan secara rutin. Misalnya senam, lari pagi, atau berenang.

Tak perlu lama-lama. Tiga puluh menit sehari pun sudah cukup, asalkan rutin. Btw, rutinnya bukan yang setahun sekali, lho, ya.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental di Media Sosial

3. Keluar rumah

Halaman rumah
Berjalan-jalan dan berolahraga ringan dapat dilakukan di sekitar rumah.

Sempatkan untuk berjalan-jalan di luar rumah selama beberapa menit setiap hari.


Luaskan pandangan (dalam arti sesungguhnya), berinteraksi dengan manusia secara langsung (bukan lewat jaringan internet), serta menikmati sinar matahari dan udara di luar rumah.

Deadlock, writer’s block, atau apa pun namanya itu bisa saja terpecahkan dengan cara ini. 

Saya biasa berjalan kaki ke coffee shop di sekitar rumah. Berangkat pagi ketika panas matahari masih ramah dan pulang sore hari ketika panas mentari sudah tidak menyengat lagi.

Olahraga ringannya dapat, keluar rumah dan berinteraksinya dapat, plus ganti suasana kerja supaya tidak bosan.

4. Cukup minum dan konsumsi makanan bergizi

Dalam menerapkan gaya hidup sehat, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Selain karbohidrat dan protein, masukkan pula buah-buahan dan sayur-mayur dalam menu harian.

Sesibuk apa pun, jangan sampai melewatkan waktu makan. Tubuh juga memiliki hak untuk diisi dengan makanan bernutrisi.

Cukupi pula kebutuhan vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin C, vitamin B6, dan kalsium.

Kecukupan vitamin dan mineral tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi CDR, suplemen dengan rasa jeruk dan fruit punch yang segar.

CDR membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan menjaga kesehatan tubuh. Terutama pada masa pertumbuhan, penyembuhan, membantu memelihara tulang dan gigi, serta membantu mengatasi gangguan penyerapan makanan.

Yang tak kalah penting, cukupi juga kebutuhan tubuh akan cairan. Bukan rahasia, sih. Terlalu asyik bekerja sering membuat orang lupa minum. Terlebih jika bekerja di ruangan ber-AC.

5. Tidur yang cukup

Setiap manusia butuh tidur yang cukup. Menurut laman UPK Kemenkes (upk.kemkes.go.id), orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam setiap hari.

Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar dan mudah berkonsentrasi. Selain itu juga mengurangi risiko terkena stres, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Mengelola Stres untuk Hidup Lebih Baik

Gaya Hidup Sehat Bukan Sekadar Gaya

Yup, bukan sekadar untuk gaya-gayaan. Menjalani gaya hidup yang sehat adalah demi kesehatan kita sendiri.

Dengan tubuh yang sehat lahir batin, kreativitas dan produktivitas pun dapat tetap dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Yuk, semangat bergaya hidup sehat.


Salam,

Triani Retno A


Referensi
  • World Health Organization. 1999. Healthy Living: What is a Healthy Lifestyle? https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/108180/EUR_ICP_LVNG_01_07_02.pdf?sequence Diakses tanggal 16 Juni 2023.
  • UPK Kemenkes RI. Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan oleh Tubuh. https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh. Diakses tanggal 16 Juni 2023.

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.