Bekerja Produktif dari Rumah

 

Bekerja produktif dari rumah dengan internet cepat.

Zaman memang sudah maju. Namun, manusianya kadang-kadang masih asyik diam di tempat.

Untuk urusan kerja, misalnya. Masih banyak lho yang mengganggap kerja itu kalau setiap hari pergi ke kantor dengan seragam rapi, bekerja dari jam 8 pagi sampai 4 sore, setiap bulan dapat gaji, dan nantinya dapat dana pensiun.

Atau kalau tidak ya kerja fisik seperti berdagang di pasar atau toko, bertani, terima jahit pakaian atau punya butik, dan semacamnya.

Kalau tidak begitu berarti belum bekerja alias masih jadi beban keluarga, beban masyarakat, dan beban negara.

Padahal sekarang nih, dengan semakin mudah dan meluasnya akses internet cepat dan terbukanya peluang bisnis digital, bekerja juga bisa dilakukan dari rumah.

Bisa Kerja Apa dari Rumah?

Bekerja efisien dari rumah
Produktif kerja dengan akses internet cepat.

Di zaman serba internet seperti sekarang ini, banyak aktivitas online yang menghasilkan uang. Tidak perlu keluar rumah. Tidak perlu bermacet-macet di jalan raya setiap pagi dan sore.

Di mata tetangga mungkin terlihat menganggur, cuma main hape dan laptop sepanjang hari. Mereka nggak tahu aja kalau itu sebenarnya sedang bekerja produktif.

Ini beberapa pekerjaan yang kelihatannya cuma main hape dan laptop, tetapi sebenarnya beneran bekerja:

  1. Penulis. Termasuk di sini antara lain penulis buku, penulis novel di platform online, penulis skenario, blogger, content writer, dan ghostwriter.
  2. Editor. Termasuk di sini editor freelance di penerbit, seo content editor di web, editor foto, editor film.
  3. Penerjemah. Menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya, tapi tidak ke bahasa kalbu.
  4. Ilustrator. Bukan cuma buku yang butuh ilustrasi. Konten di web juga makin menarik dengan ilustrasi. Banyak juga yang menjual desain mereka di web-web khusus gambar.
  5. Dropshipper. Berbeda dengan jualan online, dropshipper tidak perlu nyetok dan packing barang. Cukup memasarkan lewat internet, barang akan dikirim langsung oleh produsen atau distributor.
  6. Investor saham. Ini hanya disarankan untuk yang punya uang dingin plus punya ilmu tentang investasi.
  7. Gamer. Nge-game bisa membuang uang, bisa juga menghasilkan uang.
  8. Transkripter. Mengubah data dari bentuk audio atau video ke bentuk teks.
  9. Admin media sosial. Mengurus media sosial milik klien dan membuat konten yang akan tayang di media sosial.
  10. Desainer web. Mendesain web supaya terlihat profesional dan mudah diakses.

Saya sendiri melakukan pekerjaan nomor 1, 2, dan 4. Di salah satu grup dropshipper yang saya ikuti malah ada persyaratan hape yang digunakan agar bisa bekerja efisien. Salah satunya, kapasitas harus cukup besar. Kalau hape tidak memadai pasti akan cepat panas dan ngelag.

Web review gadget sangat membantu untuk mendapatkan hape sesuai kebutuhan kerja. Tentu saja, pilih web review yang bisa dipercaya, seperti Pricebook.

Internet Cepat dan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas kerja dengan internet cepat.
Internet cepat membuat bekerja lebih efisien dan produktif.

Sekarang Internet memang sudah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan ada yang bergurau memasukkan internet ini ke sembako, bareng-bareng beras dan minyak goreng.

Faktanya, buat yang bekerja secara online, kebutuhan akan akses internet memang nggak bisa ditawar lagi.

Tentu saja akses internet yang cepat dan stabil, ya. Bukan yang lambat atau malah sering hilang sinyal. Ini mah malah bikin stres, emosi, dan bisa-bisa pekerjaan tak selesai sesuai target.

Ada beberapa alasan kenapa internet cepat sangat penting untuk produktivitas kerja:

1. Mengumpulkan data

Bukan hanya peneliti dan decision maker yang butuh data. Blogger juga butuh data untuk menulis artikel. Penjual online juga butuh data tentang produk yang laku di pasaran.

2. Menjalin relasi 

Internet memungkinkan menjalin relasi dengan dengan kolega, klien, dan pelanggan melalui email, pesan WA, direct message di media sosial, dan virtual meeting (Google Meet, Zoom).

Pernah ikut Zoom dan kepental keluar melulu karena masalah sinyal? Pasti kesal, apalagi kalau pas pembahasan yang penting.

Menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi solusi karena jaringan internetnya cepat dan stabil.

3. Memperlancar pekerjaan

Beberapa pekerjaan online harus dilakukan benar-benar secara online, tidak bisa dialihkan ke offline. Misalnya content editor di web-web berita yang harus mengedit artikel untuk segera tayang. Begitu juga dengan gamer dan web desainer.

Koneksi internet lambat, pekerjaan pun ambyar. Ini pentingnya menggunakan provider internet IndiHome agar pekerjaan lancar jaya.

4. Mengikuti berita dan tren terbaru

Khususnya berita dan tren terbaru yang terkait dengan pekerjaan. Internet cepat dari Telkom Indonesia memudahkan untuk mendapatkan informasi terbaru.

Jangan sampai deh ketinggalan berita dan masih pakai informasi lama yang ternyata sudah tidak relevan.

5. Efisiensi kerja

Internet cepat juga berpengaruh pada efisiensi kerja. Tidak perlu ada pekerjaan tertunda karena mengunduh satu file saja butuh waktu saja jam, misalnya.

Dengan internet cepat, pekerjaan bisa lebih cepat selesai dengan hasil yang maksimal.

Produktif dari Rumah

Small office, home office. Begitulah rumah bagi orang-orang yang bekerja dari rumah.

Di rumah terus dan tidak terlihat pergi ke kantor bukan berarti tidak bekerja. Dengan akses internet yang cepat dan stabil, produktif dari rumah bukan hal yang mustahil.

Kamu tertarik untuk menjadi produktif dari rumah? Yuk, produktif bareng-bareng.


Salam,

Triani Retno A

15 komentar

  1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini :)

    BalasHapus
  2. Memang masih banyak orang yang menganggap kerja kalau di perusahaan, senin-sabtu, lalu minggu libur. Makanya saat ada orang lebih banyak di rumah, lalu terlihat belanja-belanji, maka langsung bisik-bisik tetangga.. uang darimana, ya? hahaha.
    Padahal di era digital dengan dukungan internet cepat, maka banyak peluang kerja, dan membuat banyak orang bisa bekerja di rumah ya, Mbak.

    BalasHapus
  3. Suka sering lihat di info loker menjadi admin media sosial. Memang peluang banget sih kerja secara WFH ini, apalagi didukung dengan internet yang stabil ini juga

    BalasHapus
  4. memang internet jaman sekarang ini jadi kebutuhan pokok yang harus ada ya, menunjang hampir semua kegiatan nih jadi makin lancar dan praktis :)

    BalasHapus
  5. bener, sekarang ada banyak peluang dan kesempatan jadi freelancer dan kerja dari rumah aja yaa, tapi harus punya skill dan akses informasinya juga

    BalasHapus
  6. Hihi sekarang kerja dr rumah bisa aman ya berkat internet kencang. Semoga udh nggak dikira tetangga ngepet lg 😁

    BalasHapus
  7. Bener bangett pekerjaan apapun itu, even untuk ibu rumah tangga yang dianggap "ngga bekerja" pun masih butuh banget internet. udah kayak kebutuhan primer soalnya

    BalasHapus
  8. Banyak ya Mbak yang bisa dikerjakan dari rumah, tapi masih banyak yang menganggap kalau dari rumah ya enggak kerja

    BalasHapus
  9. Wah bener sih, supaya produktif di rumah juga harus pastikan koneksi internet lancar supaya semua pekerjaaan bisa terhandle dengan baik :)

    BalasHapus
  10. Hihi... aku mau dong Kak kalau ada penerjemah bahasa kalbu.

    Yup, dengan akses internet lancar, dimanapun kita bisa kerja ya, termasuk walau "cuma" di dalam rumah aja, tetap bisa dapat penghasilan

    BalasHapus
  11. Masih ingin bercita-cita jadi illustrator sama transkripter, menurut Saya pekerjaan itu seru dan menarik. Memang walaupun di rumah bisa banget kita untuk jadi produktif

    BalasHapus
  12. Bener banget Teh. Dengan internet yang cepat, aku juga bisa dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan tanpa harus bergerak keluar rumah. Jadi bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih efisien.

    Dengan pake internet cepat juga bisa menghemat waktu dan tenaga yang akan digunakan untuk bergerak keluar rumah ya teh.

    BalasHapus
  13. Barusan aku lagi sedih pengen banget kerja kantoran lagi dan dapet pensiun kala tua nanti, soalnya usia makin tua pengen ada yg ngasih pesangon. Tapi balik lagi baca tulisanmu aku jadi semangat lagi buat kerja dari rumah aja deh, nerusin ngeblog, apalagi alhamdulillah ada internet lancar. Doakan ya semoga hari tuaku nanti tetap punya "dana pensiun" hehe, aamin

    BalasHapus
  14. saat ini, definisi bekerja itu udah bergeser jauh yaa, Mba. bekerja bukan lagi pergi ke kantor di jam yang sama setiap hari. asal ada internet, bekerja bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, terserah kita

    BalasHapus
  15. Untuk pekerja rumahan kayak kita mah, internet cepat ini memang penting banget ya. Apalagi Teh Eno nih yang kerjaannya banyak dan macem-macem. Termasuk jualan online. Tanpa internet cepat, udah deh gak bisa cuan ya.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.