5 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicicipi


Kuliner khas Jogja

Yogyakarta terkenal dengan keragaman budaya dan makanan lokal yang menggugah selera. Kota ini memiliki banyak pilihan makanan enak mengenyangkan dan dibanderol dengan harga murah meriah.

Tak heran jika Kota Pelajar ini selalu jadi pilihan favorit turis lokal dan mancanegara. 
Apalagi saat ini ada banyak tiket pesawat ke Jogja yang bisa dipilih berdasarkan rute dan budget yang dimiliki.

Salah satu platform pemesanan tiket pesawat online yang menawarkan tiket pesawat ke Jogja adalah Traveloka.

Rekomendasi Kuliner Jogja

Apa saja pilihan makanan di Jogja yang wajib dicicipi selama di sana? Berikut ini beberapa kuliner khas Jogja yang akan menggoyang lidah.

1. Gudeg

Gudeg, makanan khas Yogyakarta
Gudeg, lengkap dengan krecek dan telur pindang.

Gudeg adalah makanan ikonik Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda, direbus dalam santan dan gula aren hingga berwarna cokelat kemerahan dan empuk.

Proses memasaknya memerlukan waktu yang cukup lama agar nangka muda benar-benar menyerap semua bumbu dan rasa dari santan serta gula aren.

Gudeg biasa disajikan dengan sambel goreng krecek, telur pindang, dan daging ayam atau sapi.

Kontras antara rasa manis dari gudeg dengan gurih dan pedasnya krecek serta telur pindang menjadikan setiap suapan begitu istimewa.

2. Sate klathak

Sate klathak dibuat dari potongan daging kambing tanpa bumbu rempah. Sate ini ditusuk dengan batang besi yang sebelumnya telah dipanaskan.

Penggunaan batang besi sebagai tusukan sate bukan tanpa alasan. Selain memberi sensasi rasa yang berbeda, besi yang panas membantu memasak daging kambing dari dalam. Dengan demikian, rasa asli dari daging kambing tersebut benar-benar terasa.

Rasa daging kambing yang gurih dan aroma khas yang keluar saat dipanggang di atas bara api membuat sate klathak menjadi pilihan kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jogja.

Tanpa bumbu yang menutupi, setiap suapan sate klathak benar-benar memanjakan lidah. Disajikan dengan sambal khas dan lontong, sate klathak siap menggugah selera.

Baca Juga: Ngopi Cantik di Loko Coffee Shop Yogyakarta

3. Brongkos

Brongkos adalah salah satu sajian tradisional khas Yogyakarta yang jarang ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Brongkos biasa dihidangkan dengan nasi hangat, sambal, dan kerupuk. Makanan ini terbuat dari potongan daging sapi atau kacang tolo yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas hingga berwarna cokelat kemerahan.

Kuah kentalnya yang didominasi oleh rasa gurih dan manis, berasal dari kombinasi ketumbar, kluwek, dan bumbu-bumbu lain yang meresap sempurna ke dalam daging dan kacang.

Jika mencari pengalaman kuliner yang berbeda saat berkunjung ke Jogja, brongkos adalah salah satu menu yang harus dicoba.

4. Kopi joss

Kopi joss menawarkan sensasi berbeda bagi para penikmat kopi. Keunikan kopi joss terletak pada cara penyajiannya, yaitu sepotong arang yang membara dimasukkan ke secangkir kopi hitam panas.

Arang membara tersebut tidak hanya memberikan aroma khas, tetapi juga memberikan rasa yang unik pada kopi.

Ide di balik kopi joss ini adalah untuk memberikan efek "dingin" setelah menyeruput kopi yang panas. Arang yang dimasukkan ke kopi bertujuan untuk mengurangi keasaman kopi, sehingga dapat lebih ramah di perut, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Menyeruput kopi joss di malam hari sambil menikmati suasana kota Yogyakarta akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

5. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok, oleh-oleh khas Yogyakarta.

Bakpia Pathok merupakan camilan manis yang telah menjadi identitas kuliner Yogyakarta.


Camilan ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan pasta kacang hijau yang diberi sedikit gula, sehingga memberikan rasa manis yang pas di lidah.

Nama "Pathok" sendiri diambil dari nama daerah di Jogja yang pertama kali memproduksi camilan ini.

Tekstur bakpia yang lembut di luar dan manis di dalam menjadikannya camilan favorit penduduk lokal dan wisatawan.

Kini bakpia Pathok hadir dengan berbagai varian rasa, seperti cokelat, keju, dan durian. Namun, rasa klasik kacang hijau tetap menjadi yang paling banyak dicari.

Bakpia Pathok cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.


Jogja memang tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Dari budaya, alam, hingga kulinernya menawarkan keunikan tersendiri.

Jika belum pernah mencicipi kelezatan kuliner Jogja, ini saatnya mempertimbangkan membeli tiket pesawat ke Jogja. Pastikan juga memeriksa promo tiket pesawat ke Jogja di Traveloka untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.