Memulai Bisnis Rumahan


Cara memulai bisnis rumahan

Bisnis rumahan menjadi pilihan banyak orang untuk bekerja produktif dari rumah dan  mendapatkan penghasilan. 

Tidak percaya? Cobalah perhatikan ke sekeliling tempat tinggal. Dengan mudah kita akan menemukan rumah tinggal (bukan ruko atau rukan) yang dijadikan sebagai tempat usaha.

Di sekitar rumah saya, misalnya, ada tetangga yang menjalankan bisnis rumahan berupa butik, konsultan, katering, fotokopi, salon, daycare, dan usaha laundry.

Ada pula yang seperti saya, diam-diam berjualan online dari rumah. Yang tidak tahu sih kadang menatap sinis jika melihat kurir ekspedisi hampir tiap hari datang ke rumah dan berteriak, “Pakeeet!”

Bisnis ibu rumah tangga yang sepenuhnya online begini memang sering nggak kelihatan. Yang orang lihat, saya belanja online melulu. Padahal mah kurir-kurir itu datang untuk menjemput (pick up) paket yang akan saya kirimkan.

Bisnis Rumahan Modal Kecil

Ada banyak pertimbangan sehingga bisnis rumahan menjadi pilihan banyak. Salah satunya adalah karena efisiensi modal.

Dengan menjalankan bisnis di rumah berarti tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Ini sangat cocok untuk bisnis rumahan modal kecil. Dana yang tersedia pun bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Dari rumah kita pun bisa menjalankan usaha secara online, baik yang sepenuhnya online saja maupun yang online tetapi ada toko offline-nya juga.

Berjualan online juga memungkinkan kita memulai usaha dengan modal sangat minim, yaitu dengan menjadi dropshipper. Jualan online dengan sistem dropship ini juga cocok menjadi bisnis ibu rumah tangga yang tidak ingin repot dengan urusan packing.

Dalam sistem dropshipper ini kita tidak perlu menyetok barang. Kita menawarkan barang yang ada di gudang atau toko milik orang lain.

Jika ada yang berminat membelinya, maka kita tinggal memesan barang tersebut pada pemilik toko. Nanti pemilik toko yang akan mengemas dan mengirimkan barang tersebut kepada pembeli dengan mencantumkan nama kita sebagai penjualnya.

Sebagai dropshipper, modal kita adalah kuota internet untuk berpromosi dan mencari pembeli. Jaringan pertemanan dan nama baik juga menjadi modal yang sangat berharga dalam menjalankan bisnis rumahan modal kecil ini.

Selain dropshipper, kita juga bisa berjualan dengan sistem reseller, bisa juga menjual barang yang kita produksi sendiri.

Ide Bisnis Rumahan

Ide bisnis rumahan.
Jualan online menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan.

Sangat beragam bisnis rumahan modal kecil yang bisa dijalankan melalui internet. Misalnya berjualan buku, pakaian, mukena, sepatu, tas, makanan beku (frozen food), beraneka makanan kering, sambal, makanan matang, sembako, dan sayuran segar siap masak (food preparation).


Masih butuh ide bisnis rumahan lainnya? Coba cara ini, deh, untuk mencari ide:

  • Buka aplikasi marketplace.
  • Perhatikan kategori barang yang dijual di sana.
  • Klik kategori yang paling menarik. Boleh juga mengeklik kategori lain yang sebenarnya kurang menarik. Siapa tahu justru di sana dapat “panggilan jiwa” untuk berjualan, kan?
  • Perhatikan barang-barang yang dipajang di sana. Barang apa yang paling banyak peminatnya?

Selain di marketplace, media sosial juga bisa menjadi sumber ide bisnis rumahan yang akan dijalankan secara online. Obrolan warganet di media sosial menjadi masukan tentang apa yang sedang tren, barang apa yang sedang banyak dibutuhkan, dan sebagainya.

Setelah mendapat ide, selanjutnya apa? Tentu saja mewujudkan ide, mulai menjalankan bisnis rumahan yang menjanjikan tersebut.

Berjualan di Lazada

Jika berjualan online adalah jalan ninja yang kita pilih dalam menjalankan bisnis rumahan, maka Lazada adalah teman setia dalam berjuang.

Lazada merupakan platform e-commerce untuk berjualan online nomor satu di Indonesia. Di platform ini kita bisa menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari dengan jangkauan pasar yang luas.

Ada berbagai keuntungan yang kita dapat apabila berjualan di Lazada, yaitu:

  1. Komisi 0%
    Tidak dikenakan biaya komisi ini membuat penjual baru dapat lebih memaksimalkan keuntungan dari berjualan di Lazada.

  2. Gratis ongkos kirim selama 60 hari
    Gratis ongkir selalu menjadi incaran para pelanggan, apalagi jika penjual dan pembeli berada di pulau yang berbeda. Dengan promo gratis ongkir, penjualan bisa lebih meningkat.

  3. Dibantu oleh para ahli
    Selama 90 hari pertama, penjual baru akan belajar mengelola usaha dengan dibantu oleh para ahli di Lazada untuk menjual produk dan mendapatkan keuntungan.

  4. Menjangkau jutaan pelanggan
    Jutaan pelanggan tergabung di Lazada. Itu berarti ada potensi besar untuk menjual barang di lokapasar ini.

  5. Dapat mengikuti program inkubasi penjual baru
    Program ini akan mengupas cara berjualan online di e-commerce sehingga sangat membantu penjual, bahkan yang nol pengalaman.

  6. Berjualan kapan dan di mana saja
    Ini enaknya berjualan online. Selama ponsel ada di genggaman, ada kuota internet, dan sinyal kuat, jualan online bisa jalan kapan dan di mana saja.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara jualan di Lazada dan mendapatkan pesanan di sana?

Cara Daftar di Lazada

cara daftar di Lazada
Siapa pun bisa menjadi penjual di Lazada.

Cara jualan di Lazada dapat dilakukan dengan mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar dengan menggunakan nomor ponsel dan alamat email. Tentu saja, gunakan nomor dan email yang masih aktif.
  2. Unggah dokumen resmi (KTP) dan rekening bank. Rekening ini diperlukan untuk menarik uang yang kita peroleh dari hasil berjualan di Lazada.
  3. Unggah minimal satu produk yang akan kita jual.
  4. Mulai mendapatkan pesanan.

Sekarang kita sudah bisa mulai berjualan di Lazada. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, manfaatkan juga program pendampingan yang disediakan oleh Lazada.

Menambah Wawasan di Situs Yuk Jualan Online

Perlu diketahui, Lazada juga menyediakan situs Yuk Jualan Online. Di situs ini kita bisa menemukan berbagai artikel dan tips mengenai cara jualan di Lazada dan strategi bisnis online.

Berikut ini manfaat yang saya dapatkan setelah membaca web Yuk Jualan Online:

1. Ilmu tentang bisnis online

Semua ada ilmunya, termasuk berjualan online. Meskipun siapa saja bisa berjualan online, tetapi jika dilengkapi dengan ilmu tentang bisnis online, pasti akan lebih berkembang. 

Di web Yuk Jualan Online ini saya bisa mendapatkan berbagai ilmu tentang cara jualan (termasuk bagaimana melakukan promosi dan melayani pelanggan)

2. Inspirasi dari para seller di Lazada

Kisah sukses pebisnis online di Lazada juga dapat kita simak di situs Yuk Jualan Online ini. Saya menonton beberapa video singkat tentang perjalanan bisnis mereka. Ternyata mereka memulai bisnis dari nol.

Ada yang awalnya sama sekali tidak tahu tentang cara jualan di Lazada, bahkan sama sekali buta tentang berjualan online, kini sukses sebagai pebisnis online.

Ada juga yang memulai berjualan online dengan menjadi dropshipper dan reseller, kemudian usaha mereka berkembang hingga memiliki produk dengan merek sendiri.

Ada juga yang memulai dengan modal minim sekarang sudah bisa mempekerjakan karyawan dan memiliki gudang sendiri

Sangat inspiratif! 

3. Semangat

Sudah dapat ilmu dan inspirasi dari web Yuk Jualan Online, tentunya jadi semakin bersemangat untuk berjualan online.

Tips Berjualan Online

Bisnis ibu rumah tangga.
Menambah ilmu tentang jualan online.

Menjalankan usaha apa pun membutuhkan ketekunan dan keuletan. Begitu pula dengan bisnis rumahan secara online ini.


Bisnis rumahan yang menjanjikan juga butuh proses untuk mendapatkan penghasilan dari jualan online, penjualan yang terus meningkat, dan repeat order dari pelanggan.

Berikut ini tips berjualan online dan memikat pembeli di e-commerce:

1. Berikan diskon

Semua orang pasti suka mendapatkan potongan harga ketika berbelanja. Tetapkan periode diskonnya agar calon pembeli tidak menunda-nunda waktu untuk berbelanja.

2. Manfaatkan ulasan positif

Pelanggan yang merasa puas umumnya akan memberikan ulasan yang positif. Nah, gunakan ulasan positif tersebut untuk promosi dan mendapatkan pelanggan baru.

3. Ikuti kampanye internal di marketplace

Kampanye internal ini sangat bermanfaat untuk membuat orang-orang di marketplace menyadari keberadaan toko kita dan melakukan pembelian.

4. Promosi di media sosial

Media sosial memiliki kekuatan sebagai media promosi. Jadi, promosikan usaha online kita di semua akun media sosial yang kita miliki.

5. Pelayanan cepat

Termasuk di sini cepat menjawab pertanyaan pelanggan serta cepat mengemas barang yang dipesan oleh pelanggan. Pilih jasa pengiriman paket yang juga cepat dan dapat diandalkan. Jangan biarkan calon pelanggan berpindah ke toko lain karena kita slow respons. 

Yuk Jualan Online

Banyak ide bisnis rumahan yang bisa kita pilih. Usaha kita pun bisa berkembang dengan bergabung di Lazada, platform e-commerce yang memberikan pendampingan kepada penjual.

Dengan pendampingan yang tepat, semangat, dan ketekunan, bisnis rumahan akan berkembang dan menjadi sumber penghasilan yang memuaskan.

Jadi, yuk jualan online bersama Lazada.

37 komentar

  1. Balasan
    1. aku salfok sama bukunya yang banyak banget mbak hehe. anw, emang zaman sekarang kalo punya dagangan kudu di online-in juga ya biar menjangkau lebih banyak konsumen. aku pribadi belum pernah cobain jualan di Lazada. menarik juga ya fitur dan fasilitasnya

      Hapus
  2. Orang memang gitu ya, Mbak. Mbak Eno jualan online buku, tapi tidak telihat saja. padahal lihat saja fotonya, segunung paket sudah siap dijemput Bang Kurir hahaha.
    Tapi memang jualan online ini jadi minim modal dan minim risiko. Tidak perlu toko atau tempat untuk jualan. yang penting semangat jualan. Apalagi dimudahkan kehadiran Platform jualan online juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jualan online juga jadi jalan ninja bagi orang introvert. Hehe....

      Hapus
  3. apapun bisnisnya, yg dibutuhkan tuh kesabaran, konsisten dan ketekunan ya mba, jadi enak nih punya bisnis dari rumah jd bs tetap ngurusin anak di rumah buat buibu mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Teh, Konsisten dan jaga networking jadi modal kunci memang apalagi untuk bisnisnya masih terbilang baru, karena belum banyak yang kenal ya

      Hapus
    2. Bener, Kak. Semua usaha butuh kesabaran, ketekunan, konsistensi. Nggak bisa sim salabim sak dheg sak nyet langsung berhasil.

      Hapus
  4. Dulu saya pernah jadi dropshipper, Mbak Retno. Seru juga karena modal minimalis dan gak perlu nyetok barang.

    Pake Lazada emang cakep ya. Gak hanya asyik buat belanja. Tapi jiga buat jualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak, jadi dropshipper memang pilihan banget buat yang pengen usaha tapi nggak punya modal.

      Hapus
  5. Lebih banysk benefitnya ya di Lazada. Sampai ada bantuan 90 hari dari tim Lazada dan inkubasi seller baru

    BalasHapus
  6. Bisnis rumahan emang banyak peluangnya, aku malah kepikiran buat kulakan cemilan dan nantinya bisa dijual online atau lewat Lazada ini.. Yuk bisa yuk jualan online yukk

    BalasHapus
  7. Jualan rumahan bisa menjadi sangat menguntungkan ya mbak
    Kalau kita berjualan di Lazada ya

    BalasHapus
  8. Situs Yuk Jualan Online ini menurutku sangat membantu banget untuk mereka yang baru mau terjun ke bisnis online terutama di Lazada. Karena di sana ada banyak artikel menarik yang bisa menambah wawasan pembacanya.

    BalasHapus
  9. Barakallah karena jualan online justru membuat diri makin berdaya
    Saya sendiri senang karena ada aktivitas di rumah
    Jadi enggak nganggur banget

    BalasHapus
  10. Bisnis dropship emg plg enak sih. Kita hanya modal koneksi internet dan bs cari brg2 yg bs kita dropshipkan. Nyaris emg tanpa modal sih.

    Enak bgt ya kak jualan online di Lazada. Sampe ada layanan konsultasi gratisnya lagi.

    BalasHapus
  11. Bisnis rumahan kalau dijakani dengan serius hasilnya emang menjanjikan ya
    apalagi kalau sesuai dengan hobbi atau passion. Serasa melakukan hobbi tapi dibayar

    BalasHapus
  12. zaman sekarang makin mudah ya bikin bisnis. enaknya lagi bisa mulai dari yg modalnya kecil dan dimasukin ke ecommerce

    BalasHapus
  13. Lazada makin keren aja ya bisa jadi alternatif bagi mereka yg ingin penghasilan tambahan

    BalasHapus
  14. Bisnis kekinian yang minim modal yaaaa menggunakan platform terpercaya seperti Lazada ini ya bun
    Yang penting tetap.semangat dalam berniaga

    BalasHapus
  15. Bisnis jualan online menjadi bisnis yang sangat cocok bagi ibu-ibu yang punya baby ya... Sambil kerja bisa sembari menyusui dll. Keuntungannya juga lumayan. Apalagi kalao berpartner dg Lazada, dijamin laris deh...

    BalasHapus
  16. Menarik nih programnya, jadi seller di lazada ada dukungan bantuan selama 90 hari bagi penjual pemula. Jadi nggak ada alasan bingung gimana cara mulainya ya mbak.
    Berkat lazada, bisnis rumahan pun bisa dikenal dan menjangkau seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Sambil mulai jualan sambil terus belajar.

      Hapus
  17. saya pernah jadi dropshipper, sayangnya gak laku
    Dulu belum ada Lazada
    Jika ada, saya pasti gabung dengan Lazada yang aktif berpromosi
    sehingga produk sellernya laris manis

    BalasHapus
  18. Terimakasih pada e-commerce. Karena lewat aplikasi inilah, kita dapat bekerja di rumah dengan tidak mengeluarkan biaya operasional yang besar. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat, apalagi bagi IRT yang masih harus mengerjakan beragam tanggungjawab rumah tangga.

    BalasHapus
  19. Bisnis rumahan tu emang menjanjikan ya. Kalau ditekuni bener2 malah bisa jadi besar dan kualitas produknya juga gak kalah dari brand besar.Wah jualan di Lazada bener2 gratis ya gak ada dipotong komisi. Udah gitu menyediakan promo bebas ongkir pula. Mantul donk.

    BalasHapus
  20. ternyata menariikk bgt fitur2 di Lazada.
    memudahkan seller juga ya mba.
    dan beraneka promo menarik siappp dimanfaatkan buyer

    BalasHapus
  21. Memang bisnis rumahan membuka peluang berusaha bagi semua ya...Ini tetangga satu cluster-ku, jadi distributor lemon, dari hanya jualan di mobil pick up (keliling/mangkal) sekarang dah ratusan paket dikirimkan setiap harinya. Tetangga lain juga, tapi lebih di gadget dan printilannya, sampe memutuskan resign dari kantoran dan full bisnis rumahan.
    Sungguh keberadaan platform e-commerce di antaranya Lazada yang memberikan pendampingan kepada penjual akan memberi banyak manfaat

    BalasHapus
  22. Lazada ini cocok banget buat kita yang pengen mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah saja ya kak

    BalasHapus
  23. Jualan Online di Lazada jadi lebih mudah karena ada web khusus buat belajar ya, jadi buat pemula bisa belajar banyak buat meningkatkan penjualan online nya.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.