Jastip dan Suka Duka Jastiper

Gramedia big sale

Awalnya jastip lebih banyak untuk barang-barang dari luar negeri. Makanya dikenal ada Jastip Bangkok, Jastip Singapore, dan sebagainya.

Namun, sekarang jastip dari dalam negeri pun tak kalah banyak. Ingat nggak ketika musim artis berbisnis cake, brownies, bolu, dan beraneka kue?

Ketika itu sempat ramai jastip kue-kue artis. Banyak orang ingin mencicipi kue dagangan para artis tapi malas mengantre atau jauh dari rumah. Solusinya adalah ikut jastip.

Sejak tahun 2016 saya juga ikut buka jastip. Bukan jastip kue artis apalagi jastip dari luar negeri. Saya mengkhususkan pada jastip buku.

Apa Sih Jastip Itu?

Jastip adalah akronim dari jasa titip. Orang yang membuka jasa titip dikenal dengan sebutan jastiper.

Pada praktiknya, jastiper akan menawarkan barang berdasarkan katalog atau memotret langsung suatu barang di sebuah lokasi (mall, pameran, pesta diskon, dan sebagainya). Setelah itu, jastiper mengambilkan barang yang dipesan oleh peserta jastip.

Pembayaran biasanya dengan sistem uang muka (down payment – DP) atau membayar lunas sebelum jastiper melakukan transaksi di kasir.

Ada juga yang menalangi belanjaan peserta jastip lebih dahulu. Namun, ini lebih berisiko. Bayangin aja, udah nalangin sampai juta-juta, eh orangnya terus menunda pembayaran atau malah kabur.

Pengalaman Ngejastip

Jastip buku Bandung
Kondisi buku saat Gramedia Big Sale.

Saya beberapa kali menulis tentang aktivitas ngejastip ini. Misalnya di Jastip dan Kemudahan Mobilitas.

Selama membuka jastip, saya pun pernah mengalami beberapa kejadian horor. Bukan tentang pembeli yang hit and run, tetapi bersinggungan dengan dunia lain. Tentang itu sudah saya tulis khusus di Pengalaman Horor Saat Jastip Buku.

Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman lain, tentang suka duka seputar ngejastip.

Selama saya jadi jastiper, sebenernya lebih banyak sukanya, sih. Dukanya paling kalau udah capek-capek belanja dan nalangin, eh yang ditalangin malah very-very slowres dan mesti ditagih berkali-kali.

Jastipan buku lumayan capek, lho. Satu kardus aja beratnya bisa 20 kg. Saya kadang belanja sampai 2-4 kardus. Rasanya autokekar dah kalau abis jastipan. Hehe....

Proses mencari bukunya juga lumayan menguras tenaga. Buku di event pameran dan obral berbeda dengan di toko buku.

Di toko, buku tertata rapi per jenis dan subjek. Kalau masih bingung, bisa ngecek koordinat lokasinya melalui komputer atau minta tolong pegawai toko untuk mencarikan.

Saat book sale, pembeli harus mandiri dan mencari sendiri. Letak buku pun tidak seperti di toko. Komik bisa sebelahan dengan buku self improvement, buku anak bisa patumpuk dengan buku sejarah, dsb.

Nanya ke pegawai toko pun percuma karena mereka tak bisa mengingat buku apa saja yang ada di bursa obral dan di mana letaknya.

Apalagi buku yang diletakkan di box. Dalam hitungan detik saja posisi buku bisa berubah karena banyaknya tangan yang mencari buku.

Ketahanan kaki mah ... jangan ditanya lagi. Aplikasi di hape saya pernah mencatat saya berjalan sejauh 5 km, padahal itu ya mondar-mandir doang di lokasi jastip. Hitung-hitung olahraga. Hehe....

Tapi pernah juga sih jastip saya anyep. Berjam-jam di lokasi jastip hanya membawa pulang pesanan senilai 200-300 ribu rupiah. Keuntungannya berapa tuuuh? Hehehe ... banyakin sabar dan tetap bersyukur saja.

Yang Bikin Betah Ngejastip

Jastip buku Gramedia
Buku-buku hasil jastip.

Alhamdulillah, pengalaman sukanya lebih banyak. Yang terutama adalah bisa mendapat uang halal untuk membiayai hidup saya dan anak-anak.

Laptop yang saya pakai sekarang pun saya beli dari hasil ngejastip. Masya Allah, masih takjub kalau ingat prosesnya.

Ketika itu masih pandemi. Eh, laptop saya mati total! Lemes banget. Gimana bisa nulis kalau laptop matot begitu? Selama pandemi saya memang kembali menulis saja karena lapak buku dan jastip seperti mati suri.

Ketika mengecek dana darurat, badan makin lemas. Tinggal tiga juta lebih sedikit, Beeeeb! Mana cukup buat beli laptop baru.

Saya duduk lemas di depan bank sambil membuka hape. Yang terbuka adalah Instagram. Dan yang muncul paling atas adalah info buka gudang buku!

Karena sedang pandemi, persyaratannya diperketat. Seperti harus mendaftar melalui google form lebih dahulu, sudah divaksin, dan nantinya wajib pakai masker.

Untuk pembayaran harus melalui m-banking. Tidak boleh pakai kartu debit/kredit, apalagi pakai lembaran uang. Selain itu, disyaratkan minimal belanja tiga juta rupiah.

Tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar. Sebagian dana darurat langsung saya pindahkan ke dana operasional jastip.

Setelah pendaftaran saya terkonfirmasi, langsung deh bikin woro-woro di FB. Masya Allah, ramai yang ikut.

Tiga minggu bolak-balik jastip ke gudang (yang ternyata hanya ada tiga jastiper, salah satunya saya), alhamdulillah laptop baru dengan spek lebih mumpuni pun terbeli. Uang yang saya pinjam dari dana darurat pun sudah kembali dengan lebihannya.

Setelah itu, gudang buku kembali tutup.

Sampai hari ini, saya masih takjub dan tak henti bersyukur kalau mengingat hal itu. Gudang buku seolah dibuka hanya untuk saya jastipan agar bisa membeli laptop.

Memang, jastip buku lokal belum bisa membuat saya membeli rumah seperti teman yang membuka jastip dari Amerika. Baru cukup-cukup buat hiduplah. Namun, ada hal lain yang membuat saya betah buka jastip buku.

Saya senang bisa mencarikan buku pesanan teman-teman. Senang ketika mereka mengabari buku sudah sampai dan anak-anak mereka sangat gembira mendapat banyak buku bacaan yang bagus-bagus.

Saya juga senang bisa menyalurkan keinginan belanja tanpa membuat saldo rekening saya kering kerontang.

Jastip Buku, Yuk

Jastip buku import dan lokal
Paket-paket jastip yang siap dikirim.

Saya mengawali tahun 2024 dengan membuka jastip buku dari Out Of The Boox (OOTB) Mizan di Jatinangor dan Bandung.

OOTB di Bandung berakhir 11 Februari 2024 dan masih menunggu jadwal buka gudang Mizan.

Yang akan lebih dulu jalan adalah Semesta Buku, tanggal 16-29 Februari 2024. Event yang dihelat oleh Grup Gramedia ini menyediakan ribuan judul buku. Dari komik, buku anak, novel, sampai buku parenting dan self improvement.

Harga buku dibandrol Rp10.000, Rp20.000, dan Rp30.000. Ada pula yang diskon 30%, 50%, dan 70%.

Insya Allah, saya buka jastip dari Gramedia Bandung sejak hari pertama. Untuk gabung, langsung saja klik Jastip Buku TerasTeera.

Saya tunggu, ya.

9 komentar

  1. Wih bisnis yang prospek juga ya jastip ini. Gak cuma fashion atau make up (yang saya tahu di Bangkok kebanyakan fashion dan make up). Ini jastip buku pun banyak peminatnya. Meski ada saja tantangannya, seperti yang suka slow respon pas waktunya tagihan, tapi cerita bagusnya jauh lebih banyak ya Mbak. Dan Alhamdulillah bisa kebeli laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, kebanyakan jastip fashion dan make up. Temen anakku juga suka buka jastip Bangkok dan Singapura, soalnya.

      Hapus
  2. Wah keren kak, semoga usaha jastipnya sukses dan lancar selalu ya kak, saya juga melihat prospek bisnis jastip masih bagus

    BalasHapus
  3. Nah iya, senang kalau buka jasa jastip itu karena bisa menyalurkan keinginan belanja tanpa membuat saldo rekening kering kerontang, ye, Teeh heheheh

    BalasHapus
  4. Mantap langsung di kasih link buat jasa jastip. Yg minat langsung gerak cepat nih.

    BalasHapus
  5. Wah, kisahnya seru banget ya kak! Sungguh inspiratif gimana kakak berhasil mengatasi tantangan dengan kreativitas dan ketekunan. Selain itu, kebahagiaan bisa membantu orang lain mendapatkan buku-buku bagus juga pastinya luar biasa. Semoga sukses selalu dengan jastip bukunya dan semakin banyak buku-buku bagus yang bisa dinikmati banyak orang. Terus semangat ya! 📚💪😊

    BalasHapus
  6. aku belum pernah ikutan jastip loh, mau untuk barang apapun. apalagi buku, ternyata ada jastipnya juga ya. aku mau ikutan juga dong kak, ikut daftar ya, hehe. btw semoga sukses selalu ya dengan usaha jatipnya, gak nyangka loh bisa dapat cuan jadi jastiper dan ini konsisten ya

    BalasHapus
  7. Wah Masya Allah ceritanya inspiratif sekali mbak.. memang pintu rezeki selalu ada bagi yang mau berusaha ya.. sebagai orang yang pernah buka jasa jastip juga saya merasakan banget kerempongan ketika pilih2 buku, pengemasan, dll.. sempet ada yg hit n run juga 😆 good luck ya mba jastip OOTB nya 🤗

    BalasHapus
  8. aku dulu suka nih ngejastip buku import, dulu anakku suka banget buku2 import. soalnya buku anak import tuh menarik ya, banyak permainannya gitu, interaktif untuk anak baca sekaligus mainkan ^^

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.