14 October 2014

Ngariung Santai Bareng Penerbit Anak Kita

Hari Sabtu tanggal 20 September  2014 Penerbit Anak Kita ngadain acara Ngariung Santai di Bandung. Tepatnya di Sagoo Kitchen and Coffee Lay, Jl. Trunojoyo 27. 

Eh, tanggal 20 September? Nggak salah nulis? Hehe... iya betul, tanggal segitu. Hampir sebulan yang lalu. Saya baru nulisnya sekarang. Insaaaf...insaaaf...! Jangan jadi blogger pembuat sarang laba-laba atuh, euy!


Semula saya kira yang datang cuma Mbak Nana (editor noomic saya, Cermin dan The Shy), temen-temen distributor, dan beberapa orang dari redaksi Anak Kita. 


Ternyata.... surpriseee...! Penerbit Anak Kita dan Media Kita datang full team dari Jakarta! Huaaa... banyak banget editor keren di sana. Nggak cuma editor buku anak (Mbak Nana), tapi juga editor novel romance, buku horor, komik, dan lain-lain.

Paniiiik! Tau yang datang segambreng editor gitu, saya bawa sinopsis, outline, naskah setengah jadi, dll dsb buat konsultasi langsung dengan mereka. 

Kalau untuk novel anak sendiri, saya sudah ngajuin sebelum acara gathering itu dan udah di-acc. Jadi, pas gathering saya bawa badan doang (dan bawa krucils). Untuk yang satu ini, saya mesti belajar dari Teh Tethy yang selau siap dengan setumpuk proposal naskah. 

Btw, saya jadi teringat Acem dan Dion yang malu dateng ke gathering ini karena merasa bukan penulis buku anak. Huaaa...kalo aja mereka tauuuu...ternyata editor novel romance dan horor juga dataaang...!
  
Book signing dulu sebelum acara gathering resmi dimulai. Ehm! (Foto: Penerbit Anak Kita)
Namanya aja Ngariung Santai, jadi acaranya pun berjalan santai. Seperti biasanya acara gathering yang dihadiri para penulis buku anak... anak-anak kecil pun heboh berlalu-lalang. Hehe.... Maklum, deh. Kebanyakan peserta adalah ibu-ibu yang bawa anak. Teh Tethy Ezokanzo, Mbak Yanet, Teh Irma, Teh Yas, dan Harley aka Ibu Ranger bawa anak. Eh, tapi sembarang nggak anak, lho. Anak Teh Yas (Ovi) dan Mbak Yanet (Oryza) tuh penulis cilik. Anak saya juga. Meski buku solonya masih dalam proses terbit, waktu SD dia pernah menang lomba nulis cerpen di Penerbit Bentang Belia dan pernah jadi wartawan cilik.


Info-Info Asyik dari Tim Anak Kita

Pak Luluk dan Mbak Nana berbagi informasi tentang Penerbit Anak Kita dan Media Kita yang termasuk dalam Grup Agromedia ini.Visi misinya, jenis-jenis buku yang sudah dan akan diterbitkan, plus... memperkenalkan lini produk baru Penerbit Anak Kita, yaitu Noomic.

Lagi serius dengerin penjelasan Mbak Nana. (Foto: Pak Darma, Media Kita)
Noomic ini adalah novel komik. Jadi, dalam satu buku ada novel dan ada komiknya. Nggak cuma novel sih, sebenernya, tapi kumcer juga. Dan.... horeee...! Dua noomic saya disebut-sebut dan ditampilkan gede-gede di layaaaar! Hihi.... 

Yup. Cermin dan The Shy adalah dua noomic pertama yang diterbitkan oleh Anak Kita. Noomic Silat Boys Teh Tethy masih dalam status coming soon (ketika postingan ini saya tulis mah sudah terbit).

Naaah... ini dia dua noomic saya yang diterbitkan oleh Anak Kita. CERMIN dan THE SHY

Yang nggak kalah seru, Mas Arief dari tim pemasaran Agromedia Bandung juga ikut berbagi pengetahuan. Wew. Penting banget, nih. Hari gini, penulis kan nggak cuma nulis, terus udah. Penulis juga mesti aktif memperkenalkan buku-bukunya. Apalagi nih, persaingan di toko buku makin berat. 

Omong-omong, saya baru tahu kalau buku yang akan masuk ke toko buku Gramedia itu dibaca dan dinilai dulu. Layak buat masuk ke sana atau nggak. Jadi, nggak asal masuk.

Acara selesai pukul 16.00. Ih, nggak kerasa deh udah empat jam ngariung santai di Sagoo Kitchen and Coffee Lay bareng temen-temen penulis, editor, dan ilustrator.

Foto bareng selesai Ngariung Santai (Foto: Irma Irawati)

(Foto: Penerbit Anak Kita)
Makasih banyak yaaa... Teh Tethy, Teh Yas, Teh Novi, Mbak Yanet, Laksmi Manohara, Anita Hairunissa, Dydie, Gia, Salman Aditya, Susi Anggraini, neng geulis Karina Altriyuana, Rika + Salma, Azka, Harley, Harry Martawijaya (kita satu SMA, lhooo, tapi saya udah lulus waktu kamu masuk :D ), Kang Agus Willy, Susanti Hara, Teh Irma, Mbak Sugi, dan semua temen penulis + ilustrator yang udah hadir di sana. Makasih banyaaaak Pak Luluk, Pak Darma, Mbak Nana, Mas Didit, Mbak Tami, Mbak Lia, Mas Irwan, Mas Arief dan semua pasukan Penerbit Anak Kita + Media Kita. Seneeeeng banget bisa ngumpul-ngumpul gini. 


"Saya kira penulis THE SHY masih anak kecil, soalnya bahasanya anak-anak banget," kata Mas Didit, komikus noomic THE SHY. Hehehe.... :D  (Foto: dokumentasi pribadi)

Oh ya, berhubung ini postingnya telat banget, saya sekalian kasih info deh. Tanggal 25 Oktober, jam 14.00 - 16.00 saya, Tethy Ezokanzo, dan Penerbit Anak Kita akan ngobrol-ngobrol tentang noomic ini di toko buku Gunung Agung, Margo City, Depok. Selain ada book signing, kamu juga bisa digambar oleh  komikus Anak Kita yang pastinya okeee banget.

Sampai jumpa di Margo City, yaaa. Cheeers. :)


Ketemu temen-temen lama yang nganterin anak-anak mereka ikut gathering.
Rika nganterin Salma, Deni nganterin Azka. (Foto: Dokumentasi pribadi)

Mau kirim naskah ke Anak Kita? Baca dulu noomic CERMIN dan THE SHY terbitan Anak Kita, dong!
Hehe... Nuhun Teh Irma, Ami, dan Salman. (Foto: Laksmi Manohara dan dokumentasi pribadi)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments :

Post a Comment

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...