14 March 2017

Berburu Tiket Kereta Api untuk Lebaran dan Liburan

Jual tiket kereta



Lebaran masih lama. Puasa Ramadhan aja belum, yak. Hehe… Meski begitu, seperti tahun-tahun lalu, tiket kereta api ke berbagai kota tujuan sudah bisa dipesan sejak jauh-jauh hari.

Tahun 2017 ini, jual tiket kereta api untuk lebaran sudah dimulai tanggal 17 Maret. Huwooow … siap-siap nih yang mau mudik sekalian liburan.


Mudik Naik Kereta Api

Nggak heran, sih, kalau web yang jual tiket kereta api diserbu calon penumpang sejak tiga bulan sebelum Lebaran. Mudik, kan, sudah jadi tradisi bangsa kita menjelang Lebaran. 

Yang nggak punya kampung halaman untuk dimudiki pun kadang-kadang pengin merasakan mudik. Beneran ada lho yang begini. Kali aja, kan, tahun-tahun depan ada bisnis baru: “Menyediakan kampung halaman untuk mudik”.  

Di kampung halaman itu nantinya ada Kampung Sunda, Kampung Jawa, Kampung Bugis, dan kampung suku-suku lainnya. Pemudik wanna be tinggal memilih mau mudik ke kampung mana.

Di tiap kampung itu ada kakek dan nenek yang menjadi tujuan  utama mudik, paman dan bibi, om dan tante, plus serombongan ponakan yang menanti angpao Lebaran. Tak lupa makanan khas Lebaran daerah-daerah tersebut. Oh ya, lengkap dengan tetangga-tetangga yang nganter makanan dalam rantang susun. 

Ahahah … kenapa jadi ngayal gini, ya? Tapi semoga aja ada yang merealisasikan khayalan geje di www.trianiretno.com ini. Ntar royalti buat saya 30% yak. :D

Yang jelas, kereta api memang menjadi salah satu moda transportasi favorit untuk mudik Lebaran. Alasannya macam-macam. Ada yang beralasan karena lebih murah daripada tiket pesawat. Ada yang males capek dan bermacet-macet di jalan raya. Ada yang karena daerah tujuan mudiknya memang lebih mudah dijangkau dengan kereta api.

Tips Berburu Tiket Kereta Api

Sudah tahu jual tiket kereta api lebaran dibuka sejak jauh-jauh hari, sebaiknya atur strategi sejak jauh-jauh hari juga. Bapak ibu yang kerja kantoran perlu mengatur jadwal cuti, menyesuaikan dengan jadwal libur anak-anak. 

Jangan pernah berpikiran “Ah, Lebaran masih jauh ini” lalu menunda-nunda memesan tiket kereta api. Inget nasihat orang tua “jangan bangun kesiangan, ntar rezekinya dipatok ayam” nggak?

Kira-kira begitu juga deh kondisi ketika berburu tiket kereta api di musim mudik. Malas-malasan berburu tiket, bisa-bisa si tiket idaman keburu habis  dipatok dibeli orang lain.


Tiket kereta api memang dijual online. Tapi itu juga butuh strategi.
  • Pastikan kuota internet masih memadai. Nggak banget, kan, kalau lagi berburu tiket online tahu-tahu kehabisan kuota?
  • Kalau perlu, siapkan paket data internet dari dua atau lebih provider yang berbeda. Bisa aja kan sinyal dari provider kesayanganmu tiba-tiba melemah karena negara api menyerang?
  •  Ada ribuan orang yang berburu tiket online pada malam/hari pertama. Pemesanan tiket pada hari pertama ini adalah untuk keberangkatan H-10 Lebaran. Siap mental aja kala ada sistem yang error atau mendadak lemot karena diserbu ribuan orang.
  • Jika gagal memesan tiket pada kesempatan ini tapi ngotot pengin berangkat mudik pada H-10, jangan buru-buru nangis. Tunggu dua-tiga jam, lalu akses lagi. Selalu ada kemungkinan orang yang sudah mem-booking tiket kereta ternyata tidak bisa membayar tepat pada waktunya.
  •  Siapkan data-data yang dibutuhkan supaya bisa mengisi formulir pemesanan secara cepat. Ingat, berlambat-lambat bisa menyebabkan tiket idaman disambar orang lain.
  • Pastikan rekening bank kamu berisi cukup uang untuk mentransfer pembayaran. Kalau ATM jauh dari rumah, pasang dulu aplikasi m-banking atau internet banking. Nggak mau kan kalo udah susah-susah berjuang mem-booking tiket untuk lima orang tapi tiketnya terlepas lagi gara-gara saldo rekening ternyata tinggal seratus ribu?

Mending beribet-ribet di awal lalu nyaman mudik kemudian, kan? Selamat berburu tiket kereta api, ya.



Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
www.trianiretno.com 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...