Hotel Ahadiat, Hotel Bernuansa Alam di Bandung Utara


Hotel Ahadiat Bandung

“Seperti kos-kosan atau asrama!”Begitu komentar seorang netizen ketika saya searching tentang Ahadiat Hotel and Bungalow Bandung. 

Kebiasaan. Saya selalu mencari tahu dulu tempat yang akan saya datangi. Begitu juga dengan hotel di Bandung ini, kota saya sendiri.

Kebetulan pada akhir Februari 2016 saya ada raker tiga hari di Hotel Ahadiat itu.

Alamat Hotel Ahadiat di Jalan Sindangsirna Elok sangat familier bagi saya. Ralat, yang familier itu Sindangsirna doang tanpa Elok. Awal-awal kembali menetap di Bandung, saya tinggal di rumah dinas ortu di Sindangsirna nomor 6. 

Eh, itu bukannya kompleks militer, ya? Haha… iya. Saya emang anak kolong. Kolong langit :D

Sindangsirna Elok ternyata tidak jauh dari tempat tinggal saya dulu. Hotel Ahadiat sendiri terletak cukup jauh ke dalam. Tidak ada kendaraan umum yang melintas di sana. 

Kalau tidak membawa kendaraan sendiri, cukup repot untuk mencapai Hotel Ahadiat ini. Tapi kalau memang berniat nyepi, menurut saya hotel bernuansa alam ini cocok banget.



Junior Suite Room

Saya, Shinta, dan Dian beruntung mendapat kamar 211. Karena sebelahan dengan kamar Wiro Sableng alias Pendekar 212? Haha… naon, sih. Bukan. 

Kamar 211 itu ternyata junior suite room. Ulalaaaa. Mimpi apa, nih, bisa menginap di kamar ini? Jadi langsung inget anak-anak. Wah, mereka pasti seneng kalau bisa nginep di sini. *trus, siapa yang mau bayarin? :D*

Hotel di Bandung
Kamar 211 Ahadiat Hotel & Bungalow


Kamar mandi hotel
Kamar mandi Hotel Ahadiat Bandung.

Kamar ini terasa unik karena bentuknya yang bersegi banyak. Pemandangan dari jendela pun cukup indah. Deretan bungalow, kolam di sepanjang bungalow, dan barisan pepohonan. Ah, imajinasi langsung mengembara ke mana-mana.

Pengalaman staycation saya bareng anak-anak bisa dibaca di sini:


Yang jelas, setelah penat seharian (bahkan sampai menjelang tengah malam) di meeting room, beristirahat di kamar ini terasa sangat nyaman.

Hotel di Bandung yang ada kolam renang
Junior Suite Room Hotel Ahadiat Bandung berada di atas "terowongan".  Kamarnya bersegi banyak.


Makan Serasa Piknik

Mau komen saya gembul kalau saya bilang suka banget sama resto di Hotel Ahadiat ini? Hehehe … faktanya, saya memang suka banget sama restonya. 

Gimana saya nggak suka coba. Makan di resto Hotel Ahadiat ini serasa piknik aja, deh. Resto ini semi terbuka. Tidak ada dinding tertutup di semua sisinya. Hanya tiang-tiang kayu yang ditutup kerai bambu. 

Jadi terkesan menyatu sekali dengan taman di sekitarnya. Ditambah embusan angin sepoi-sepoi … wiiih, makan di resto ini jadi serasa piknik aja. 

Restoran hotel di Bandung
Makan di ruangan ini serasa makan di alam terbuka. :)

Makanannya sendiri … apa seperti bekal piknik dalam keranjang Lima Sekawan? Ada sandwich dan limun jahe? 

Haha … ya enggaklah. Tapi kalau untuk coffee break malam ada bandrek dan bajigur. Masih saudara sepupu dengan limun jahe, kan? 

Selama tiga hari menginap di Hotel Ahadiat ini, menu yang paling nyusss di lidah saya adalah sup asparagus dan kentang goreng. Untuk dessert tentu aja pie dan bandrek.

Well, ini sangat subjektif, ya. 

Saya memang suka pie dan kentang. Kebetulan, rasa renyah, manis, dan gurih pie itu pas di lidah saya. Sampai-sampai ketika akan kembali ke kamar, saya membawa satu piring kecil berisi pie buat dicemil di kamar. Hehehe....

Pie dan sup asparagus
Pie, kentang goreng + omelet, dan sup asparagus.

Sedangkan sup asparagus … duh … ada perasaan bersalah dalam semangkuk sup yang nikmat ini. Kedua bahan makanan ini masuk daftar makanan yang sebenarnya harus saya hindari.



Hotel Bernuansa Alam

Setiap kali memandang ke luar dari jendela kamar 211, saya selalu berkomentar, “Kalau kerjaan udah beres semua, keliling-keliling yuk. Pagi-pagi atau sore-sore. Asik banget keliatannya. Ijo seger gitu.”

Sore terakhir di Hotel Ahadiat, kebetulan acara sudah selesai. Sebagian rekan malah sudah langsung check out. Tapi kami memilih check out esok pagi saja.

Jadilah sore itu saya, Shinta, dan Dian berjalan-jalan santai di sekeliling area Ahadiat Hotel dan Bungalow ini. Angin sore terasa lembut membelai wajah. 

Letak Hotel Ahadiat yang cukup jauh dari jalan raya membuat suasana di sini terasa tenang. Tidak ada suara bising kendaraan. Udara pun terasa relatif lebih segar.

Pemandangan di area hotel bernuansa alama ini pun memanjakan mata saya. Lagi-lagi, imajinasi melayang tak bertepi. 

Ah, suatu saat nanti deretan bungalow dan kolam berhias aneka tanaman ini akan saya jadikan seting dalam novel saya. 

Hotel di Bandung yang bagus dekat Lembang
Nuansa alam yang asri.


Langkah kaki kami meninggalkan deretan bungalow. Saya tersenyum ketika tiba di bangunan hotel yang merupakan bangunan baru. Ah, pasti ini yang dikomentari oleh seorang netizen sebagai “mirip kos-kosan”.

Dibandingkan dengan bungalow-bungalow tadi, bangunan baru ini memang jadi terlihat seperti asrama atau kos-kosan. Tapi hotel di Bandung yang lainnya juga ada, kok, yang punya bangunan seperti ini. 

Hotel di Bandung yang bagus
Seperti asrama? Masa, sih? :)

Lobi Hotel Ahadiat Bandung
Lobi dan kafetaria yang hommy.

Ingin Menginap di Hotel Ahadiat?

Jika sedang mencari hotel di Bandung, tepatnya Bandung Utara, bisa mempertimbangkan untuk memilih Hotel Ahadiat yang bernuansa alam ini.

Oya, sedikit tip dari saya. Mengingat letak Hotel Ahadiat yang agak jauh dari jalan raya dan minimarket, ada baiknya membawa camilan sendiri. 

Antisipasi aja kalau malam-malam tidak bisa tidur dan perut lapar lagi, tapi malas ke luar sedangkan resto sudah tutup. 

Bawa kendaraan pribadi dan ingin jalan-jalan? Nah, itu lebih gampang. Jalan Setiabudhi dengan banyak factory outlet, Jalan Cihampelas yang terkenal dengan pakaian berbahan jins, Mal Setrasari, dan Mal Paris Van Java bisa dijangkau dalam waktu sekitar 15 menit (kalau nggak macet). 

Mau berenang? Hotel Ahadiat adalah salah satu hotel di Bandung yang ada kolam renang. 

Tapi kalau mau kolam renang yang lebih besar dan fasilitas lebih beragam, di Jalan Sindangsirna ada kolam renang Karangsetra. Kalau di Bandung Timur, boleh nih ke kolam renang yang ini:


Nah, selamat bersenang-senang di Bandung. Keep Bandung clean and beautiful, ya. 

Menginap di Hotel Ahadiat Bandung
"Eno was here". Kira-kira gitu, deh, maksudnya :D

Alamat Ahadiat Hotel & Bungalow

Jl. Sindangsirna Elok No. 9 (Prof. Sutami), 
Bandung 40163.

Telepon: (022) 200-5870.
Fax: (022) 200-5871
Email: fo_ahadiat@yahoo.co.id
Website: www.ahadiathotelbandung.com
 

Salam,

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
 

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.