21 May 2018

Lengkapi Artikelmu dengan Gambar atau Foto


Lengkapi Artikelmu dengan Gambar atau FotoDuluuu, saya pikir menulis blog sama saja dengan menulis untuk majalah dan koran, atau menulis novel yang sudah saya bertahun-tahun saya tekuni. Sama-sama menulis. Bahkan sepertinya menulis di blog lebih gampang.

Kenapa saya bilang gitu?


Simpel aja, sih. Menulis cerpen untuk majalah butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk dimuat. Iya kalau dimuat. Bisa aja udah nunggu lama, eh ternyata nggak dimuat. Kalau artikel atau resensi buku antreannya memang tidak lama, tapi ya tetap saja harus menunggu dan belum pasti dimuat.

Begitu juga dengan menulis novel. Antrean di penerbit besar bisa berbulan-bulan (saya memang selalu nembak ke penerbit besar). 

Kalau di blog sendiri kan nggak perlu pake ngante-ngantre gitu. Abis tulis bisa langsung posting. Beres. Nggak pakai acara nunggu dan ditolak. Eh, tapi emangnya beneran langsung beres?

Ternyata enggak, Beb!

Blog Bukan Sekadar Teks

Menulis novel dan cerpen, saya cukup menulis. Iya cukup menulis. Kalau butuh ilustrasi, itu mah penerbit atau majalah yang mikirin. Saya tinggal terima jadi. 

Di blog nggak bisa gitu. 

Memublikasikan tulisan di blog nggak sekadar memajang kata-kata. Tulisan di blog juga perlu dilengkapi dengan gambar atau foto.

Awal-awalnya saya nggak tau itu. Jadi setelah menulis sesuatu yang langsung aja saya publikasikan di blog.

Tapi lama-lama… heran juga. Kok teman-teman kalau share postingan di blog ke medsos, bisa muncul URL dan gambar ya? Yang share blog saya cuma muncul URL doang. 

Heuheu… ya iyalah. Lah saya nggak mencantumkan gambar atau foto di postingan saya. Gimana gambarnya bisa muncul? 

Setelah sadar itu, baru deh saya pasang foto-foto untuk ilustrasi tulisan di blog saya.

Mulanya pakai foto apa adanya. Lama-lama baru diniatkan bener-bener buat berburu foto. Jangan bayangkan berburu foto pakai kamera DSLR atau mirrorless ya. Modal saya hanya kamera hape.

Setiap kali jalan-jalan, meski itu hanya ke pasar atau menjemput anak di sekolah, saya selalu pasang mata. Apalagi kalau pas bepergian ke luar kota, juga kalau ada acara di hotel atau kafe yang instagrammable. Wajib banget cekrek-cekrek sebanyak mungkin buat persediaan.

Lengkapi Artikelmu dengan Gambar atau Foto


Belakangan saya baru tahu, memasang gambar atau foto di blog bukan sekadar supaya keren atau muncul gambarnya ketika membagikan tautan blog.

Gambar atau foto di blog kita ternyata dibaca juga oleh Google dan itu bagus supaya blog kita lebih terlihat oleh pengguna internet. 


Mencari Gambar yang Cocok untuk Artikel

Sayangnya, stok foto hasil jeprat-jepret saya nggak selalu cocok dengan tulisan yang saya buat. Apalagi kalau mau buat infografis dan butuh ilustrasi yang keren. 

Kalo udah begitu, biasanya saya cari gambar di internet. Tapi ini juga mesti hati-hati. Saya nggak mau kalau sampai mengambil gambar milik orang lain.

Yang paling aman, membeli gambar dari Jasa Shutterstock. Apa yang bisa kita dapatkan agen Shutterstock.com yang adalah bagian dari ID Copy ini?

Lengkapi Artikelmu dengan Gambar atau Foto


Banyak. Yang terutama, kita bisa mendapatkan gambar-gambar yang kita butuhkan. Jutaan gambar tersedia di sana. Tinggal kita pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Keuntungan Membeli Gambar di Jasa Shutterstock

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika membeli foto atau gambar melalui Jasa Shutterstock

  • Pembayaran dengan transfer bank

Asyiknya, di Jasa Shutterstock ini kita bisa membayar dengan  menggunakan transfer bank.

Bagi orang seperti saya yang tidak punya (dan tidak berminat punya) kartu kredit, pilihan pembayaran via transfer ini jelas sangat menguntungkan dan memudahkan.


  • Proses cepat

Pesanan kita akan diproses paling lambat dalam 24 jam. Paling cepat? Sepuluh menit juga bisa beres.


  • Harga bersahabat

Sahabat baik, tentunya. Bukan sahabat yang suka morotin. Hehe… Berikut ini harganya.

Lengkapi Artikelmu dengan Gambar atau Foto

Makin beli banyak gambar sekaligus, jatuhnya jadi lebih murah. Kalau mau beli dalam jumlah lebih banyak daripada yang tercantum itu, bisa kok. Langsung saja hubungi 0812-2111-657.


  • File asli dan ukuran penuh.

Dijamin, nih. Gambar atau foto yang akan kita dapatkan itu memiliki resolusi tinggi. Warnanya paling solid dan nggak pake pecah.


  • Tanpa watermark dan bisa diedit

Foto dan gambar yang kita beli akan dikirim pada kita tanpa watermark. Kita juga bisa mengedit foto itu sesuai dengan kebutuhan kita.


  • Bebas royalti dan hak cipta.

Yang juga pentiiiiing, gambar dan foto yang kita beli di sini sudah dijamin bebas royalti dan hak cipta. Kita bebas menggunakannya tanpa khawatir nanti ada yang menuduh kita melanggar hak cipta. Juga nggak akan ada yang menuntut royalti atau pembagian keuntungan kalau gambar/foto itu kita perbanyak dalam bentuk t-shirt, tas, dan sebagainya.

***
 
Sekarang nggak bingung lagi deh nyari gambar atau foto buat artikel di blog. Tinggal meluncur ke Jasa Shutterstock dan pilih-pilih gambar yang cocok.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Lengkapi Artikelmu dengan Gambar atau Foto
4/ 5
Oleh

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)