Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank, Belanja Online Pun Jadi Gampang



Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank
Cara Mudah Kirim Uang -- “Mbak, aku minat sama buku yang Mbak jual di Facebook. Ada lima buku yang udah kutandai. Nanti pengiriman uang buat bayarnya gimana ya, Mbak? Aku nggak punya rekening bank.”
Ketika mendapat calon pembeli seperti itu, biasanya saya mengusulkannya untuk bertransaksi di lapak saya di marketplace. Di sana kan ada opsi pembayaran melalui minimarket.

Tapi ternyata dia menolak bertransaksi di sana. Alasannya repot kalau harus bikin akun dulu. Lagi pula hapenya sudah penuh dengan berbagai aplikasi.
Lalu, harus bagaimana? Bayar pakai pulsa? Duh, modal saya yang tak seberapa bisa-bisa malah macet.
Untuk langsung menolak, saya tak tega juga. Saya paham, untuk daerah tertentu buku bacaan adalah barang yang sulit didapat. Kalaupun ada, harganya mahal. Membeli secara online sering jauh lebih murah.
Tapi… bagaimana kalau terkendala masalah pembayaran begini?
Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank
Ada saja pelanggan olshop yang tidak memiliki rekening bank.

Tidak Punya Rekening Bank

Seriusan nih, hari gini masih ada yang nggak punya rekening bank?
Serius banget. Bagi sebagian kita, punya rekening bank adalah sesuatu yang lumrah. Tak jarang satu orang punya lebih dari satu rekening bank.
Saya sendiri punya beberapa rekening bank. Ada yang khusus untuk urusan jual beli buku di lapak online saya. Ada yang untuk transferan honor dan biaya operasional sehari-hari. Ada yang untuk dana darurat.
Namun, ternyata masih banyak orang yang tidak punya rekening bank. Alasan mereka bermacam-macam. Salah satunya karena tinggal jauh dari bank.
Data dari Menko Perekonomian (2018)1 menunjukkan bahwa pada tahun 2017 hanya 48,9% orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening bank. Persentase tersebut diharapkan meningkat menjadi 75% pada tahun 2019.
Berbeda dengan kepemilikan ponsel. We Are Social (2017) seperti dikutip oleh katadata.co.id menyebutkan, pada tahun 2017 kepemilikan ponsel di Indonesia mencapai 142%2. Itu berarti banyak yang memiliki ponsel lebih dari satu.
Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank
Kepemilikan ponsel dan rekening bank di Indonesia tahun 2017.

Terjawab, deh. Kenapa ada yang mau belanja online tapi kebingungan mengirim uang pembayarannya karena tidak punya rekening bank.

Cara Mudah Kirim Uang

Untungnya sekarang ada cara mudah kirim uang melalui TrueMoney Indonesia.
True Money Indonesia merupakan layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi keuangan tanpa perlu memiliki rekening bank.
TrueMoney Indonesia ini sudah memiliki lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang elektronik dan jasa pengiriman uang.
Hm… gimana caranya mengirim uang tanpa rekening bank?
Nggak jauh beda kok dengan opsi pembayaran melalui minimarket yang ditawarkan oleh marketplace. Pada TrueMoney Indonesia ini, pengiriman uang juga dilakukan melalui minimarket, yaitu Alfamart dan Alfamidi.
Bedanya, kalau pakai TrueMoney ini kita langsung transfer ke orangnya, bukan ke marketplace.
Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank
TrueMoney Indonesia.

Pemilihan Alfamart ini tentu bukan asal-asalan. Kita juga tahu, dong, gerai Alfamart ada di mana-mana. Rasanya belum lama ngelewatin Alfamart, eh udah ada lagi aja. Dari rumah saya ke jalan raya (sekitar 300 meter) saja ada dua gerai Alfamart.
Ternyata, pada tahun 2017, Alfamart memiliki 13.500 gerai di seluruh Indonesia. Jumlah ini naik jadi 13.700 pada bulan Maret 2019.3
Pantesaaan!
Gimana kalau kita yang mendapat kiriman uang melalui TrueMoney Indonesia?
Sama saja. Kita tinggal ke Alfamart terdekat untuk melakukan penarikan uang. Untungnya lagi, Alfamart ini kan buka setiap hari, bahkan ada yang buka selama 24 jam.

Mengirim dan Menarik Uang

Untuk mengirim dan menarik uang melalui TrueMoney ini ternyata gampang banget. Kita cukup datang ke Alfamart atau Alfamidi dan langsung ke kasir. Bilang deh ke kasir kalau kita mau mengirim uang pakai TrueMoney.
Kalau mau menarik uang yang dikirimkan pada kita pun caranya sama aja. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada infografis berikut ini.
Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank
Cara mengirim dan menerima uang melalui TrueMoney di Alfamart.

Untuk mengirim uang, kita dikenai biaya Rp 15.000 (pengiriman maksimal Rp 1 juta) atau Rp 25.000 (pengiriman di atas Rp 1 juta hingga Rp 5 juta). Tapi untuk mengambil uang tidak dikenai biaya apa-apa lagi.


Merdeka Kirim Uang

Bisa belanja online dan mengirim uang pembayarannya tanpa punya rekening bank itu rasanya merdeka banget nggak, sih?
cara mudah kirim uang tanpa rekening bank belanja online jadi gampang
Belanja online tapi nggak punya rekening bank? Bisa, kok.

Tentu aja, dengan TrueMoney ini kita juga bisa mengirimkan uang untuk orangtua, saudara, atau teman yang tidak punya rekening bank.
Kalau memori hape masih lega, kita bisa menginstal aplikasi TrueMoney. Setelah registrasi dan tentunya mempunyai cukup saldo, proses mengirim uang malah lebih gampang lagi karena tidak perlu ke Alfamart.
Tapi kalau tidak memungkinkan menginstal aplikasi atau hape kita tidak terkoneksi ke internet, cusss langsung aja ke Alfamart.
Sekarang, nggak pusing lagi kan kalau mau belanja online tapi ATM error atau malah nggak punya rekening bank?

Referensi 

1. Hanya Separuh Penduduk Dewasa di Indonesia yang Memiliki Rekening. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/11/01/hanya-separuh-penduduk-dewasa-di-indonesia-yang-memiliki-rekening. Diakses tanggal 27 Agustus 2019.
2. Pengguna Ponsel di Indonesia Mencapai 142% dari Populasi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/29/pengguna-ponsel-indonesia-mencapai-142-dari-populasi. Diakses tanggal 27 Agustus 2019.
3. Berapa Jumlah Gerai Alfamart? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/09/berapa-jumlah-gerai-alfamart. Diakses tanggal 27 Agustus 2019.


https://www.truemoney.co.id/

Previous
« Prev Post

Related Posts

Cara Mudah Kirim Uang Tanpa Rekening Bank, Belanja Online Pun Jadi Gampang
4/ 5
Oleh

1 comments:

  1. skr ini memang jauuuh lbh mudah kok utk urusan transaksi apapun. udah ada DANA, ovo, gopay, western union, skrg true money. :D. banking juga ga mau kalah dgn fasilitas m banking dan segala macemnya. beruntung utk para pengguna dgn kemudahan2nya, tp penyedia, hrs rajin inovasi suapya bisa ttp bersaing :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)