Privasi Aman dan Terjamin Saat Belanja Online


privasi aman saat belanja online

Pengalaman Belanja Online

Punya pengalaman yang nggak biasa ketika belanja online? Saya sendiri pernah mengalami beberapa peristiwa yang sampai sekarang sering bikin saya geleng-geleng kepala.

Jadi waktu itu saya membeli barang secara online. Saya request pada si penjual supaya nanti tidak mengunggah (upload) resi pengiriman untuk saya atau paket yang bertuliskan nama dan alamat lengkap saya.


Seputar belanja dan berjualan online:


Permintaan saya ketika belanja online itu tidak mengada-ada. Saya sering window shopping di dunia maya. 

Enaknya window shopping di dunia maya, nggak ada pramuniaga yang ngekorin kita. Nggak ada yang bolak-balik nanya, “Cari apa, Kak? Mampir dulu, Kak. Lihat-lihat dulu, Kak” dan sebagainya.

Kalau nggak jadi belanja juga tinggal pergi. Nggak ada acara dicemberuti oleh pramuniaga atau malah dikata-katain dengan kasar, “Kalau nggak punya duit nggak usah lihat-lihat!” Laaaah….tadi siapa coba yang nawarin lihat-lihat dulu? 

Nah, ketika sedang jalan-jalan itu saya beberapa kali  melihat penjual yang mengunggah resi dan atau paket bertuliskan nama dan alamat pembeli yang belanja online pada mereka. Tertera lengkap dan jelas banget.

Saya paham. Yang seperti itu usaha untuk menggaet calon konsumen baru. Untuk menunjukkan bahwa toko online-nya bisa dipercaya. 

Namun, secara pribadi saya tidak sreg kalau nama dan alamat lengkap plus nomor telepon saya diunggah di dunia maya tanpa seizin saya. Bagaimana kalau ada orang yang menyalahgunakan informasi itu?

Iya, saya memang a melancholic person yang hobi banget mikir panjang, sering-sering malah kepanjangan.

Berangkat dari pengamatan itu, meluncurlah permintaan tadi. Tanggapan yang saya dapat? Saya dimarah-marahi, Beib.

“Memangnya Mbak siapa sih? Nggak ada gunanya gunanya saya aplod-aplod resi buat Mbak. Penting, ya? Saya kenal Mbak juga enggak!”

Pentingnya Privasi

Untungnya yang seperti itu cuma oknum pedagang online yang mungkin butuh piknik. Masih banyak kok toko dan pedagang online lainnya yang keren dan menjaga privasi pelanggan mereka.

Asmaraku.com misalnya. Toko online yang satu ini tegas-tegas menyatakan menjamin privasi pelanggannya. 

Ini berarti informasi tentang orang-orang yang berbelanja di sana tidak akan dipamerkan kepada publik. Nah! Saya suka yang begini. 

Saya mulai window shopping deh di Asmaraku.com ini. Nyari apaan? Namanya asmara-asmara gitu…. Apa produknya melulu yang berhubungan dengan asmara?

Hahaha…. Saya juga sempat berpikir demikian. Tapi ternyata ada banyak produk yang dijual di Asmaraku.com. 

Dari yang berkaitan dengan asmara-asmara (lingerie, penyubur kandungan, pregnancy test, dan sebagainya) sampai produk-produk skincare perawatan tubuh (lipstik, parfum, lulur, body butter, sabun mandi, macam-macam lotion, obat jerawat, dan sebagainya). Bunga dan coklat pun ada. 

Soal harga gimana? 

Kalau cermat melihat, banyak lho produk yang didiskon sehingga jatuhnya jadi lebih murah. 

Asyiknya lagi, kalau kita tinggal di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, belanja online di sini senilai minimal Rp 100.000 bakal bebas ongkir, lho. 

Untuk yang tinggal di luar ketiga provinsi itu, bebas ongkir kalau kita berbelanja online di Asmaraku.com senilai minimal Rp 200.000. 

Untuk urusan pembayaran pun tidak susah. Kita bisa memilih membayar lewat transfer bank (BCA, BNI, Mandiri), dengan kartu kredit, BCA Klik Pay, atau melalui Alfamart. Saya sendiri memilih membayar melalui transfer bank.


Privasi Terjaga

Tadaaa…. Barang yang saya beli online di Asmaraku.com mendarat manis di meja kerja saya. Paket yang saya terima itu terkemas rapi dalam kotak polos (hanya bertuliskan nama dan alamat saya). 

Pengalaman belanja online
Barang yang kita beli di Asmaraku.com dikemas rapi dalam kotak polos untuk menjaga privasi.

Tidak ada deskripsi tentang apa isi kotak itu. Tidak ada logo atau tulisan Asmaraku.com. Di resi pun yang tertulis adalah nama PT yang membawahi situs belanja online ini. 

Penting, nih, supaya kita terhindar dari kekepoan orang-orang sekitar. Isi kotak saya sih cuma cokelat dan produk bodycare. Dikepoin juga cuek aja walaupun  agak kesal.

Tapi kebayang dong kalau kita beli lingerie yang sekseh, penyubur kandungan, atau produk-produk untuk pasutri lainnya. 

Males banget kan kalau dikepoin tetangga (bisa aja kan paket datang pas ada tetangga bertamu), mertua, temen sekantor, atau The Kepoers lainnya?

Konsumen yang tinggal di Jakarta dan Tangerang malah bisa minta paketnya dikirim ke Popbox atau diantar ke Seven Eleven. Nanti diambil sendiri di sana. Ada kode yang akan dikirim ke ponsel penerima paket. Tanpa kode itu nggak bisa ngambil barang. 

Asyik kan belanja aman, nyaman, dan bebas dari the Kepoers begini?

belanja online aman
Berbelanja di Asmaraku.com privasi dijamin terjaga.

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.