Suka Traveling, Tulis Ceritamu di Travelblog.id

candi prambanan

Suka Traveling, Tulis Ceritamu di Travelblog.id -- Tadinya pengen cerita tentang teman-teman saya yang hobi traveling tapi nggak hobi nulis. Etapi ghibah nggak sih kalo kayak gitu?
Saya sendiri pada dasarnya memang suka banget nulis. Jangankan traveling ke luar kota Bandung. Nungguin anak berenang aja udah jadi satu review organik tentang kolam renang itu.
Liburan tipis-tipis di Bandung Raya aja jadi tulisan. Apalagi traveling ke daerah lain. Tulisan langsung mburudul deh. Gimana, gimana … mau sponsorin saya jalan-jalan? Hehe….

Mengikat Pengalaman

Bagi saya, menulis itu untuk mengikat pengalaman. Foto-foto traveling saat liburan memang bisa bercerita banyak. Namun, ada detail-detail yang hanya bisa diungkapkan dengan kata-kata. Paling keren sih kalau tulisan dilengkapi foto-foto atau video, ya.
Di sisi lain, saat akan traveling, saya merasa lebih nyaman kalau udah punya gambaran tentang tempat yang akan didatangi.
Yang jadi rujukan saya adalah tulisan para travelblogger. Misalnya transportasi umum di sana gimana, tips kalau ntar mau belanja-belanji, dan tempatnya horor apa enggak.

Masalah horor apa enggak itu penting banget buat saya. Destinasi sejarah dan budaya selalu masuk ke daftar tempat yang harus saya kunjungi di suatu daerah. Misalnya museum, candi, dan benteng-benteng kuno. Ini tiga destinasi yang “I love you but I hate you”.
benteng vredeburg jogja
Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Saya suka banget dengan cagar budaya seperti itu. Sayangnya, kalau lagi apes, di sana saya diajak “kenalan” sama makhluk alam sebelah.
Nah, sepulang dari traveling, gantian deh saya yang mengikat pengalaman saya dengan menuliskannya di blog. Beberapa di antaranya bisa Teman-teman baca di blogpost ini.


Traveler Menulis

Kalau yang nggak punya blog gimana? Yakali aja kan, saking sibuknya traveling sampai nggak bisa ngurus blog sendiri.
Nulis di travelblog.id aja. Ini sebuah web khusus travel untuk para traveler dan wisatawan berbagi pengalaman traveling.
Untuk menulis di sana kita nggak perlu punya blog sendiri. Hanya perlu registrasi dulu. Yang penting punya email dan akun media sosial.
cara registrasi travelblogid
Formulir registrasi.

Di web travelblog.id ini kita bisa menuliskan pengalaman traveling kita, plus menambahkan foto-foto dan video.
Kita tinggal milih mau nulis tentang Kuliner, Seni Budaya, Jalan-jalan, atau Tips & Info.
menulis di travelblogid
Menuliskan pengalaman traveling.

Bahkan asiknya lagi, kita bisa menambahkan koordinat tepat dari tempat wisata yang kita tulis itu. Nantinya akan muncul sebagai peta lokasi. Jadi memudahkan banget untuk yang akan traveling ke sana.
Untuk semua tulisan yang berhasil ditayangkan di travelblog.id ini, kita akan mendapatkan poin. Sebanyak 50 poin untuk artikel/jurnal dan 40 poin untuk video.
Makin rajin nulis, makin banyak poin yang dikumpulkan. Poin ini nantinya bisa di-redeem alias ditukar dengan berbagai hadiah. Makin besar poinnya, makin wow hadiahnya.

poin menulis
Kumpulin poin, ntar redeem dengan hadiah.

Misalnya nih, kalau kita punya 280 poin, kita bisa menukarkannya dengan saldo Ovo atau GoPay sebesar Rp 250.000.
Supaya tulisan kita bisa tayang di travelblog.id, pastikan aja tulisan kita itu asli tulisan kita sendiri alias bukan plagiat. Selain itu, tulisan tidak melanggar peraturan.
Kalau tulisan kita terbukti memplagiat tulisan orang lain atau melanggar peraturan, poin kita akan dikurangi. Yes, say no to plagiat!

Pengalaman Kita Bermanfaat

Pasti tau dong bahagianya bisa bermanfaat bagi sesama. Percaya deh, dengan menuliskan pengalaman traveling kita, kita sudah bermanfaat bagi orang lain.
Banyak loh orang seperti saya yang merasa lebih aman dan nyaman kalau sudah punya informasi tentang destinasi yang akan didatangi.
Yang tadinya nggak kepikiran atau nggak tau tentang suatu destinasi pun jadi tau. Masuk deh ke itinerary.
Saya sendiri suka banget membaca pengalaman para travelblogger. Sereceh apa pun pengalaman itu.
Bagi saya, hidup terlalu singkat untuk mengalami sendiri semua hal. Saya juga nggak mungkin bisa datang sendiri ke semua tempat di bumi ini.
Tulisan para travelblogger dari berbagai penjuru dunia itu sangat-sangat membantu saya. Apalagi kalau tulisannya rapi dan rinci. Wuiiiih … udah seperti ikut traveling ke sana aja, deh.
Big-big thanks deh untuk para travelblogger yang rajin nulis. Btw, tulisan keren para traveler ini bisa jadi salah satu sumber riset bagi para penulis novel, loh.
Semoga niiiih … Temen-temen yang hobi traveling jadi termotivasi untuk menuliskan pengalamannya, ya. 

travelblogid
Yuk, tulis cerita traveling kita.

Happy traveling, happy writing.
Triani Retno A
Penulis buku anak
Penulis novel
Blogger Indonesia
Blogger Bandung

18 komentar

  1. Sip..makin banyak platform yang bisa menampung tulisan travel kita ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Bang. Jadi makin semangat nulis ya. :)

      Hapus
    2. siap. saya jd tahu deh. jd gak sekedar jd kontributor tapi ada fee-nya. tulis cerita jalan2 di sana ah

      Hapus
  2. Wah wahh, ini platform yg aku cari niih
    Jadi semangat nulis tentang traveling ya Mbaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Wow.....!! Asik dong ya buat teman2 yang belum atau ga punya blog bisa nulis kisah perjalanannya di travelblog ini :) Kalaupun sudah punya blog, malah bisa makin eksis juga hihihi. Liat ah cuuuz..kayak apa sih isinya, aku jadi kepo :)

    BalasHapus
  4. Wuaaa boleh juga nih dicoba. Makasih infonya Teh.

    BalasHapus
  5. Yuhuuu, menarik buanget ini mbaaa
    Soalnya makin ke sini traveling kan jadi gaya hidup banget yak.
    Buat yg YOLO, kudu banget join jadi kontributor di Travelblog id ini

    BalasHapus
  6. Wah, asyik dong kalau nulis di travelblog id..kumpulin poinnya bisa dapat saldo gopay atau ovo, mayan buat beli kuota dan bebayaran lainnya.
    Setuju, nulis itu mengikat pengalaman, jadi kalau pas lupa bisa kita baca, syukur-syukur bemanfaat buat sesama

    BalasHapus
  7. Platform menulis, buat penulis jadi produktif apalagi menghasilkan pundi-pundi rupiah hmm jadi semangat deh

    BalasHapus
  8. Pernah dapat tawaran serupa, lupa darimana
    Tapi tulisan travelling saya belum terasah 😢😢😢

    BalasHapus
  9. Wah seru juga yaaa, jadi pengen daftar dan ikutan nulis di Travelblog.id deh.

    BalasHapus
  10. Aku belom pernah nulis di TravelbogID. Paling sukanya baca-baca tulisan orang-orang di sana. Jadi tahu banyak tempat asyik deh. Semoga aja kesampaian juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang ditulis di sana.

    BalasHapus
  11. Wah, asyik banget ya Mbak, kalau menulis di Travelblog[dot]id ini. BIsa mengikat kenangan, yang baca juga pasti lebih banyak. Bisa di link ke blog kita nggak sih? Kan lumayan banget, ya.

    BalasHapus
  12. Kalo buat yang suka nulis di blog bisa bulis dua berati ya. Satu di blog pribadi, satu di web travelblog.id

    BalasHapus
  13. Wah baru tau saya ada travelblog.id. Saya biasanya suka ngasih review perjalanan di google review. Dan ngecek review suatu tempat di sana. Ada pointnya juga. Tapi gak atu ada hadiahnya dari point itu atau nggak. Travelblog.id lumayan juga ya pointnya bisa dituker sama saldo. 👍

    BalasHapus
  14. Jadi pengen juga buat akun di travelblog.id biar tulisannya makin banyak yang baca, dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu nih tentang travelblog.id .. hmm kapan kapan deh cobain nulis di sana. Sementara ini belum ada bahan, karena belum ke mana mana lagi.

    BalasHapus
  16. Wah menarik, karena tulisan saya ttg travel juga, jd pengen buat akun juga di travel id hehe

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.