Roemah Martha Tilaar, Museum Budaya Gombong


  
Roemah Martha Tilaar
Roemah Martha Tilaar di Gombong.


Roemah Martha Tilaar adalah salah satu destinasi yang saya incar di Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. 

Jujur aja, saya zonk tentang Roemah Martha Tilaar ini. Kalau jamu dan kosmetik Sari Ayu besutan Martha Tilaar sih familier. Tapi Roemah Martha Tilaar ini apa? 

Dalam bayangan saya, ini adalah tempat wisata kecantikan dan kesehatan. 

Museum Budaya

Ternyata dugaan saya salah. Roemah Martha Tilaar ini adalah sebuah museum budaya. Meski salah duga, saya tetap puas berkunjung ke sana. Jalan-jalan saya ke museum di kota lain.
Begitu tiba di Roemah Martha Tilaar, saya mendaftar dulu. Untuk dewasa Rp 15.000 per orang. Si bungsu yang berusia 11 tahun dikenakan tarif pelajar (Rp 5.000). Untuk setiap tiket dewasa dapat satu kartu pos cantik. 

Mbak Alona kemudian memandu kami berkeliling Roemah Martha Tilaar. Ada tiga bangunan di area ini. 


Museum Budaya Gombong
Roemah Martha Tilaar, Museum Budaya Gombong

Bangunan di sayap kiri (dalam foto berarti di sebelah kanan) adalah bangunan baru. Yang dua lagi adalah bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1920, zaman kakek Bu Martha Tilaar yaitu Liem Siauw Lam (lidah warga lokal menyebutnya sebagai Babah Solam).

Bangunan ini memiliki arsitektur Belanda. Namun, menggunakan prinsip feng shui untuk keselamatan, kebahagiaan, dan keberuntungan penghuninya. 

Secara keseluruhan, semua yang ada di bangunan ini memadukan tiga kebudayaan: Belanda, Tionghoa, dan Jawa.


Waktu Seperti Tak Beranjak

Menyusuri ruang demi ruang di Roemah Martha Tilaar, rasanya waktu tak pernah beranjak pergi. Seperti masuk ke mesin waktu dan kembali ke tahun 1920. 

Ubin jadul di Roemah Martha Tilaar
Ubin tahun 1920 yang diimpor dari Belanda.

Di beberapa ruangan, terpajang foto ruangan tersebut pada masa lalu. Sama persis dengan yang ada sekarang.

Ya ampun. Gimana imajinasi nggak melayang jauh menembus waktu? Hampir semua yang ada di bangunan ini dipertahankan keasliannya. Dari bentuk bangunan sampai penataan ruangan. Ubinnya juga masih ubin tahun 1920 yang diimpor dari Belanda.

Perabotan yang ada hampir semuanya asli dari zaman dahulu. Meja, kursi, lemari, lampu gantung, mesin tik, kalkulator, radio, sampai gramofon. Foto-foto keluarga dari generasi pertama Bu Martha di Indonesia pun masih terawat baik.

Ruang makan keluarga Martha Tilaar
Ruang makan keluarga.


Ruang makan di Roemah Martha Tilaar
Ruang makan tamu.
 
Dalam touring ini, Mbak Alona juga menceritakan sejarah Kota Gombong. Roemah Martha Tilaar ini sendiri merupakan bagian dari sejarah itu. 

Duluuu sekali, rumah ini dikenal oleh masyarakat sebagai kandang sapi. Pasalnya, keluarga Bu Martha memiliki peternakan sapi terbesar di Gombong. Mereka pula yang memasok susu sapi ke Benteng Van der Wijck.

Potensi budaya dan ekonomi Gombong pun diperkenalkan di sini. Dari kopi, rokok klembak hingga anyaman pandan.

Setelah menceritakan sejarah Gombong secara umum dan sejarah Roemah Martha Tilaar, Mbak Alona mengajak kami masuk. 

Penjelasan selanjutnya lebih ke perjalanan hidup keluarga Martha Tilaar dari generasi pertama yang datang ke Indonesia.

Wisata budaya di Roemah Martha Tilaar
Mbak Alona, pemandu wisata di Roemah Martha Tilaar.
 
Banyak kisah menginsipirasi di sini. Salah satunya ajaran nenek Bu Martha bahwa jika mengambil sesuatu dari alam berarti ada yang harus dikembalikan pada alam. Mengambil tanaman dari alam berarti harus menanam tanaman yang baru. Nenek Bu Martha ini pula yang menjadi guru jamu bagi Bu Martha.

 
Teras belakang Roemah Martha Tilaar
Teras belakang. Ruang makan berada di teras belakang ini.

Halaman belakang Roemah Martha Tilaar
Halaman belakang Roemah Martha Tilaar Gombong.

Paket Wisata Roemah Martha Tilaar

Rumah ini mulai difungsikan sebagai museum dan dibuka untuk umum pada bulan Desember 2014. 

Sebelumnya, rumah masa kecil Martha Tilaar ini sempat kosong dan terbengkalai selama lebih dari 40 tahun. Bangunannya rusak, kaca-kaca pecah, tanaman liar memenuhi halaman. Sampai-sampai masyarakat mengenalnya sebagai rumah hantu.

Kemudian rumah ini dipugar dan jadilah seperti sekarang. Tapi sepertinya belum terlalu dikenal, ya. Sopir mobil yang kami carter pun baru tahu Roemah Martha Tilaar ini gara-gara mengantar kami ke sana.
 
Setelah sampai di sini saya baru tahu kalau ternyata Roemah Martha Tilaar menyediakan paket-paket wisata. Termasuk memandu jika ingin ke Benteng Van der Wijck, Wisata Sejarah di Gombong.

Tempat tidur peninggalan zaman Belanda
Di belakang saya itu ranjang dari tahun 1920 di salah satu kamar tidur Roemah Martha Tilaar Gombong.
 
Temen-temen yang mau berwisata budaya dan sejarah di Gombong, saya sarankan ke Roemah Martha Tilaar ini dulu, deh, baru ke Benteng Van der Wijck.

Ada paket wisata apa aja di Roemah Martha Tilaar? Ini dia.

1. Paket Serambi Belajar

Paket ini cocok untuk anak-anak sekolah. Merupakan  alternatif kegiatan pembelajaran yang mendekatkan anak pada lingkungan, menumbuhkan rasa bangga pada kelokalan dan isinya, serta mengembangkan jiwa kemandirian dan kerja sama. 

Ada lima tema yang bisa dipilih dalam Paket Serambi Belajar ini.
  • Menyikapi sampah.
  • Konservasi alam.
  • Kewirausahaan.
  • Sejarah Gombong.
  • Mengenal tanaman obat keluarga.

Untuk mengikuti paket ini, tiap anak TK/SD dikenakan biaya Rp 10.000 per anak. Sedangkan untuk anak SMP/SMA Rp 15.000 per anak.

2. Paket  Jelajah Pusaka (Wisata Heritage Gombong)

Paket wisata yang ini mengajak kita menyusuri sejarah Kota Gombong. Wisata dilakukan dengan berjalan kaki mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti rumah tinggal, sekolah, pabrik, makam, dan situs-situs penting.

Berapa lama waktu berwisatanya? Hm … sekitar 4-5 jam, dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer. Biayanya Rp125.000 sampai Rp 200.000.

Kalau males jalan kaki atau terkendala sesuatu (misalnya waktu yang sempit atau kondisi fisik yang tidak memungkinkan), bisa kok nyewa sepeda onthel, motor, mobil, atau becak motor. Tentu aja ada biaya tambahannya.


Roemah Kopi

Selain kedua paket itu, masyarakat umum juga bisa menyewa Roemah Martha Tilaar ini untuk foto prewedding (banyak instagrammable spot di sini). Untuk meeting dan resepsi nikah juga bisa.

Oya, bangunan baru tempat saya mendaftar tadi ternyata disebut Roemah Kopi. Di sini kita bisa bersantai sambil menikmati kopi lokal. 

 
Roemah Kopi di Museum Budaya Gombong
Roemah Kopi, bisa ngopi-ngopi ketje di sini.

Roemah Kopi Gombong
Roemah Kopi, sekaligus tempat pendaftaran dan showroom oleh-oleh.

Sayangnya saya nggak sempat ngopi-ngopi cantik di sini karena ngopi-ngopi Roemah Kopi baru mulai pukul 17.00. Kereta api yang akan membawa saya kembali ke Bandung berangkat pukul 16.20.

Lokasi ngopi-ngopi saya di beberapa kota 


Roemah Martha Tilaar

Jl. Sempor Lama No. 28
Gombong, Kabupaten Kebumen 54412
Telp. (0287) 473-313.
www.roemahmarthatilaar.org

Waktu buka
Hari: Selasa - Minggu
Jam : 09.00 - 16.00 WIB
  
Wisata budaya di Gombong
Kenapa bawaannya jadi pengin nari, ya? :D
  
Selamat jalan-jalan di Gombong, ya.
Salam,


Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger

13 komentar

  1. Yang paket jelajah pusaka... sangat menarik. Rasanya ga sayang kalau keluarin segitu, dengan bantuan guide yang profesional.
    Kapan-kapan harus dolan ke Gombong

    BalasHapus
  2. Aku sangka juga marta tilaar ini museumnya kecantikan dan kesehatan. Tetnyata bukan ya hahaha. Aku juga ingetnya langsung ke sariayu marta tilaar juga. Ternyata ini museum budaya ya mba dan banyak peninggalan jaman dulu. Bisa juga nih ngajak anak maen ke sana buat edukasi sejarah dia ya

    BalasHapus
  3. Sayang banget tempat sebagus ini belum banyak dikenal. Martha tilaar kan legend banget di bidang kosmetik dan rerempahan tradisional. Pengelolaannya udah bagus banget ya padahal.

    BalasHapus
  4. Unik banget, rumah klasik. Apa jangan2 tempat ini pernah dipake buat tempat syuting film juga mba. Hihihi. Melihat usianya sangat layak jika Rumah Martha Tilaar menjadi museum budaya.

    BalasHapus
  5. Ih bagus museumnya ya Teh. Baru tahu deh dengan museum ini. Bu Martha keren eh bisa bikin museum kayak gini. Kita jadi lebih kenal dengan beliau dan juga budaya sendiri. Semoga kesampaian main ke sana juga :D

    BalasHapus
  6. Awalnya saya kira semacam ada history produk kosmetik Martha Tilaar. ternyata museum ini memang bukan itu ya? tapi museum budaya? Keren tempatnya, seru buat lihat sejarah-sejarah dulu

    BalasHapus
  7. Pertama kali baca judulnya saya kira juga tentang rumah yang isinya kesehatan dan kecantikan, ternyata eh ternyata.. Liat fotonya saya takjub, serasa ingin menembus waktu dan berada di tempat tersebut di waktu yang lampau. Semuanya antik dan rumahnya sangat asri, suka banget.

    Paket wisatanya juga sangat terjangkau ya mbak. Museum ini wajib dikunjungi, semoga nanti setelah pandemi bisa jalan-jalan ke sana 😍 terima kasih infonya ya mbak.

    BalasHapus
  8. Suamiku asli Kebumen tapi ya kami belum pernah kesana dan baru benar-benar tahu infonya setelah baca tulisan Mbak jadi pengen main kesana juga, semoga pandemi ini cepat berakhir biar bisa main kesana amin...

    BalasHapus
  9. Kreatif banget pengelolanya, yang awalnya rumah kosong dijadikan objek wisata bersejarah. Luar biasa. Aku cukup tertarik melihat setiap objek yg ada di rumah Martha Tilaan, aku kira rumah kecantikan sama seperti yang mba kira.😁

    BalasHapus
  10. Bagus banget, suka ubinnya klasik gitu. Ternyata di dalamnya museum budaya ya. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana. Suka banget sama museum.

    BalasHapus
  11. Wah ada yang beginian ya. Aku nih asli deh ga banyak tau lokasi seru begini. Hiks. Perlu banyak baca memang. Anyway, foto terakhirnya kece banget mbak

    BalasHapus
  12. Baru pertama kalii jugaa mbaak saya denger roemah martha tilaar. Seperti napak tilas keluarga martha tilaar ya mbak, rumahnya emang khas banget jaman" dulu kala hehe menariknya lagi ternyata ada paket wisatanya. Tertarik buat ikut paket jelajah pustaka hehehe

    BalasHapus
  13. Semoga tahun depan ada umur dan rezeki bisa jalan - jalan ke sana sekalian jengukin Bulik di Sumpiuh.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.