Inilah Peluang Bisnis Digital yang Paling Banyak Cuan di 2023

 
Kuliah bisnis digital dan peluang kerjanya.

Kuliah bisnis digital akan memberikan kelompok ilmu terapan mengenai proses perancangan bisnis digital.

Ilmu yang akan kamu dapatkan jika belajar di jurusan ini adalah gabungan dari bidang manajemen, bisnis, sistem informasi, hingga teknik informatika.

Pada umumnya, jurusan ini bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai digital startup dan marketplace.

Prodi Bisnis Digital memiliki keunggulan dalam pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Cocok untuk ingin serius belajar bisnis.

Program studi ini dikembangkan untuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan digital start-up, marketplace, big data, hingga Artificial Intelligence.

Apakah Kamu Siap Menempuh Kuliah Bisnis Digital?

Kuliah bisnis digital di Binus Bandung
Kuliah bisnis digital di kampus terbaik. Foto: FB Binus Bandung.

Bisnis digital ini menjadi bidang yang banyak diminati generasi milenial dan mulai dijajaki pula oleh generasi Z. Tak heran jika kuliah bisnis digital pun banyak peminatnya. Kamu juga berminat?

Pertama-tama, ketahui dulu konsep bisnis digital. Digitalisasi dalam bisnis bisa dikatakan sebagai cara dalam mengubah segala sesuatunya dalam ranah digital.

Tujuannya mendapatkan penghasilan setinggi mungkin dan mampu menciptakan peluang nilai plus yang kekinian.

Kalau kamu ingin memulai bisnis sendiri, kamu tentu harus mengikuti perkembangan dan fakta terkini tentang digitalisasi sekaligus kuliah bisnis digital.

Beberapa bentuk teknologi digital yang terpopuler adalah Machine Learning, Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality.

Digitalisasi yang juga tak kalah populer adalah Internet of Things (IoT), Robotic Process Automation, Quantum Computing dan banyak lagi.

Tahukah kamu bisnis digital penting bagi perusahaan berskala raksasa? Saat ini, jutaan situs web di dunia memanfaatkan teknologi ini. Mereka harus menyimpan data secara masif.

Contohnya Facebook yang menyimpan data sekitar 1,5 juta terabyte. Tentunya, perusahaan ini tidak akan dapat menjalankan situs mereka dengan baik tanpa pengaplikasian digital bisnis.

Peluang Cemerlang Pasca Kelulusan

Fasilitas kuliah bisnis digital di Binus Bandung
Fasilitas lengkap, canggih, dan nyaman untuk kelancaran kuliah. Foto: FB Binus Bandung.

Mungkin kamu berpikir apa yang dapat kamu implementasikan setelah menyelesaikan jenjang kuliah bisnis digital.

Kesempatan kerja dan peluang bisnis terbuka lebar untukmu. Simak peluang bisnis digital yang dapat menghasilkan cuan sebagai berikut:

1. Toko Online

Kamu pastinya sudah sering berbelanja di berbagai e-commerce yang menjamur di era digital seperti ini.

Kamu dapat memperdalam ilmu digital bisnis untuk bekerja sebagai tenaga ahli di perusahaan e-commerce, atau bahkan kamu dapat merancang bisnis dan membuka toko onlinemu sendiri.

Bisnis digital e-commerce membutuhkan biaya awal yang rendah dan dapat berkembang dengan cepat untuk memenuhi permintaan pasar.

Bisnis digital adalah pilihan populer bagi pengusaha berpengalaman dan pemula.

Contohnya adalah para penjual di Etsy, platform ecommerce populer yang menawarkan barang buatan tangan.

Pada tahun 2017, Etsy mengumumkan bahwa 97 persen pemilik bisnis yang jualan online di platform mereka menjalankan bisnis mereka dari rumah. Bahkan lebih dari 75 persen hanya dijalankan satu orang saja.

Banyak pemilik bisnis digital yang sukses di Etsy mengatakan bahwa berjualan di Etsy adalah satu-satunya pekerjaan mereka.

2. Desain Web

Siapa pun tahu bahwa tidak ada pemilik bisnis digital yang tidak membutuhkan website. Karena itulah, peluangmu untuk mengembangkan bisnis sangatlah tinggi.

Kamu dapat membuat web untuk perusahaan tempat kamu bekerja atau kamu dapat membuat website untuk bidang usaha yang kamu jalankan.

3. Konten Marketing

Mayoritas perusahaan membutuhkan jasa marketing yang andal. Saat ini, marketing tidak lagi berpromosi dari pintu ke pintu.

Digital marketing menjadi salah satu bidang studi yang akan kamu pelajari di bisnis digital.

Kamu dapat memanfaatkan Artificial Intelligence dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dimana faktor ini sangat penting dalam menjaring pelanggan.

Mayoritas perusahaan yang bergerak di bidang online, mereka melakukan kegiatan pemasaran melalui platform digital 100%. Pastinya, bidang digital bisnis sangat dibutuhkan.

4. Layanan Streaming

Tahukah kamu bahwa layanan streaming seperti Netflix memulai bisnisnya dengan menjual DVD atau CD film secara fisik kepada para pembeli mereka?

Melalui bisnis digital, mereka menjual film mereka dengan mudah dimana penonton hanya perlu membayar secara berlangganan untuk menikmati berbagai film.

Kemudahan ini membuat Netflix menjadi layanan streaming terkemuka saat ini. Di Indonesia, layanan ini tersedia seperti Vidio juga semakin populer.

Kamu dapat mencoba berkarier di perusahaan yang menjalankan bisnis digital seperti ini. Atau, bahkan kamu dapat membuat layanan streaming sendiri.

Jangan Khawatir Kehilangan Peluang

Fasilitas kuliah bisnis digital di Binus Bandung
Binus Corner, tempat mahasiswa berdiskusi tentang business project. Foto: FB Binus Bandung.

Kuliah bisnis digital dapat menjadi pilihan utamamu. Jangan khawatir kehilangan peluang karena bisnis digital justru akan semakin berkembang.

Pasalnya, bisnis digital memiliki banyak keunggulan bagi pemilik bisnis seperti penghemat biaya, peningkatan produktivitas, dan konsistensi layanan.

Pilih Binus Bandung untuk menempuh kuliah bisnis digital yang dapat membuka peluangmu meraih karier cemerlang atau peluang bisnis penghasil cuan.

Binus Bandung telah dilengkapi dengan sarana belajar yang canggih dan sesuai dengan kebutuhan penerapan ilmu bisnis digital. Dosen yang telah berpengalaman serta ditunjang dengan fasilitas yang memadai merupakan alasan utama mengapa kamu harus memilih kampus ini.

21 komentar

  1. Dunia digital dan online banyak peluang, tergantung kit amau asah skill dan kemampuan atau nggak. Mau gak mau kita harus adaptasi dengan era digital :)

    BalasHapus
  2. semua bisnis perlu ahli digital ya di era teknologi seperti sekarang, biar binisnya makin kekinian sehingga peluang pekerjaan di bidang digital pun semakin banyak

    BalasHapus
  3. Seiring perkembanangan waktu, jurusan perkulihaan juga disesuaikan ya, Mbak. Dan bagus sekali jurusan Bisnis Digital ini. Karena banyak sekali peluang di dunia kerja maupun wirausaha yang memutuhkan skill Bisnis Digital ini.

    BalasHapus
  4. Di era digital ini memang mau tak mau semua harus diupgrade termasuk dalam hal bisnis. Karena itu bisnis digital memang patut dijadikan pilihan saat ini untuk meraih karir yang lebih cemerlang.

    BalasHapus
  5. Banyak peluang untuk bekerja di dunia digital ini, apalagi dilihat dari 4 contoh pilihan di atas. Yang penting punya ide yang kreatif dan mau untuk memulai. Bukan sekedar wacana semata ya.

    BalasHapus
  6. Teknologi bisa dimanfaatkan untuk bekerja jarak jauh. Hal yang dulu tidak terbayangkan dan rasanya gak mungkin ada jenis pekerjaan seperti ini

    BalasHapus
  7. Bener banget skrg tuh apa2 digital dan peluangnya banyaak ya mba, btw di malang jg ada BINUS lhoo dan betah bangett aku nongkrong di salah satu cafe deket situ wkwkwkwkwkw asliii, mana udaranya seger lagii

    BalasHapus
  8. Era digital seperti ini memudahkan kita mendapatkan banyak peluang ya mbak
    contohnya dengan menekuni bisnis digital seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, jadinya untuk mendapatkan cuan dengan bekerja lewat daring ini lebih mudah. Tinggal konsisten dalam menerapkannya

      Hapus
  9. Bisnis digital peluangnya masih luas, tinggal kita mempersiapkan diri dengan belajar bisnis digital apalagi anak muda

    BalasHapus
  10. Peluang bisnis di era digital sekarang makin terbuka ya. Kesempatan emas nih. Jangan disia siakan.

    BalasHapus
  11. aku pengen kuliah lagi loh, tentu ambil yang ada kaitannya dengan digitalisasi mengingat sekarang udah jamannya digital dan kerja di dunia digital. Binus ada kelas karyawan gak ya? rekomended banget nih Binus Bandung, jurusannya up to date banget dengan yang dibutuhkan dunia kerja saat ini

    BalasHapus
  12. waw peluangnya bisnis digital jaman now memang luar biasa ya mba, apalagi sekarang eranya AI, hrs pinter memanfaatkannya juga nih biar gak kudet

    BalasHapus
  13. Bisnis.digital emang baguss di jaman yang serba digital ini, perusahaan beralih ke digital.dibutuhkan SDM yg mumpuni

    BalasHapus
  14. Iya ya teh kalau dilihat-lihat sekarang tuh toko online, konten marketing, live streaming tuh makin bersinar peluang bisnisnya. Wah Binus punya jurusan yang sesuai perkembangan teknologi dan pekerjaan masa depan ya. Tjakep

    BalasHapus
  15. aku dan pacarku pun lagi merintis jasa konten digital, emang peluangnya besar banget sih di zaman sekarang.

    BalasHapus
  16. Salah satu jurusan yang lagi naik ya akhir-akhir ini, apalagi setelah pandemi ini bisnis digital jadi makin menggeliat. Bisa nih kukasih rekomendasi ke adikku yang lagi mau nyari jurusan kuliah

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah jadi blogger juga peluang cuan onlinenya banyak ya mbak, bisa buat nambah tabungan hehehe

    BalasHapus
  18. Dunia digital memang bikin peluang kerja jadi lebih luas dan banyak. Jadi memang kalau diseriusi, ngga sulit juga cari kerja

    BalasHapus
  19. Wah aku baru tahu nih Binus Bandung buka kuliah bisnis digital. Profesi idaman zaman now

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.