Manfaat Menggunakan Business Model Canvas dalam Perancangan Bisnis

 

manfaat business model canvas

Business model canvas atau lebih sering disebut BMC cukup populer untuk dipelajari dan digunakan dalam perumusan atau perencanaan bisnis. Hanya dengan 9 blok yang mudah diisi, rancangan bisnis pun cepat selesai.

Selain itu, banyak desain business model canvas dengan warna-warna menarik yang dapat diunduh gratis melalui internet.

Cara mempelajari business model canvas pun tidak sulit. Pengguna hanya perlu memahami dengan benar bagaimana unsur-unsur yang ada dalam 9 blok, kemudian mengisinya sesuai dengan informasi perancangan yang ada.

 

Manfaat Business Model Canvas

Kepopuleran business model canvas ini menggelitik para pengusaha muda yang hendak merintis sebuah bisnis. Entah itu bisnis kedai kopi, bisnis kuliner, bisnis busana, atau bidang bisnis lainnya.

Mengapa menggunakan business model canvas begitu populer? Bukankah lebih baik menggunakan proposal lengkap yang lebih detail?

Menggunakan proposal lengkap memang baik. Namun, tidak mungkin menyodorkan proposal dengan 100 halaman kepada investor saat sedang presentasi, bukan?

Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa manfaat business model canvas.

 

1. Mengurangi Risiko Kesalahan

9 blok yang tersedia dalam business model canvas membantu untuk menjalankan langkah-langkah eksekusi bisnis dengan .menghubungkan titik-titik antara value proposition, segmentasi pelanggan, revenue streams, dan lainnya.

Semua komponen yang terhubung membentuk perencanaan yang matang, sehingga eksekusi bisnis menjadi lebih mulus. Perusahaan juga bisa memastikan apakah implementasi sudah berjalan benar.

Dengan demikian, risiko kesalahan saat implementasi dapat ditekan semaksimal mungkin.

 

2. Cepat

Merintis sebuah bisnis akan melibatkan presentasi dengan berbagai pihak. Lupakan proposal business plan yang memakan waktu lama untuk sebuah presentasi yang hanya berjalan singkat.

Model business canvas dapat dengan cepat dan efektif menjelaskan bisnis yang hendak dijalankan tanpa harus bolak-balik membuka lembaran dokumen.

 

3. Fokus

BMC dirancang untuk memandu pemikiran melalui setiap komponen untuk merancang model bisnis.

Blok komponen tersebut akan membantu untuk memahami bagaimana setiap aspek terkait dengan yang lain.

Hal ini akan membuat perusahaan lebih fokus dengan cara yang lebih sistematis serta memastikan setiap area tercakup secara efektif.

BMC memfokuskan bisnis pada elemen strategis yang paling penting dan akan memiliki dampak terbesar dalam mendorong pertumbuhan.

Penyajian visual membantu pemahaman dengan mampu melihat gambaran keseluruhan dari bisnis serta area kekuatan dan kelemahan.

manfaat business model canvas
Business Model Canvas

4. Fleksibel

Dunia akan selalu berubah, apalagi perancangan bisnis. Penemuan hal-hal baru di tengah perancangan bisnis akan memengaruhi model bisnis.

Jadi, penting sekali menemukan cara mudah untuk menyesuaikan model bisnis dengan perubahan.

Bayangkan menulis ulang rencana bisnis 100 halaman. Pasti akan merepotkan, bukan? Nah, BMC tentunya merupakan cara yang lebih cepat untuk meng-update model bisnis.

Penggagas bisnis yang sedang merintis usahanya bisa meminta pendapat beberapa pihak terkait bagaimana mengisi ulang BMC dengan perubahan yang ada.

 

5. Membangun Keunggulan Kompetitif

Blok value proposition akan membentuk sebuah value yang diinginkan perusahaan kepada konsumen.

Dengan begitu, perusahaan akan berusaha membangun keunggulan kompetitif yang kuat dibandingkan yang lain agar nantinya dapat bersaing dengan kompetitor.

Dengan keunggulan kompetitif yang kuat, perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif rendah.

Saat bisnis sudah mulai berjalan, mengelola SDM untuk menjaga keoptimalan bisnis adalah tantangan baru yang harus dihadapi oleh perusahaan.

Untuk itulah penggunaan Software HRD Indonesia untuk mengelola SDM patut dipertimbangkan oleh perusahaan agar lebih fokus terhadap perkembangan bisnis yang baru saja dirintis.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dari business model canvas dalam sebuah perencanaan bisnis.

Semoga ulasan mengenai manfaat business model canvas diatas mampu menambah wawasan seputar bisnis.

2 comments

  1. Wah asyik nih tapi saya belum paham banget nih harus dipelajari lebih dalam lagi .. intinya ini semacam template2 untuk presentasi bisnis kita ya.. Bagus :D

    ReplyDelete
  2. Wah, aku pun jadi tergelitik dengan BMC ini abis tahu manfaatnya. Kudu tahu detailnya deh. Searching ah, kayak gimana sih bentuk dari BMC ini.

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)