Bagaimana Jika Kalender Tidak Ada di Dunia?

Fungsi kalender dalam kehidupan manusia.
Aplikasi kalender lengkap.

Dulu banget saya pernah baca sebuah artikel, di antara sekian banyak penyebab stres, salah satunya adalah kalender. 

Pasalnya, kalender membuat manusia seakan diburu-buru deadline sehingga menimbulkan stres. Baik itu yang bekerja kantoran, bekerja produktif dari rumah, atau ibu rumah tangga.

Selain kalender, jam, dering telepon, dan handphone juga dengan alasan yang sama. Bisa jadi benar sih. Tapi terbayangkah apa yang terjadi jika kalender tidak ada di dunia?

Sejarah Kalender 

Kalender adalah salah satu penemuan tertua yang diketahui umat manusia.

Kalender sudah digunakan untuk menandai waktu dan peristiwa khusus pada masa yang kita sebut sebagai peradaban kuno.

Sejak ribuan tahun sebelum Masehi, bangsa-bangsa kuno itu sudah mengenal kalender. Sebutlah misalnya bangsa Sumeria yang mendiami kawasan Mesopotamia (sekarang Irak).

Kalender bangsa Sumeria yang dibuat tahun 4000 SM merupakan kalender lunar yang berdasarkan siklus bulan. Kalender ini memiliki 12 bulan, masing-masing terdiri atas 29 dan 30 hari.

Orang Mesir Kuno juga mengembangkan sistem kalender. Mereka menggunakan kalender matahari yang dibagi menjadi 12 bulan, masing-masing terdiri atas 30 hari plus 5 hari ekstra di akhir tahun.

Peradaban kuno lainnya seperti Suku Maya di Amerika Tengah, Romawi Kuno, dan Yunani Kuno juga mengembangkan sistem kalender.

Setelah melewati ribuan tahun, dengan berbagai perubahan dan penyesuaian, jadilah kalender seperti yang kita kenal sekarang ini.

Nah, kembali ke pertanyaan awal: bagaimana jika kalender tidak ada di dunia?

Jika Kalender Tidak Ada

Aplikasi kalender lengkap Indonesia
Kalender lengkap dalam bentuk digital.

Meskipun ada yang menganggap kalender sebagai penyebab stres, tanpa kalender jalannya kehidupan akan kacau.

Ini yang mungkin terjadi jika tiba-tiba semua kalender di dunia ini menghilang:

  1. Orang-orang tidak lagi bisa membedakan hari dan bulan. Tidak ada bedanya hari ini, besok, lusa, dan seterusnya.
  2. Tidak bisa mengetahui berapa banyak waktu yang telah berlalu sejak suatu acara, atau berapa lama waktu yang tersisa hingga suatu acara tiba.
  3. Sulit membuat jadwal kegiatan dan rencana-rencana masa depan. Bukan hanya masa depanmu dengannya, tetapi juga masa depan manusia dalam segala aspek secara keseluruhan.
  4. Pelaksanaan hari besar agama dan perayaan adat akan kacau.
  5. Tidak ada yang namanya resolusi tahun baru karena tidak ada yang tahu kapan tahun berganti.
  6. Perekonomian akan berantakan. Pembayaran gaji dan honor akan kacau-balau.
  7. Yang senang kalau kalender tidak ada mungkin hanya si tukang ngutang yang sering mendadak amnesia dan selalu lebih galak daripada yang minjemin uang.
Mungkin, karena kekacauan-kekacauan seperti itulah ribuan tahun lalu kalender diciptakan.


Kalender Lengkap

Seperti kalender cetak, tetapi lebih lengkap dan dengan sapaan personal.

Untungnya, sampai detik saya menuliskan ini, kalender masih tetap ada. Bukan hanya kalender dalam bentuk cetak, tetapi juga dalam bentuk digital dan aplikasi.

Salah satunya adalah Kalender Indonesia Lengkap yang dikembangkan oleh Media Nusa Aplikasi.

Seperti namanya, kalender lengkap yang bisa diunduh di Google Play Store ini memang memberikan fitur lengkap.

Yuk, kita lihat ada apa saja di dalam aplikasi kalender ini.

Fitur Unggulan Kalender Lengkap

Begitu membuka aplikasi ini pertama kali (setelah diinstal), langsung mendapat kata mutiara dan sapaan “Assalamu’alaikum”.

Sapaan salam ini bisa kita ubah. Misalnya Hai Cantik, Apa Kabar, atau apa saja sesuka kita.

Tapi nggak usah juga jadi “Selamat pagi, selamat datang di Indo****t, selamat belanja.” Ini kalender ya, Say, bukan minimarket

Lalu kita juga bisa menuliskan nama kita dan memasang foto profil di kalender ini. Jadi terasa lebih personal kan kalau begini.

Oya, untuk tampilannya sendiri bisa milih dark mode atau light mode. Saya lebih suka pakai yang dark karena lebih nyaman di mata.

Berikut ini fitur yang ada di aplikasi Kalender Indonesia Lengkap:
Berbagai fitur dalam aplikasi Kalender Indonesia Lengkap.

  1. Penanggalan Masehi, Hijriah, dan Jawa. Lengkap dengan penanda hari libur nasional dan cuti bersama.
  2. Catatan Penting. Di fitur ini kita bisa membuat catatan apa aja yang kita anggap penting. Misalnya janjian dan deadline pekerjaan. Kita juga bisa menuliskan ide-ide kreatif yang mendadak terlintas di pikiran.
  3. Kata Mutiara Pilihan. Kata-kata mutiara penyemangat dan penyejuk hati ini bisa langsung dibagikan sebagai status di media sosial.
  4. Ada Apa di (Bulan)? Kalau fitur ini diklik akan muncul deretan tanggal penting pada bulan ini. Saya baru tahu, tanggal 23 Mei ternyata diperingati sebagai Hari Penyu Internasional.
  5. Waktu di Indonesia. Klik ini maka akan terlihat jam berapa sekarang di WIB, WITA, dan WIT.
  6. Kompas. Kompas digital ini akan memberi tahu kita arah mata angin yang tepat.
  7. Widget di Wallpaper. Bisa banget kalau mau memasang widget kalender di wallpaper hp.
  8. Konversi Masehi – Hijriah. 10 November 1945 itu tanggal hijriahnya berapa? Bisa dicek di sini. Pengecekan paling jauh tahun 1937 Masehi.
  9. Hitung Usia Saat Ini. Anggaplah kamu lahir tanggal 25 Agustus 1999. Per tanggal 18 Mei 2023, berapa usiamu? Berapa lama akan ulang tahun lagi? Langsung saja cek di sini.
  10. Stiker WA. Ada macam-macam pilihan stiker WA menggemaskan yang bisa diunduh di sini.

Menariknya lagi, kalender lengkap ini bisa digunakan meskipun offline. Kecuali tentu saja jika ingin mengunduh stiker atau membagikan kata mutiara ke medsos.

Baca Juga: Storytel, Cara Seru Baca Buku

Kalender untuk Mempermudah

Setelah terbiasa hidup dengan penanggalan yang teratur, jika tiba-tiba semua kalender musnah dari peradaban modern, yang muncul adalah kekacauan luar biasa.

Jadi, daripada menghilangkan kalender yang dianggap sebagai sumber stres, lebih baik berdamai saja dan belajar mengelola stres. Manfaatkan kalender untuk meningkatkan produktivitas, untuk menyegerakan kebaikan, dan melakukan hal-hal positif lainnya. 

Salam,

Triani Retno A

1 komentar

  1. Seru banget sih ini kalendernya, fitur-fiturnya keren nih Kalender Indonesia Lengkap apalagi bisa dipakai saat offline...membantu sekali . Enggak kebayang juga kalau seandainya kalender tidak ada di dunia. Hmmm

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.