4 Alasan Penting Melakukan Service AC

Pentingnya melakukan service AC

Siapa yang tak suka staycation? Saya sih suka sekali. Kan asyik tuh, bisa liburan tipis-tipis di kota sendiri agar jiwa raga kembali fresh.

Mumpung anak-anak libur, dengan penuh semangat saya mencari hotel yang akan menjadi tujuan staycation kami. Dapatlah sebuah hotel yang menurut saya oke. Letaknya pun strategis di pusat kota.

AC Kok Panas?

Pada harinya, kami berangkat ke hotel. Kamar kami berada di lantai tiga. Di ujung lorong. Haduh! Ini yang saya paling tidak suka.

Namun, ternyata ada satu masalah serius. AC di kamar sama sekali tidak dingin! Hidup tapi tak ada bedanya dengan mati.

Tak butuh waktu lama bagi saya untuk merasa pengap dan sesak napas. Yang saya lakukan? Tentu saja segera turun ke lantai 1 dan protes keras.

Ternyata AC tidak bisa diperbaiki segera, mungkin karena masalahnya terlalu serius. Jadi, kami dipindahkan ke kamar lain.

Masalah dengan AC yang tidak ada dingin-dinginnya itu bukan cuma terjadi satu kali.

Saya pernah naik bus dari Yogyakarta ke Bandung. Apes, ketika baru setengah perjalanan AC-nya mati! Untung saya belum berubah menjadi ikan sarden kalengan ketika tiba di Bandung.

Kejadian-kejadian itu bikin saya bertanduk. Ini pihak manajemennya gimana, sih? Kok bisa-bisanya AC sampai nggak berfungsi?

Kenapa Harus Merawat AC?

Jasa service AC.
Agar rumah tetap nyaman, AC harus diservis secara berkala.

Air Conditioner (AC) membutuhkan perawatan dan pengecekan secara rutin. Baik itu AC di rumah pribadi, apartemen, hotel, perkantoran, maupun kendaraan.

Berikut ini beberapa alasan service AC harus dilakukan secara teratur:

1. Kebersihan udara

AC yang tidak dirawat dengan baik akan menjadi sarang debu, kotoran, jamur, dan bakteri. Jika tidak dibersihkan secara teratur, semua kotoran tersebut akan tersebar ke udara.

Akibatnya, kualitas udara menjadi terganggu dan bisa menimbulkan masalah pernapasan atau alergi.

2. Efisiensi energi

AC yang kotor dan tidak terawat harus bekerja lebih keras agar suhu ruangan tetap sejuk. Energi yang digunakan pun lebih banyak sehingga berpengaruh pada biaya listrik.

3. Memperpanjang usia AC

Service AC akan membantu mengurangi risiko kerusakan komponen. Dengan begitu, kerusakan yang lebih serius dapat dihindari dan AC juga menjadi lebih awet.

4. Mengoptimalkan kinerja AC

Perawatan AC secara menyeluruh akan membantu memastikan semua komponen AC berfungsi dengan normal. Kinerjanya pun akan tetap optimal.

Memilih Jasa Service AC

Aplikasi Pinhome Service
Aplikasi Pinhome Service.

Memesan jasa service untuk membersihkan AC dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Pinhome Service.

Aplikasi ini menyediakan bermacam-macam layanan untuk kebersihan dan kenyamanan rumah. Salah satunya jasa cuci dan perbaikan AC.

Berikut ini cara memesan layanan Pinhome Home Service untuk membersihkan AC:

  1. Pastikan dulu aplikasi Pinhome ini sedah terpasang di ponsel. Jika belum, instal aplikasi ini melalui App Store atau Google Play Store.
  2. Jika sudah terpasang, buka aplikasi Pinhome, lalu klik Jasa.
  3. Pilih layanan yang akan dipesan, misalnya Cuci AC dan Perbaikan AC.
  4. Masukkan detail pesanan (jenis properti, sesi layanan, lokasi, jadwal pengerjaan, serta pilihan gender mitra). Klik untuk memesan.
  5. Selanjutnya, kita akan diarahkan ke menu pembayaran. Untuk pembayaran ini bisa menggunakan GoPay atau Virtual Account.

Pesanan berhasil dibuat setelah pembayaran dilakukan. Tinggal menunggu Rekan Jasa Pinhome Home Service terdekat mengambil pesanan sesuai dengan detail di aplikasi.

Proses Layanan

Setelah Rekan Jasa Pinhome Home Service datang, ia akan melakukan pengecekan awal. Durasinya sekitar 5 menit.

Pada proses ini Rekan Jasa PHS akan menyalakan AC dengan remote untuk mengetahui kondisi remote dan sensornya. Rekan Jasa juga dapat mengecek tekanan freon.

Proses selanjutnya adalah membersihkan unit indoor (15 menit), pembersihan unit outdoor (5 menit), dan pembersihan area setelah pengerjaan (5 menit).

Jika dalam pemeriksaan ditemukan kondisi AC yang membutuhkan penanganan khusus, kita dapat memilih jasa yang dibutuhkan melalui aplikasi Pinhome Service. Seperti ketika memesan di awal, untuk jasa tambahan ini pun pembayarannya dilakukan melalui aplikasi.

Selain itu, kita juga mendapatkan garansi kepuasan pelanggan. Garansi ini meliputi tiga hal:

  1. Garansi layanan. Tidak puas dengan jasa yang diberikan? Ada jaminan layanan ulang tanpa biaya tambahan.
  2. Asuransi layanan. Pelanggan dilindungi dari risiko kerusakan properti atau cedera saat pengerjaan.
  3. Partner terlatih. Rekan jasa terseleksi dan berpengalaman minimal 2 tahun.

Selain memesan jasa cuci dan perbaikan AC, aplikasi Pinhome Service menyediakan fitur jual rumahFitur ini juga akan memberikan estimasi harga rumah sesuai pasaran. Dengan begitu, kita akan mendapatkan harga terbaik dari rumah yang kita jual.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah yang akan dijual. Umumnya orang juga lebih tertarik pada rumah yang bersih, bukan?


Salam,

Triani Retno A

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.