Staycation di Apartemen Tamansari Panoramic Bandung


staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Pemandangan dari kamar apartemen di Bandung.

Stay vacation atau staycation adalah liburan tipis-tipis di kota sendiri. Istilah staycation ini muncul di Amerika Serikat tahun 2003.

Karena pengertian staycation memang liburan di kota sendiri, santai aja deh kalo ada netyjen julid, “Staycation kok cuma nginep di hotel dalam kota, sih?”

Seperti saya, santuy aja staycation di Apartemen Tamansari Panoramic Bandung yang nggak jauh dari rumah. Laaah … kan pengertian staycation memang liburan tipis-tipis :D

Barangkali butuh referensi buat nginep di Bandung, ini pengalaman staycation keluarga saya:

 

Apartemen Tamansari Panoramic Bandung

Beberapa tahun lalu keponakan saya bersekolah di SMK 9 Bandung. Karena saya yang jadi walinya, saya jadi sering ke sana. Untuk ke sana, dari rumah pasti melewati apartemen berlantai 30 ini.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Apartemen Tamasari Panoramic Bandung


Zaman lapor SPT ke kantor pajak belum online juga mesti ngelewatin Apartemen Panoramic ini.

Ya tapi lewat doang. Atuda… kalau nggak ada keperluan ngapain juga mampir ke sana. Iseng banget.

Tapi sewaktu akan berangkat umroh (penerbangan tanggal 16 Januari 2020), saya serius mikir mau staycation sepulangnya nanti.

Umroh kan pasti padet dengan aktivitas fisik. Yakali jauh-jauh ke Mekah dan Madinah cuma buat rebahan di kamar hotel. Belum lagi belasan jam penerbangan, plus perjalanan Jakarta Bandung.

Pengalaman sewaktu umroh saya tulis dalam beberapa blogpost, di antaranya:

Enak banget tuh kalo setiba di Bandung bisa staycation dulu. Satu malam aja deh. Sekadar buat ngelurusin punggung dan kaki. Buat bersantai tanpa ngeliat tumpukan pakaian kotor dan rumah yang berantakan.

Apartemen Tamansari Panoramic Bandung jadi pilihan saya justru karena lokasinya yang deket dari rumah.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Ini kantor pemasarannya. Tadinya mau sekalian nanya-nanya. Kali aja kan esok lusa ada rezeki buat beli 1 unit apartemen. Tapi ternyata libur karena 25 Januari itu bertepatan dengan Imlek. (buat tamu yang mau staycation, check in-nya bukan di ruangan ini) 

 

Staycation Bandung

Beberapa kali staycation di kota sendiri, baru kali ini kami (saya dan anak-anak) menginap di apartemen.

Karena baru pertama kali, yang terbayang ya asyik-asyiknya. Seneng-senengnya. Apalagi kami akan menginap di lantai 23.

Kamar yang kami tempati menghadap ke arah Jalan Soekarno Hatta. Dari balik jendela kamar dan dari balkon, pemandangan indah Kota Bandung terhampar luas.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Pemandangan dari balkon lantai 23.


Apalagi nih, malam sebelum kami check in di Apartemen Panoramic Soekarno Hatta ini, hujan deras mengguyur kota Bandung. 

FYI, kami staycation di apartemen ini tanggal 25 Januari 2020. Saya sendiri baru tiba di Bandung sehabis umroh 14 jam sebelum check in buat staycation.

So, pemandangan yang tersaji di depan mata jadi semakin indah. Aspal jalan raya tampak hitam seperti habis dicuci. Udara bersih dan sejuk.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Pemandangan dari lantai 23.


Masya Allah … nikmat banget rasanya melihat pemandangan hijau itu setelah 10 hari di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

 
Apartemen Dua Kamar

Ruang apartemen yang kami inapi terdiri atas 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang keluarga, balkon, dan 1 kamar kosong.

Udah seperti rumah aja deh. Kamar kosong itu buat kamar anak kali, ya. Atau buat dapur?

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Lorong di lantai 23 tempat kami staycation.

Per malamnya Rp370.000. Tapi udah bisa ditebak kan, saya staycation di Apartemen Tamansari Panoramic Bandung ini karena dapat diskon 50 persen? Ya gimanalah. Traveling modis. Modal diskonan. Hehe….

Tapi yang paling penting, di sini saya punya waktu 22 jam buat beristirahat. Ngurang-ngurangin jetlag juga.

Rebahan di kasur empuk dan bersih sambil memandangi langit biru, awan, dan gunung di kejauhan sana. Shower-an pakai air hangat. Jajan dimsum yang enak banget di depan lobi Apartemen Panoramic.

Relaksasi deh.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Kamar tidur dengan pemandangan yang indah.

 

Fasilitas Apartemen Panoramic

Di unit apartemen yang kami tempati, TV berada di ruang keluarga, dekat balkon. Jadi nggak bisa rebahan sambil nonton TV.

Bagi saya sih nggak masalah. Malah lebih enak rebahan sambil menikmati pemandangan alam.

Tapi kalau mau nonton TV, tetap bisa sambil selonjoran kok. Sofa yang di depan TV bisa ditarik memanjang. Mantul buat santai-santai.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Menikmati staycation alias liburan tipis-tipis bareng keluarga.


Handuk dan perlengkapan mandi (sabun, shampo, odol, sikat gigi) tersedia. Ada dua botol air mineral 600 ml di meja. 

Di kamar mandi ada botol lotion. Tapi waktu kami menginap botol lotion itu kosong. Bagi saya nggak masalah sih karenna bawa lotion sendiri. 

Tapi alangkah baiknya jika pengelola selalu mengecek yang begini. Kalo kosong atau tinggal sedikit, segera diisi ulang. Biar penginap juga nggak segan kasih bintang tujuh (eh, itu mah jamu ya😀).

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Perlengkapan di kamar mandi.

Cuma sayangnya nggak ada ketel listrik. Jadi, nggak bisa bikin minuman panas atau menyeduh mi instan.

Iya sih, di lantai dasar ada kafe, kantin, plus gerai makanan dan minuman. Tapi kan nggak buka 24 jam. 

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Salah satu tempat makan di Apartemen Panoramic. Dimsumnya enak loh.

Kalau malam-malam atau menjelang Subuh pengen minum anget ya nggak kesampean. Kecuali kalo mau manasin pakai shower 😃 Yang pernah jadi anak kos, coba kerahkan trik penghematan kalian.

Kalau suka berenang, Apartemen Panoramic Soekarno Hatta ini dilengkapi kolam renang, kok. Untuk masuk ke area kolam renang perlu pakai kartu akses khusus.

Di kolam renang ini, ada bagian yang dangkal buat balita yang pengen main air. Dipisahkan dengan "bangku" kotak-kotak. Tapi tetep diawasi ya, Gaes.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Kolam renang khusus penghuni dan penginap.


Kunci kamar yang berupa kartu cuma bisa buat mengakses kamar (yaiyalah) dan lift. Buat ke kolam renang beda lagi. Bilang aja ke resepsionisnya kalo mau berenang.

 

Apartemen di Bandung Buat Staycation

Kalau nginep sekeluarga dan nggak pengen misah-misah, apartemen dengan tipe unit seperti ini cocok.

staycation di apartemen tamansari panoramic bandung
Unit apartemen yang kami tempati saat staycation.


Kalau nginep rame-rame dengan temen, jadinya lebih irit karena bisa patungan. Oya, nggak jauh dari apartemen ini ada Metro Indah Mall (MIM). Resto dan kafe juga ada banyak.

Saya kemarin pesen kamarnya lewat online travel agent (OTA). Pas lagi ada voucher promo. Alhamdulillah. Jadi bisa staycation modis di Apartemen Tamansari Panoramic Bandung 😀

 

Alamat Apartemen Tamansari Panoramic

Jl. Soekarno Hatta No. 783

Cisaranten Kulon, Arcamanik

Bandung 40295


Salam,

TR

www.trianiretno.com

10 comments

  1. Sayangnya di apartemen nggak boleh miara binatang ya.

    ReplyDelete
  2. Staycation alias liburan tipis2 memang seru bareng keluarga nginep di hotel ya mbak Eno :) Apalagi kalau hotel, apartemen maupun apalah ituuuuuu udah diincer jauh2 bulan hihihihi. Kesampaian rebahan di kamar hotel yang dingin, makan2 di restonya, berenang santai di kolam yang homey, itu kayak obat ngelurusin kaki2 yang pegel hihii ga apa2 modis juga yang penting bahagia.

    ReplyDelete
  3. Aku pikir ini di beneran di Taman Sari, ternyata namanya aja. Jadi apartemen ini ada di Arcamanik, ya? Saya pengen banget staycation juga cuman masih belum ada moment special aja ditambah sekarang masih pandemi. Viewnya oke juga, dimsumnya enak, Teh? Favoritnya aku ini.

    ReplyDelete
  4. Aku beberapa kali nginep di apartemen saat traveling, Mbak..tapi bukan staycation, alias di luar kota nginepnya. Enaknya satu unit bisa buat berempat, aku sekeluarga. Kalau di hotel mesti sewa 2 kamar karena anak-anak sudah besar. Maka kalau di OTA ada apartemen di destinasi yang kami tuju, aku lebih pilih itu. Cuma sayangnya gitu deh, kadang ada dapur eh ga tersedia alat masak. Atau ga tersedia ketel air. Pernah di salah satu apartemen di Bandung, peralatan masak lengkap, piring dan kawan-kawan ada eh tabung gas ga ada kwkwkw...gigit jari jadinya.
    Jadi penasaran dengan Apartemen Tamansari Panoramic Bandung

    ReplyDelete
  5. Kepengen banget liburan tipis-tipis ke sana kangen jalan jalan, semoga pandemi cepet kelar biar bisa ke sana

    ReplyDelete
  6. Tahun lalu saya liburan tipis-tipis juga ke apartemen deket rumah, Mbak... Bawa ortu sama bayi 5 bulan. Persis banget layout kamarnya kayak gitu, 2 kamar sebelahan depannya ruang keluarga dan ada dapur juga kamar mandi. Makan malemnya bikin nasi timbel buatan Bapak, hihihi... Paginya berenang deh, serasa kolam renang pribadi. Ambooooy...

    Bulan lalu sempet nginep juga di hotel dalam kota tapi ga boleh berenang karena masih pandemi. Semoga buruan udahan ya pandeminya, pengen berenaaaang...

    ReplyDelete
  7. Hahaha, auto ngakak pas di bagian ini:

    "...traveling modis, modal diskonan!"

    Welcome to the club, mba, Hahaha.

    Itu, view pasca hujan dari jendela apartemen, aku juga laaaf banget!

    Dulu, iya dulu sekali (2011) pernah juga icip tinggal di apartemen, waktu dinas ke bilangan Semanggi Jakarta, yang isinya rata-rata warga Timur Tengah.

    Lumayan lama eui, hampir 2 minggu!

    Berasa horaaaang kayah, hahaha.
    Yah namanya juga difasilitasi yak.
    Alhamdullillah.


    ReplyDelete
  8. Kangen banget main ke bandung, mungkin kalau pas ke sana bisa nginep di sini juga yah, kereeen!

    ReplyDelete
  9. Maju mundur ingin staycation disini, ternyata enakeun ya teh, view nya keren banget. Jadi ingin staycation nih.

    ReplyDelete
  10. Wuih, kamarnya nyaman dan bersih ya. View luarnya juga asyik. Malem-malem yang cerah lihat ke luar, syahduuuu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)