5 Tips Memilih Warna Cat Kamar

Tips memilih warna car kamar

Ruang tidur adalah tempat di dalam rumah yang sering mendapat perhatian khusus dari anggota keluarga, termasuk dalam pemilihan warna cat kamar.

Ruang lain juga mendapat perhatian khusus adalah ruang tamu. Ditata spesial agar terlihat pantas untuk menerima tamu. Biar nggak malu-maluin kalau ada kenalan datang berkunjung.

Selain teras dan halaman rumah (kalau ada), ruang tamu juga sering dijadikan tempat untuk berfoto bersama.

Ruang tamu yang rapi dan estetik tentu akan membuat pemiliknya lebih pede untuk menerima tamu.

Bagaimana dengan ruang tidur?

Ruang Privat yang Menenangkan

Warna cat kamar yang sesuai dan menenangkan.
Kamar tidur haruslah memberikan rasa nyaman dan tenang bagi penghuninya. Foto: Unsplash.

Kamar tidur adalah ruangan privat bagi pemiliknya. Dalam ilmu parenting pun anak perlu diajarkan mengenai masalah privasi ini. Salah satunya, mengetuk pintu sebelum masuk ke kamar yang bukan kamarnya sendiri.

Di kamar tidurlah penghuni rumah menghabiskan banyak waktu. Utamanya, sih, untuk bersantai dan beristirahat.

Pada banyak keluarga, anak-anak pun belajar dan mengerjakan PR di dalam kamar tidur. Anak yang lebih dewasa juga sering menggunakan kamar untuk bekerja produktif dari rumah.

Oleh karena itu, kamar tidur mesti mendapat perhatian khusus agar memberi efek menenangkan. Mulai dari warna yang digunakan hingga penataan barang-barang di dalam kamar.

Baca Juga: Hunian Idaman, Asri dan Nyaman

Tips Memilih Warna Cat Kamar

Setiap tahun biasanya ada tren warna tertentu. Kemarin ini misalnya, yang sedang tren adalah hijau sage. Akibatnya, ketika Lebaran banyak orang yang tersage-sage, alias semuanya serba berwarna sage.

Sebelum mengikuti tren warna atau mengganti warna cat kamar, simak tips berikut ini, ya.

1. Furnitur yang ada di dalam kamar

Kalau memulai dari nol alias belum ada furnitur sama sekali, lebih bebas memilih warna cat dinding. Namun, lain ceritanya jika hendak mengecat ulang dengan sudah banyak barang dan pernak-pernik di kamar tidur.

Warna yang baru bakal matching nggak nih dengan barang-barang di kamar? Baik itu warnanya, motifnya, atau modelnya. Jangan sampai malah bikin nggak nyaman di mata dan kesal di hati.

Kalau anggaran berlebih, sih, bisa sekalian ganti perabotan biar lebih total. Namun, kalau anggaran terbatas, sebaiknya perhatikan dulu kesesuaian ini agar tidak bete kemudian.

2. Luas kamar

Seberapa luas kamar tidur yang ditempati? Luas kamar tidur akan sangat menentukan warna cat yang cocok digunakan.

Untuk kamar tidur yang kecil, lebih baik memilih cat berwarna putih, broken white, abu-abu muda, krem, atau warna-warna pastel yang lembut. Warna-warna tersebut akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Pada kamar tidur yang lapang, pemilihan warnanya lebih leluasa. Padu padan warna pun bisa digunakan agar kamar tidur lebih nyaman dan estetik.

3. Penghuni kamar

Dalam banyak keluarga, terkadang kakak adik yang berjenis kelamin sama harus berbagi kamar tidur.

Jika kondisinya seperti itu, lebih baik rembukan dulu, deh. Sepakati dulu warna cat kamar yang akan dipilih agar nantinya sama-sama nyaman menempati kamar tersebut.

4. Kepribadian

Tak perlu bersikeras mengikuti tren warna jika warna tersebut tidak sesuai dengan kepribadian.

Kenyamanan menempati kamar lebih penting daripada sekadar mengikuti tren. Rasa nyaman pun akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Jika warna yang sedang tren adalah ungu, tak perlu merasa menjadi alien hanya karena memilih warna kuning muda untuk dinding kamar.

5. Pemilihan cat

Beraneka pilihan warna cat kamar
Avian Brands memiliki puluhan ribu warna cat yang bisa dipilih. Foto: Tangkap layar Avian Brands.

Jika sudah menentukan akan memilih warna cat kamar yang seperti apa, selanjutnya pilih cat seperti apa yang akan digunakan.

Sekarang ada bermacam-macam jenis cat yang bisa dipilih untuk diaplikasikan di dinding kamar.

Avian Brands, misalnya, menyediakan cat interior yang mudah dibersihkan, tidak berbau, antijamur, antilumut, dan tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri. Warnanya pun tahan lama alias tidak mudah pudar.

Nyaman di Kamar Tidur

Kamar yang nyaman dan sesuai dengan kepribadian menjadi idaman semua orang. Kamar seperti ini akan terasa menenangkan sehingga istirahat pun bisa lebih berkualitas.

Yang tak kalah penting, selalu jaga kebersihan kamar. Bangun pula atmosfer positif di dalam kamar agar hati selalu tenang dan bahagia.

***

7 komentar

  1. Aku jg mengecat kamarku pake Avian nih. Ada stiker di dlmnya yg berisi voucher. Asyik bgt kalo dikumpulin. Kalo ga ada di daftar warna, kita bs request utk dibikinin oleh tukang catnya loh. Keren bgt produsen cat zaman now.

    BalasHapus
  2. Kalau zaman now pemilihan cat tembok penting banget sih mbak. Apalagi kalau konten kreator, semakin bagus tembok semakin PD dijadiin background untuk membuat konten, entah foto2 atau video.

    BalasHapus
  3. Cat warna ini memang sebenarnya secara berkala diganti ya, Mbak Eno. ganti warna kamar, bisa meningkatkan semangat bekerja juga. Tapi saya setuju, memilih cat kamar tidak perlu ikut trend. Sesuaikan dengan keperibadian sendiri saja. Kalau saya lebih suka yang cenderung biru atau hijau. Untuk cat tembok yang lebih soft, sedang yang untuk kusen, lebih cenderung kuat warnanya.

    BalasHapus
  4. Pemilihan cat yang tepat akan berpengaruh pada warna favorit, nuasannya buat si empunya. Apalagi kalau aroma catnya gak menyengat, bakal bikin betah sih berada di rumah bahkan buat mengecatnya sendiri

    BalasHapus
  5. aku suka suasanya kamar yang warm jadi adem gitu Dan enak buat istirahat. Cat avian emang awet sih jadi bisa hemat buat beberapa tahun masa renov rumah yaa

    BalasHapus
  6. Kamar tidur buatku pun perlu jadi tempat ternyaman karena aku memulai pagiku di sana dan mengakhiri hari dengan istirahat juga di kamar. Warna cat pun perlu mendukung. Saat ini, kamarku yang nggak terlalu dapat banyak sinar matahari langsung pun aku cat warna cerah biar ngasih kesan luas dan bersih. Sekarang sih rasanya, sudah jelang waktunya untuk dicat ulang. Avian sih salah satu pilihan produk cat yang kusuka.

    BalasHapus
  7. Permainan warna kamar menggunakan Avian Brands ini bisa menggugah mood dan menunjukkan kepribadian yang memiliki kamar ya.. Jadi pinginnya kamar yang teduh dan nyaman untuk beristirahat.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.