10 Cara Aman Menggunakan Wifi Publik

Cara aman menggunakan wifi publik

Beberapa waktu lalu, pemkot tempat saya tinggal memasang jaringan wifi di berbagai tempat umum seperti taman kota dan masjid.

Seneng, dong, karena jadi mudah mengakses informasi di mana saja. Kalau lagi fakir kuota, bisa mlipir ke taman kota. Ngadem sambil online gratisan atau sekadar membuka media sosial.

Namun, tentu saja fasilitas gratis yang sangat memudahkan itu tetap perlu disikapi dengan hati-hati. Salah satunya dengan menerapkan cara aman menggunakan wifi publik.

Hati-hati dengan Wifi Publik

Mengakses internet dengan menggunakan wifi di ruang publik tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Entah itu untuk berselancar di media sosial, membuka aplikasi edit video, atau yang lainnya.

Yaaa, bisa saja sih sembarangan pakai wifi umum yang penting connected. Tapi ... yakin sudah siap menghadapi risikonya?

Alasan utama kenapa kita harus hati-hati menggunakan wifi umum adalah faktor keamanan jaringan (network security). Biasanya ini berupa phishing dan social enginering.

Yuk, kita kenali kedua macam ancaman cybersecurity yang sama-sama memanfaatkan kelengahan manusia ini.

1. Phishing

Pelaku phishing biasanya menggunakan email yang sekilas terlihat sebagai email resmi perusahaan, bank, atau lembaga lain yang terpercaya.

Dalam email tersebut ada tautan (link) menuju website yang terlihat sangat mirip dengan website asli. Korban akan diminta untuk mengeklik tautan tersebut. Setelah itu, korban diminta untuk login dan memasukkan data-data pribadi.

Dari sini pelaku phishing akan mendapat data-data pribadi korban seperti username dan password. Akibatnya, akun online bisa dikuasai peretas, isi rekening bisa habis dikuras, dan sebagainya.

2. Social Engineering

Padda janis serangan ini, pelaku akan menghubungi calon korban, kemudian menawarkan sesuatu atau menumbuhkan kekhawatiran. Tujuan mereka adalah mendapatkan informasi pribadi korban untuk kemudian melakukan peretasan.

Ancaman cybersecurity memang bisa saja dialami oleh mereka yang mengakses internet dengan kuota pribadi. Namun, jika menggunakan wifi umum, kemungkinannya akan lebih besar. Terlebih jika kita termasuk orang yang teledor.

Baca Juga: Aplikasi Berita Paling Populer

Cara Aman Menggunakan Wifi Publik

Cara aman menggunakan wifi umum.
Memanfaatkan akses wifi di ruang publik.

Jika harus mengggunakan akses wifi yang terbuka untuk umum seperti di taman kota, coffee shop, atau tempat lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar data-data kita tetap aman.

Berikut ini 10 cara aman menggunakan wifi publik:

1. Verifikasi jaringan

Sebelum menyambungkan gawai ke jaringan Wifi publik, selalu lakukan verifikasi terlebih dahulu. Pastikan jaringan yang akan kita pakai memang jaringan yang resmi.

2. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN mengenkripsi lalu lintas internet sehingga menyulitkan peretas yang bermaksud mencuri data kita. Namun, pastikan pula VPN yang digunakan tersebut memiliki reputasi baik.

3. Nonaktifkan fitur berbagi

Saat menggunakan wifi umum, nonaktifkan fitur berbagi file di gawai yang kita gunakan.

4. Gunakan https

Situs yang menggunakan https lebih aman karena bisa mengenkripsi data. Jika hendak mengakses internet dengan wifi umum, astikan situs yang digunakan menggunakan versi https.

5. Aktifkan firewall

Firewall berguna untuk membantu memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan. Dengan begitu, kita akan lebih aman dari serangan peretas.

6. Update perangkat lunak

Selalu perbarui sistem operasi dan antivirus agar gawai yang kita gunakan lebih terlindungii.

7. Gunakan autentikasi dua faktor (2FA)

Autentikasi dua faktor akan menjadi perlindungan ekstra bagi akun online kita.

8. Batasi akses

Jangan mengakses m-banking atau berbelanja online saat menggunakan wifi umum. Lakukan hal tersebut dengan menggunakan jaringan internet pribadi.

9. Logout

Jika harus login masuk ke sebuah situs, jangan lupa untuk log out.Hal tersebut agar tidak ada orang yang bisa mengakses data kita dari jejak yang kita tinggalkan.

10. Putuskan sambungan

Selesai mengakses internet menggunakan wifi umum, selalu putuskan sambungan. Klik "Forget" agar nama dan passords wifi tersebut tidak tersimpan di gawai yang kita gunakan.

Jika suatu hari kita ke tempat itu lagi, gawai kita tidak akan otomatis tersambung dengan wifi di sana.

Kesimpulan

Adanya wifi yang dapat diakses secara gratis di ruang publik sangat bermanfaat. Agar tetap aman berselancar tanpa kebobolan data, selalu terapkan cara aman menggunakan wifi publik.

2 komentar

  1. Emang harus hati-hati kalau pakai wifi publik. Ada satu rumah sakit tuh yang enggak bisa pake sinyal apa pun kecuali pake Wi-Fi mereka. Jadi, terpaksa deh

    BalasHapus
  2. Banyak yang belum aware juga sih sama pemakaian wifi di ruang publik. Apalagi maraknya kasus Phising sama Soceng juga. Oh berarti mending pake VPN yahhh, bisa dicoba deh. Dan bener jangan lupa logout untuk menghindari orang lain mengakses data kita.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.