13 October 2017

Menumbuhkan Budaya Membaca



Mary Leonhardt, sebagaimana dikutip oleh Hernowo (Kaifa, 2003: 43) menyebutkan bahwa sekolah dasar merupakan waktu yang menentukan bagi anak-anak untuk mengembangkan suatu kecintaan dan kebiasaan membaca.

Menarik digarisbawahi, Leonhardt menyebutkan kebiasaan membaca dan bukan kebisaan membaca. 

06 October 2017

Bakso Boedjangan Bukan Cuma Untuk Bujangan



Bakso BoedjanganBagi penggemar bakso, nama Bakso Boedjangan sepertinya sudah tidak asing lagi. 

Di Bandung saja, Bakso Boedjangan ini bertebaran di beberapa lokasi. Salah satunya di Ujungberung.

Btw, udah pada ngeh kan ya kalau Ujungberung itu nama sebuah kecamatan di Bandung? Jelas ya, tempat ini bener-bener ada. Bukan tempat imajiner.

17 September 2017

Siapa Bilang Menulis Tidak Butuh Modal?



Beberapa hari belakangan ini menulis dan profesi sebagai penulis buku sedang diperhatikan. Tepatnya, setelah Tere Liye dan Dee bersuara lantang tentang pajak royalti buku.

Lucunya, ada (bahkan sesama penulis) yang kemudian nyinyir. “Ngapain, sih, penulis protes soal pajak royalti? Wajar dong kena pajak 15%. Kan kerjanya juga nggak pakai modal. Tinggal duduk dan ketak-ketik. Nggak kayak pegawai kantoran yang minimal mesti ngeluarin ongkos transportasi. Nggak kayak pengusaha yang mesti ngeluarin uang buat beli bahan baku dan bayar karyawan.”

14 September 2017

Kamu, Yang Tersimpan Dalam Kenangan



Kamu, Yang Tersimpan Dalam Kenangan

Tidak. Kita tidak punya kenangan dengan lagu ini. Ini lagu lama, sekitar tahun 1996. Waktu itu kita belum kenal. Aku masih kuliah di Bandung, kamu masih kuliah di Padang. 

Lagu ini dipopulerkan oleh Novia Kolopaking.  Aku Selalu Cinta. Itu judul lagunya. Sebulan lalu begitu saja muncul kembali ke permukaan ingatanku. Terputar berulang kali.

07 September 2017

Masalah yang Dihadapi Penulis, Pajak Hanya Salah Satunya

Masalah yang Dihadapi Penulis, Pajak Hanya Salah Satunya

Masalah yang Dihadapi Penulis - Keputusan Tere Liye untuk menghentikan hak terbit buku-buku best seller-nya di Gramedia Pustaka Utama dan Republika menggemparkan pencinta literasi. Keputusan itu terkait dengan pajak atas royalti buku yang terlalu besar.

Masalah pajak yang dikeluhkan oleh Tere Liye hanya satu di antara banyak masalah yang dihadapi oleh para penulis. 

25 August 2017

Tips Memilih Gamis Cantik dan Irit



Tips Memilih Gamis Cantik dan IritPernahkah punya pengalaman seperti saya ini? Seharian keliling mal atau kompleks pertokoan untuk mencari pakaian yang cocok. Entah itu gamis, tunik, atau rok.

Borong, Buuu?

Kagak. Sebenernya sih cuma butuh satu pakaian, tapi mencarinya sampai berjam-jam. Sampai betis tukang becak kalah keras. Sampai sepatu mendadak terasa sempit karena si jari-jari kaki mekar kecapekan.

20 August 2017

Tips Membeli Barang Bekas, Aman Berkualitas



Tips Membeli Barang Bekas, Aman Berkualitas
Tips Membeli Barang Bekas -- Beli barang bekas? Iiih… nggak banget! Kayak apaan aja. Nggak  level, tau!

Hehe… siapa tuh yang pernah ngomong seperti itu?

Bagi sebagian kalangan, membeli barang bekas seperti aib saja. 

Padahal hari begini, apa sih yang nggak dijual second? Rumah dan mobil aja banyak tuh yang dijual bekas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...