27 August 2016

Investasi Reksadana Online untuk Mewujudkan Impian Masa Depan



Investasi reksadana online dengan Poems ProFunds Phillip SecuritiesInvestasi Reksadana Online  Semangat saya untuk melakukan investasi keuangan sempat terusik. “Ngapain sih sibuk-sibuk investasi ini itu? Investasi saham, investasi reksadana, investasi emas …. Semua investasi materi itu nggak akan dibawa mati.” 

Setelah baper sejenak, saya memutuskan untuk mengabaikan suara-suara nyinyir itu. Investasi materi memang tidak akan dibawa mati. Namun, berinvestasi akan membantu kita hidup lebih baik dan membantu mewujudkan impian masa depan.


Dari Berhemat Sampai Berinvestasi

Sebagai freelancer, penghasilan saya juga free. Kadang ada, kadang tidak. Di sisi lain, yang namanya pengeluaran bersifat pasti. Tidak peduli bagaimana kondisi penghasilan saya, pengeluaran pasti ada.

Kebutuhan untuk membeli makanan, transportasi, biaya pendidikan anak-anak, dan segala urusan operasional keluarga tak mau menunggu. Itu rutin setiap bulan. Tak melihat kondisi keuangan sedang kece atau sedang kere.

Hehe … memang begitulah tantangan bekerja sebagai freelancer. Justru tantangan seperti itulah yang memaksa saya berpikir logis dan kreatif sekaligus. Akhirnya, saya menjalankan empat poin ini untuk menjawab tantangan tersebut.

1.   Berhemat.
Berhemat tidak sama dengan pelit, lho, ya. Hemat pangkal kaya, kata pepatah bijaksana. Pelit pangkal disebelin orang, kata pepatah bijaksini.

2.   Mengelola keuangan.
Penghasilan besar harus diatur, penghasilan kecil pun perlu dikelola. Sebagai freelancer, yang saya lakukan adalah mengamankan sebagian penghasilan besar untuk digunakan pada saat paceklik. Kata Safir Senduk, penghasilan sebesar apa pun akan habis jika tidak dikelola dengan bijak.

3.   Menabung.
Sejak kecil saya diajar untuk menabung. Jadi, saya pun menabung. Nggak khawatir uang tabungan habis karena ditarik melulu di ATM atau kartu debit sering digesek saat di kasir?  Hehe … khawatir juga, sih. Jadi, saya mengatasinya dengan tabungan berjangka yang terkunci dalam jangka waktu tertentu.

4.   Investasi.
Investasi ini ternyata merupakan bagian tak terpisahkan dari perencanaan keuangan. Untuk jangka panjang, investasi lebih menguntungkan daripada tabungan karena lebih kuat menahan inflasi. Inflasi membuat uang hari ini menjadi tak berarti lagi di masa depan. Hari ini dengan uang Rp 10.000,- bisa membeli semangkuk mi bakso. Sepuluh tahun lagi mungkin hanya bisa membeli mi tanpa bakso.

Tentang investasi ini, ada bermacam-macam investasi keuangan yang bisa dijadikan pilihan. Salah satunya adalah reksadana.

Investasi reksadana online dengan Poems ProFunds Phillip Securities
Investasi reksadana bisa dilakukan secara online
dengan menggunakan Poems ProFunds.

Investasi Online melalui POEMS ProFunds
Saya baru tahu tentang reksadana ini beberapa bulan yang lalu. Selama ini yang familier bagi saya cuma investasi emas dan properti. 

Reksadana ini merupakan wadah bagi sekumpulan investor untuk mengumpulkan dana. Dana kolektif itu kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. Investor tinggal menyetor dana dan menentukan akan berinvestasi pada reksadana yang seperti apa. Reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, atau reksadana saham. Masing-masing punya risiko dan return (imbal hasil) yang berbeda. Selanjutnya manajer investasi profesional akan mengelola dana tersebut. 

Bagaimana dengan kasus investasi bodong yang sempat ramai di media massa beberapa waktu lalu? Ngeri rasanya melihat uang para investor dibawa kabur. Kerugian per orangnya pun tidak kecil.

Supaya tidak menjadi korban investasi bodong, kita harus memilih perusahaan sekuritas dan manajer investasi yang memiliki reputasi baik serta terdaftar di Bapepam dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Misalnya Phillip Securities Indonesia.  Berdiri di Indonesia sejak tahun 1989, Phillip Securities Indonesia adalah bagian dari PhillipCapital yang berkedudukan di Singapura.

Pada tahun 1996 PhillipCapital meluncurkan POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System), yang kemudian dikembangkan secara khusus di Indonesia oleh Phillip Securities Indonesia pada tahun 2009.

POEMS ProFunds merupakan supermarket reksadana online yang didesain untuk memberikan kemudahan bagi siapa pun yang ingin melakukan investasi reksadana.

Dengan POEMS ProFunds kita bisa melakukan aktivitas investasi online, baik melalui komputer maupun smartphone, di mana saja dan kapan saja. Aman karena POEMS ProFunds dienkripsi dengan teknologi Secure Socket Layer (SSL) 128 bit, sama dengan yang dipakai dalam internet banking. 

Asyiknya lagi, POEMS ProFunds ini berkonsep one stop shopping. Ada 99 jenis reksadana dari puluhan perusahaan asset management tepercaya di sana. 

Salah satu perusahaan tersebut adalah Manulife Asset Management Indonesia (MAMI). Ada beberapa reksadana MAMI yang bisa dipilih di POEMS ProFunds ini. Di antaranya adalah Manulife Dana Kas II dan Manulife Syariah Sektoral Amanah. Kedua produk reksadana MAMI ini bisa dimiliki dengan investasi awal sebesar Rp 100.000 saja. Terjangkau banget, ya. Manulife Dana Kas II tergolong jenis reksadana yang konservatif. Return-nya relatif kecil, sebanding dengan risikonya yang juga kecil, namun  tetap menguntungkan dan sanggup bertahan dari inflasi. Manulife Dana Kas II ini cocok untuk orang yang baru belajar berinvestasi atau tidak mau menanggung risiko tinggi. Bagaimana dengan Manulife Syariah Sektor Amanah? Seperti terlihat pada namanya, ini merupakan produk reksadana syariah. Risiko dan return-nya lebih besar daripada Manulife Dana Kas II. Produk reksadana ini bisa dijadikan pilihan jika kita lebih nyaman dengan keuangan syariah. Ssst, saya juga memilih reksadana yang ini lho.
Investasi reksadana online dengan Poems ProFunds Phillip Securities
Fitur-fitur Poems ProFunds memudahkan kita
melakukan investasi reksadana online.

Di POEMS ProFunds  kita bisa melihat dan membanding-bandingkan produk reksadana yang satu dengan yang lain, baik dari perusahaan asset management yang sama maupun yang berbeda. Misalnya berapa investasi awalnya, berapa besar return-nya, dan sebagainya. Kita juga bisa memantau kinerja reksadana yang kita miliki.  Semua informasi yang tercantum di sana bersifat realtime

Asyik, ya. Hanya dengan online di POEMS ProFunds kita langsung bisa mendapat informasi terkini tentang banyak produk reksadana dari berbagai perusahaan manajer investasi.

Selain itu, POEMS ProFunds memiliki fitur-fitur yang membantu kita untuk melakukan aktivitas investasi reksadana online. 


  • Fitur Smart Start.
Fitur ini membantu kita untuk memilih produk reksadana sesuai dengan profil risiko kita. Kalau kita orang yang konservatif, tentu tidak dianjurkan mengambil reksadana yang risikonya tinggi. Reksadana yang riskonya tinggi itu cocok untuk investor yang agresif. Saya sendiri sih, setelah mengecek profil risiko ternyata termasuk kelompok moderat.


  • Fitur Smart Plan.
Fitur ini membantu kita melakukan investasi online secara teratur dan rutin. Pada tanggal yang telah kita pilih, fitur ini akan melakukan autodebit dari rekening kita untuk membeli reksadana. Jumlah uang yang akan didebit tiap bulan, tanggal berapa didebitnya, serta untuk membeli reksadana jenis apa, kita tentukan sendiri sebelumnya. Kemungkinan lupa berinvestasi karena kesibukan pun bisa diminimalkan.

Investasi reksadana online dengan Poems ProFunds Phillip Securities
Fitur Smart Plan untuk membantu kita investasi reksadana online secara teratur.

Dengan Smart Plan ini kita setahap lebih dekat dengan impian masa depan kita. Sudah ada perencanaan keuangan yang teratur untuk mewujudkannya.

  •  Fitur Smart Safe
Fitur ini memungkinkan kita untuk cut loss atau taking profit sesuai rencana. Tidak perlu khawatir kehilangan momentum karena fitur ini akan otomatis menjalankan instruksi kita.


  • Fitur Autosweep
Dengan fitur ini dana kita akan selalu tumbuh. Jika ada uang mengendap di rekening, akan otomatis diinvestasikan ke reksadana pilihan kita. Daripada mengendap, lebih baik dikembangkan dengan reksadana.

Investasi Reksadana dan Impian Masa Depan

Dengan melihat keuntungan reksadana dan kemudahan melakukan investasi online yang ditawarkan oleh POEM ProFunds, rasanya impian masa depan menjadi lebih mungkin terwujud.

Mau tahu apa impian masa depan saya?

Saya ingin menunaikan ibadah haji. Sekarang sih saya sedang menabung sedikit demi sedikit di sebuah bank syariah. Agak khawatir juga kalau-kalau nilai rupiah anjlok sehingga uang yang terkumpul tak kunjung mencukupi.

“Pasrah aja, Mbak.”

Ah, nasihat itu. Pasrah itu kan setelah berusaha. Bukannya langsung pasrah tanpa melakukan upaya apa-apa. Salah satu usaha saya mengumpulkan dana untuk berhaji adalah dengan berinvestasi di reksadana syariah. 

Mengantar anak-anak menyelesaikan kuliah S1 mereka, memiliki toko buku yang terintegrasi dengan kafe, serta memiliki rumah kos untuk mahasiswa juga termasuk impian masa depan saya.

investasi reksadana online dengan Poems ProFunds Phillip Securities
Mewujudkan impian masa depan dengan investasi reksadana online.

Tapi impian yang paling dalam selain melaksanakan ibadah haji adalah … hm … jangan tertawa, ya. Saya ingin bisa menikmati masa tua dengan tenang, sehat, dan tetap berkemampuan secara finansial.

Kebayangnya sih, di masa tua nanti saya akan santai menulis, tidak kejar-kejaran dengan deadline lagi seperti sekarang. Tidak perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan. Bisa memantau usaha saya (yang sekarang masih mimpi) sambil main dengan cucu. Bisa memberi kursus menulis gratis untuk remaja dan anak-anak panti asuhan.

Freelancer seperti saya tidak memperoleh uang pensiun. Kantor saja tidak ada. Otomatis, tidak ada yang akan menjamin masa tua saya nanti. Investasi reksadana menjadi salah satu pilihan saya untuk mempersiapkan masa tua yang saya impikan itu. Dengan reksadana, uang yang saya hasilkan pada masa produktif sekarang tidak akan berubah menjadi recehan belaka di masa depan. Insya Allah.

Mimpi-mimpi itu yang membuat saya bersemangat. Mimpi-mimpi itu yang membuat saya tidak berhenti karena omongan sebagian orang. Berinvestasi dan menjadi mampu secara keuangan memungkinkan saya mengerjakan kebaikan yang tak mungkin saya lakukan jika tak memiliki kemampuan finansial. 

Yuk, #WujudkanImpianmu dengan investasi reksadana online.


Lomba Blog Poems ProFunds Phillip Securities
Artikel ini diikutkan dalam lomba blog Phillip Securities.



Salam, 

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...