26 January 2017

Wisata Bandung yang Edukatif? Wisata Buku Ini Patut Dicoba



wisata-bandung-wisata-bukuWisata Bandung, Wisata Buku – Wisata Bandung? Ada banyak tujuan dan jenisnya. Sebut saja wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, wisata  budaya, atau wisata alam. Akses ke Bandung pun semakin mudah. Alhasil, semakin banyak orang yang berwisata ke Bandung.

Tapi tahukah kalau di Bandung juga ada wisata buku? Recommended, nih, untuk sekolah-sekolah yang berencana membawa murid-muridnya berwisata di Bandung.


Ini dia tiga tempat asyik untuk berwisata buku di Bandung. Tiga-tiganya gratis, lho. Wow! Hari gini ternyata masih ada kegiatan keren, edukatif, dan gratis. #blinkblink

Wisata Buku Mizan

Anak-anak SD pasti familier dengan buku-buku KKPK alias Kecil-Kecil Punya Karya. Yang udah remaja dan dewasa, kenal novel-novel keren Pidi Baiq, dong.

Pernah penasaran gimana bisa bikin cerita keren seperti itu? Atau mungkin penasaran dengan cara bikin bukunya? Atau kok gambar di buku-buku keren-keren sih. Gimana bikinnya, ya?




Nah, kita bisa lho berwisata buku ke Mizan. Penerbit Mizan ini berada di Jln. Cinambo No. 135-137, Cisaranten Wetan, Bandung. Di sana kita bisa melihat langsung proses pembuatan buku, dari pengolahan naskah sampai pencetakannya.

Kakak-kakak di Mizan pun akan memotivasi peserta untuk berkarya melalui tulisan dan gambar. Serunya lagi, ada games interaktif dan doorprize

Oya, materi yang disampaikan disesuaikan dengan usia pengunjung. Materi untuk adik-adik TK tentu berbeda dengan materi untuk remaja SMA atau rombongan ibu-ibu.

Persyaratan


  • Jumlah peserta minimal 40 orang, maksimal 80 orang.
  • Durasi kunjungan maksimal 3 jam.
  • Jadwal reguler kunjungan adalah setiap hari Senin.
  • Kunjungan di luar jadwal harus dikonfirmasikan lebih dulu, maksimal satu bulan sebelum kunjungan.

Untuk pendaftaran atau informasi lebih lanjut, silakan hubungi Marcomm Mizan Pustaka (022 -783-4310)


Wisata Quran Penerbit Sygma
Wisata Bandung yang berupa wisata buku juga ada di Penerbit Sygma yang berlokasi di Jl. Babakan Sari No. 71 Kiara Condong. Namanya Wisata Quran. 

Memproduksi Al-Quran tentu tidak bisa sembarangan. Ada etika dan adabnya. Ada pula syariat Islam yang harus dituruti.

wisata-quran-bandung
Wisata Quran di Penerbit Sygma, Bandung. (Foto: Sygma)
  
wisata-quran-penerbit-sygma
Kunjungan ke percetakan dalam Wisata Quran. (Foto: Sygma)
  
Dalam Wisata Quran ini peserta akan diajak mengunjungi ruang kreatif, melihat proses mendesain Al-Quran dan buku-buku islami, hingga melihat proses pencetakan dan pengemasannya.

Persyaratan

  • Mengirim surat permohonan kunjungan Wisata Quran.
  • Jumlah peserta minimal 25 orang.
  • Jadwal kunjungan hari Selasa dan Kamis. Bisa memilih mau yang pukul 08.00 pagi atau pukul 13.00.
  • Wisata Quran ini gratis. Namun, kalau ingin mendapatkan goodie bag atau cinderamata berupa Al-Quran atau buku, ada paket yang bisa dipilih.

Mau mendaftar Wisata Quran? Atau mau tanya-tanya dulu? Silakan hubungi Pak Dikdik (0857-2092-1754).



Wisata Buku Gramedia Festival City Link

Toko Buku Gramedia di Mal Festival City Link  (FCL)  Bandung juga memiliki program Wisata Buku.

Lokasi kegiatan memang di toko buku. Di mal, pula. Namun, tenang saja. Anak-anak tidak diarahkan menjadi konsumtif, kok. Justru dengan wisata buku ini banyak nilai edukasi yang disampaikan pada peserta.

Kegiatan Wisata Buku ini apa aja, sih? Kata Kak Hilman Rahmadi, dalam Wisata Buku ini ada banyak kegiatan. Misalnya story telling, games yang seru, membuat prakarya, percobaan sains untuk anak-anak, menonton DVD edukasi, membuat origami, atau mewarnai. Disesuaikan, deh, dengan usia peserta. 
 
wisata-bandung-wisata-buku
Kak Hilman dan anak-anak SD Hikmah Teladan ini
sedang melakukan percobaan apa, ya? (Foto: Hilman R, Gramedia FCL)

Seru dan hebohnya kegiatan percobaan sains sederhana ini bisa dilihat di video ini.
  
Peserta juga diajak untuk mengenal beragam profesi yang ada di toko buku. Yang tak kalah menarik, peserta pun dilatih untuk mandiri serta percaya diri bersosialisasi di tempat umum.

Persyaratan

  • Mengajukan proposal/surat permohonan Wisata Buku maksimal dua minggu sebelum kegiatan. Namun, bisa juga pihak Gramedia FCL yang mengundang sekolah-sekolah.
  • Tidak ada jumlah minimal peserta. Tapi biasanya sejumlah murid satu kelas.
  • Jadwal wisata buku di Gramedia FCL ini hari Senin sampai Jumat.
  • Biasanya kunjungan dimulai pukul 08.00.
  • Durasi kunjungan tergantung pihak sekolah. Biasanya sekitar tiga jam.

Oya, para peserta juga tentunya bisa membeli buku di lokasi Wisata Buku. Buku apa yang bisa dibeli, tergantung kesepakatan dengan pihak sekolah (disesuaikan dengan daya beli siswa).



Nantinya pihak Gramedia akan mengarahkan peserta ke produk buku atau majalah (bukan ATK) yang sesuai dengan usia dan budget peserta. Buku yang dipilih oleh anak-anak pun akan diseleksi lagi, apakah sesuai dengan usia peserta atau tidak.

“Buku atau majalah yang kami berikan adalah yang layak dibaca oleh siswa. Harapan ke depannya, anak-anak menjadi hobi membaca,” ujar Hilman.

Peserta Wisata Buku berbelanja buku sesuai budget yang disepakati.
Yang dipilihnya ternyata buku saya. Horeeee. Makasih, ya, Deeek :)
(Foto: Hilman R, Gramedia FCL)

Ingin berwisata buku ke Gramedia FCL yang berlokasi di Festival City Link Lantai 1, Jalan Peta Nomor 241 Bandung ini? Silakan langsung hubungi nomor ini ya:

Gramedia Festival City Link (022) 612-8595. Minta bicara dengan Kak Hilman atau Kak Nova.  

Bilang aja dapat info dari blog www.trianiretno.com #numpangbeken :D Oya, nanti Kak Hilman dan Kak Nova ini juga yang akan memandu Wisata Buku.

Btw, toko buku Gramedia lain di Kota Bandung menyelenggarakan wisata buku seperti ini juga nggak, sih? Nah, silakan tanya-tanya langsung ke sini aja:
  • Gramedia Istana Plaza (022) 6000-624.
  • Gramedia Merdeka (022) 423-3287.
  • Gramedia TSM (022) 9109-1251.
  • Gramedia PVJ (022) 8206-3616.

Wisata Seru di Bandung

Belajar tak hanya di ruang kelas. Berwisata pun tak sekadar bersenang-senang. Kalau keduanya bisa dipadukan, jadinya keren banget.

Selamat berwisata buku di Bandung. Keep Bandung clean and beautiful, yaaa. :)

Follow me on Twitter: @retnoteera
Instagram: @retnoteera 



Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
www.trianiretno.com
 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...