Janji Kopi, Coffee Shop Baru di Bandung Timur



coffee shop baru di bandung timur

Coffee shop di Bandung? Banyak, memang, coffee shop alias kedai kopi di Bandung. Tapi itu di Bandung kota. Di pusat-pusat peredaran manusia gaul. Sebutlah kawasan Dago dan Martadinata.
Bagaimana dengan coffee shop di Bandung Timur? Ada nggak kedai kopi yang bisa jadi tempat nongkrong outdoor di Bandung Timur?
Tambah ilmu tentang kopi perkopian nih: 

Darurat Tempat Meet Up di Bandung Timur

Hahaha… agak lebay ya. Tapi kalau kamu tinggal di kawasan Ujungberung, Bandung Timur, kamu nggak bakal bilang itu lebay. 
Sejak kembali ber-KTP Bandung dan tinggal di Ujungberung, saya bekerja sebagai penulis buku, editor, content writer, dan blogger dari rumah. Asalkan ada komputer/laptop dan koneksi internet, saya bisa bekerja.
Kontak dengan klien dilakukan secara online atau via telepon. Pembayaran lewat transfer bank.
Tapi kadang-kadang ada aja yang minta bertemu langsung. Mungkin supaya yakin bahwa ghostwriter yang mereka rekrut bener-bener manusia, bukan  ghost. Hehe….
Bertemu di rumah bukan pilihan menarik bagi saya. Males beberesnya, bok. Yakali rumah berantakan kalau mau ada tamu.
Bertemu di luar rumah … di mana?
Memang ada beberapa tempat kuliner yang enak di Ujungberung sini. Sebut aja tiga di antaranya:   
  • Saung Legit. Rumah makan khas Sunda yang sudah eksis sejak tahun 1963. 
  • Ayam Geprek Pangeran. Gratis nambah nasi, lalapan, dan teh tawar. Bisa makan kenyang dengan uang Rp 20.000, masih ada kembaliannya malah.

Ketiga tempat tersebut asyik untuk makan bareng keluarga atau teman, tapi bagi saya nggak cocok untuk kerja dan ngobrolin kerjaan.

Kedai Kopi di Bandung Timur

Banyak alasan kenapa ke coffee shop. Salah satunya untuk meet up. Dua hari lalu, saya janjian ketemu dengan seseorang. Dia butuh konsultan penulisan untuk naskah novelnya.
Teringatlah saya pada Janji Kopi di Ujungberung Town Square (Ubertos) yang baru buka pada tanggal 10 November 2018. Masih gres banget!
ubertos mal di bandung timur
Ujungberung Town Square (Ubertos).

Ubertos ini tempat lama dengan tampilan baru. Dulu namanya Bandung Timur Plaza alias BTP. Berlokasi di Jl. A.H Nasution no. 46A Bandung.
Sekadar informasi nih. Jl. A.H Nasution membentang sepanjang sekitar 10 kilometer dari Cicaheum hingga Bunderan Cibiru.
Yang lumayan bikin emosi, nomor bangunan di sepanjang jalan ini berloncatan sesuka hati alias tidak berurutan. Migrain dah! :D
Lebih baik berpatokan pada nama kawasan di sepanjang jalan ini, seperti Cikadut, Sukamiskin, Ujungberung, dan Cipadung. Nah,Ubertos ini di kawasan Ujungberung
Janji Kopi adalah kedai kopi terdekat dari tempat saya. Lokasinya di gerbang masuk Ubertos pun membuatnya mudah ditemukan.

Janji Kopi, Kedai Kopi Baru di Bandung

Café baru di Bandung ini mungil saja, tapi cukup nyaman dan memadai untuk meet up dengan klien.
Yang menyenangkan bagi saya, kedai kopi ini memisahkan area untuk perokok dan non-perokok. Bagi saya yang kerap sesak napas kalau terpapar asap rokok, ini penting banget.
No smoking area di Janji Kopi ini lebih kecil daripada yang smoking area. Kecil tapi nyaman untuk ngopi-ngopi tanpa sesak napas. 
cafe baru di bandung timur
Numpang kerja ke Janji Kopi.

Yang bagi saya ngeganggu banget itu adalah suara TV. Buat apa ya ada TV di situ?
Okelah kalau misalnya buat nobar pas ada liga sepak bola atau racing. Tapi kemarin kan nggak ada. Lagu-lagu manis Kahitna, Afgan, dsb yang jadi terdistraksi dengan suara dialog sinetron, iklan, dan entah apa lagi di TV.
Musik, musik aja. TV, TV aja. Jangan dua-duanya sekaligus. Di no smoking area yang mungil, itu jadi ganggu banget.
Gimana dengan smoking area?
Smoking area lebih luas dan menempati dua lantai outdoor. Dari lantai atas (mezzanin) kita bisa melihat gunung-gunung di kejauhan dan….seliweran kabel telepon + listrik. 
kedai kopi di bandung timur
Lantai mezzanin yang terbuka (outdoor).

Enak sih di lantai dua ini. Bisa duduk-duduk lesehan sambil ngopi. Khusus bagi saya, selama nggak ada yang ngerokok di sana. Hehe….
Oya, di smoking area ini suara musiknya nggak sekenceng di no smoking area. Eung… semoga jadi perhatian pihak pengelola supaya volume suara di no smoking area nggak terlalu kenceng. Nggak enak loh nge-date sambil jejeritan😉

janji kopi ubertos
Smoking area.

 
coffee shop di bandung
Smoking area.

Janji Sehidup Semati

Naaah… sekarang kita lihat menu di Janji Kopi, ya. Dua kali saya ke sana, kebetulan masih ada diskon 10% karena baru buka.
Dua kali ke sana, No?
Hihi … iya. Saya ke coffee shop ini dua hari berturut-turut. Yang pertama untuk meet up dengan klien, yang kedua sengaja mampir sendiri.
Waktu sama klien nggak sempat foto-foto dan menjelajah ruangan. Fokus ke urusan klien aja, dari dateng sampai pulang. Padahal saya penasaran dengan Janji Kopi ini.

Eh iya. Buat kalian yang suka ngopi tapi khawatir sakit maag kambuh, mampir deh ke tulisan saya tentang Solusi Sakit Maag Bagi Pencinta Kopi.
Kembali ke Janji Kopi. Beberapa jenis minuman yang tercantum di daftar menu lebih dari cukup untuk bikin baper. Eh, apa saya aja ya yang baperan?
harga minuman di janji kopi
Daftar minuman di Janji Kopi.

Coba aja lihat nama-nama menunya: Janji Suci, Janji Murni, Janji Manis, Janji Indah, Janji Sehidup Semati. Ada juga sih yang nyesek, Janji Semu dan Janji Pahit.
Pertama ke sana saya pesan Janji Sehidup Semati (ice) dan zuppa soup. 

es kopi susu Janji Sehidup Semati
Janji Sehidup Semati.

Janji Sehidup Semati ini berupa campuran expresso, susu, dan sirup pandan. Karena saya pesan yang dingin, disajikannya dalam cup plastik. Dan karena dalam cup plastik, saya nggak bisa menghidu aromanya. 
Hm … padahal kenikmatan minum kopi itu muncul dari kombinasi rasa dan aroma (dan akan sempurna kalau bersama kamu).
Rasanya? Eung … saya teringat pada … cendol! Hihi … mungkin karena sirup pandannya, ya.Kopinya nggak terasa sih kalau bagi saya. Lebih dominan rasa susu.
Zuppa soupnya enak. Gurih, lembut, hangat. Pastry-nya juga enak. Pastry enak versi saya itu kalo nggak hambar. Ya adalah rasa-rasa gurih menteganya dikit. Cocok buat dinikmati pelan-pelan saat hujan turun.
 
zuppa soup di janji kopi
Zuppa soup di Janji Kopi.

Janji Suci di Kedai Kopi

Kedua kalinya ke sana, saya pesan Janji Suci (ice) yang merupakan salah satu signature drinks di Janji Kopi. Dari komposisinya (expresso, susu, dan gula palem), di benak saya sudah terbayang rasa manisnya.
Sebenarnya ada empat minuman lagi yang termasuk signature drinks. E-Pokat, E-Balls, Cold Brew Black/Blonde, dan Cookies n Cream Macchiato. Tapi saya pilih Janji Suci karena ... namanya!
Hahah… ampun, deh. Mungkiiin… ini penyebab banyak tempat kuliner (termasuk kedai kopi) ngasih nama unik-unik ke menunya. Ya, orang-orang seperti saya ini.
Seperti dugaan saya, Janji Suci ini rasanya manis. Bahkan lebih manis dibandingkan Janji Sehidup Semati. 

Coffee shop lain di Bandung yang asik banget buat ngopi:

Minuman favorit di kedai kopi.
Janji Suci.

Sepertinya besok-besok kalau ke sini lagi saya lebih baik pesan Cold Brew, Janji Semu, atau Janji Pahit saja. Janji Suci biarlah buat yang suka rasa manis.
Oya, ketika memesan Janji Suci (ice), saya request pakai gelas. Saya nggak mau pakai cup plastik seperti kemarin. Dengan gelas, saya bisa menghirup aroma minumannya, bisa memotret minuman itu, plus bisa diet plastik.
Kalau tidak request begitu, minuman dingin (kecuali jenis tertentu seperti frappe) akan disajikan dalam cup plastik. Ini juga semoga jadi perhatian manajemen Janji Kopi. Kasihan bumi, bebannya sudah terlalu berat.
Oya, saya juga pesan Dim Sum Uhuy. Dan saya sukaaaa. Satu porsi berisi empat potong dim sum. Tiga saya makan ketika masih hangat. Empuk, gurihnya pas, bikin pengen nambah. 
Dimsum ala Janji Kopi, tempat hangout di Bandung
Dim Sum Uhuy di Janji Kopi.

Sempat nyoba nyocolin dim sum ke chili oil. Tapi karena pada dasarnya saya nggak suka pedas, sambal itu segera saya pinggirkan setelah tahu rasa pedasnya gimana.
Bagi saya, kelezatan dim sum ada pada dim sum itu sendiri, bukan pada sambalnya.
Sepotong dim sum lagi sengaja saya biarkan sampai dingin. Agak mengeras, tapi masih cukup empuk. Pada dasarnya dim sum itu seperti tatapan matamu, lebih enak jika hangat.
harga makanan di Janji Kopi
Daftar makanan di Janji Kopi.

Masih banyak menu minuman dan makanan yang bisa dijajal di Janji Kopi.  Jam bukanya lumayan panjang, dari 10.00 – 22.00. Kecuali wiken, sampai 23.00.
Hmm … besok-besok kita janjian meet up di sana, yuk. 
Salah satu sudut kedai kopi di Bandung
Janji Kopi.

UPDATE: 
Awal tahun 2021 Janji Kopi di Ubertos ini tutup. Ketika saya konfirmasi melalui DM Instagram Janji Kopi, hal itu karena imbas pandemi korona. Yang ditutup hanya Janji Kopi di Bandung. Janji Kopi yang di Jakarta masih tetap buka.
Kalau kamu sudah telanjur berada di kawasan Ujungberung buat ngopi, bisa pertimbangan untuk mampir ke The Warung Kopi yang hanya beberapa langkah dari Janji Kopi. Atau ke Kopi Pabrik Sukahati, sekitar 50 meter dari Ubertos ke arah timur. Atau masuk sedikit ke Jalan Cijambe, ada kedai kopi Coger Madani

Salam, 
Triani Retno A
Penulis Buku Indonesia
Novelis
Blogger Bandung

4 komentar

  1. Seneng banget yak di bandung banyak pilihan cafe lucu-lucu buat kerja.. jadi bikin betah

    BalasHapus
  2. @Tira Soekardi : Kalau pas lagi main atau ada acara di kawasan ini, mampir Mbak Sklian meet up kita :)

    BalasHapus
  3. @Bunda Biya : Hehe...iyaaa. Membantu banget buat freelancer tanpa kantor yang butuh tempat meeting :D

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.