Air Super Antioksidan dan Bahaya Radikal Bebas


 
air super antioksidan dan bahaya radikal bebas

Air Super Antioksidan dan Bahaya Radikal Bebas

Pernah dengar tentang air super antioksidan dan air hidrogen? Pernah dengar juga tentang radikal bebas?
Itu semua ada hubungannya dengan stres dan gaya hidup yang nggak sehat.
Dan sialnya, stres seperti udah jadi bagian dari hidup saya. Begitu juga dengan gaya hidup yang nggak sehat. Apa kamu juga?

Stres Pengundang Radikal Bebas

Sebagian besar teman saya bekerja sebagai pegawai kantoran. Pegawai negeri atau swasta. Saya satu dari sedikit yang memilih bekerja sesuai hobi.
Hobi saya berkata-kata. Saya menulis buku anak dan novel. Saya ghostwriter. Ngeblog juga. Editor freelance di beberapa penerbit juga. 
Pokoknya, dunia kata-kata deh. Disodori rumus matematika atau kode html, langsung kliyengan deh saya. Hehe....
Enak?
Wuiiih, enak banget dong. Tapi ternyata, bekerja sesuai passion pun tak lepas dari yang namanya stres.
Apalagi kalau punya karakter melankolis perfeksionis seperti saya. Penginnya sempurna. Nggak boleh ada salah satu titik pun.
Kalau sudah begitu mulai stres, deh. Mules nggak jelas, sakit kepala, dan gampang emosi.
Belum lagi jam makan dan jam tidur yang jadi nggak keruan. Minum pun kadang lupa. Bisa tuh seharian duduk di depan meja kerja. 

air super antioksidan dan bahaya radikal bebas
Kebiasaan buruk kalau sedang deadline: lupa minum.

Makan? Kalau sedang deadline saya lebih sering ngemil segala macam keripik dan kerupuk.
Baru belakangan saya tahu bahwa kebiasaan saya itu jelek banget karena bisa memancing radikal bebas.
Nah loh. Apa lagi, tuh, radikal bebas?

Bahaya Radikal Bebas bagi Tubuh

Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron tidak berpasangan Sifatnya tidak stabil dan sangat reaktif.
Berbahayakah radikal bebas ini?
Iya, bahaya banget. Radikal bebas bisa menyerang berbagai molekul di dalam tubuh.
Akibatnya, bisa menimbulkan gangguan keseimbangan dalam tubuh, bahkan menjadi pencetus utama kerusakan jaringan dan penuaan sel, terutama sel jantung dan otak.
Selain itu, bisa memicu timbulnya beragam penyakit seperti Parkinson, kanker, diabetes, jantung, stroke, Alzheimer, tukak lambung, penuaan, dan penurunan kemampuan kognitif.
Kenapa radikal bebas itu bisa ada di dalam tubuh kita?
Ternyata, radikal bebas bisa ada di dalam tubuh kita karena banyak hal.
  • Sisa metabolisme di tubuh kita sendiri, terutama dari proses penguraian lemak dan karbohidrat.
  • Polusi udara.
  • Asap rokok.
  • Radiasi.
  • Bahan kimia industri.
  • Sinar ultraviolet yang berlebihan.
  • Makanan.
  • Minuman.
  • Stres


air super antioksidan dan bahaya radikal bebas
Stres salah satu penyebab bertambahnya radikal bebas dalam tubuh. Atasi dengan air super antioksidan.


Bahkan, menghirup oksigen pun bisa mengundang radikal bebas.
Serem banget! Kan kita nggak mungkin berhenti makan dan minum, apalagi berhenti menghirup oksigen.
Berita bagusnya, kita bisa kok melawan radikal bebas itu dengan air super antioksidan.

Air Super Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Sebenarnya, tubuh kita butuh radikal bebas. Tapi kalau jumlah radikal bebas itu berlebihan, ia malah akan merusak tubuh kita. Hm … segala yang berlebihan itu memang nggak baik, kan?
Untuk melindungi tubuh, kita perlu memperbanyak asupan antioksidan ke dalam tubuh.
Antioksidan adalah bahan yang akan membantu melindungi sel-sel tubuh kita dari efek buruk radikal bebas.
Cara mendapatkan antioksidan alami adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna hijau, merah, kuning, ungu, dan oranye.
Buah-buahan dan sayur-sayuran itu mengandung banyak vitamin A, C, dan E.
Apa saja makanan sumber antioksidan?
  1. Buah-buahan. Misalnya tomat, kiwi, jeruk, buah beri, anggur, pisang, apel, mangga, pir, pepaya, nanas, stroberi.
  2. Sayur-sayuran. Misalnya brokoli, wortel, bayam, aspragus, ubi merah, kubis merah.
  3. Kacang-kacangan. Misalnya almond dan kacang kenari.
  4. Teh hijau.
air super antioksidan dan bahaya radikal bebas
Buah-buahan dan sayur-sayuran sumber antioksidan alami.

Makanan dan minuman yang mengandung antioksidan ini mesti dikonsumsi tiap hari, loh. Kalau cuma seminggu sekali atau sedapatnya hidayah, tentu hasilnya tidak akan maksimal.
Pintar-pintar kita, deh, memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Bukan cuma enak, melainkan juga baik untuk kesehatan.
Minuman, misalnya. Kita memang butuh minum. Tetapi harus pilih-pilih juga minuman seperti apa. Yang paling bagus adalah air hidrogen alias air super antioksidan.

Kualitas Air Minum

Diakui atau tidak, kualitas air bersih kita belum bisa dibanggakan. Menurut Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS, ada peningkatan akses rumah tangga Indonesia pada air minum yang layak.
Tapi, itu pun belum ada yang mencapai 100% layak. Provinsi Bali tercatat sebagai yang paling besar persentase aksesnya pada air bersih layak minum, yaitu 90,85%.
Lainnya ya … di bawah itu. Provinsi Lampung bahkan hanya 53,79%
Sebagian masyarakat mengandalkan air tanah dan air PAM untuk minum. Selebihnya mengonsumsi air dalam kemasan atau air galon isi ulang.
Tidak ada jaminan bahwa air minum tersebut mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.
Pada tahun 2017 Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa 1,7 juta anak meninggal akibat lingkungan yang tidak sehat. Salah satunya adalah karena buruknya kualitas air.
Padahal, nih, masih menurut WHO, 80% penyakit di dunia dapat dicegah dengan dengan meminum air yang baik.

Air Hidrogen, Manfaat dan Kelebihannya

Berangkat dari keprihatinan akan kualitas air minum itu, K-Link Indonesia meluncurkan K-Link Hydrogen Generator mini.
Ukurannya kecil saja. Diameternya 5 cm dan tingginya cuma 3,8 cm. Praktis untuk penggunaan di rumah atau untuk dibawa bepergian.
Seperti yang dipakai oleh Nissa Sabyan ini, nih.


Hydrogen generator ini adalah generator penghasil molekul hidrogen (H2) terlarut yang mampu menyulap kandungan air menjadi kaya hidrogen. Air yang dihasilkan generator ini disebut air hidrogen yang merupakan air super antioksidan.
Apa, sih, manfaat air hidrogen ini untuk kesehatan?
  1. Memperlambat proses penuaan.
  2. Mencegah dan menyembuhkan peradangan.
  3. Melindungi kesehatan jantung.
  4. Meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.
  5. Mencegah kerusakan otak (termasuk parkinson).
  6. Meningkatkan kesehatan kulit. Membantu proses regenerasi kulit dan mengatasi kulit kusam.
  7. Membantu proses penyembuhan beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan jantung.
  8. Menyembuhkan stres.
  9. Membersihkan racun dari dalam tubuh.

 

Konsumsi Air Super Antioksidan

Berapa banyak air hidrogen si super antioksidan ini perlu diminum?
Idealnya, sih, air super antioksidan ini diminum setiap hari sebanyak 2 liter (8 gelas).
Meminum 2 liter air hidrogen ini sama dengan mengonsumsi 1.512 buah pisang, 1.032 buah apel, 90 butir brokoli, 76 batang wortel, atau 7,4 buah labu.
Hm… kebayang nggak sih, makan lebih dari seribu butir apel per hari? Eung … saya ngebayanginnya aja udah langsung kenyang.

air super antioksidan dan bahaya radikal bebas
K-Link Hydrogen Water Generator Mini untuk menghasilkan air super antioksidan.

Perbaiki Gaya Hidup

Fyuuuuh … sepertinya saya harus segera memperbaiki gaya hidup. Menambah porsi konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan segar, lebih banyak beraktivitas fisik yang lebih dari sekadar senam jari di atas keyboard laptop, dan cukup minum.
Stres?
Ahaha … itu juga harus terus dikurangi. Caranya? Mungkin terdengar (eh, terbaca) klise, but it works:
  • Menikmati pekerjaan yang sedang saya tangani. Mencintai saja nggak cukup. Harus bisa menikmatinya juga.
  • Ikhlas.
  • Banyak bersyukur.
Selama masih hidup, saya nggak mungkin berhenti makan, minum, apalagi mogok menghirup oksigen.
Tapi saya bisa berusaha menjauhi stres dan meningkatkan asupan antioksidan demi kesehatan saya. Kamu juga, kan?



Salam,

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
 
Previous
« Prev Post

Related Posts

Air Super Antioksidan dan Bahaya Radikal Bebas
4/ 5
Oleh

12 comments:

  1. konsumsi air mneral yang sehat itu wajib apalagi sudaha da Klink ini sangat membantu meningkatkan taraf hidup sehat di keluarga Indonesia. selain itu konsumsi buah-buahan.

    ReplyDelete
  2. Wah, musti banyak2 minum air putih ini.... untuk menjaga kesehatan....

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya nggak merokok dan gak ngopi. Air putih menjadi minuman utama tiap harinya. Yaa efeknya memang terasa banget sih. Kebetulan aktivitas yg begitu padat tiap harinya, tp stamina juga terjaga dengan baik. Mungkin dengan alat ini, bs menambah daya tahan tubuh lebih ekstra nih. Coba ahh..

    ReplyDelete
  4. Mencintai saja gak cukup, harus bisa menikmati pekerjaan yang kita lakukan. Dan bagi yang bekerja belum sesuai passion, semoga tetap bisa menikmati pekerjaan yang dilakukan.

    * salam kenal ya Mbak Eno, sepertinya ini kali pertama saya BW kesini (jika saya gak lupa)

    ReplyDelete
  5. Bagus ya produknya. Praktis dan bermanfaat sekali. Member K Link bisa dapat harga diskon kali ya?

    ReplyDelete
  6. Biar tercukupi, sedia minum di sebelah mbak waktu kerja. Jadi saat haus tinggal meraihnya aja deeh ��

    ReplyDelete
  7. @Lulu : hehe... sebenernya selalu sedia satu gelas di meja kerja. Tapi sering lupa diminum :D

    ReplyDelete
  8. @Yas Marina Dewi : Teh Yas member K-Link?

    ReplyDelete
  9. @Ririe Khayan : Buat nikah aja nggak cukup kalo cuma cinta kan, Mbak? :D :D

    Salam kenal juga, Mbak Ririe :)

    ReplyDelete
  10. Edo Pradana Prasitha : Iyaaa....ini alatnya keren banget!

    ReplyDelete
  11. @okapi-foodblogger : betuuul.Kebiasaan mudah untuk hidup sehat ya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus :)