Bijak Gunakan Pinjaman KTA Online


https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

Bijak Gunakan Pinjaman KTA Online -- Sekarang begitu banyak hal ada versi online-nya. Buku ada versi e-book. Toko ada versi olshop. Pasar ada versi online bernama marketplace. Begitu pula dengan keuangan, salah satunya ada pinjaman KTA Online.

Kredit Tanpa Agunan

Umumnya, jika meminjam uang di bank kita harus menyerahkan jaminan atau agunan. Misalnya sertifikat rumah, sertifikat tanah, dan surat-surat berharga lainnya.

Surat-surat berharga itu sebagai penjamin bahwa kita akan membayar uang yang kita pinjam.
Beberapa tahun belakangan ini, meminjam uang dari lembaga keuangan tidak harus dengan jaminan. Ada juga yang tidak perlu menyerahkan jaminan. Namanya Kredit Tanpa Agunan atau KTA.
Karena tanpa agunan, tentu saja syarat dan plafon kreditnya berbeda. Yang sama adalah, pinjaman itu harus sama-sama dibayar. Hehehe....
Sama seperti pinjaman dengan agunan, kita juga harus ke bank untuk mengurus peminjaman tersebut.
Namun, sekarang tidak perlu repot-repot lagi ke bank. Kita bisa mengajukan Pinjaman KTA online.

Mengenal Pinjaman KTA Online

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan pinjaman yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya kepada perorangan yang memenuhi persyaratan. Tentu saja tanpa perlu menyerahkan jaminan.
Pengajuan Pinjaman KTA Online menjadi lebih mudah daripada pengajuan KTA biasa. Calon peminjam tidak perlu datang ke bank untuk mengajukan pinjaman.
Umumnya, sebelum mengajukan pinjaman, kita akan membanding-bandingkan antara satu bank dengan bank lainnya. Misalnya plafon kredit yang diberikan, jenis bunganya, besar bunga, dan persyaratan yang harus dipenuhi.
Lumayan, kan, waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk survei dari satu bank ke bank lainnya.



Bijak Gunakan Pinjaman KTA Online

Apalagi kalau butuhnya sangat mendesak. Bisa-bisa gelap mata dan meminjam pada pihak yang tidak jelas.
Pinjaman KTA online tidak seribet itu. Jauh lebih mudah. Kita tinggal online dan membuka situs CekAja yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Di situs ini ada 18 bank yang menyediakan pinjaman KTA online. Ke-18 bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, BCA, Bank DBS, Bank ANZ, BII Maybank, Bank Bukopin, Citibank, HSBC, Commonwealth Bank, CIMB Niaga, BTN, Bank Permata, Standard Chartered Bank, Bank Danamon, CTBC Dana Cinta, Amar Bank, dan Panin Bank.
Kita juga dapat mempelajari persyaratan peminjamannya di situs ini. Jadi leluasa juga untuk membanding-bandingkannya, kan?
Mau dapat gambaran berapa yang harus kita bayar jika meminjam (katakanlah) 10 juta rupiah?
Bisa. Ada kalkulator online yang bisa kita gunakan dengan mudah. Mula-mula kita masukkan jumlah uang yang hendak kita pinjam dan jangan waktu peminjaman.
Berikutnya kita akan diminta mengisi formulir online. Info yang harus kita isi di sana adalah tentang:      
  1. Pekerjaan saat ini.
  2. Lama bekerja.
  3. Level pengalaman bekerja.
  4. Penghasilan per bulan.
  5. Kota tempat tinggal.
  6. Status pernikahan.
  7. Jumlah tanggungan.
  8. Pendidikan terakhir.
  9. Status rumah tinggal.
  10. Kepemilikan kartu kredit.
Semua poin tersebut harus kita isi dengan benar. Dari jawaban kita, sistem akan menilai apakah ada pinjaman KTA online yang sesuai untuk kita.


Jika pinjaman yang kita pinjam dinilai terlalu besar untuk penghasilan kita, dan waktu pengembaliannya pun tidak realistis, maka di layar akan muncul tulisan bahwa tidak ada kredit yang sesuai untuk kita.
Itu berarti kKita dianggap tidak cocok mengajukan Pinjaman KTA Online. Hm... bahasa sakleknya, kita dianggap akan kesulitan atau bahkan tidak mampu membayar pinjaman tanpa agunan tersebut.

Pinjaman KTA Online, Gunakan Secara Bijak

Kita bisa menggunakan Kredit Tanpa Agunan ini untuk berbagai keperluan seperti pengobatan, pendidikan, renovasi rumah, atau pernikahan.
Bisa juga kalau kita mau menggunakan uang yang kita pinjam itu sebagai modal usaha.


Bijak Gunakan Pinjaman KTA Online

Meski demikian, kemudahan yang ditawarkan oleh Pinjaman KTA Online hendaknya tetap kita sikapi dengan bijak.
Berikut ini tips bijak untuk menggunakan Pinjaman KTA Online.
  1. Sejak sebelum mengajukan pinjaman, pahami lebih dahulu bahwa Pinjaman KTA Online ini adalah utang yang harus dibayar. Jangan sampai seperti kelakuan sebagian orang yang suka meminjam tetapi tak suka membayar.
  2. Tanya pada diri sendiri (dan pasangan, jika sudah menikah atau akan menikah), seberapa butuhkah meminjam uang. Jika benar-benar butuh, pinjamlah sesuai kebutuhan saja. Jangan meminjam 20 juta jika butuhnya hanya 5 juta. Ingat, uang yang kita pinjam nantinya harus dibayar dengan uang, bukan dengan daun kering.
  3. Ketika mengisi formulir dan menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan, jujurlah tentang jenis pekerjaan dan besar penghasilan per bulan. Mungkin kita bisa saja menaikkan besar jumlah penghasilan bulanan kita agar mendapatkan plafon kredit yang lebih tinggi. Namun, hal tersebut akan mempersulit kita sendiri nantinya. Kita bisa kesulitan membayar karena cicilan per bulan ternyata di atas penghasilan riil kita.
  4. Jika sudah mendapatkan Pinjaman KTA Online, disiplinlah membayar cicilannya setiap bulan. Tidak disiplin akan merugikan kita sendiri.
Ingin tahu lebih banyak tentang Pinjaman KTA Online? Langsung saja deh ke https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Tetap bijak berkeuangan, ya.

Salam,
Triani Retno A
Blogger, Penulis Buku, Editor
Newest
You are reading the newest post

Related Posts

Bijak Gunakan Pinjaman KTA Online
4/ 5
Oleh

2 comments:

  1. Hm....ngerinya minjem duit tu, suka males pas bayarnya. trus abistu stres dikejar debt collector.

    ReplyDelete
  2. Setuju, utang mesti dibayar. Ngga enak punya utang. Tidur aja jadi ngga pules.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus :)