Staycation di Hotel Dekat Unpad Jatinangor


hotel dekat unpad jatinangor


Staycation di masa pandemi corona, bener-bener nggak kebayang deh. Setelah 3,5 bulan di rumah aja, ada kesempatan buat ke luar rumah dan staycation memang menyenangkan. Tapi di masa pandemi gini?

Bukannya karena bosen bin gabut juga sih makanya kami staycation di hotel dekat Unpad Jatinangor.

Butuh referensi staycation Bandung yang fasilitasnya oke banget? Bisa baca cerita staycation keluarga kami di sini:

 

UTBK di Unpad

Yes, itu alasannya. Ikut UTBK. Dari rumah ke Unpad Jatinangor sebenarnya nggak terlalu jauh. Tapi kalau satu jam sebelum ujian (yang berarti jam 6 pagi) udah harus di lokasi, kayaknya mustahil.

Kami nggak punya kendaraan pribadi. Pakai mobil online belum tentu bisa cepat dapat. Kalau dapat pun harus melewati dua titik macet. Belum lagi stres karena macetnya yang bisa ngerusak mood.

Jadi, pilihan paling bijak adalah cari hotel dekat Unpad Jatinangor yang murah dan strategis. Pilihan kami jatuh pada Wisma Gendis.

staycation di hotel dekat unpad jatinangor
Kamar di Wisma Gendis Jatinangor. Lapang dan bersih.

Selain memang lokasi penginapan dekat Unpad Jatinangor, lagi ada promo diskon juga. Kami cukup membayar Rp 99.000 dari harga normal Rp 200.000 untuk menginap satu malam. Tanpa sarapan.

Hehe… perlu dijelasin dulu nih penyebab staycation-nya biar nggak mengundang komentar netyjen julid, “Lagi pandemi kok malah traveling dan staycation sih?”

Kalo nggak ada alasan kuat, saya juga males staycation di masa pandemi begini.

 

Protokol Kesehatan

Ketika baru tiba buat check in di Wisma Gendis, protokol kesehatan langsung dijalankan. Suhu badan kami dicek. Kami juga diharuskan membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang tersedia.

Kamar yang kami tempati terletak di lantai dua. Hanya ada 16 kamar di hotel dekat Unpad Jatinangor ini. Masing-masing delapan kamar di tiap lantai.

Tiba di kamar, mulai deh aktivitas tak biasa: Keluarin semprotan disinfektan yang dibawa dari rumah. Semprot-semprot gagang pintu kamar dan pintu kamar mandi, kenop lampu, meja rias, remote control TV dan AC, keran air, dudukan kloset, tombol flush, wastafel….

staycation di hotel dekat unpad jatinangor
Semprot disinfektan dulu. Bawa semprotan dari rumah :D


Seprai, bantal, dan selimut pun saya semprot. Pokoknya semua benda yang kemungkinan sering disentuh tangan deh.

Bukannya nggak percaya sama protokol kesehatan yang dijalankan oleh pengelola Wisma Gendis. Tapi tetap berhati-hati boleh, kan?

Ribet memang. Makanya tadi saya bilang, kalau nggak ada alasan kuat, saya juga males staycation di masa pandemi begini.

Musim pandemi begini styacation paling juga di kamar aja. Nggak mungkin jalan-jalan ke tempat-tempat wisata seperti acara liburan keluarga kami sebelumnya:

 

Wisma Gendis Jatinangor

Berlokasi pas di pinggir jalan raya Bandung-Sumedang, penginapan dekat Unpad Jatinangor ini mudah banget ditemukan.

Kalau dari arah Bandung, Wisma Gendis ini berada di sebelah kanan jalan. Bersebelahan persis dengan Kartika Rasa, toko oleh-oleh khas Sumedang.

Jadi, kalau mau beli oleh-oleh Lapis Sumedang yang ngehits itu, tinggal ngesot aja bentar. Ulasan saya tentang oleh-oleh khas ini bisa dibaca di Lapis Sumedang, Metamorfosis Ubi Cilembu. Ini camilan favorit saya, btw.

Untuk harga Rp 99.000 per malam, kamar yang kami tempati di Wisma Gendis ini sangat memuaskan. Kamarnya lapang dan bersih.

staycation di hotel dekat unpad jatinangor
Kamar di Wisma Gendis Jatinangor. Selimutnya pink ungu.


Kamar mandinya pun lega banget. Bersih dan airnya lancar. Cuma kemarin wadah sabun cairnya kosong.

Karena males ada orang lain masuk ke kamar yang udah saya semprot disinfektan, saya milih beli sabun mandi aja di bawah.

Wifi kenceng. Untuk wifi ini sepertinya kami beruntung. Router wifi berada tepat di depan kamar kami.

Di meja rias ada dua botol air mineral, dua cangkir, satu stoples berisi teh celup dan gula sachet. Ada ketel listrik buat masak air panas juga.

staycation di hotel dekat unpad jatinangor
Fasilitas di kamar penginapan. 

 

Makan di Jatinangor

Kalau bukan lagi pandemi corona, gampang sekali mencari makanan di sekitar hotel dekat Unpad ini. Maklumlah, daerah kampus. Selain Unpad di sini juga ada kampus Ikopin, ITB, dan IPDN.

Dari warung makan murah meriah, warung tahu sumedang, sampai resto dan kafe ada di sini. Jatos alias Jatinangor Town Square juga deket.

Tapi di masa pandemi sekarang, jadi beda ceritanya. Nggak bisa dong sering-sering ke luar kamar untuk membeli makanan. Sedangkan hotel sendiri nggak menyediakan makanan.

Nah kalo gini, alternatif solusinya:

  1. Bawa makanan dari rumah.
  2. Bawa mi instan dalam cup. Kan ada ketel listrik buat ngerebus air.
  3. Pesen makanan via aplikasi online.
  4. Keluar buat beli makanan dua waktu (malam dan sarapan) sekaligus.

Karena di seberang Wisma Gendis sonoan dikit ada resto Ayam Geprek Bensu, jadi kami beli makanan di sana aja. Kebetulan banget, masih ada promo Rp50.000 dapat 3 paket nasi ayam. Pas, karena kami kan bertiga.

Take away aja. Makannya lesehan di lantai kamar. Pintu kamar dibuka lebar-lebar. Dan … jadi teringat masa kuliah dong!

Saya dulu kuliah di Unpad sini. Bukan anak kos, tapi kalau siang sering ke kosan teman. Lesehan di lantai, makan nasi bungkus atau gorengan, dan tentu aja sambil ngerumpi.

staycation di hotel dekat unpad jatinangor
Jejeran kamar di lantai 2 Wisma Gendis.

 

Selalu Penuh

Ada yang menarik dari hotel dekat Unpad Jatinangor ini. Di masa pandemi pun ternyata tingkat huniannya nggak pernah kosong.

Letak Wisma Gendis di jalur antarkota ini memang strategis. Pengendara mobil dan motor yang lelah dari arah timur tinggal mampir ke sini buat beristirahat.

staycation di hotel dekat unpad jatinangor
Nah, ini tampak depan Wisma Gendis. Penginapannya di bagian belakang. Yang depan ini guest house.


Perlu dicatet, Jatinangor ini bukan daerah wisata. Ya kecuali kalau kalian mau staycation sekalian wisata pendidikan. Jalan-jalan dari kampus ke kampus.

Kata Pak Widodo, pengelola Wisma Gendis, musim wisuda dan UTBK begini selalu jadi saat kamar penginapan penuh semua.

Hotel dekat Unpad Jatinangor yang murah dan nyaman ini bisa ditemukan di aplikasi online travel agent (OTA). Oya, ada guest house juga yang cocok untuk rombongan. Tapi yang guest house ini harus dipesan langsung, nggak bisa lewat OTA.

 

Alamat Wisma Gendis

Jl.Raya Jatinangor No. 40

Jatinangor, Sumedang

Telp. 0857-2937-8484

 

Salam,

TR

www.trianiretno.com

14 comments

  1. Hotel dekat unpad jatinangor
    Penginapan dekat unpad jatinangor

    ReplyDelete
  2. Ingat Jatinangor, ingat temen kantor yang dulu lulusan Unpad juga. Jurusan sejarah yang dulu kerja jadi editor buku SMP. Sekarang jadi PNS, eh malah ceritain dia. Alhamdulillah masa pandemi bisnis penginapan mulai bergeliat lagi, Teh. Asalkan tetap perhatikan protokol, insyaallah kegiatan lain tetap bisa dikerjakan. Semoga aja pandemi segera pergi biar traveling dan ekonomi noormal lagi.

    Aku jadi inget pas nginap bareng keluarga di Semarang. Di wilayah atas, sejuk banget ga jauh dari Kampus Undip Tembalang. Di RedDoorz juga dan pengalamannya memuaskan banget. sama kayak Wisma Gendis ini, solusi mudah dan murah ya Teh buat nginap. 99k dari 200k, wah, terjangkau banget. Memudahkan pelanggan dan pengelola semoga tetap untung. Semoga diberi hasil terbaik ya Teh dari UTBK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...ya Mujibasaailiiin.... Ini masih mau nyoba lewat jalur prestasi, Mas. Bakal staycation lagi di dekat kampus lain dah. Soalnya dari rumah bisa 2 jam.

      Temen KKN-ku dulu anak Sejarah. Nggak tau deh sekarang dia di mana. Terakhir ketemu pas baru lulus dan lagi sibuk nyari kerja :D

      Delete
  3. Bersih, murah, dan aman penting banget untuk penginapan Darurat seperti Mbak Eno ngantar anak ikut UTBK ya?
    Saya juga akan pilih alternatif ini.
    Apalagi kalo kuliner udah marak dan aman, tambah asyik deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ambu. Si sulung UTBK-nya di Unpad. Beruntung banget pas dapat diskonan penginapan pula lewat RedDoorz. Biasalah, buibu modis. Modal diskonan :D

      Delete
  4. Wah! Seneng banget aku bacanya kak! Ternyata beneran yaaa ada yang namanya disiplin protokol kesehatan di era new normal! Udah gitu harganya good deal banget! Dengan adanya tulisan ini pasti banyak yNg yakin kalo staycation itu aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya usaha semaksimal mungkin aja deh biar aman. Temenku malah nganjurin bawa bantal, seprai, selimut, dan handuk sendiri. Duh, aku nggak sanggup. Milih nyemprot aja deh.

      Delete
  5. bersih dan murah ya, apalagi menerapkan protokol kesehatan secara ketat juga. Jadi aman dan nyaman deh.

    Saya kok langsung tertarik sama warna bed covernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu masuk kamar dan lihat bedcover itu, anakku langsung komen, "Ih warnanya sama kayak mukena Mami." :D

      Delete
  6. Seru juga ya mba dihotel makannya lesehan hehe btw di masa pandemi ini saya belum nyoba staycation lagi semoga cpt normal lagi ya keadaan biar bisa libuissru bareng keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...iyaaa...jadi makan lesehan di kamar karena belum berani bawa anak-anak makan di luar.

      Delete
  7. Staycation di era new normal emang butuh beberapa penyesuaian ya mbak...
    Btw bagus penginapannya, homey dan nyaman

    ReplyDelete
  8. Tenang, Teh, aku bukan netizen julid, dan malah sepakat dengan Teh Eno untuk staycation daripada harus berangkat pagi2 sekali dari rumah dengan resiko terlambat dan mood menjadi buruk, akibatnya, apa yang sudah dipelajari pun jadi menguap dan saat ujian pun, si anak hanya bisa melongo bengong. Hihi.

    Terus, ini Wisma Gendis bersih banget dan nyaman ya, plus, MURAH PISAN, euy!

    Jadi pengen staycation deh akutu!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)