Telon Lang, Sahabat Ibu dan Bayi

 

Telon Lang

Masih ingat kan serunya mempersiapkan kelahiran si buah hati? Dari mempersiapkan baju-baju bayi, selimut bayi, popok, sabun, shampo, bedak, dan Telon Lang.

Mau itu anak pertama atau kedua, sama excited-nya. Anak ketiga? Hehe… nggak tau. Anak saya cuma dua, soalnya.

Bayi Sehat

Merawat bayi jelas berbeda dengan merawat diri sendiri. Tubuh bayi masih begitu mungil. Kulitnya pun masih tipis dan sensitif. Butuh kehati-hatian banget deh.

Apalagi kalau anak pertama dan sebelumnya nggak pernah ikut merawat bayi. Rasanya mau menggendong aja cemas. Takut bayi merasa nggak nyaman. Takut ada bagian tubuhnya yang sakit gara-gara saya gendong.

Tapi yakin aja, naluri sebagai ibu plus pengetahuan dari buku dan majalah parenting, akan sangat memudahkan.

Enam bulan pertama usia mereka, anak-anak mendapat ASI eksklusif. Kebetulan, saya sudah resign dari kantor. Jadinya bisa full memberi ASI eksklusif di rumah. Saya percaya, ASI memiliki semua kebaikan gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Lewat 6 bulan, tetap ASI. Namun, dengan tambahan makanan bayi alias MPASI (Makanan Pendamping ASI). Saya sangat-sangat bersyukur bisa memenuhi kebutuhan ASI bayi saya. Alhamdulillah, sehat.

Dan karena sudah resign dari kantor, saya bisa puas bermain bersama anak di rumah. Iya, saya mesti banyak-banyak bersyukur untuk hal ini.

Perlengkapan Untuk Bayi

Karena kulit bayi berbeda dengan orang dewasa, perlengkapannya harus disediakan khusus. Shampo khusus bayi, sabun khusus bayi, beda khusus bayi … semua serba khusus bayi.

Yang juga khusus adalah minyak telon. Memang, minyak telon ini diformulasikan khusus untuk bayi. Tapi, tetap saja perlu hati-hati memilihnya.

Nggak mau dong kalau kulit bayi sampai bruntusan karena minyak telonnya nggak cocok. Nggak mau juga atuh kalau bayi sampai nangis jerit-jerit karena minyak telonnya terlalu panas.

Btw, itu sebabnya minyak telon lebih aman bagi bayi daripada minyak kayu putih. Kandungan oleum cajuputi dalam minyak telon hanya sedikit. Berbeda dengan minyak kayu putih yang mengandung 100% oleum cajuputi. Makanya terasa lebih panas dan nggak nyaman bagi bayi.

Untuk minyak telon ini, Telon Lang dan Telon Lang Plus jadi pilihan. Aromanya harum lembut. Hangatnya membuat bayi merasa nyaman.

Paling sukaaa deh nyiumin bayi yang baru selesai mandi, lalu dibalur Telon Lang. Wangi, halus, lembut. Gumuuuuushhh!

Rasanya hilang deh semua capek. Rasanya terobati semua rasa tidak enak sakit hamil dan melahirkan. Tentang hamil ini pernah saya tulis di Morning Sickness.

Manfaat Minyak Telon

Telon Lang dan Telon Lang Plus
Telon Lang dan Telon Lang Plus dari Cap Lang.

Membalur bayi dengan minyak telon sepertinya sudah kebiasaan turun-temurun ya. Positifnya, ini kebiasaan baik. Ada banyak manfaat minyak telon bayi, di antaranya:

  1. Menghangatkan badan.
  2. Mencegah masuk angin.
  3. Meredakan perut kembung.
  4. Menjaga kelembapan kulit.
  5. Menghindari gigitan nyamuk.
  6. Untuk minyak pijat bayi.
  7. Memberikan kenyamanan.

Untuk kebutuhan itu, bagusnya pakai Telon Lang atau Telon Lang Plus?

Sebenarnya dua-duanya bisa. Maksud saya, bisa kapai Telon Lang, bisa pakai Telon Lang Plus. Bukan keduanya dipakai sekaligus, yes.

Tapi, tergantung kita pakaikan minyak telonnya untuk apa. Kalau untuk menghangatkan badan, mencegah masuk angin, atau meredakan perut kembung lebih bagus pakai Telon Lang.

Minyak telon
Minyak telon memiliki banyak manfaat.

Kenapa? Itu karena kandungan oleum cajuputi pada Telon Lang lebih banyak daripada dalam Telon Lang Plus. Jadi, terasa lebih hangat.

Kalau butuhnya supaya terhindar dari gigitan nyamuk, Telon Lang Plus lebih efektif. Dalam Telon Lang Plus ada oleum citronella alias minyak sereh wangi yang bersifat antinyamuk. Telon Lang Plus ini bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk selama 10 jam.

Telon Lang Plus
Telon Lang Plus dengan minyak sereh wangi.

Memijat Bayi

Khusus tentang pijat bayi, nih. Kalau tangan masih gemetar karena takut bayi malah jerit-jerit saat kita pijat, bisa minta diajari oleh bidan atau perawat. Atau bisa juga belajar secara online dari Youtube.

Nggak ada ruginya loh belajar memijat bayi. Meski terlihat sepele, pijat bayi ternyata bermanfaat banget. Di antaranya nih:
  1. Membantu perkembangan fisik dan mental bayi.
  2. Merangsang pernapasan.
  3. Meningkatkan stamina,
  4. Memperlancar peredaran darah bayi,
  5. Mempercepat perkembangan saraf dan fisik bayi yang lahir prematur.
  6. Memperkuat bonding, alias kedekatan ibu atau ayah dengan anak.
Pijat bayi juga bisa menjadi cara stimulasi anak sejak dini. Sambil memijat bayi kita bisa bernyanyi atau mengajaknya berbicara, misalnya. Stimulasi seperti itu bagus untuk menstimulasi kemampuan kemampuan verbal dan pendengarannya.

Sahabat Ibu dan Si Kecil

Minyak telon
Telon Lang dan Telon Lang Plus sama-sama bagus untuk pijat bayi.

Kehadiran bayi memulai perjalanan panjang sepasang manusia menjadi orangtua. Di setiap tahapnya ada proses pembelajaran. Bayi nggak cuma butuh asupan makanan. Bayi juga juga perlu distimulasi sejak dini secara menyenangkan.

Telon Lang dan Telon Lang Plus menjadi sahabat ibu dan si kecil agar hari-hari semakin menyenangkan.


Salam,

Triani Retno A

52 komentar

  1. Suka banget sama wangi minyak telon. Karna banyak manfaatnya, gak heran ya kalau bayi habis mandi tuh diolesi minyak telon. Dulunya kukira biar gak masuk angin, rupanya khasiatnya bisa lebih dari itu.

    BalasHapus
  2. Telon Lang Plus serbaguna ya mbak, bisa anti nyamuk gitu. Pantes dulu adikku nggak rewel kalau udah dioles telon. Pasti baby ngerasa nyaman dan hangat

    BalasHapus
  3. Ini bayi aku udah 1,5th masih aku sering pakein minyak telpon juga niihh.. Wanginya enaakk..

    BalasHapus
  4. Wangi minyak telon itu menenangkan kalau menurut saya. Paling suka kalau sekaligus anti nyamuk. Maklumlah saya termasuk jenis kulit yg kata orang Sunda mah amis daging...

    BalasHapus
  5. Telon Lamg Plus wanginya enak sekali.

    Wangi dari Telon Lang juga sih. Khas bayi banget.

    Hebatnya para ibu yang memilih resign untuk membersamai si kecil. Bangga sama teteh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...aku juga salut sama buibu yang tetap ngantor padahal ada bayi.

      Hapus
  6. minyak telon emang jadi andalan banget deh, bisa membuat tubuh bayi dan anak jadi hangat sehingga mereka jadi nyaman. Banyak juga orang dewasa yang suka dengan aromanya sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul.... Aku juga masih suka. Wanginya enak banget

      Hapus
  7. Merek Lang ini melintasi zaman ya mbak, dari saya kecil orang tua sudah pakai produk cap-lang.

    Pas anak saya bayi pakai telon Lang juga,sekarang sudah mulai gede sudah susah dipakaikan minyak deh, paling kalau lagi masuk angin minta diolesi perutnya pakai telon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Andalan bapakku juga sejak muda. Aku masih inget sama botol minyak angin Cap Lang andalan bapak :)

      Hapus
  8. Saya dulu masih suka pake minyak telon meski udah kuliah, tp yg msh make sampe sekarang minyak kayu putih klu habis mandi msh pake. Walau dibilang kayak bayi, tp wanginya seger dan bikin anget.

    BalasHapus
  9. Duh, minyak telon memang juara ya wanginya, ya khasiatnya..jadi pengen punya bayi lagi #ehhh...lucu botolnya Telon Lang ini Teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diaminkan nggak niiih biar Nai punya adek lagi? :D

      Hapus
  10. Pas anak-anak masih banyi anndalan banget ini, Teh Eno. Karena anak-anak ga pakai bedak kayak orang sekitar, jadi minyak telon jadi kewajiban. Dibalur terutama di bagian pusar biar ga masuk angin. Beneran beda segarnya produk CapLang, khasiatnya udah terbukti dari generasi ke generasi. Hari ini juga aku habis beli minyak kayu putih CapLang. :)

    BalasHapus
  11. Telon Lang ini seger wanginya dan hangat untuk bayi. Kadang anak saya yang besar juga ikut pake jika perutnya kembung atau ingin dipijat bagian punggungnya kalau mau bobo. Katanya hangatnya pas... he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Iyaaa. Banyak yg masih suka pake minyak telon meskipun udah bukan bayi lagi

      Hapus
  12. Untuk menjaga kehatangan pada tubuh si buah hati, Telon Lang memang gak pernah terlupakan ya. Saya dan istri juga pakai Telon Lang nih sewaktu anak-anak masih pada bayi. Selain wangi yang khas, juga memberikan rasa hangat, menyehatkan dan bikin kulit bayi jadi halus.

    BalasHapus
  13. Habis mandi pasti ponakanku dikasih minyak telon, iar wangi dan gak gatel garai digigit nyamuk dkk. Wanginya enak,rasanya juga hangat. Sampe kadang minta minyak telon seringkali akibat keseringan bantuin Mbak ngurapin minyak telon ke anaknya. Kadang buat di pangkal tangan diolesinnya kalo lagi dingin atau banyak nyamuk.. hehehehe

    BalasHapus
  14. iya, kalau dulu belum ada minyak telon khusus bayi. kita mah pake apa aja yang ada
    alhamdulillah dengan kecanggihan teknologi, kini ada formulasi khusus minyak telon spesial untuk bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Ros. Banyak hal baik yg dibawa oleh teknologi :)

      Hapus
  15. Minyak telon kayanay hampir semua ibu yang punya bayi punya ya mbak, bahkan walaupun anaknya udah besar juga banyak yang masih menggunakannya. Telon lang manfaatnya bisa untuk menghindari gigiran nyamuk juga jadi bayi aman ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa...banyak yg masih suka meskipun udah gede :)

      Hapus
  16. Telon Lang ini salah satu brand fav aku untuk menghangatkan tubuh si kecil. Wanginya oke banget, dan bayi jadi anteng. Sampe sekarang pun masih suka pake "kakaknya" yaitu kayu putih caplang hehehe. udah favorit pokoknya.

    BalasHapus
  17. Dari jaman ku dulu, sampai adek-adekku. Semua nya pakai telon dari cap lang mbak.

    Wangi nya itu loh, seger. Bau nya juga khas dan nggak nyekat.

    Karena sudah berinovasi, jadi ibuku pilih yang triple action. Sekalian buat lindungin kulit dari gigitan nyamuk

    BalasHapus
  18. Sampai sekarang anak saya usia 6 tahun masih pakek Telon Lang. Udah kadung cocok sama aromanya. Seger dan gak terlalu nyegrak jadi nyaman-nyaman aja. Selain itu angetnya juga pas. Pokok enak aja di badan.

    BalasHapus
  19. betul banget kalau buat bayi emang harusnya khusus telon bayi biar aman di kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuul. Kulit bayi kan beda sama kulit kita yg dewasa ini.

      Hapus
  20. minyak telon sudah ada sejak masa lampau dan beneran bisa ngebuat anak nyaman setelah mandi. Pasti terasa hangat dan aromanya juga menenangkan

    BalasHapus
  21. Telon buat bayi dan anak tuh penting biar mereka tetap hangat. Ini di rumah ada bayi juga. Jadinya kemarin pilih telon yang oke kaya Telon Lang ini. Btw, sudah dewasa gini aku juga juga masih suka beli minyak telon. Enak baunya

    BalasHapus
  22. Kalau sebut minyak telon pasti auto ingat bayi, anak bayi yang abis mandi terus dibalur dengan Telon Lang ini pasti wangi banget, hangat pula dan gak rewel.
    Tapi belum pernah coba yang Telon Lang Plus nih.

    BalasHapus
  23. Anak saya sampai kelas 2 SD masih saya kasih minyak telon, hehehe. Anak saya suka banget dengan baunya, mungkin juga karena anget di badan. Biasanya setelah mandi dibalurkan minyak telon. Sampai sekarang anak saya sebetulnya masih suka dengan minyak telon.

    BalasHapus
  24. Sama dong
    Aman ini untuk bayi yang ga mudah digigit nyamuk
    Anteng tidurnya
    Emaknya juga ga begadang setiap hari

    BalasHapus
  25. Aku juga suka pakai Telon Lang saat anakku masih baby. Cuma belum pernah pakai yg Telon Lang Plus. Penasaran sama wanginya. Aku suka wangi minyak sereh soalnya, harum...

    BalasHapus
  26. Aku juga suka abis mandi pakai minyak telon, biar kerasa muda terus padahal udah punya bayi. wkwkwk.Bayiku juga seneng banget kalau dipijat pakai minyak telon Lang.

    BalasHapus
  27. Aku sudah lama banget ga ada anak kecil di rumah, tapi suka dengan kesegaran minyak telon ini kadang suka pake juga hehe.... Telon Lang aku baru tahu nih jadi kepo dengan kesegaran aromanya...

    BalasHapus
  28. Yup minyak telon ini produk wajib buat ibuk-ibuk yang punya baby. Khasiatnya tentu banyak ya seperti minyak telon lang. Apalagi wanginya juga khas bayi banget..

    BalasHapus
  29. Aku juga suka banget harummnya telpon Lang. Daridulu pakai iniiii.
    Anget dan fresh aja di badan rasanya.

    BalasHapus
  30. Telon Lang emang sahabat ibu sejak dulu yah, nyaman dan aman digunakan untuk bayi juga. Pengen banget cobain untuk bayi aku nih

    BalasHapus
  31. Aku dari jaman dulu suka banget loh pake minyak telon dan suka banget baunya. Bahkan sampai sma yang lain pada pake parfum aku pake minyak telon sama bedak. Buat anak gak boleh coba2 yak.

    BalasHapus
  32. Produk andalanku untuk anak-anak dulu teh, telon Lang nggak terlalu panas Dan nggak buat perih di tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah diformulasikan supaya hangatnya pas dan nyaman buat bayi :)

      Hapus
  33. dari dulu aku suka banget kalau ada bayi yang pakai telon lang ini
    hehehe
    baunya itu loh adem dan bikin ciumin hehehe
    memang ya telon lang ini sahabat ibu dari dulu

    BalasHapus
  34. Minyak telon yang aku pakai saat anak-anak kecil nih. Nyaman di tubuh anak, anget, dan wanginya segeeer.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.