Hijab for Sisters

5 Destinasi Bersejarah di Surabaya

Pesan tiket bus online

 Berkunjung ke Kota Pahlawan tidak harus pada Hari Pahlawan saja. Segera pesan tiket bus online dan kunjungi berbagai tempat bersejarah di Surabaya.

Sambil berlibur kita kenang jasa-jasa para pahlawan yang telah bertaruh nyawa di Surabaya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Surabaya merupakan salah satu kota yang telah menyaksikan perjuangan Indonesia dalam meraih kebebasan.

Berlibur ke Surabaya bisa menjadi kesempatan emas untuk mempelajari sejarah negara tercinta secara lebih dalam. Apa saja objek wisata sejarah yang ada di Surabaya?

 

Kenang Pahlawan di Kota Pahlawan

Seperti kita ketahui, Surabaya dinobatkan sebagai Kota Pahlawan untuk memperingati heroiknya Pertempuran Surabaya 10 November 1945.

Saat berada di Surabaya luangkanlah waktu untuk mengunjungi situs-situs bersejarah yang menjadi saksi perjuangan. Mengenang perjuangan  para pahlawan, sekaligus mensyukuri kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.

Dari sekian banyak destinasi wisata bersejarah di Surabaya, pastikan untuk berkunjung ke beberapa tempat yang ada dalam daftar berikut.

Kemudian, carilah tempat bersejarah lainnya untuk dikunjungi bersama rombongan liburan Anda.


1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan ikon kota yang dibangun secara khusus demi memperingati Hari Pahlawan. Lokasinya berada di seberang Kantor Gubernur Jawa Timur.

Bentuk tugu ini mirip paku yang dibalik. Tingginya mencapai 40 meter. Ada 10 lengkungan serta 11 ruas di tugu ini yang mengartikan 10 November.

2. Museum Perjuangan

Jalan-jalan ke museum merupakan pengalaman menyenangkan. Nah, selagi di Surabaya datanglah ke Museum Perjuangan.

Museum yang berada di dekat Tugu Pahlawan ini didirikan untuk mengenang peristiwa perang yang terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Museum ini menampilkan berbagai koleksi yang masih berkaitan dengan perang tersebut. misalnya ada radio yang digunakan oleh pejuang Surabaya.

3. Hotel Majapahit

Belum banyak yang tahu kalau Hotel Majapahit yang dulunya bernama Hotel Yamato. Hotel ini merupakan saksi sejarah perang 10 November.

Ingin lebih bisa mendalami suasana perobekan bendera Belanda yang pernah terjadi di hotel ini? Anda bisa memesan salah satu kamar di Hotel Majapahit ini melalui aplikasi Pegipegi.

Menginap di hotel bersejarah ini, apalagi bersama keluarga pasti akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

4. Jembatan Merah

Bagian barat dan bagian timur Kota Surabaya dihubungkan oleh Jembatan Merah ini.

Ternyata, jembatan ini merupakan salah satu tempat yang digunakan oleh para pejuang untuk bertahan dari pertempuran. Kunjungi jembatan yang bersejarah ini untuk mendalami situasi para pejuang.

 

5. Monumen Jenderal Soedirman

Pahlawan besar negara Indonesia, Jenderal Soedirman, merupakan Panglima Besar TNI yang pertama. Jasanya dikenang dalam bentuk monumen yang berdiri di Jalan Yos Sudarso.

Patung ini berdiri pada 10 November 1970. Artinya, patung tersebut sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Patung Jenderal Soedirman ini dibuat dengan segala perlengkapan yang biasa beliau kenakan. Termasuk sepatu boot, seragam PETA, serta pedang yang dibawa di pinggang kiri.


Destinasi Wisata Surabaya

Masih banyak tempat wisata bersejarah lain yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Surabaya.

Tentu saja, selain itu di Surabaya pun ada tempat wisata budaya, wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata religi.

Namun, sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut, pesan dulu tiket travel Malang Surabaya di aplikasi Pegipegi, ya. Aplikasi ini bisa dipasang di Android maupun iPhone secara gratis.

Selamat berlibur dan menikmati wisata sejarah di Surabaya.

1 komentar

  1. Waaah hotel Majapahit menariiik nih buat diinapin. Aku sukaa mba yg berbau sejarah gitu. Beberapa hotel ada yg masuk dlm listku buat nanti divisit. Kayak hotel Taj di Mumbay yg pernah diduduki teroris dan memakan banyak korban. Pengen bgt bisa Napak tilas kesana.

    Berarti kalo ke Surabaya nanti, hotel Majapahit ini yg bakal aku booking 😄. Stay di tempat yg pernah jadi saksi sejarah itu menarik. Kita jadi belajar sejarah yg terjadi

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu arena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.