Hijab for Sisters

Komik Korea Paling Diburu

 
Komik Korea yang paling disukai

Takjub rasanya lihat anak-anak Generasi Z yang menguasai bahasa Korea. Kertertarikan mereka mempelajari bahasa itu gara-gara hal yang tampaknya sepele: hobi nonton film Korea. 

Salah satunya putri teman saya. Awalnya ia suka membaca komik Korea yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Menginjak usia remaja, mulai deh dia demen drakor dan K-Pop.

Dari situ dia tertarik belajar bahasa dan budaya Korea. Nggak ikut kursus, hanya dari video-video pembelajaran di Youtube.

Kemampuan berbahasa Korea membawanya lolos seleksi student exchange ke negara tersebut. Gratis seratus persen dan malah dapat uang saku. 

Semoga teman-teman yang hobi nonton drakor dan bahkan punya blog review drakor suatu hari nanti juga berkesempatan jalan-jalan ke Korea.


Komik Korea

Tapi saya bukannya mau nulis tentang film Korea. Saya lebih tertarik membahas buku dari negeri ginseng itu, terutama komiknya.

Tentu saja bukan tanpa alasan. Sekitar 12 tahun belakangan ini, komik Korea banyak diburu. Terutama yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Kalau belum diterjemahkan, nanti jadinya seperti kata teman saya. “Isi bukunya bikin nangis, Teh. Hiks. Sediiiih banget. Gimana nggak sedih, saya nggak ngerti satu kata pun di buku itu.”

Untungnya dia nggak sedih beneran, jadi saya bisa ketawa. Kalau dia beneran sedih kan saya nggak enak mau ketawa. Empati hei, empati. Yakali lu malah ngetawain orang yang lagi sedih.

Alhamdulillah, kita punya banyak penerjemah yang cakap. Komik-komik berbahasa Korea itu pun diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Yaela, ngapain nerjemahin komik? Kayak nggak ada bacaan lain aja! Nerbitin tuh buku yang bergizi dong! Yang ilmiah, yang berisi pemikiran para ulama dan ilmuwan dunia.

Hehe … yang komen dan mikir begini kemungkinan masih kuat beranggapan bahwa membaca komik hanyalah kegiatan nirfaedah. Hanya membuang waktu percuma.

Anggapan seperti itu menjadi salah satu sebab kenapa anak tidak suka membaca. Ya gimana atuh, belum-belum semangat membacanya sudah dipatahkan.

Komik sains untuk anak
Komik sains terjemahan dari bahasa Korea yang dikemas menarik.


Komik Best Seller

Komik-komik Korea yang dialihbahasakan dan diterbitkan di Indonesia tentu saja bukan sembarang komik.

Penerbit kan harus mengeluarkan modal besar untuk membeli hak menerjemahkan dan menerbitkan. Jadi, yang dipilih tentu saja komik-komik laris, best seller, telah (atau akan) difilmkan, serta meraih berbagai penghargaan di negara asalnya.

Label-label kesuksesan itu akan menjadi magnet untuk menarik pembaca di Indonesia.

Beneran loh, label “best seller” itu ngefek banget. Beberapa kali ada yang ikut jastip buku saya tapi nggak jelas menyebutkan mau nitip beli buku apa. Dia cuma bilang, “Pokoknya buku yang ada label best seller, Teh. Atau novel terjemahan yang menang penghargaan internasional.”

Tuh, kan. Jadi nggak mungkin penerbit asal-asalan menerbitkan komik. 

Baca juga:


Komik Korea Bahasa Indonesia Paling Disuka

Beragam jenis komik dari Korea yang diterjemahkan ke dalam bahasa kita. Banyak di antaranya merupakan komik sains.

Yoi, komik sains. Bukan komik omong kosong tanpa guna seperti dugaan sebagian orang. 

Selain komik sains, penerbit Indonesia pun banyak menerbitkan komik-komik sejarah dan pengembangan diri.

Di Indonesia, komik terjemahan dari Korea yang paling banyak diburu adalah Why Series

Komik Korea best seller Why Series
Komik Why terjual jutaan eksemplar.


Di negeri asalnya, Why Series ini telah meraih banyak penghargaan. Di antaranya:

  • Grand Prize at the Republic of Korea Educational Brand Awards.
  • Outstanding Health Book by the Ministry for Health, Welfare and Family Affairs
  • Outstanding Science Book by the Ministry of Science, ICT and Future Planning
  • Most Favored Korean Brand by the Korean Marketing Forum.


Dalam Why Series ini ada komik Science, People, Social Science, Humanities, Math,Country, dan World History. Total ada 200 judul buku. 

Di Indonesia, komik Why ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Edisi bahasa Indonesia pertama kali terbit pada tahun 2009.

Pada tahun 2020 komik Why terjemahan bahasa Indonesia berjumlah 180 judul dan sudah terjual sebanyak 2 juta eksemplar. 

Komik pendidikan Seri Why ini cukup tebal dan berwarna. Materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. 

Nggak ada tuh yang namanya suntuk belajar Sejarah atau pusing belajar sains.

Setiap kali saya bilang akan belanja ke gudang buku, ada saja yang nitip kalau-kalau dapat komik Why dengan harga miring.

Hm … permintaan sulit. Hihi…. Komik Why Series jarang dijual dengan harga miring. Semiring-miringnya paling 30%.

Kalaupun ada komik Why yang harganya lebih miring daripada Menara Pisa, biasanya jadi rebutan para jastiper dan reseller buku. Jaminan laku, sih.

Bahkan nih ya, saya lihat di marketplace hijau dan oranye, komik Why second alias bekasnya pun masih dijual dengan harga cukup tinggi.

Bagi sebagian orangtua, bisa membelikan komik Why untuk anaknya adalah kebahagiaan tersendiri. Bahagia rasanya melihat anak-anak pintar dan berwawasan luas karena senang membaca buku.


Komik Korea Lainnya

Selain Why Series, komik-komik Korea yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo ini pun banyak digemari oleh pembaca di Indonesia.  Beberapa di antaranya adalah:

  1. Suprising Science. 
  2. Science Adventures
  3. Experiment King of Tomorrow
  4. Science Quiz
  5. Wonderful Science
  6. Survival
  7. Candy
  8. Ten Ten


Semua buku tersebut merupakan seri yang terdiri atas berbagai judul. Dari semua seri itu, Candy dan Ten Ten Series tampil berbeda.

Komik Korea bahasa Indonesia untuk anak-anak
Komik Larva, Survival, dan Ten Ten Series. Tiap seri terdiri atas buanyaaak judul.


Baca juga: 


Candy dan Ten Ten Series bukan komik sains. Seri komik yang kavernya didominasi wana pink ini lebih pada pengembangan diri, pengenalan diri sendiri, sosialisasi, persahabatan, cita-cita, dan sebagainya.

Tentu saja, bukan hanya Elex Media Komputindo yang menerbitkan komik Korea bahasa Indonesia yang berkualitas dan mendidik. 

Ada Penerbit Grasindo yang menerbitkan komik sains terjemahan dari Korea seri What

Ada pula Penerbit BIP yang menerbitkan Seri Larva dan Educomics. Aku Suka Sains dan Keluarga Super Irit ada di sini. Laris manis di pasaran.

Ada pula komik Confidence in Science di Pelangi Mizan. Komik ini terdiri atas 3 set, masing-masing 6 jilid. Total ada 18 buku plus 2  buku bonus.

Saya lihat di website resminya sih harga total Confidence in Science Rp 2,6 juta. Mihil ya? Iya, mihil dan nggak bisa dibeli ketengan. Tapi kita bisa membelinya dengan cara arisan, kok.

Selain komik-komik bermuatan pendidikan, banyak pula komik Korea romantis terjemahan yang menghangatkan hati. Misalnya nih:

  • Pape & Popo Rainbow Love (Shin Seung-hyun. Penerbit Noura Books). Di negara asalnya buku ini meraih beberapa penghargaan, di antaranya Komik Terbaik Korea 2009. 

  • Can’t See You, Can’t Hear You, But Love You (Young-Hoon Ko. Penerbit Qanita). Komik ini juga meraih beberapa penghargaan. Di antaranya Grand Prize SICAF Digital Comic 2006.

Komik romantis Korea terbitan Mizan
Komik best seller dari Korea yang menghangatkan hati.


Belajar dari Komik

Sudah bukan masanya lagi menganggap komik hanyalah bacaan nirfaedah. Bukan masanya lagi memarahi anak karena menganggapnya buang-buang waktu saja membaca komik.

Komik sekarang bagus-bagus. Isinya pun bervariasi. Belajar dari komik ... kenapa tidak? Banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari membaca komik.

Komik-komik lokal pun tak kalah bagusnya. Kapan-kapan deh saya tulis tentang komik lokal ini … kalau nggak lupa. Hehe….

Di antara semua komik Korea di atas, adakah komik favoritmu? 


Salam,

Triani Retno A

www.trianiretno.com

4 komentar

  1. Komik Korea paling laris di Indonesia

    BalasHapus
  2. mbak, aku punya confidence in science malah ga ngeh kalau itu terjemahan dari komik korea. hoho. yang seri Why? apalagi. kukira terjemahan komik dari western. keren ya korea ternyata

    BalasHapus
  3. Aku juga sekarang sedang mengagumi Buku yang penulisnya orang Korea, hehehe..mereka selalu membuat judul sederhana yang mudah dimengerti dan penulisnya masih sangat belia. Salah satu komik yang aku baca juga All Around Science series.

    Wah, seneng banget baca komik.
    Kadang malah bisa kebawa ceritanya dan ikutan meweeek.. kalo kisahnya sedih.

    Terimakasih rekomendasi blog drakornya yaa, teh.. Seneng banget.

    BalasHapus
  4. Eh aku malah belum belum pernah baca komik korea mbak, kalau novel korea udah ada beberapa yg dibaca sih

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu arena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.