Hijab for Sisters

Tempat Ngopi Favorit, Dewaji Coffeelab

 Dewaji Coffee Lab tempat ngopi di Bandung dekat RSUD Ujungberung


Ngopi terus, ngopi lagi, ngopi muluuu!

Siapa di sini yang nggak bisa jauh-jauh dari kopi? Atau malah nggak bisa buat nggak duduk manis di tempat ngopi? Entah itu buat WFC (Work From Cafe) atau sekadar duduk cantik nyeruput latte?

Bagi saya, kopi adalah pelengkap. Pelengkap belajar, kerja, sampai menikmati senja.

Nah tentu saja di antara sekian banyak tempat ngopi di Bandung, saya punya coffee shop favorit dong. 

Berawal dari iseng-iseng cari tempat ngopi terdekat dari rumah untuk numpang kerja di tahun 2018-an, coffee shop ini jadi favorit saya sampai sekarang.


Tempat Ngopi di Bandung Terfavorit

Namanya Dewaji Coffee Lab. Berlokasi di Jl. Rumah Sakit No. 10A, Bandung. Alias sebelah RSUD Kota Bandung. Terhalang 2-3 toko sih, tapi masih sebelahan kan? 

Nggak akan nyasar deh kalau ke Dewaji ini. Ancer-ancernya RSUD Kota Bandung. Udah fix, ini tempat ngopi terdekat dari rumah sakit pemerintah tersebut.

Sebenernya Dewaji ini ada 2, lho. Selain yang di Jalan Rumah Sakit ini, tahun 2020 lalu mereka membuka cabang di daerah Buahbatu, Bandung. Tepatnya di Jl. Suryalaya Tengah No. 16, Bandung.

Well, di tengah pandemi corona yang merontokkan banyak bisnis, Dewaji malah buka cabang. 

Nekat? Nggak, tuh. Dari informasi yang saya dapat, selama pandemi omzet Dewaji malah meningkat melalui penjualan online. 

Pertama kali datang ke Dewaji tahun 2018 itu, tempat ngopi di Bandung bagian Ujungberung ini masih berupa coffee shop mungil yang satu pekarangan dengan TK. 

Hah, TK? 

Iya, bener. TK, alias taman kanak-kanak.

Beberapa kali ngopi pagi di sini, saya masih bertemu dengan anak kecil berseragam warna-warni dan mendengar nyanyian guru khas TK. TK Amalina, namanya. TK ini sudah berdiri jauuuuh sebelum Dewaji Coffee Lab ada.

Meskipun letaknya deket banget-banget sama TK, tapi suasana di Dewaji ini nyaman banget. Saya merasa nyaman di sini sejak pertama kali menginjakkan kaki. 

Pas baru masuk, langsung disambut wangi kopi yang khas dan senyum ramah barista. 

coffee shop bandung hits
Mau indoor, semi outdoor, atau otdoor? Ada semua di sini.

Salah satu minuman andalan Dewaji Coffee Lab adalah Es Kopi Mulu. Ini es kopi susu dengan gula aren khas Dewaji. Kata baristanya, Es Kopi Mulu ini cocok untuk yang baru mulai minum kopi biar nggak kaget dengan rasa kopi yang strong.

Selain Es Kopi Mulu, ada banyak varian minuman kopi lainnya, hot and cold.  

Dewaji Coffee Lab ini memiliki ruangan smoking dan non smoking. Ruangan non smoking menyatu dengan bar. Sepanjang ngopi di sana, indra penciuman akan dibuai oleh aroma kopi yang menenangkan.

Ruangannya pun cukup bikin pewe. Ada tiga meja dengan sofa yang nyaman. Pencahayaannya pun terang. Kondusif deh untuk ngelaptop lama di sana.

Gimana dengan non smoking room di tempat ngopi ini? Ruangan ini berada di lantai atas. 

Enak juga di lantai atas sini karena ada pemandangan ke tempat terbuka. Selain itu, di lantai atas ini juga ada mushala yang bersih dan toilet.


Ngopi Sambil Belajar Seputar Kopi

Sejak awal datang ke kedai kopi ini, salah satu poin plus bagi saya adalah baristanya. 

Wah, apakah baristanya good looking semua? 

Hehe, bukan itu maksudnya. Maksud saya, semua barista di sini bisa ngejelasin tentang kopi dengan luwes. Mereka paham betul soal kopi jujur dan menu-menu yang ditawarkan.

Kalau bingung minum kopi apa, bilang aja ke baristanya. Misalnya pengen minum kopi yang aman bagi lambung. Nanti sama barista dipilihkan jenis kopi yang sesuai.

Pengen minum kopi yang harganya murah tapi enak? Nanti disarankan untuk dating pagi hari. Ada Coffee Morning sampai jam sepuluh pagi.

Di Coffee Morning ini, secangkir americano, latte, atau cappuccino cukup kita bayar dengan uang sepuluh ribu.

kedai kopi yang buka pagi di Bandung.
Ngopi pagi di Dewaji.


Saya sebenarnya nggak ngerti-ngerti banget tentang seluk-beluk kopi. Tapi kalau baristanya paham dan mau jelasin ke customer, kan jadi lebih semangat buat jajan kopi.

Dari ngobrol-ngobrol dengan baristanya itu, terungkaplah bahwa ternyataaa … kedai kopi di Bandung yang satu ini bukan kedai kopi biasa.

Dewaji Coffee Lab membuka kelas kursus seputar kopi, lho. Ada kursus manual brewing, manajemen kedai kopi dan basic barista. 

Pengajar utamanya adalah pemilik kedai kopi ini, yaitu Andika Ajie Sastra yang sudah bersertifikat Q Arabica Grader. Pak Ajie juga menulis buku A to Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi.

Woilaaah…! Pantesan aja semua baristanya ngerti banget tentang kopi. Lha wong ada kelas kursusnya sekalian. 

By the way, kelas kursus ini terbuka untuk umum dengan kuota setiap kloter sekitar 5-6 orang (sebelum pandemi bisa lebih dari itu sih) dan diajarin langsung sama ahlinya. Untuk info biayanya, bisa cek di IG @dewajicoffeelab.


Surga Kopi Autentik

Selain nyediain beans yang beragam untuk kopi manual brew, kedai kopi di Bandung yang satu ini juga punya menu lain yang khas. 

Selain Es Kopi Mulu, ada Salted Caramel, KoNanSu (Kopi + Banana + Susu), KoPanSu (Kopi + Pandan + Susu), Tonic (black coffee + lemon sparkling), Black Orange (black coffee + orange flavor) dan Semanis (jappanese cofffe + raspberry + strawberry + peach). 

Harga minuman dan makanan di Dewaji Coffee
Selain kopi, Dewaji juga menyediakan minuman nonkopi.

Favorit saya pribadi adalah Es Kopi Mulu karena manis, medium creamy, segar, dan after taste kopinya tidak begitu asam. 

Selain itu, favorit saya lainnya adalah Black Orange karena perpaduan asam segar dari jeruk dan pahit dari kopi hitam. Rasanya  khas dan nendang banget.

Harga minuman di sini pun terjangkau. Mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000. Oh ya, kita pun bisa minum air mineral gratis di sini.

Dalam waktu 4 tahun, Dewaji Coffee Lab sudah banyak berkembang. Selain upgrade kualitas layanan dan menu, TK yang dulu satu pekarangan pun sudah tidak ada. 

kedai kopi di Bandung yang asik buat nugas
Dewaji Coffee tahun 2019.

Sisa-sisa TK-nya masih ada. Tembok luar di tempat parkir mobil masih bertuliskan TK Amalina, lengkap dengan gambar khas TK.

Selain itu, di halamannya juga ada dua unit ayunan yang bisa kita gunakan untuk bersantai.

Ayunannya nggak berwarna-warni cerah seperti di TK lagi. Sekarang ayunannya berwarna khas Dewaji: hitam dan putih.

tempat ngopi murah di bandung harga 10.000
Dewaji Coffee tahun  2022.

Learn and Enjoy

Dewaji Coffee Lab memiliki tagline Learn and Enjoy. Di sini kita bisa menikmati bermacam-macam kopi yang enak dengan harga terjangkau. 

Di sini juga kita bisa belajar seputar kopi. Entah itu sharing dengan baristanya atau langsung ikut kelasnya.

Saya pun betah banget ngetem di sini seharian untuk ngejar deadline. Mereka punya fasilitas yang lengkap. Mushola, toilet yang bersih, wifi, stop kontak, dan menu makanan penyelamat di kala lapar. 

Pada bulan suci pun Dewaji menyediakan menu khusus Ramadan. Jadi kalau nanti mencari tempat bukber di Bandung, bisa masukkan Dewaji sebagai pilihan.

cumi cabai hijau
Cumi cabai hijau favorit.


Buat kalian yang bawa kendaraan pribadi ke tempat ngopi ini, jangan khawatir. Dewaji Coffee Lab juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan aman.


Rating Dewaji

coffee: 4.75/5

food: 4/5

fasilitas: 4.5/5

service: 5/5

ambience: 4.5/5


Penulis: Sarah Ann

Editor: Triani Retno

3 komentar

  1. mba harusnya wiken ini aku ke Bandung sama suamik dan anak tapi diurungkan karena kondisi lagi gak sehat. ah rindu ngopi di cafe-cafe Bandung

    BalasHapus
  2. Di Bandung ini emang selalu ada cafe-cafe bagus begini yaa.. Pengin pindah ke Bandung jadinya hehehe

    BalasHapus
  3. Tadi ngeliat foto bagian depannya, ntah kenapa yaaa, langsung inget Ama kafe kopi di Kyoto, yg kebanyakan designnya kecil, dari kayu, JD kesannya warm. Sukaaaa bgt liat kafe kopi yg begitu, Krn berasa homey.

    Kalo masalah kopinya, aku bukan pecinta kopi sih mba. Sukaaaa tapi kopi fav ku ya harus manis 🤣. Beda Ama pecinta kopi sejati yg malah anti pake gula .
    Ntr kalo ke Bandung, kayaknya targetku mau kelilingin kafe kopi deh, saking banyaknya 🤣

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu arena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.