5 Alasan Kita Butuh Staycation

Arti staycation
Kamar Hotel Hilton Bandung.

Meskipun sudah sering mendengar dan menyebut kata staycation, masih ada sih yang salah kaprah tentang arti staycation. Termasuk saya dulu.

Staycation memang masih menjadi tren. Seolah-olah nih, belum kekinian kalau belum staycation. Namun, selain sebagai tren kekinian, staycation juga bisa menjadi kebutuhan

Arti Staycation

Staycation merupakan gabungan dari kata stay (stay at home) dan vacation. Secara simpel, staycation artinya liburan di rumah saja.

Istilah ini mulai populer ketika Amerika Serikat dan Inggris mengalami krisis keuangan. Masyarakat pun melakukan penghematan, menekan biaya hidup, dan memotong pengeluaran yang bikin dompet menjerit.

Salah satu yang ke program penghematan itu adalah traveling ke tempat-tempat yang jauh atau ke luar negeri.

Sebagai gantinya, cukup liburan di rumah saja. Atau kalau bosan liburan di rumah saja ya menginap di hotel dalam kota.

Meskipun menginap di hotel, hitungannya tetap lebih murah karena tidak perlu beli tiket pesawat, tidak perlu mengurus visa, dan semacamnya.

Kalau di Indonesia, tambah satu lagi: tidak perlu beli oleh-oleh. Hehe …. Kan nginepnya juga masih di kota sendiri.

Dari benua seberang, staycation ini kemudian menjadi tren juga di Indonesia. Poinnya adalah berlibur dan menginap di tempat yang dekat-dekat saja.

Jadi kalau saya tinggal di Bandung, staycation ya di sekitar kota Bandung saja. Misalnya staycation di Hotel Hilton Bandung. Kalau menginapnya di Makassar yang jauh dari Bandung, misalnya, itu sudah beda dari arti staycation.

Saya sendiri baru menyadari itu ketika akan menulis tentang pengalaman menginap di Hotel Hilton Mekah. Yaelah, itu mah bukan staycation namanya.

Staycation tidak harus di hotel berbintang lima, kok. Kami pernah staycation di hotel dekat Unpad Jatinangor yang bentukannya seperti rumah kos.

Jatinangor ini memang sudah beda kota dengan saya, tapi sebenarnya cuma sekitar 40 menit dari rumah.

Pernah pula staycation di apartemen di Bandung, sekitar setengah jam dari rumah.

5 Alasan Staycation

staycation bandung
Staycation untuk refreshing dari rutinitas.

Staycation bukan sekadar tren. Ada beberapa alasan mengapa kita butuh staycation. Coba cek lima poin di bawah ini. Apakah salah satunya adalah alasan Teman-teman untuk staycation?

1. Berlibur hemat

Berlibur adalah kebutuhan manusia. Tidak ada manusia yang sanggup bekerja terus-menerus tanpa istirahat dan mengambil liburan.

Tak perlu pergi ke tempat-tempat jauh untuk berlibur. Kita bisa berlibur hemat di kota sendiri. Waktunya mengeksplorasi kota sendiri.

Ini juga yang saya lakukan ketika staycation di pusat Kota Bandung. Saya bisa puas menikmati 12 destinasi wisata sejarah di Bandung yang berlokasi di dekat hotel.

2. Self reward

Setelah kerja keras sepanjang tahun, ucapkan terima kasih dan berikan self reward pada diri sendiri yang telah berjuang dan akan terus berjuang.

Staycation 1-2 hari akan menjadi self reward yang menyenangkan.

3. Mengurangi stres

Styacation juga memberi kesempatan bagi kita untuk mengurangi stres. Rutinitas kerja sehari-hari, mengejar target demi target, dan sebagainya bisa memicu stres.

Staycation memberi kesempatan untuk menjauh dari stres kehidupan sehari-hari.

Luangkan waktu untuk bersantai dan menyegarkan diri. Lupakan dulu target-target kerja. Nikmati kesenangan hidup yang sederhana, seperti membaca buku, tidur siang, menonton film favorit, atau berjalan-jalan santai.

4. Quality time

Staycation untuk family time berkualitas
Menikmati fasilitas kolam renang hotel saat staycation keluarga.

Meskipun tiap hari bertemu di rumah, semua anggota memiliki kesibukan masing-masing.


Staycation adalah kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Berbicara dari hati ke hati yang pada hari-hari biasa sulit dilakukan, serta melakukan berbagai kegiatan menarik bersama.

5. Dapat konten

Staycation memang untuk refreshing dan quality time. Dapat konten adalah bonusnya. Baik itu untuk konten YouTube, Instagram, TikTok, maupun blog.

Agendakan Staycation

Sekarang pasti sudah paham dengan arti staycation. Jadi, tak perlu pusing-pusing merencanakan berlibur ke luar kota, menyusun itinerary, memesan tiket pesawat atau kereta api, mengurus paspor dan visa, etc.

Staycation tidak butuh igtu semua karena staycation artinya berlibur di rumah sendiri atau di kota tempat tinggal sendiri.

Teman-teman yang tinggal di Tangerang dan Jakarta, misalnya, bisa staycation di Cove yang menyediakan beberapa pilihan kamar yang nyaman, bersih, dan estetik.

Banyak hal menyenangkan bisa didapatkan dari staycation di kota sendiri yang pada ujungnya bisa meningkatkan produktivitas.

Happy staycation.


Salam,

Triani Retno A

2 komentar

  1. Jadi inget sudah lama ngga staycation. Buatku sih emang jadi keharusan yak, buat menyejukkan hati dan perasaan serta mendinginkan otak dari berbagai macam pekerjaan. Emang sungguh menyenangkan banget sih

    BalasHapus
  2. tambah 1 bisa lah ya, staycation itu satu tempat bisa numpang tidur enak dan nyaman tanpa harus pikir ini itu dan tentuny sih bareng bocah2

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.