Makanan Anak Kucing untuk Anabul Kesayangan


Makanan untuk anak kucing.

Sebagai seorang meowmy alias mommy meong, saya harus memastikan di rumah selalu tersedia makanan kucing dan makanan anak kucing.

Sebenarnya saya nggak berencana memelihara kucing dalam jumlah banyak. Namun, ada saja momen yang membuat seekor kucing akhirnya menjadi penghuni rumah kami. Seringnya sih karena saya nggak tega kalau ada anak kucing telantar.

Tapi gara-gara itu pula akhirnya rumah kami ditandai sebagai … tempat ideal untuk membuang kucing! Ada saja kucing yang dibuang oleh entah siapa di dekat rumah kami.

Entah apa yang ada di pikiran mereka. Kalau karena kebanyakan kucing di rumah, atuhlah disteril biar nggak beranak-pinak terus.

Mungkin juga mereka berpikir kalau membuang kucing di rumah kami, pasti kucing-kucing itu akan diurus dan diberi cukup makan. Kalau sakit akan dibawa ke dokter, diobati, dan dirawat dengan penuh cinta.

Sayangnya mereka lupa berpikir kalau tenaga dan kemampuan keuangan freelancer seperti saya terbatas.

Kucing Bawa Kucing

memelihara kucing domestik.
Tak ada hubungan keluarga, tetapi mereka saling menyayangi.

Yang unik, bukan satu dua kali ada kucing yang datang ke rumah karena dibawa kucing lain. Entah itu kucing yang biasa numpang makan di rumah atau kucing yang sudah lebih dulu menjadi anggota keluarga.

Cimit, misalnya. Anabul yang masuk ke rumah pada bulan September 2022 itu datang diantar oleh Biggy, penguasa kompleks yang sering ikut makan di rumah.

Ketika itu Cimit baru berusia 1,5 bulan. Perutnya buncit besar karena cacingan parah. Tubuhnya pun penuh scabies, dari kepala sampai ujung ekor, dari punggung sampai keempat telapak kaki.

Setahun berlalu, Cimit sudah menjadi remaja tampan dan baik hati. Suatu hari dia pulang bermain dengan membawa seekor teman. Kucing jantan hitam jabrik seusianya yang ternyata kelaparan.

Saya jadi membayangkan percakapan di antara mereka.

Cimit: “Kamu lapar?”

Jabrik: “Kamu nanyea? Kamu bertanyea-tanyea? Ya laparlah!”

Cimit: “Ikut ke rumah, yuk. Nanti dikasih makan sama meowmy.”

Jabrik: “Meowmy itu apa?”

Cimit: “Meowmy itu mama aku. Dia selalu punya makanan buat kita. Tapi dia aneh, nggak punya kumis kayak kita.”

Dan ikutlah Jabrik ke rumah. Setelah kenyang makan, dia pergi. Sampai tulisan ini saya buat, Jabrik belum pernah datang lagi.

Begitulah. Ada kucing yang datang kemudian menetap di rumah, ada yang cuma numpang makan lalu pergi setelah laparnya hilang, ada yang hanya bertahan beberapa hari kemudian menyeberang ke jembatan pelangi.

Kucing terbaru di rumah kami adalah Cireng. Dua bulan sebelumnya ada Ciba yang berusia sekitar 4 bulan ketika datang. Cakep, bersih, bulunya panjang, dan … pilek berat.

Dia tiba-tiba saja ada di halaman rumah pada suatu Jumat pagi. Itu sebabnya kami beri nama Ciba. Lengkapnya, Ciba-ciba Datang Pada Hari Jumat.

Baca Juga: Ketika Si Kucing Patah Kaki

Stok Makanan Kucing

Cleo makanan anak kucing
Makanan untuk anak kucing.

Saat ini ada yujuh kucing di rumah. Plus Biggy dan kucing-kucing stray yang masih sering datang untuk ikut makan.

Demi kesejahteraan para anabul kesayangan dan teman-teman mereka, stok makanan kucing harus selalu terjamin. Termasuk makanan anak kucing untuk kitten tanpa induk.

Selama ini saya menggunakan produk-produk makanan kucing dari CPPETINDO. Produsen dan distributor pakan hewan ini percaya bahwa hewan kesayangan yang sehat adalah hewan kesayangan yang bahagia.

Untuk makanan anak kucing, misalnya, ada Cleo Ocean Fish. Makanan dengan rasa ikan laut ini diperkaya dengan nutrisi sehat dan seimbang untuk anak kucing di bawah usia 12 bulan.

Nutrisi pada Cleo memenuhi nutrisi standar Profil Nutrisi Kucing yang disahkan oleh Association of American Feed Control Official (AAFCO).

Kandungan nutrisi pada Cleo Ocean Fish ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh. Rasa yang enak pun membuat Cleo Ocean Fish disukai oleh kucing-kucing.

Makanan anak kucing.
Lahap makan Cleo.

Kepedulian CPPETINDO pada hewan kesayangan juga dapat dilihat di website https://cppetindo.com/ yang berisi banyak artikel edukasi seputar hewan peliharaan (ikan, burung, kucing, dan anjing).

Untuk kucing, misalnya, ada tips menangani kucing hiperaktif, tips merawat kucing yang sedang pilek (seperti si Ciba), dan tips berkomunikasi dengan kucing kesayangan.

Artikel-artikel tersebut sangat membantu untuk dapat lebih baik lagi dalam merawat hewan kesayangan.

Menyayangi Kucing

Cleo Ocean Fish.
Nggak sabar mau makan Cleo Ocean Fish.

Kucing bukan hanya butuh makan. Mereka juga butuh diperhatikan dan disayangi.

Beberapa kali saya temukan kucing-kucing di jalanan yang tidak mau dikasih makan, padahal terlihat kelaparan. Mereka cuma mau dielus-elus dan disayang-sayang.

Bayangkan, betapa sedih perasaan mereka jika terpisah dari keluarga dan manusia yang mereka sayangi.

Bayangkan pula betapa terluka perasaan mereka jika dibuang oleh orang yang selama ini mereka percayai.

Terima kasih untuk kalian yang menyayangi kucing tanpa membeda-bedakan rasnya. Percayalah, mereka berterima kasih dan mendoakan kita dengan cara mereka.

10 komentar

  1. Punya 7 kucing mbak? Hebat. Saya tidak mampu lebih dari 1 pelihara kucing. Tidak sanggup pertanggung jawabannya, urusan ee dan lainnya. Ada 1 itupun yang urus anak-anak. Saya hanya membelikan makanannya saja.

    Di sini anak-anak paling senang kalau ada tamu kucing yang main. Dan semuanya dikasih nama. Ada cimit, konde, cimut, molly, mumut, dan siap lagi saya sampai tidak hafal 😁. Semua dikasih makan kalau datang bertamu. Mirio-mirip kayak cerita mbak.

    BalasHapus
  2. Waaah. Aku pasti singunen kalau ke rumah Mbak Retno. 🤣🤣🤣 Ada satu kucing saja sudah gak tenang aku tuuuh. Lebih-lebih kalau sampai 7 gitu.

    BalasHapus
  3. Saya punya 3 kucing, sebelumnya hingga 11 ekor. Masalah utama kematian kucing di daerah saya adalah di racun oleh manusia. Sedih, marah dan kesal.

    BalasHapus
  4. Banyak banget kucingnya, Mbak. Saya sebenarnya suka kucing, tapi keluarga kecil saya tidka begitu suka. Jadi saya ngalah saja daripada ribut. Ahahah

    BalasHapus
  5. Kucingnya cakep cakep banget Kak. Kucing yang sehat ternyata perlu mendapat asupan makanan berkualitas ya Kak.

    BalasHapus
  6. Kebetulan di rumah pelihara kucing dan setiap kali ditinggal meski hanya sebentar, tapi selalu pastikan makanannya berlimpah agar nanti kalau dia dah kenyang, masih ada lagi stok dia makan lansung. Sama kamar mandi dibuka biar dia bisa minum di ember

    BalasHapus
  7. saya kalo lihat kucing di jalan paling seneng manggil-manggil mereka, terus gendong, usap-usap, bawa jalan beberapa langkah terus turunin lagi. Ga bisa melihara sendiri karena ga punya tempat.

    BalasHapus
  8. Aku pertama kali beli suka bawa kucingnya, terus cocokin sama yang ada di bungkusnya. Mana sekarang ada banyak banget kucing dirumah beranak mulu tiap bulan..

    BalasHapus
  9. Baru tahu nih CPPETINDO buat makanan kucing. Anabul ku tu u. sianya 3 tahun tapi masih mana karena kalau dikasi makanan kitty tu die seneng banget apalagi rasa ikan atau yang ada kandungan susunya. Coba nanti cek ke petshop langganan apa ada jenis makanan ini. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  10. Aku pernah punya kuciingg, lumayan ya beli makanannya juga. Apalagi kalau kucingnya punya nafsu makan yang besar

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.