Tips Liburan Singkat untuk Para Workaholic


Tips liburan singkat dan hemat

Untuk kamu yang selalu punya jadwal back to back meeting dan paling susah cuti karena segudang urusan pekerjaan, jangan lupa liburan.

Urusan kantor memang suka muncul dadakan, tapi nggak perlu khawatir. Traveloka akan bantuin kamu supaya liburan kamu tetap aman dengan feature refund dan reschedule untuk pembelian tiket pesawat.

Jadi, urusan kantor bisa beres, dan liburan bisa tetap jalan sesuai dengan jadwal keinginan kamu.

Tips Liburan untuk Para Workaholic

Sesibuk apa pun kamu bekerja, kamu juga berhak, lho, untuk berlibur sejenak dari penatnya urusan kantor.

Yuk, kita simak tips liburan singkat untuk kamu si paling workaholic!

1. Cari tanggal merah dari jauh-jauh hari

Tips liburan hemat.
Berbagai destinasi wisata menanti kamu berlibur.

Relate banget sama kamu si paling rajin di kantor yang nggak bisa dadakan kalau membuat perencanaan.

Mumpung bentar lagi tahun 2024, yuk mulai cek-cek tanggal merah kejepit dan long weekend yang bisa kamu pakai untuk liburan walaupun cuma tiga atau empat hari.

Dengan booking tiket pesawat dan merencanakan liburan sekarang, nantinya kamu nggak perlu bingung lagi. Liburan pun nggak lagi sekadar wacana!

Ini dia list hari Jumat di 2024 yang telah diresmikan sebagai hari libur nasional
  • Jumat, 9 Februari : Tahun Baru Imlek
  • Jumat, 29 Maret : Jumat Agung
  • Jumat, 10 Mei : Cuti Bersama Kenaikan Isa Almasih
  • Jumat, 24 Mei : Cuti Bersama Hari Waisak

Kamu bisa coba rencanakan terbang pada Kamis malam dan kembali pada Minggu malamnya. Hari Senin kamu bisa kembali bekerja seperti biasa tanpa memotong cuti kamu.

Kalaupun kamu memutuskan untuk mengambil cuti satu hari pada hari Kamis, kamu sudah bisa menikmati 3 hari lainnya untuk berlibur tanpa memotong cuti karena tanggal merah.

Baca Juga: 12 Destinasi Wisata Sejarah di Bandung

2. Cari jadwal liburan low season agar tiket pesawat lebih murah

Di Indonesia jadwal low season adalah pada September hingga awal Desember, serta pada Januari setelah tahun baru selesai hingga April sebelum lebaran dimulai.

Pada bulan-bulan tersebut biasanya harga tiket pesawat akan cenderung lebih murah daripada bulan-bulan lainnya. Kalau kamu belinya dari jauh-jauh hari, maka harga yang ditawarkan bisa lebih ramah di kantong.

3. Cari teman liburan yang asik

Saat liburan kamu bisa coba ajak teman kuliah, teman sekolah, atau teman kantor. Pastikan teman-teman yang kamu ajak itu harus bisa solid selama di perjalanan. Itu penting agar tidak ada drama dan tetap bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Hindari pergi berlibur dengan teman yang banyak mengeluh, pesimis, dan baru kenal karena biasanya kamu belum mengenal mereka luar dalam.

Akan lebih menyenangkan jika kamu bisa berlibur dengan teman yang bisa diajak berdiskusi mengenai cara mengatur keuangan liburan, jadwal destinasi wisata, dan mengerti pembukuan sehingga agenda liburan kamu rapi tersusun dengan jelas.

Keuangan adalah hal yang sangat sensitif. Jadi, pastikan kamu dan teman-teman seperjalanan terbuka dan transparan tentang budget liburan kalian.

Misalnya, rencanakanlah budget makan bersama, budget transportasi, dan budget tiket masuk destinasi wisata agar dana yang kamu anggarkan dari awal tidak boncos.

Jika perlu, kalian bisa memercayai satu orang untuk menjadi bendahara liburan. Hati-hati, ya, karena uang ini bisa menjadi sumber masalah selama liburan.

4. Jika liburan bersama keluarga, rencanakan dengan detail jauh-jauh hari

Tips liburan bersama keluarga.
Jika berlibur bersama keluarga, pilih destinasi yang kids friendly.

Untuk keluarga baru, ada banyak hal kecil yang harus dipersiapkan mengingat si kecil memiliki beragam keperluan. Coba deh list kebutuhan si kecil.

Setelah itu, jika dibutuhkan, bisa mencari tempat sewa untuk memenuhi kebutuhan liburan seperti sewa kendaraan, sewa carseat untuk bayi, dan booking restoran yang nyaman untuk semua anggota keluarga.

Hal itu akan sangat bermanfaat agar kamu tidak pusing memikirkan banyak printilan lainnya.

5. Prioritaskan diri sendiri

Hayo siapa yang kalo liburan merasa bersalah karena nggak bawa laptop atau menonaktifkan ponsel genggam?

Woles, dong. Liburan kan waktunya untuk beristirahat. Jadi, boleh banget meninggalkan laptop selama liburan.

Jika perlu, informasikan kepada teman-teman di kantor atau atasan bahwa selama liburan kali ini kamu tidak ingin diganggu.

Baca Juga: Labuan Bajo, Indahnya Alam Indonesia

Pentingnya Liburan

Kenapa sih liburan itu penting? Apa cuma buang-buang uang aja? Salah besar!

Liburan itu penting banget agar kamu bisa refreshing dari sibuknya rutinitas, menjaga kesehatan mental, mempererat hubungan dengan keluarga atau teman, dan memberikan suasana baru untuk diri sendiri.

Dijamin setelah liburan nanti, kamu bisa bekerja lebih produktif! Badan juga akan terasa lebih ringan karena kamu telah melewati banyak momen asyik di tempat wisata.

Jadi, jangan merasa bersalah lagi ya kalau lagi liburan!

3 komentar

  1. Iya nihhh aku barusan cari hotel buat staycation Nataru duileeee harganyaaa maakkk. Mana para workaholic cuma bisa nyantai pas libur akhir taun gini yay. Duh makasih banget udah dicariin list hari Jumat libur nasional wkwkwkk cussss jalan-jalan!!!

    BalasHapus
  2. Aku malah kalo ambil liburan suka pilih yang bukan dkt tanggal merah. Soalnya kalo dkt tanggal merah, apalagi pas hari H-nya, udh pasti harga tinggi tuh.

    Aku suka ambil cuti di saat low season sehingga harga liburan jadi murah. Ambil cuti pun gampang krn ga mendekati tanggal merah. Diapprove bos pun lbh gampang.

    BalasHapus
  3. Liburan itu penting sih kak menurutku meskipun cuma sehari aja. Biar refresh pikiran sama hati

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.