Culinary Schools, Bermain di Dunia Kuliner

.
Game online culinary schools


Umumnya dunia kuliner adalah sesuatu yang menarik di mata anak-anak. Bukan hal yang aneh, sih. Lebih-lebih bagi keluarga yang menjadikan makan bersama di luar rumah sebagai agenda rutin.

Saya pun kerap mengajak anak-anak kulineran. Pilihan tempatnya random saja. Dari warung bakso sampai restoran Jepang.

Pilihan tempat yang berbeda-beda itu untuk memperkaya pengalaman kuliner mereka. Dari cita rasa dan penyajian makanan, service, manner, hingga hitung-hitungan sederhana tentang bisnis kuliner.


Kulineran di Rumah

Mengenal serunya dunia kuliner juga bisa dilakukan di rumah, bahkan tak kalah seru. Sejak masih balita, anak-anak bisa diajak melakukan hal-hal ini:

  • merencanakan menu dan memilih bahan makanan,
  • berbelanja ke pasar, warung sayur, atau toko swalayan,
  • menyimpan bahan makanan di kulkas atau lemari dapur,
  • menyiangi sayuran,
  • memasak (jika usianya sudah memungkinkan),
  • menata makanan di piring,
  • menyajikan makanan di meja makan,
  • mencuci piring bekas makan, dan
  • merapikan meja makan

Bukan berarti anak harus melakukan semuanya secara sekaligus, lho. Lakukan saja satu demi satu tanpa memaksa.

Jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan, anak-anak pasti tertarik, kok. Cuma yang perlu diingat oleh ibu-ibu nih: jangan sedikit-sedikit mengkritik dan menyalah-nyalahkan anak.

Anak-anak perlu diberi kepercayaan dan kesempatan. Ah, jangankan anak-anak. Kita yang sudah dewasa juga pasti senang kalau mendapat kesempatan dan kepercayaan. Kepercayaan diri pun rasanya langsung meningkat berkali-kali lipat.


Culinary Schools Games

Semakin majunya teknologi memungkinkan kita untuk memperkenalkan dunia kuliner melalui permainan (games) online.

Ngajak anak main games online? Nggak salah, tuh? Memangnya ada game memasak apa saja?

Bener. Saya nggak salah ketik, kok. Pintar-pintar kita saja memilih game online yang menghibur tetapi tetap edukatif dan ramah anak. Bermain game online juga bisa menjadi alternatif kegiatan liburan di rumah.

Untuk memperkenalkan dunia kuliner yang menyenangkan, kita bisa mengajak anak-anak bermain di web Culinary Schools.

Di Culinary Schools ini tersedia ratusan permainan online yang dapat dimainkan secara gratis. Melalui permainan ini kita dapat mengenalkan anak-anak dengan aneka makanan, kegiatan memasak, pertanian, seni kuliner, bisnis restoran, serta pekerjaan-pekerjaan terkait dunia kuliner.

Ada empat kategori besar dalam Culinary Schools Games ini, yaitu:

  1. Food Education Games
  2. Serving Eaters
  3. Other Fun Food-themed Games
  4. Brain Games

Masing-masing kategori ini terbagi atas beberapa subkategori. Di dalam setiap subkategori ada bermacam-macam permainan yang bisa kita pilih.

Wah, ini sih bisa jadi kegiatan family time seru!

Games Online Pilihan Kami

Lumayan bingung sih mau main yang mana duluan karena semuanya terlihat menarik. Akhirnya, saya serahkan saja pada anak-anak. Biar mereka memilih mau main yang mana. Saya ya ... ikut main juga. Hehe....

Games dalam Culinary School ini nggak cuma cocok buat dimainkan oleh anak-anak. Orang dewasa pun bisa asyik memainkan games di sini. Main game ini bisa jadi pilihan family time yang murah meriah tapi seru dan menyenangkan.

Nah, berikut ini beberapa games di Culinary School yang menjadi favorit kami:

1. Bunnicula’s Kaotic Kitchen

Permainan online untuk anak-anak
Memasak aneh-aneh di Bunnicula's Kaotic Kitchen.

Dalam game ini, anak akan diminta membantu Bunniculla memasak makanan yang aneh. Misalnya Framkenstein’s Soup dan Infrared Spectrum.

Rasanya pasti aneh bin ajaib ini sih. Hehehe .... Tapi asik juga buat lucu-lucuan.

2. Find Pair Game

Game online edukatif
Find Pair Game, melatih kecermatan.

Pada permainan ini pemain diminta untuk memasangkan kartu-kartu yang sama. Misalnya gambar roti dengan roti, atau apel dengan apel.

Sederhana sekali, ya?

Tantangannya adalah pada ketelitian dan kecepatan pengerjaan. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak kartu yang harus dipasangkan.

Pada level 1, pemain diberi waktu 110 detik. Semakin tinggi levelnya, semakin sedikit waktunya.

Jika gagal dalam 1 level (misalnya level 7), maka pemain tidak dapat langsung mengulang level 7, tetapi harus kembali ke level 1.

3. Sweety Cooking Chocolate Cake

Rekomendasi game kuliner
Belajar membuat cake cokelat di Sweety Cooking Chocolate Cake.

Dalam game ini anak-anak diajak untuk belajar membuat cake cokelat. Dari menyiapkan peralatan dan bahan-bahan, membuat adonan, memasak, hingga menghiasnya.

Terlihat mudah bikinnya. Tapi kalau anak-anak jadi kepengin membuat cake cokelat, cari resepnya sendiri ya, Bun. Dalam game hanya disebutkan bahan-bahannya tapi tidak ada takarannya.

Permaianan ini dapat diselesaikan dalam waktu singkat karena hanya membuat satu macam makanan, yaitu cake cokelat.

Kalau ingin membuat makanan yang lain, berart iharus mencari game yang lain lagi di Culinary Schools.

Game Kuliner yang Lain

Kami juga mencoba memainkan game lain, seperti Fruit Sorting Game dan Guess the Food.

  • Fruit Sorting Games 

    Game ini hanya ada 1 level. Jadi dalam game ini pemain harus secepatny menyortir buah-buahan sesuai jenisnya. Kalau waktu habis ya sudah. Tidak ada target pencapaian untuk naik ke level berikutnya.

  • Guess The Food

    Sebenarnya game ini asik, karena sekaligus melatih kosa kata anak terkait makanan. Anak pun bisa belajar tentang jenis-jenis makanan internasional. Namun, game ini hanya terdiri atas 4 level. Pada setiap level hanya ada satu makanan (satu kata). Jadi, belum puas mainnya eh ... tau-tau level 4 sudah berakhir.

Harapan kami sih, untuk jenis-jenis permainan ini jumlah levelnya ditambah. Apalagi yang Guess The Food. Bagi anak-anak yang baru belajar Bahasa Inggris, permainan ini menyenangkan sekali untuk menambah kosa kata mereka, plus memperluas wawasan tentang makanan.


Family Time, Happy Time

Culinary schools games
Game kuliner yang seru dan menyenangkan.

Banyak cara membangun quality time dengan anak, sekaligus memberikan pengalaman manis dan edukasi dengan cara yang menyenangkan.

Nge-game bareng di culinaryschools.org pun bisa menjadi family time yang seru, sekaligus memperkenalkan anak-anak pada berbagai aktivitas di dunia kuliner.

Jadi, games mana yang akan Teman-teman mainkan di Culinary Schools?

17 komentar

  1. Culinary Schools Games ini seru banget dan bisa dimainkan anak, apalagi kalau mereka tertarik dengan dunia kuliner. Seru dan banyak banget yang bisa dipelajari. jadi pengen cobain ke ponakan ku nih games nya

    BalasHapus
  2. Game seperti ini bisa jadi salah cara untuk bonding dengan anak, di sisi lain mereka juga jadi belajar banyak hal ya kak

    BalasHapus
  3. Menarik sekali game online yg ini hehe ... Kubayangkan, kita bisa bikin masakan macem2 tanpa takut mubazir. Kan memasaknya secara maya dengan bahan-bahan maya?

    BalasHapus
  4. Nyenengin bisa main game tentang makanan di culinary school ya mbak

    BalasHapus
  5. Ini seruu! Beneran jadi bermain tapi sambil belajar yaahhh, jadi pengetahuan soal makanan itu ada banyak. Aku jadi penasaran pengen coba mainnya juga nihhehehe.

    BalasHapus
  6. Game edukasi seperti ini harus terus dikembangkan.. soalnya sekarang udah era teknologi jadi belajar udah gak seformal dulu harus via buku.. sekarang banyak game edukasi untuk berbagai macam bidang, salah satunya ya culinary school.

    BalasHapus
  7. Wah keren nih Culinary Schools ini ya. Gak hanya bikin kita atau pemainnya main dan senang-senang aja. Tetapi juga belajar banyak. Manage ini itu hingga belajar keuangan. Pilihan game mengedukasi yang bisa dipilih ya daripada yang gak jelas.

    BalasHapus
  8. Libur sekolah nanti bisa nih anak-anak main Culinary School, game online yang menghibur tetapi tetap edukatif dan ramah anak, bermain sekalian kenalan sama dunia kuliner, pas banget!

    BalasHapus
  9. Wah sepertinya akupun sama sukanya dengan game-game anak mbak. Apalagi kalau kuliner game gini menyenangkan tanpa bikin pusing karena ribet hihihi

    BalasHapus
  10. Seru sekali, apalagi jika bisa di implementasikan langsung dengan resep dan bahan makanan yang Real. sehingga bisa seimbang antara dunia maya dan dunia nyata.

    BalasHapus
  11. Dunia anak-anak memang mengasikan ya apalagi sekarang banyak permainan seperti game culinary schools ini jadi daya imajinasi anak semakin tinggi

    BalasHapus
  12. Kami juga biasanya sempatkan kulineran bareng mbak, meski sebulan sekali. Btw game cooking ini saya suka. Dan ini banyak banget pilihan gamenya ya. Aman lagi untuk anak anak

    BalasHapus
  13. anak saya yang 5 tahun kayaknya suka nih kalo disodorin culinary schools, apalagi hobinya sekarang masak-masakan dan jual makanan

    BalasHapus
  14. Aku sering main di culinary schools ini. Gamenya banyak dan cocok juga untuk dimainkan anak kecil karena gameplay-nya yang sederhana

    BalasHapus
  15. Bener sih Teh dunia kuliner itu menarik perhatian anak-anak Bahkan bukan cuma anak-anak tapi saya juga. Oh iya saya juga sering banget tuh main game di kuliner school yang Sweety Cooking Chocolate Cake hehehe

    BalasHapus
  16. Ini sih bukan cuma anaknya yang suka, tapi ibunya juga hobinya main game masak masakan. Apalagi di satu website banyak gamesnya.

    BalasHapus
  17. Saya suka main game yang memasak, nih. Dulu suka tapi sudah lama ga main. Saya suka permainan yang sejenis ini. Biasanya saya mainkan untuk menarik minat anak pada game aktivitas yng teratur gini. Makanya setelah anak gede ya ga main lagi.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.