22 December 2016

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Bagi Blogger



keunggulan-menggunakan-top-level-domain-net-comKeunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.comSuatu hari di tahun 2006, editor buku saya bertanya melalui email, “Kamu punya blog nggak?”

Membaca pertanyaan itu saya cuma mengerutkan kening. Blog? Makhluk apa, sih, itu?

“Kamu buat blog, ya. Nanti bisa dicantumkan di buku kamu. Bikin aja yang gratisan,” ujar editor saya lagi.


Dengan koneksi internet yang masih menggunakan saluran telepon rumah, saya mencari tahu apa itu blog. Kenapa menurut editor saya ngeblog itu penting banget, ya?

Buku saya itu akhirnya terbit tanpa menunggu saya membuat blog. Begitu juga beberapa buku sesudahnya. Karena banyak hal, saya baru membuat blog pada akhir tahun 2008. Blog gratisan itu saya buat di warnet dengan mengikuti tutorial di sebuah blog dotcom.

Blog Serupa Sarang Laba-Laba

Well, saya sudah punya blog. Tapiii… blog saya itu tak ubahnya sarang laba-laba. Jarang sekali saya ngeblog. Blog saya itu seperti rumah peristirahatan kecil di lereng gunung yang tetangga terdekatnya berjarak 50 kilometer. Jauuuh... sepiii... terpencil.

Pelan-pelan saya mulai mengisi blog dengan info tentang buku saya. Lalu saya mulai melirik lomba-lomba blog. Satu, dua, tiga… entah berapa kali ikut lomba dan selalu kalah. Sampai akhirnya saya ikut lomba blog BNI dan menjadi Juara Favorit.

Setelah itu jadi rajin ngeblog? Haha… nggak juga. Saya masih ngeblog segimana dapat hidayahnya aja. Dan… iyes, betul. Saya lebih sering nggak dapat hidayah buat ngeblog. Laba-laba pun kembali membuat sarang di blog gratisan saya itu.

Kok Belum Pakai #DotComForBlogging Sih?

Satu-dua kali saya menang lomba blog tapi masih angin-anginan ngeblog. Sampai akhirnya seorang teman bertanya, “Kok belum pakai #DotComForBlogging Mbak?”

Eh, perlu ya pakai blog dotcom gitu?

Lalu berceritalah teman saya itu tentang keunggulan menggunakan top level domain .net/.com.

Katanya, kalau pakai dotcom atau dotnet buat ngeblog, kesempatan untuk memonetisasi blog jadi lebih besar. Perusahaan dan agensi sering memberi tawaran me-review sesuatu produk atau jasa pada blog yang sudah pakai TLD, khususnya .com dan .net. Blog gratisan? Ugh! Jaraaang banget!

Melihat ada peluang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, saya langsung tertarik.

keunggulan-menggunakan-top-level-domain-net-com

Keunggulan menggunakan top level domain .net/.com (Ilustrasi: Saffa. IG: @es.apa)


Kebetulan lagi, ketika itu saya ingin mengganti nama blog gratisan saya. Lama-kelamaan kok nama blog saya itu terlihat “nggak banget” di belantara perblogan. Tapi sayangnya nggak bisa ganti nama, euy.

Nah, migrasi ke dotcom memungkinkan saya sekaligus mengganti nama blog. Horeee. Pucuk dicinta, yang bening-bening pun tiba.

Januari 2015 saya resmi bermigrasi ke dotcom dengan menggunakan nama saya. Jadilah blog ini. www.trianiretno.com.

Personal Branding, Salah Satu Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Do first, think later. Saya beberapa kali begini #nyengirdibaliktalenan Termasuk dalam sejarah saya ngeblog. Setelah blog saya berdomain .com dan harus membayar per tahun, baru deh saya cari info sana-sini. Rugi dong kalau sudah bayar tapi blog masih penuh sarang laba-laba.

Ternyata oh ternyata…! Bersyukur banget saya langsung pindah ke dotcom tanpa mikir kepanjangan seperti biasanya.

Kenapa? Karena nama blog yang simpel akan lebih mudah diingat oleh pengunjung dunia maya. Apalagi jika berdomain dotcom yang memang paling populer sejagat internet.

Domain dotcom juga membuat blog saya terlihat lebih profesional dibandingkan blog gratisan.

Pembaca buku saya, calon editor, atau calon klien menjadi lebih mudah menemukan saya dan mencari informasi tentang saya. Ketika mereka mengetikkan nama saya di kotak Google Search, hasil pencarian langsung menunjukkan alamat blog saya.

Sekadar info dari editor saya, nih. Ketika menerima naskah dari seorang penulis, para editor sering stalking ke media sosial dan (kalau ada) blog si penulis untuk melihat keaktifan dan attitude-nya. Kalau dia kirim naskah motivasi tapi status di medsosnya penuh dengan hoax, meratap-ratap galau, atau malah menyebar kebencian, naskah itu bisa batal di-acc.

Saya pun bersyukur banget menggunakan nama sendiri sebagai URL blog. Kebayang, dong, kalau tahu-tahu ada seseorang-entah-siapa membuat situs dengan nama www.trianiretno.com.

Kalau saya ingin menggunakan nama itu juga, berarti saya harus membeli dari dia. Kalau situs bernama saya itu tetap dipegang orang-lain-yang-entah-siapa, lalu diisi konten-konten berbau pornografi atau perjudian, beeeugh! Imbasnya bakal ke saya juga, padahal saya kan nggak tahu apa-apa.

keunggulan-menggunakan-top-level-domain-dotnet-dotcom
Yuk, klaim nama kita menjadi nama domain dotcom atau dotnet.
(Ilustrasi: Saffa. IG: @es.apa)

Sekitar 2-3 bulan setelah ngeblog dengan domain dotcom, datang calon klien baru. Bukan untuk urusan ngeblog melainkan editing naskah buku. Katanya, dia tahu tentang saya dari internet. Om Google mengantarkannya ke rumah dotcom saya dan memperlihatkan portofolio saya.
Tawaran review dan content placement pun mulai datang setelah saya ngeblog dengan dotcom. Belum sebanjir dan sebombastis para blogger beken, sih. Namun, semua itu tetap saya syukuri dan saya nikmati sebagai sebuah proses.

Domain TLD plus kontak-kontak media sosial dan profil yang jelas rupanya ampuh untuk membangun rasa percaya para netizen.

Bener-bener mantep, deh, keunggulan menggunakan top level domain .net/.com jika dibandingkan dengan menggunakan blog gratisan.

Kamu Suka Ngeblog? Buruan TLD-kan Blogmu!

Iya, betul. Kalau kamu suka ngeblog, buruan TLD-kan blogmu. Bisa pakai dotcom atau pakai dotnet. Segera klaim namamu di jagat internet sebelum keburu dicaplok orang lain.

Serius, lho. Beberapa nama yang saya incar untuk blog saya berikutnya ternyata sudah diklaim pihak lain. Dan sebalnya… isinya cuma informasi bahwa situs tersebut dijual dengan harga sekian ratus bahkan sekian ribu dolar Amerika. Sebel banget nggak, sih?

Sekali lagi, untuuuung… nggak ada yang lebih dulu mengklaim nama saya di jagat internet. #emangnyaSiapaEluNo

Banyak kok penyedia layanan domain yang bisa kita pilih. Tentu saja, pilih yang reputasinya baik seperti DotComForMe.

Di DotComForMe kita bisa pilih akan mengubah blog gratisan kita menjadi dotcom atau dotnet. Dua-duanya bagus, kok. Tinggal pilih mana yang paling sreg bagi kita. Soal pembayaran, bisa lewat transfer bank kok.

Prosesnya pun mudah. Dan setelah itu… selamat bersenang-senang ngeblog dan merasakan keunggulan menggunakan top level domain .net/.com ya. #DotComForBlogging
Dotcom-for-blogging
#Dotcomforblogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...