Buku Anak Islami, Mengenalkan Kalimat Thayyibah


buku anak islami

Buku Anak Islami, Mengenalkan Kalimat Thayyibah -- Jadi orangtua sekarang tuh tantangannya berbeda dengan orangtua zaman dulu. Orangtua sekarang berhadapan dengan derasnya arus informasi. Mesti pinter-pinter nih membentengi dan membekali anak.
Salah satu yang dapat dilakukan oleh orangtua muslim adalah menyediakan buku anak islami dan buku cerita anak lainnya untuk si buah hati.
Ih, tapi kan masih balita. Ntar dibeliin buku malah dirobek-robek.

Hehe … saya dulu gitu tuh. Ketika si sulung balita, saya harus ekstrasabar melihat buku-buku saya dikruwes sampai kusut dan lembar-lembar majalah dirobek.
Bebagai buku cerita anak yang khusus saya beli untuknya pun nggak pernah ada yang bertahan mulus.
Selain saya bacakan (read aloud) tiap malam, dia juga suka “membaca” sendiri. Seru loh read aloud gini. Pernah saya tulis dalam Manfaat dan Panduan Membacakan Buku Cerita Untuk Anak-Anak.
Alhamdulillah, sekarang dia menjadi salah satu pengarang novel Fantasteen yang cukup produktif. Dia nyengir-nyengir geli aja sih kalau melihat lagi buku - buku anak miliknya dulu yang kusut luar biasa.

Buku Anak Balita

Kabar bagusnya, sekarang sudah banyak buku cerita anak yang memang ditulis dan dikemas khusus untuk anak-anak.
Lembaran buku anak balita dibuat lebih tebal daripada kertas biasa sehingga nggak mudah dirobek. Lembaran tebal ini juga memudahkan anak membolik-balik halamannya.
Salah satunya adalah buku cerita anak islami Apa Itu, Ayah?

buku cerita anak islami
Buku anak Islami, Apa Itu Ayah?


Judul: Apa Itu, Ayah? Ketika Aku Bertanya Kalimat Thayyibah
Pengarang: Citra Mustikawati
Ilustrator: Faisal A. S
Penyunting ahli: Idris Sadri                            
Penyunting: Rony Amdani dan Wiwit Wijiastuti
Penerbit: Muffin Graphics
Cetakan: 1.
Terbit: Juni 2019
Tebal: 20 halaman.
ISBN: 978-602-367-682-8

Buku Cerita Anak “Apa Itu Ayah”

Buku Apa Itu Ayah memperkenalkan anak-anak pada kalimat-kalimat thayyibah. Misalnya bismillah, assalamualaikum, insya Allah, dan masya Allah.
Pengenalan itu dirangkai dalam cerita tentang Nurul dan Faisal yang berjalan-jalan ke pasar bersama ayah.
Di sepanjang perjalanan, ada saja kalimat thayyibah yang diucapkan oleh ayah.
Ketika bertemu Ustaz Hanif, ayah mengucapkan assalamualaikum. Ketika Nurul dan Faisal mencoba sepatu baru, ayah mengucapkan masya Allah. Begitu seterusnya.
Nurul dan Faisal jadi penasaran. Mereka menanyakan maksudnya pada ayah. “Apa itu, Ayah?” tanya mereka.
Ayah menjawab pertanyaan mereka dengan sabar.

Buku Cerita Anak Lift the Flap

Menariknya, buku ini dikemas sebagai  a lift-the-flap book. Di setiap lembarnya ada bagian yang bisa dibuka tutup.
buku cerita anak
Isi buku cerita anak "Apa Itu, Ayah?"

Waktu anak-anak saya masih kecil, mereka suka banget buku anak model begini. Seperti main tebak-tebakan saja.
“Ayah bilang apa, yaaa?”
“Coba tebaaak, kira-kira Ayah bilang apa?”
Anak-anak akan mencoba menebak. Jawaban mereka terkadang benar, terkadang salah. 
rekomendasi buku anak

Kadang-kadang mereka malah jadi gregetan sendiri. “Apa siiih? Ayah bilang apa, sih?”
Seru!
Anak-anak akan menemukan keasyikan dalam membaca. Kita pun nggak perlu lagi bertanya-tanya Kenapa Anak Tidak Suka Membaca seperti yang pernah saya tulis.

Rekomendasi Buku Anak

Saya memberi nilai plus untuk buku Apa Itu, Ayah? Pertimbangan saya:
  • Kemasannya menarik dan bisa tahan lama.
  • Ceritanya sederhana dan tidak menggurui anak.
  • Bisa dibaca berurutan dari halaman pertama hingga akhir, bisa juga tidak.
  • Anak diajak untuk aktif saat dibacakan cerita.
Tentang gambarnya … buku ini memang berbeda dengan buku-buku terbitan Muffin Graphics sebelumnya. Misalnya Seri Komik Anak Muslim yang pernah saya resensi.
Di buku ini para tokohnya digambarkan tanpa mata hidung, mulut, dan alis. Info yang saya dapat, hal ini untuk memenuhi permintaan konsumen. 

Bisa lihat lebih jelas nih di Youtube: 


Buku cerita anak islami ini bisa dibeli di toko-toko buku. Kita juga bisa membelinya di toko-toko buku online. Harganya Rp 94.000.
Mau beli dengan harga diskon?
Ssst … bocoran, nih. Buku cerita anak ini juga akan dijual di Big Bad Wolf (BBW) Bandung tanggal 28 Juni sampai 8 Juli 2019. Pasti tahu dong, buku-buku yang dijual di event besar itu semuanya diskon.
Omong-omong, saya buka jastip BBW loh. Saya juga ngasih gratis ongkir sampai berat 5 kg dengan minimal belanja Rp 250.000 ke alamat yang terjangkau oleh layanan Paxel (japri saya dulu ya buat ngecek keterjangkauan Paxel ini).
Silakan gabung ke grup FB saya kalau mau nitip beli buku anak di BBW: Teras Teera Warung Buku Online.


Salam,

Triani Retno A
Penulis buku anak
Penulis novel
Editor Indonesia
Blogger Indonesia
Blogger Bandung
Previous
« Prev Post

Related Posts

Buku Anak Islami, Mengenalkan Kalimat Thayyibah
4/ 5
Oleh

2 comments:

  1. Ah, resensi yang menarik. Jadi mau ngeresendi juga buku batita.
    Nuhun, No... Ini dalam rangka ninggalin jejak juga

    ReplyDelete
  2. Cara membuat resensinya unik. Mantap!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)