Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah



Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah


Komik Anak Muslim -- Waktu kecil dulu, saya suka membaca komik wayang dan komik dongeng HC Andersen.
Gambarnya hitam putih. Kertasnya sejenis kertas koran atau kertas buram. Tapi itu pun rasanya udah wow banget! Bikin saya betah membaca.
Sekarang?

Dari Komik Sains Sampai Komik Islami

Komik sekarang banyak yang berwarna. Bahasannya pun macam-macam. Nggak lagi hanya komik wayang atau dongeng.



Sekarang ada komik sains, komik biografi, komik sejarah, komik psikologi dan pengembangan diri, ada pula komik islami.
Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah

Fungsi komik bukan lagi buat hiburan semata. Sekarang komik juga berfungsi sebagai media belajar yang seru dan fun.
Tentu aja, tetap perlu selektif dalam memilih komik untuk buku bacaan anak. FYI, komik nggak melulu buat anak-anak. Komik yang untuk pembaca remaja, bahkan yang khusus dewasa pun ada.
Sama ajalah kayak novel. Ada novel anak, novel remaja, dan novel untuk pembaca dewasa.
Anak bungsu saya (cowok, 11 tahun) suka baca komik. Saya sering ikut baca juga. Biar nyambung dong kalau ngobrol sama dia. Saya buat resensi salah satu komik yang dia baca ya.
Dulu-dulu sih sering zonk kalau dia cerita tentang binatang ini itu, tentang ulah sesetokoh komik, tentang hadis yang dia baca di komik, dan macam-macam lagi.

Komik Anak Muslim

Ini salah satu komik yang dibaca anak saya. “Salah satu” tapi isinya tujuh buku. Hehe….

Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah
Maksudnya, satu seri. Seri Komik Anak Muslim terbitan Muffin Graphics. Seri ini terdiri atas tujuh judul.
Gambar dalam Komik Anak Muslim ini semuanya karya Rendra M. Ridwan. Kalau ceritanya beda-beda. Ada karya Idris Sardi (Kita Semua Saudara, Berbagi Ilmu Yuk, Jangan Pelit), R. Amdani (Senyummu Sedekah, Jagalah Ucapanmu, Semangat Belajar), dan Aruma Assegaf (Yang Penting Jujur).
Meskipun pengarangnya beda-beda, tokoh-tokohnya sama. Namanya juga satu seri.

Pangeran Jail, Putri, dan Sobat

Ini nih tokoh utama dalam Seri Komik Anak Muslim. Pangeran Jail. Dari namanya udah kebayang kan gimana kelakuannya. Jail!
Selain jail, Pangeran juga sombong, pelit, dan sering mau menang sendiri. Nyebelin banget, deh.
Pangeran Jail ini hampir selalu bersama Sobat. Si Sobat ini bukan anggota keluarga Kerajaan Barat. 
Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah

Sobat selalu nemenin Pangeran Jail. Cuma ya… sering jadi korban kejailan Pangeran. Sering disuruh-suruh juga.
Si Sobat ini sabaaaar meski kadang kesel nggak ketulungan sama kelakuan si Pangeran. Sobat juga nggak segan menasihati Pangeran. 


Kalau Putri, nah ini adik Pangeran Jahil. Putri juga rajin menegur kalau Pangeran Jail mulai kumat lagi sombong dan pelitnya.
Kalau ditegur oleh Putri atau Sobat, Pangeran Jail kadang kesal dan marah, tapi kadang-kadang mau cepat menerima.
Hayooo … ada nggak tuh yang kayak Pangeran Jail? Kalo dinasihati malah balas nyolot! Hehe….

Mengenal Akhlak Rasulullah

Setiap buku berisi sekitar 30 hadis. Jadi, setiap satu halaman cerita (komik), ada satu hadis yang menjelaskan cerita.
Misalnya, di buku “Berbagi Ilmu Yuk” ada cerita tentang Pangeran Jail yang memperdaya Sobat. Ketika itu Sobat sedang duduk-duduk di bangku taman, hendak menyantap bekalnya.
Saat Sobat bergegas berdiri karena mengira ada Raja, Pangeran Jail langsung menyerobot duduk di bangku Sobat.
Ternyata ada tuntunan Rasulullah saw., tentang hal ini, loh.
Dari Abdullah bin Umar r.a., bahwa Rasulullah saw., bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian menyuruh orang lain bangun dari tempat duduknya, lalu dia menempati tempatnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Hadis ini mengajarkan kita agar nggak berlaku seenaknya pada orang lain.
Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah

Cerita berlanjut pada Pangeran yang menghabiskan makanan yang dibawa Sobat.
Namun, ketika Sobat bertanya, Pangeran tak mau mengakuinya.
Waaah, Pangeran tidak jujur, ya. Ngaca deh, yuk. Kita pernah berbohong juga atau enggak.
Dari Imran bin Husain r.a., bahwa Rasulullah saw., bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari kalian adalah orang munafik yang pandai bersilat lidah.” (HR. Ath-Thabarani)

Untuk Siapa Komik Ini?

Komik full colour ini recommended, deh, buat anak-anak. Gambar-gambar di setiap halamannya lucu dan berukuran cukup besar.
Tata letak gambar-gambar dan bubble dialognya sederhana. Jadi gampang diikuti oleh anak-anak secara runtut.
Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah

Anak-anak nggak cuma merasa terhibur membaca kisah Pangeran Jail, Putri, dan Sobat. Lebih dari itu, mereka bisa mengenal akhlak mulia Rasulullah.
Insya Allah akan lebih mudah menempel di benak anak, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Saya pribadi menyarankan para orangtua untuk membaca buku ini juga. Jadi, nggak akan zonk kalau tiba-tiba anak kita bertanya tentang hadis yang dibacanya.
Bisa jadi bahasan seru, loh, sama anak-anak.

Identitas Buku

Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah

Seri Komik Anak Muslim
Judul:
  1. Senyummu Sedekah. (ISBN 978-602-367-384-1)
  2. Jagalah Ucapanmu. (ISBN 978-602-367-381-0)
  3. Kita Semua Saudara. (ISBN 978-602-367-380-7)
  4. Yang Penting Jujur. (ISBN 978-602-367-385-8)
  5. Berbagi Ilmu, Yuk. (ISBN 978-602-367-379-7)
  6. Semangat Belajar. (ISBN 978-602-367-383-4)
  7. Jangan Pelit. (ISBN 978-602-367-380-3)
Penerbit: Muffin Graphics
Tebal per buku: 72 halaman
Harga per buku: Rp 39.000.
Buku ini bisa dibeli di toko-toko buku atau di mizanstore.com. Eh, di event Out of The Boox Mizan (sampai 8 April 2019) juga ada. Mau nitip beli sama saya? Saya buka jastip loh.

Salam,

Triani Retno A
Penulis Buku Indonesia
Penulis Novel Indonesia
Editor Freelance
Blogger Indonesia
Blogger Bandung
Previous
« Prev Post

Related Posts

Komik Anak Muslim, Belajar Mengenal Hadis Rasulullah
4/ 5
Oleh

15 comments:

  1. wahh buku2nya kesukaan anak2 nih... buku anak sekarang emang keren2 dan muatan agamanya juga bagus..

    ReplyDelete
  2. Salah satu cara mengedukasi anak dengan mengenalkan 2 tujuan : literasi dan penanaman nilai kebaikan

    ReplyDelete
  3. Orangtua juga ikut baca ya mbak, bacaannya juga mengedukasi. Orangtua juga sekalian belajar bareng anak 😍

    ReplyDelete
  4. bagus, gambarnya sangat menarik untuk anak2 juga :)

    ReplyDelete
  5. wah, bergambar dan warna gini memang tambah disukai anak-anak

    ReplyDelete
  6. Komik Islami seperti ini sangat bagus untuk diberikan kepada anak-anak, bagi anak-anak yang belum bisa baca kalau disampaikan dengan nada dan ekspresi yang bagus pasti akan semakin menarik minat anak

    ReplyDelete
  7. Menarik nih komik islami..gambarnya colorful bikin semangat bacanya. Anak2 pasti suka

    ReplyDelete
  8. wah sangat bagus sekali ini
    pelajaran hadist jadi lebih menyenangkan
    yang penting pesan ke anak-anak bisa lebih mudah disampaikan ya mbak..

    ReplyDelete
  9. full color ya jadi anak-anak pasti tertarik untuk baca

    ReplyDelete
  10. wah senengnya anak-anak dapat pelajaran lewat komik

    semoga khasanah bacaan anak-anak bertambah ya teh Eno
    supaya mereka ngga main gadget melulu :)

    ReplyDelete
  11. Asyik ya bisa ngajarin anak2 denha pelajaran komik islami seperti ini.. cara membimbing iman mereka dengan cara mudah & menyenangkan pastinya 😍

    ReplyDelete
  12. Nah iya, teh..
    Harusnya komik itu berwarna-warni gini yaa...jadi senang anak-anak.
    Tapi...
    Anakku ini rada anomali.
    Selera bacanya uda yang tulisan doank...
    Hiiks~

    Mamanya yang malah seneng komik.

    ReplyDelete
  13. Buku untuk anak memang sebaiknya banyak gambar visualnya ya...biar mereka mudah ingat..kalau tulisan semua pasti mereka cepet bosan juga. Mksh sharingnya...jd punya alternatif pilihan bacaan untuk bocil nih.

    ReplyDelete
  14. Bukunya sangat bagus dan menjadi media pembelajaran yang menarik apalagi penuh warna jadi asik untuk anak2

    Salam
    www.kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  15. Bukunya berisi banget ya. Bagus sekali untuk edukasi akhlak keseharian anak. Makasih eh eno infonya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus :)